Variasi Diet Keto ala Negeri Vladimir Putin

We make it to the second week of April! Wohooo… Selamat Hari Senin, Kulinas. Hari yang baru untuk minggu yang baru – tepat rasanya untuk memberikan asupan tambahan pada tubuh agar stamina terjaga. Siap menghadapi hari, hingga enam hari ke depan. Sesederhana nyobain Diet Keto ala Rusia, bisa jadi asupan tambahan yang paling menyenangkan lho.

D:\KULINA\APRIL\pict\diet-keto-ketahui-manfaat-cara-menjalani-dan-risikonya-alodokter.jpg

Apa itu Diet Keto?

Bagi kalian yang menjalani diet pasti berupaya untuk membentuk badan yang lebih proporsional dan lebih langsing. Salah satu cara diet yang cukup populer di kalangan anak muda sekarang ini adalah diet keto. Diet keto merupakan metode diet dengan cara menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat dan gula secara berlebih dan menggantinya dengan makan-makanan yang mengandung lemak sehat, protein, dan makanan bernutrisi lainnya. Selain itu, program diet ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatanmu, seperti mencegah resiko terkena diabetes, epilepsi, kanker, dan penyakit lainnya.

Mengatur pola makan dan asupan yang masuk ke tubuh menjadi kunci utama. Terutama dari segi menu makanan yang bisa dikonsumsi secara aman setiap hari. Seperti misalkan menu makanan yang kaya protein, mengandung lemak baik, dan juga kaya akan nutrisi.

Pengurangan kandungan karbohidrat disebut dengan fase ketosis. Di mana asupan karbohidrat yang sejatinya dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi akan diganti dengan makanan yang tinggi protein dan lemak baik. Dalam prosesnya tubuh tidak akan memproduksi gula darah yang akan digunakan sebagai sumber energi utama dan akan memecah lemak sebagai sumber energi cadangan dalam tubuh.

Apabila konsumsi lemak baik hanya dibatasi sekitar 20 – 30 % setiap hari, maka dalam diet ketogenik ini konsumsi lemak akan ditingkatkan menjadi 60 – 70% dari kebutuhan yang semestinya. Kemudian kebutuhan akan asupan karbohidrat akan dikurangi hingga mencapai 5% dari kebutuhan normal. Sebagai gantinya, orang yang menjalani diet ini bisa mengkonsumsi makan-makanan yang kaya protein sebagai sumber energi harian.

Lalu apasih contoh makanan kaya protein dan lemak baik?

Beef Stroganoff Hidangan Khas Rusia

D:\KULINA\APRIL\pict\beefstroganoff-5small.jpg

Belum banyak restoran yang secara khusus menyediakan hidangan Rusia seperti menu Stroganoff. Stroganoff merupakan sajian daging sapi khas dari Rusia, yaitu daging sapi yang ditumis lalu disajikan dalam saus dengan smetana (krim asam)  di atasnya. Namun, pada tahun 1909, mengalami perkembangan dengan menambahkan bawang bombay dan saus tomat, dan menyajikannya dengan parutan kentang renyah, yang dianggap sebagai lauk tradisional di Rusia.

Pada pertengahan abad ke-19 hidangan ini dikenal di seluruh dunia, dengan variasi yang cukup banyak dari resep aslinya. Menu ini cukup populer di negara-negara Nordik. Misal di Swedia, varian yang umum adalah korv-stroganoff (sosis Stroganoff), yang menggunakan sosis falukorv lokal sebagai pengganti daging sapi. Lain halnya di Finlandia, hidangan itu disebut makkara-stroganoff, makkara berarti berbagai varian sosis.

Perjalanan resep yang kemudian berkembang dari resep asli Stroganoff menambah nilai plus untuk masuk list diet keto-mu!

Menu Makan Siang Diet Keto dari Kulina Lunch

D:\KULINA\APRIL\pict\keto-beef-stroganoff.jpg

Barangkali menu santap siang khusus bagi kalian yang menjalani diet keto masih sulit ditemui. Padahal dalam satu menu diet keto, setiap makanan pelengkap perlu diperhatikan keseimbangan nutrisi dan gizinya. Jangan sampai deh, terjebak dalam lingkar makan-makanan dengan lemak jahat berlebih.

Kini, variasi diet keto dengan masakan dari Rusia bukan hal yang mustahil untuk dinikmati, lho Kulinas. Seperti menu Beef Stroganoff dikombinasikan dengan truffled mushroom dan karbohidrat rendah kalori, shirataki. Atau diet keto dengan fusion ala Jepang yaitu Keto Japanese Beef Bowl, maupun Keto Turkish Chicken Kebab, dan banyak menu makan siang diet keto bisa kalian pesan hanya di Kulina Lunch.

Lunch box khusus diet keto dengan beragam nutrisi seimbang bisa kalian dapatkan hanya seharga Rp 65.000 aja lho! Udah enak, sehat lagi. Dijamin program diet kalian gak bakalan ke-skip deh!

See you very soon sexy body!

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Stroganoff_daging_sapi
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4431850/inilah-menu-diet-keto-untuk-pemula-yang-aman-dikonsumsi
https://www.kulina.id/menu/keto-beef-stroganoff

Pepes Beras Coklat Organik, Menu Sehathat by MANGIA

Siapa di sini yang suka galau, makan nasi putih gak ya? Katanya nasi putih mengandung banyak gula? Nanti malah bikin gendut?

Ternyata manfaat dan bahaya dari konsumsi nasi / beras putih masih jadi perdebatan banyak ahli. Beras putih diklaim sudah kehilangan banyak senyawa aktif dan juga vitamin yang terbuang. Akibatnya, saat mengonsumsi beras putih, kamu hanya merasa kenyang namun tak mendapat manfaat apapun dari berasnya.

Terus harus makan apa dong?

Dibandingkan dengan beras putih, Kulina punya alternatif karbohidrat lain yang lebih sehat yaitu, beras coklat. Beras coklat memiliki lebih banyak nutrisi yang dapat membuat kamu lebih sehat. Walaupun memerlukan waktu masak yang lebih lama daripada beras putih, beras coklat mengandung karbohidrat, serat, vitamin B kompleks, fosfor, selenium, mangan, kalium, dan magnesium. 

Itulah mengapa salah satu Dapur Mitra Kulina, MANGIA – mengeluarkan paket menu makan siang Sehathat. Mangia dan Kulina sangat mementingkan kebutuhan nutrisi kalian, Kulinas. Kita ingin kalian selalu makan sehat dengan baik dan benar a.k.a sehat namun tetap lezat. Salah satu caranya, ya mengganti karbohidrat utama dari setiap menu Mangia tanpa menggunakan nasi putih. Dan kali ini, kami menggunakan beras coklat organik yang dimasak pepes.

Manfaat Beras Coklat

1. Menurunkan Kolesterol

Beras coklat merupakan sumber serat larut air yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Selain itu, ada dugaan bahwa minyak yang terdapat di dalam beras coklat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah serta meningkatkan kadar kolesterol HDL.

2. Membantu Menjaga Berat Badan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat biasanya dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga membuat kamu makan lebih sedikit dan dapat membantu menjaga berat badan kamu. Beras coklat merupakan sumber serat, yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Beras coklat juga mengandung serat tidak larut air yang dapat lebih lama di dalam usus sehingga membantu proses pencernaan serta proses pengeluaran sisa makanan. Serat jenis ini juga dapat menarik air ke dalam usus yang dapat memperlancar kerja usus dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Adanya serat di dalam beras coklat membuatnya lebih lama dicerna dibandingkan dengan beras putih. Beras coklat memiliki indeks glikemik yang rendah, hal ini berarti bahwa beras coklat tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara mendadak segera setelah mengkonsumsinya dan sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2. 

5. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa diet tinggi serat tidak larut air seperti beras coklat ini diduga memiliki hubungan dengan penurunan resiko terbentuknya batu empedu pada wanita.

Wah, banyak ya manfaat beras coklat yang menjadikannya lebih baik dari beras putih. Gimana Kulinas, udah tertarik buat coba ganti makan siangmu dengan beras coklat?

Apa? Takut rasanya gak enak? Jangan khawatir, Mangia udah siapkan racikan bumbu khusus untuk mengolah beras coklat yang dimasak dengan cara pepes.

Pepes

Pepes merupakan suatu cara khas dari Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan (biasanya untuk ikan) dengan bantuan daun pisang untuk membungkus ikan beserta bumbunya. Cara membuatnya adalah bumbu dan rempah dihaluskan dan ditambah daun kemangi, tomat, dan cabai dibalur/dibalut bersama ikan yang sudah dibersihkan. Semua lalu dibungkus dengan daun pisang dan disemat dengan 2 buah bambu kecil di setiap ujungnya. Bungkusan ini lalu dibakar (dipepes) di atas api menggunakan arang, sampai mengering.

Beuh, makin penasaran ya. Biasanya ikan sebagi lauk yang dimasak pepes, eh ini Mangia langsung masak beras coklatnya menggunakan teknik pepes.

Dari pada makin penasaran, kuy lah PESAN SEKARANG!

Resep Grilled Cheese, Nikmatnya America dalam Gigitan

Kamu pernah menonton film Chef? Film yang bercerita tentang mantan koki yang keluar dari restoran tempat ia bekerja untuk memulai usaha truk makanannya sendiri. Berbagai menu yang tersaji di film ini sungguh mengguggah selera. Namun ada satu menu ikonik di film ini yaitu, grilled cheese aka roti keju panggang.

Ya ampun, scene waktu tokoh utama masakin ini roti keju panggang untuk anaknya benar-benar memorable dah! Apalagi pas anaknya mulai makan, gigitan pertama, kresss

Aaakkk! Jadi pingin kan.

Grilled Cheese sendiri merupakan makanan khas dari Amerika Serikat. Grilled cheese berarti keju panggang, namun dalam penyajiannya selalu dipanggang bersama setangkup roti. Menurut ahli sejarah makanan, roti dan keju yang dimasak bersama termasuk makanan kuno. Pasalnya, roti lapis keju panggang sudah ditemukan sejak tahun 1920-an. Dan sampai sekarang, grilled cheese tetap bertahan. Beberapa restoran, food stall, dan truk makanan di Amerika bahkan secara khusus menjajakan hidangan roti lapis keju panggang ini.

Roti lapis keju panggang atau grilled cheese dibuat dengan memasukkan keju yang ditangkupkan oleh dua potong roti, kemudian dipanaskan sampai pinggiran roti sedikit kering dan renyah serta keju leleh. Terkadang dikombinasikan dengan isian tambahan seperti paprika, tomat atau bawang. Ada beberapa metode pemanasan roti lapis yang digunakan, tergantung pada daerah dan preferensi pribadi. Metode yang cukup umum yakni dengan dimasak dalam teflon, dipanggang, digoreng dalam panci atau dibuat dengan panini press (pemanggang khusus roti lapis).

Sebenarnya grilled cheesetidak harus beli di luar, Kulinas juga bisa bikin sendiri kok di rumah. Bahan-bahannya sederhana dan cara masaknya gampang.

Nih, Kulina bagi resep grilled cheese yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah!

Grilled Cheese

Bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • Keju cheddar yang mudah meleleh (easy melt)
  • Keju mozzarella
  • 1 lembar daun selada
  • 1 lembar daging asap
  • Mentega

Alat

  • Teflon
  • Pisau
  • Parutan

Cara Membuat

  • Panaskan teflon dengan api sedang.
  • Selagi menunggu teflon panas, olesi salah satu bagian pada kedua lembar roti dengan mentega.
  • Parut keju cheddar.
  • Taburkan parutan keju cheddar dan mozzarella, daun selada, dan daging asap di atas roti tersebut, lalu segera tumpuk dengan roti tawar kedua.
  • Apabila bagian bawah roti sudah terlihat kecokelatan dan keju mulai meleleh, balikkan tumpukkan roti untuk membakar roti kedua.
  • Angkat roti jika sudah berwarna kecokelatan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Saat membuat grilled cheese, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya dapat maksimal, yaitu:

  • Gunakan wajan atau teflon anti lengket agar keju yang meleleh dan menetes tidak lengket di teflon. Untuk alternatif lainnya, bisa mengoleskan panggangan dengan minyak terlebih dahulu.
  • Jangan menuangkan mentega secara langsung ke teflon. Oleskan mentega pada roti agar tidak gosong dan dapat matang merata.
  • Hindari memotong keju karena nantinya tidak dapat meleleh sempurna. Sebaiknya, keju diparut dengan parutan berlubang besar.
  • Saat memasak di atas teflon, fokuslah pada satu sisi terlebih dahulu.
  • Grilled Cheese siap untuk dibalik ke sisi lain apabila sisi pertama telah matang.

Grilled Cheese siap untuk dinikmati!

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Roti_lapis_keju
http://ibudanmama.com/rahasia-dapur/resep-sederhana-grilled-cheese/