6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Tempat Kerja

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kalian termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di tempat kerja? Selama bekerja, bertemu banyak orang maupun klien – membuatmu dituntut untuk lebih perhatian dengan penampilan dan kesehatan. Jika stamina menurun, bisa jadi mengurangi performa kerjamu. Sebelum kejadian, simak ulasan enam cara menjaga tubuhmu selama bekerja ini yuk!

1. Pakai Masker Selama Perjalanan ke Kantor

1. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Pakai Masker
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Pakai Masker

Polusi udara cenderung tak kasat mata sehingga sulit diprediksi setiap harinya. Demi menjaga saluran pernapasan, penggunaan masker penting demi menahan material tak kasat mata tersebut. Bisa digunakan saat berangkat ke kantor maupun saat perjalanan pulang dari kantor. Sebisa mungkin, gunakan masker selama berada di luar ruangan. Bisa pakai masker khusus penangkal debu atau masker medis yang biasa digunakan harian.

Tips dalam pemakaian masker medis ini, lebih baik gunakan satu kali saja karena masker tersebut di desain hanya untuk satu kali penggunaan.

2. Rajin Cuci Tangan dengan Baik dan Benar

2. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Cuci Tangan
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Cuci Tangan

Bekerja dengan banyak orang berarti akan ada banyak kesempatan interaksi. Seperti berjabat tangan atau memegang handle pintu di kantor. Dari hal sederhana itu, penyebaran kuman maupun bakteri bisa terjadi. Makanya, tetap jaga kebersihan diri dan minimal lingkungan meja kerjamu – seperti mencuci tangan segera setelah sampai di kantor atau ketika memang dirasa perlu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan kegiatan yang membuat tangan terasa kurang higienis.

3. Rutin Minum Air Mineral

3. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Minum Air Mineral
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Minum Air Mineral

Air membantu tubuh tetap segar sehingga lebih awas dan waspada. Cukup minum juga meningkatkan pikiran yang jernih. Delapan sampai sepuluh gelas air setiap hari dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Terhidrasi dengan baik sangat penting bagi produktivitas, energi, dan kesehatanmu secara menyeluruh. Menurut Dawn Jackson salah satu peniliti dari American Dietetic Association, rata-rata orang akan merasa lebih haus bahkan sampai dehidrasi pada pukul 3 sore.

Tips pendukung, coba beli botol minummu sendiri sehingga bisa kamu simpan dan bawa kemana saja. Benefitnya, botol minum lebih praktis karena dapat berulang kali digunakan juga tidak takut tertukar dengan tempat minum orang lain.

Baca artikel serupa:
[Seberapa Penting Sih Minum Air Putih?]

4. Makan Camilan Sehat

4. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Makan Camilan Sehat
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Makan Camilan Sehat

Untuk kesehatan dan energi yang optimal, pastikan untuk menyediakan camilan sehat di meja kerjamu. Sebisa mungkin letakkan di tempat yang mudah teraih sehingga kalian bisa dengan mudah mengkonsumsinya setiap kali rasa lapar menyerang. Sebab saat jeda antara satu waktu makan dengan yang lainnya, kadar gula dalam tubuh menurun yang kerap mendorong kamu untuk mengambil makanan cepat saji atau makanan manis yang paling dekat. Alih-alih demikian, usahakan makan camilan setiap dua atau tiga jam untuk menjaga kadar gula darah stabil dan energi meningkat untuk sepanjang hari.

Lebih baik mulai tinggalkan makanan cepat saji dan mulailah beralih pada buah-buahan, kacang, yoghurt, maupun snack sehat lainnya. Gak perlu susah cari camilan sehat ke swalayan sebelah, bisa pesen buah-buah sehat lewat Kulina kok!

[LIHAT MENU BUAH KULINA]

Menu Buah Kulina
Menu Buah Kulina

5. Batasi Konsumsi Kafein

5. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Batasi Konsumsi Kafein
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Batasi Konsumsi Kafein

Coffee first before working. Mungkin kutipan itu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang yakni “pantang gerak” sebelum minum kopi. Tetapi ingatlah untuk meminum kopi dan makanan atau minuman lain yang mengandung kafein secukupnya. Mulai batasi hanya satu cangkir saja pada pagi hari agar harimu lebih optimal. Kalian juga bisa mengurangi konsumsi kalori dan gula dengan meminum kopi tanpa krim atau gula. Rasanya mungkin tak senikmat biasanya, namun itu amat baik untuk kesehatan.

6. Beri Waktu Tubuh untuk Melakukan Peregangan

6. Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja - Melakukan Peregangan
Tips Jaga Kesehatan di Tempat Kerja – Melakukan Peregangan

Duduk sambil bekerja di depan layar komputer maupun gawai telah menjadi aktivitas yang tak pernah luput bagi masyarakat modern. Coba sesekali bangun dari kursi kerjamu dan lakukan peregangan. Jangan takut disangka aneh oleh rekan kerja lainnya. Justru kegitan peregangan tersebut bisa jadi contoh baik bagi rekan kerja untuk menjaga kesehatan di kantor.

Lakukan peregangan dengan berdiri atau berjalan sebentar. Hal ini bisa membantu agar tubuh tetap segar meskipun bekerja di kantor seharian. Atur posisi yang nyaman ketika bekerja agar tidak pegal pada pergelangan tangan ataupun punggung. Posisikan juga keyboard dan mouse agar mudah di jangkau dan atur jarak monitor agar lebih nyaman di mata sehingga meminimalisir rasa lelah.

Mulailah lebih peduli untuk jaga kebersihan dan kesehatan dari diri sendiri, biar nantinya kamu juga bisa menginspirasi orang-orang disekitarmu sehingga lingkungan jadi lebih sehat dan nyaman kemudian.

Stay healthy people!

SUMBER:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3171726/kiat-menjaga-kesehatan-di-tempat-kerja
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150326075154-255-41971/cara-terbaik-untuk-tetap-sehat-selama-bekerja
https://www.guesehat.com/4-tips-menjaga-kesehatan-di-tempat-kerja


Kupas Lebih Dalam Mitos VS Fakta Seputar Vitamin C

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Derasnya hujan jangan bikin semangat apalagi stamina menurun. Salah satu cara jaga stamina, bisa dengan konsumsi vitamin atau suplemen. Ada banyak buah dan sayur yang mengandung vitamin-vitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Salah satunya tentu saja Vitamin C yang akrab dengan musim hujan seperti ini.

Konon katanya… Vitamin C baik untuk mencegah maupun mengurangi berbagai macam gejala penyakit musim hujan yakni, flu maupun influenza. Tapi apakah info ini teruji betul? Yuk, kulik mitos vs fakta seputar vitamin C!

1. Vitamin C Dapat Menyembuhkan Flu

1. Mitos VS Fakta Vitamin C - Sembuhkan Flu
Mitos VS Fakta Vitamin C – Sembuhkan Flu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C secara teratur bisa mengurangi gejala flu ringan, namun tak menyembuhkan secara menyeluruh. Vitamin C lebih tepatnya hanya membantu menjaga kekebalan tubuh. Cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan makan secara sehat, termasuk mengkonsumsi rutin produk yang kaya vitamin C. Faktanya, vitamin C sangat penting memainkan peran kunci dalam penyembuhan luka.

2. Minum Vitamin C Bikin Urin Berwarna Kuning

2. Mitos VS Fakta Vitamin C - Bikin Urin Berwarna Kuning
Mitos VS Fakta Vitamin C – Bikin Urin Berwarna Kuning

Fakta ketiga, mengkonsumsi vitamin C secara rutin terbukti dapat membuat urin jadi berwarna kuning. Tetapi, kondisi ini bukan efek samping dari vitamin tersebut dan bukan berarti kita menderita suatu penyakit tertentu.

Perlu diketahui, vitamin C memiliki sifat larut dalam air (water solublel). Jadi, ketika vitamin tersebut masuk ke dalam tubuh, sebagian akan diserap dan sisa- sisa yang tidak dibutuhkan akan dibuang melalui urin dan keringat. Dalam hal ini, yang paling terlihat adalah lewat urin.

Sebaiknya malah menjadi puas jika urin yang dikeluarkan tubuh berwarna kuning setelah mengonsumsi vitamin C dan B. Sebab, tandanya fungsi penyaring dalam ginjal berfungsi dengan baik. Tubuh memiliki intelenjensianya sendiri – yang akan mengeluarkan apa yang tidak dibutuhkan. Jadi, tidak perlu khawatir karena ini adalah kondisi yang normal terjadi.

3. Konsumsi Vitamin C Malah Bikin Gemuk

3. Mitos VS Fakta Vitamin C - Bikin Gemuk
Mitos VS Fakta Vitamin C – Bikin Gemuk

Mitos bilang, konsumsi vitamin C malah membuat selera makan bertambah dan menyebabkan tubuh gemuk. Bertambahnya berat badan itu berhubungan dengan kalori. Vitamin C sendiri tidak bisa menaikkan berat badan.

Kalau kondisi tubuh kita termasuk normal, mengonsumsi vitamin apapun, termasuk vitamin C, tidak akan mempengaruhi berat badan. Justru, tubuh akan jadi lebih sehat karena vitamin dapat mencukupi asupan nutrisi yang tidak bisa dipenuhi oleh makanan. Nah, jika berat badan naik karena nafsu makan yang meningkat, ini tandanya ada masalah dalam tubuh kita. Bisa jadi, tubuh selama ini kekurangan nutrisi. Saat mengonsumsi vitamin C, penyerapan tubuh belum maksimal. Saat proses, awalnya kita mungkin jadi makan lebih banyak dan sering merasa lapar. Hal ini karena tubuh berusaha memenuhi asupan nutrisi yang selama ini kurang dan juga karena vitamin C yang memperbaiki selera makan (appetite) kita.

Ketika konsumsi vitamin C sudah rutin, proses penyerapannya pun juga semakin optimal. Sel- sel tubuh akan mengalami regenerasi dan semakin aktif, lalu tubuh kita pun menyesuaikan diri. Yang awalnya makan banyak, jadi lebih sedikit karena cepat kenyang. Pada dasarnya, ketika nutrisi kita tercukupi, maka makan pun tidak akan berlebihan.

4. Kelebihan Vitamin C Menyebabkan Penyakit Batu Ginjal

4. Mitos VS Fakta Vitamin C - Sebabkan Penyakit Batu Ginjal
Mitos VS Fakta Vitamin C – Sebabkan Penyakit Batu Ginjal

Fakta dari seorang spesialis ahli gizi, Rachel Olsen: tubuh kita hanya mampu menyerap vitamin C sebesar 90 miligram. Ketika lebih dari 2.000 miligram, vitamin C yang masuk ke tubuh diproses sebagai kalsium oksalat, yang kalau digabung dengan mineral-mineral lain bisa menjadi kristal, dan berujung pada batu ginjal. Penyebabnya bisa dari konsumsi suplemen vitamin tambahan, padahal vitamin C bisa didapatkan dari makanan yang telah dikonsumsi, seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Jeruk Sumber Terbaik Vitamin C

5. Mitos VS Fakta Vitamin C - Jeruk Sumber Terbaik
Mitos VS Fakta Vitamin C – Jeruk Sumber Terbaik

Faktanya adalah masih ada sumber makanan yang lebih baik daripada jeruk. Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C namun hanya menghasilkan 70 mg per buah. Sedangkan satu cangkir paprika merah dapat menghasilkan 200-300 mg vitamin C. Selain itu beberapa makanan yang lain yang memiliki kandungan vitamin C tinggi antara lain brokoli, kiwi, stroberi, pepaya, nanas, dan melon serta buah jeruk, baik itu jeruk biasa, jeruk keprok atau jenis jeruk lainnya.

Ketahui Kandungan Tinggi Vitamin C dari Macam-Macam Buah Berikut

1. Kiwi

6. Mitos VS Fakta Vitamin C - Kiwi
Mitos VS Fakta Vitamin C – Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau ini ternyata mengandung buah tinggi vitamin C lho. Bahkan, kandungan vitamin C pada kiwi lebih besar ketimbang jeruk. Sebagai informasi, satu buah jeruk mengandung 70 mg vitamin C, sedangkan kandungan vitamin pada buah kiwi mencapai 71 mg per buahnya.

Selain vitamin C, kiwi juga mengandung zat bergizi lainnya seperti vitamin A, vitamin E, dan Vitamin K. Mineral dan asam lemak omega-3 juga tidak luput dari kandungan buah kiwi, yang mana kedua zat tersebut penting sekali untuk menurunkan risiko penyakit stroke.

Baca artikel serupa:
[Kiwi, Si Hijau Kecil Banyak Manfaat]

2. Jeruk

7. Mitos VS Fakta Vitamin C - Jeruk
Mitos VS Fakta Vitamin C – Jeruk

Buah ini terkenal akan rasa asam kecut dan kandungan vitamin C-nya. Buah berwarna oranye ini mengandung vitamin C sekitar 70mg. Walaupun demikian buah ini selalu menjadi favorit untuk penuhi vitamin C dikala stamina mulai turun. Mau dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi juice atau smoothies tetap nikmat.

3. Lemon

8. Mitos VS Fakta Vitamin C - Lemon
Mitos VS Fakta Vitamin C – Lemon

Tak diragukan lagi buah super asam ini biasa digunakan dalam boga maupun dikonsumsi sebagai minuman. Kelompok buah sitrun ini memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh. Selain tinggi vitamin C hingga 83mg, buah ini juga mengandung asam sitrat, zat polifenol, dan potasium.

4. Pepaya

9. Mitos VS Fakta Vitamin C - Pepaya
Mitos VS Fakta Vitamin C – Pepaya

Pepaya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yakni 87 mg per buahnya. Sebagai buah yang mengandung vitamin C dengan kadar tinggi, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh sangat banyak, seperti memperkuat tulang dan merawat kulit. Buah pepaya juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan hingga mengendalikan tekanan darah.

5. Stroberi

10. Mitos VS Fakta Vitamin C - Stroberi
Mitos VS Fakta Vitamin C – Stroberi

Buah dengan rasa manis asam ini memiliki kandungan 89 mg vitamin C per 125 ml-nya. Menurut sejumlah penelitian, buah stroberi memiliki manfaat untuk mencegah penuaan, gangguan syaraf, peradangan, hingga kanker sekalipun. Ini karena selain vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, zat besi, fluor, dan iodium.

Sekarang sudah tahu kan buah apa yang paling tinggi mengandung vitamin C? Jadi pilihlah buah yang sesuai dengan kebutuhan vitamin C kalian ya! Selain buah yang mengandung vitamin C, yuk lengkapi asupan vitamin lain dari aneka ragam buah yang ada.

[KLIK DI SINI: BELI BUAH DI KULINA]

11. Mitos VS Fakta Vitamin C - Menu Buah Kulina
Menu Buah Kulina

SUMBER:
http://www.cni.co.id/index.php/corporate-info/news/info-cni/2563-fakta-dan-mitos-unik-tentang-vitamin-c
https://www.enervon.co.id/article/342/mitos-fakta-seputar-vitamin-c/ https://doktersehat.com/buah-yang-mengandung-vitamin-c/



6 Tips Bikin Karyawan Happy untuk HR

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Mumpung masih awal tahun, penting membangun vibe positif di kantor terhadap karyawan lama maupun karyawan baru. Soalnya setiap individu akan punya andil penting bagi perusahaan. Terutama menjaga produktivitas tiap karyawan. Hal ini menjadi faktor penting dimana seorang HR turut ambil bagian.

Ketika karyawan bekerja dengan loyal dan penuh totalitas, kemungkinan besar akan berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut. Perusahaan jadi lebih diuntungkan karena produktivitas meningkat, demikian pula dengan profit perusahaan. Namun menjaga mood tiap individu bukanlah hal yang mudah. Lebih-lebih tekanan di tempat kerja dan target kerap kali membuat stres. Hal ini lah yang akan membuat karyawan cenderung murung dan tak termotivasi. Walaupun hal-hal tersebut tak terelakkan, masih ada cara bagi kalian para HR untuk bisa merawat semangat para karyawan kok. Yuk bikin karyawan lebih happy dengan tips berikut ini!

1. Ciptakan Reputasi Baik Melalui Kebijakan-Kebijakan yang Adil dan Transparan

1. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan

Berdasarkan beberapa survey dalam pameran perusahaanreputasi perusahaan disoroti sebagai satu dari faktor utama kebahagiaan kerja. Era kini segala sesuatu dapat diperhatikan oleh karyawan dan tidak ada pendapat yang tidak tersampaikan. Maka, menjadi organisasi yang dikenal sebagai perusahaan yang baik, adil, dan transparan, dapat menjadi sumber utama dari kebahagiaan karyawan. Usaha untuk lebih transparan dengan tetap memegang etos profesionalitas pastinya akan lebih dihargai bagi karyawan yang bersangkutan maupun seluruh karyawan perusahaan.

2. Jadilah Pemimpin yang Baik

2. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Jadilah Pemimpin yang Baik
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Jadilah Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menetapkan harapan yang jelas pada karyawannya, termasuk apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan dan ke mana setelah mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Dalam hal ini, kamu sebaiknya menetapkan batasan yang jelas dan menunjukkan kepemimpinan yang sehat serta memberikan arahan yang baik.

Maksudnya, kamu perlu menguraikan aturan, kebijakan dan prosedur yang diterapkan di perusahaan. Hal ini dilakukan agar para karyawan tidak lagi bertanya-tanya mengenai hal-hal yang detail. Apapun yang kamu tetapkan dalam aturan tersebut, pastikan hal itu konsisten untuk seluruh pekerja yang bekerja di perusahaanmu. Semakin detail hal yang kamu uraikan, maka akan semakin sedikit masalah yang muncul sehingga pekerja bisa lebih happy dan produktif untuk menghasilkan sesuatu.

3. Bantu Karyawan untuk Merasa Dihargai

3. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Bantu Karyawan Merasa Dihargai
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Bantu Karyawan Merasa Dihargai

Berikanlah nuansa penuh semangat berupa apriesiasi maupun pujian kepada para pekerja di waktu yang tepat. Jika diperlukan, kamu juga bisa berterimakasih kepada pekerja karena telah melakukan pekerjaan dengan baik dan memberi tahu mereka bahwa kamu sangat menghargainya. Jika ada salah satu pekerja yang melakukan kesalahan, maka jangan hukum orang tersebut.

Akan lebih baik jika berbicara secara personal dengan orang tersebut, ajarkanlah dia prosedur yang benar. Selain itu, berikan pula dorongan dan pengajaran yang lebih lanjut jika diperlukan. Satu hal yang perlu diingat, menghukum seseorang yang bersalah hanya akan memperburuk keadaan. Jika memang kesalahan tersebut masih berlanjut setelah dikoreksi, maka kamu mungkin perlu mengevaluasi orang tersebut untuk memastikan: apakah dia sesuai untuk pekerjaan tersebut?

Baca artikel serupa:
[6 Indikasi Karyawan Happy, HRD Catat Ini!]

4. Berikan Kemudahan Akses dan Lengkapi Fasilitas

4. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kemudahan Akses dan Fasilitas
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Kemudahan Akses dan Fasilitas

Tata letak fisik di kantor sangatlah penting untuk memaksimalkan produktivitas pekerja. Setiap orang pasti membutuhkan ruang yang cukup untuk bekerja, persediaan atau bahan makanan yang terjaga kualitasnya, dan lingkungan yang nyaman serta menyenangkan. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa semua peralatan yang ada di kantor dirancang secara ergonomis.

Selain itu, fasilitas makan siang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, bukan hanya kemudahan mendapatkannya, namun juga kualitas makanan menjadi penting. Coba deh cek Kulina!

Pesan katering makan siang untuk perusahaan melalui Kulina lebih mudah tanpa menurunkan kualitas makanannya, lho. Kulina bekerja sama dengan vendor katering maupun rumah makan di banyak wilayah di Jakarta – yang tentu saja sudah lolos quality assurance. Jadi soal higienitas dan nutrisi, jelas terjamin. Nah kalau soal rasa? Jangan lagi ditanya, lihat aja ribuan testimoni pelanggan Kulina di instagram @kulina.id atau website mereka. Kalau begini, para pekerja akan semakin termotivasi karena kebutuhan mereka untuk melakukan pekerjaan dapat terpenuhi dengan baik!

[KLIK DI SINI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT: KULINA CORPORATE CATERING]

5. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kulina for Business Corporate Catering

5. Libatkan Banyak Orang

6. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Libatkan Banyak Orang
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Libatkan Banyak Orang

Buatlah panduan untuk karyawan secara komprehensif yang ditulis dengan jelas dan sederhana. Panduan ini berisi tentang segala hal mengenai perusahaan, termasuk di dalamnya prosedur untuk menangani setiap masalah dari berbagai skenario yang dibayangkan. Ajaklah para pekerja untuk menyumbangkan ide panduan tersebut agar mereka bisa merasakan rasa memiliki dengan perusahaan.

Selain itu, bantu karyawan yang merasa terlibat dengan mengadakan pertemuan secara rutin. Pada pertemuan ini, kamu bisa meminta mereka untuk menyuarakan pendapat dan keprihatinan mereka terhadap perusahaan. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan, sebab perusahaan bisa memperoleh banyak informasi yang berharga mengenai produk dan kekhawatiran yang mungkin saja akan merugikan nantinya.

Kamu juga bisa mengadakan acara khusus karyawan, di mana keluarga mereka dapat terlibat seperti piknik, pameran, lokakarya dan acara khusus lainnya. Semakin besar rasa kekeluargaan yang bisa kamu buat, maka akan semakin banyak pula pekerja yang produktif.  Selain itu, kamu juga bisa mengadakan acara amal di mana setiap orang dapat menyumbangkan uang, barang, ataupun waktu mereka. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang akan merasa lebih baik setelah mereka menjadi seorang sukarelawan. Hal ini juga akan membuat bottom-line di perusahaanmu, tujuannya untuk meningkatkan kinerjanya dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaanmu memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

6. Keep Them Happy, Keep Them Working

7. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Keep them happy, keep them working
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Keep them happy, keep them working

Ketika seorang pekerja merasa bahwa mereka merupakan bagian yang penting dan dinamis dalam sebuah tim, maka mereka bisa menjadi lebih produktif dan bersedia untuk bekerja lebih keras untuk konsumen dan rekan kerja mereka. Oleh sebab itu, berikanlah mereka pujian secara terbuka, tetapkan tujuan yang sesuai dengan pekerjaan, dan selalu perhatikan kebutuhan pekerjamu dengan serius.

Dengan menghormati dan menghargai pekerja, maka kamu akan memberi mereka dorongan motivasi yang mereka butuhkan untuk tetap loyal dan berkomitmen pada tujuan perusahaan. Jika kamu memiliki pekerja yang selalu happy dan produktif, maka perusahaanmu bisa menghadapi berbagai badai ekonomi apa pun.

Mungkin beberapa tips ini kelihatan mudah daripada praktik di lapangan. Namun, semangat bisa dipupuk setidaknya dimulai dari kamu para HRD. Tetap optimis yaa… kan masih awal tahun nih!

SUMBER:
https://resources.urbanhire.com/cara-menjaga-agar-para-pekerja-tetap-happy/
https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/5-tips-agar-karyawan-di-asia-lebih-bahagia-di-tempat-kerja/



5 Alternatif Kado Valentine Sehat Selain Cokelat

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Bosan kasih cokelat waktu Valentine? Ada lho beragam alternatif kado Valentine yang bisa kalian berikan ke orang spesial~

Bayangin aja tiap Valentine hampir semua orang saling tukar kado berupa cokelat. Bisa-bisa bikin kadar gula melonjak nih! Konon katanya makan cokelat berlebihan bisa menyebabkan efek tak baik bagi kesehatan, kok bisa?

Cokelat mengandung theobromine yang dapat memicu efek keracunan. Bila zat ini dikonsumsi dalam jumlah tak wajar mencapai 1000mg – dapat memicu aktifitas tinggi denyut jantung. Ketika hal ini terjadi, akan muncul gejala sakit kepala, badan gemetar, tubuh berkeringat, hingga gangguan pencernaan, dan penyakit lainnya. Tapi jangan keburu parno dulu sob, soalnya hal ini dapat terjadi bila kalian mengkonsumsi berkilo-kilo coklat dalam waktu tertentu kok!

Sebelum kejadian, bikin hari Valentine mu jadi lebih seru dengan pilihan kado anti mainstream. Mau kasih makanan unik? Ulasan berikut khusus buat kamu yang lagi cari kado khusus Valentine, yuk simak!

1. Pink Macaroons

1. Alternatif Kado Valentine - Pink Macaroons
Alternatif Kado Valentine – Pink Macaroons

Kue busa asli Perancis ini mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang. Sebagian orang Perancis suka menikmati kue ini berteman kopi cappucinno. Macaron terbuat dari putih telur, gula, dan almond yang dipanggang dengan teknik tertentu membuat tekstur kue ini cukup unik. Biasanya macaron juga memiliki warna-warna menarik dan rasa yang beragam, sehingga kue ini cocok jadi alternatif kado di Valentine kali ini.

2. Mixed Granola Jar

2. Alternatif Kado Valentine - Mixed Granola Jar
Alternatif Kado Valentine – Mixed Granola Jar

Makanan satu ini terdiri dari beragam macam kacang, biji, juga oats yang kaya serat tinggi. Dikenal sebagai salah satu super food bagi kaum vegetarian. Namun, kalau kamu bukan vegetarian – konsumsi granola sebagai variasi tambahan bagus juga lho, guys. Beri doi setoples granola dengan beragam macam pilihan, sesuaikan topping dengan buah-buah kesukaannya pasti akan memberikan kesan tersendiri.

Baca artikel serupa:
[Kenalan sama Granola – Cemila Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang]

3. Pizza in Love

3. Alternatif Kado Valentine - Pizza Love
Alternatif Kado Valentine – Pizza Love

Mungkin beberapa orang gak suka makanan manis, tapi kalau pizza? Siapa sih yang gak suka?

Makanan khas Italia dengan kombinasi keju, saus tomat, dan topping dagingnya memang susah banget buat ditolak. Gak seperti pizza kebanyakan yang berbentuk bulat, bikin pizza hari Valentine-mu jadi berbentuk hati biar makin unik dan personal lagi. Auto cinta deh kalo ini mah!

4. Healthy Lunc Box

4. Alternatif Kado Valentine - Healthy Lunch Box
Alternatif Kado Valentine – Healthy Lunch Box

Kalau kamu lihat Si Dia sibuk kerja sampai-sampai lupa jaga kesehatannya. Saatnya berikan apa yang paling dia butuhkan: asupan makanan sehat nan lezat! Coba deh berikan sekotak bekal makan sehat untuk makan siang. Perhatikan juga jenis makanan sehat apa sih yang kira-kira dia sukai atau butuhkan.

Sembari kepo, kalian bisa cek di website Kulina, karena ada banyak pilihan menu bekal makan sehat yang bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhannya. Yakinlah dia bakal doyan, soalnya menu sehat yang telah disesuaikan kandungan gizinya oleh Kulina ini – tetap menomorsatukan rasa agar pengalaman makan siang jadi tak terlupakan!

[CEK MENU KULINA]

5. Vegetable Bouquet

5. Alternatif Kado Valentine - Veggie Bouquet
Alternatif Kado Valentine – Veggie Bouquet

Dia suka masak? Atau kalian suka masak bersama? Terus mau bikin casual Valentine dinner bareng teman atau pasangan? Nah, coba datang lebih awal dan bawakan mereka buah tangan unik ini, berupa sayur mayur yang dibentuk serupa karangan bunga. Kalian bisa kreasikan sekreatif mungkin, antara sayuran berwarna hijau dan jenis sayuran dengan warna-warni lainnya. Selain indah dimata sedap pula di perut, karena bisa langsung dimasak dan disantap bareng-bareng deh.

Wah banyak juga ya pilihan kado Valentine anti-mainstream selain coklat. Kira-kira kalian mau kasih kado apa untuk Valentine kali ini? Atau kalian sudah punya ide-ide unik lainnya? Yuk share bareng Kulina! 

We hope you guys have a very lovely Valentine!

SUMBER:
https://doktersehat.com/bahaya-makan-cokelat-terlalu-banyak/
https://www.kulina.id/menu/salad/2020-02-13/veggie-bowl-with-sesame-dressing


3 Resep Cokelat Rendah Kalori Buat Doi di Hari Valentine

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Lot a love in February! Hari Valentine a.k.a hari kasih sayang sebentar lagi tiba, saatnya rayakan bersama orang tersayang. Kalau saat Valentine biasanya kamu cuma kasih doi pure chocolate bar yang kamu beli di toko-toko, tahun ini cobain deh kasih cokelat dengan cara lain! Kreasikan cokelat menjadi kue-kue rendah kalori.

Kalau kamu bikin sendiri kue cokelatnya, kayaknya perasaanmu bakal lebih tersampaikan deh. Apalagi kue cokelatnya rendah kalori , it means kamu bener-bener care sama kesehatan tubuhnya. Tunggu apa lagi, yuk, coba buat ketiga resep ini di rumah.

1. Sugar Friendly Chocolate Cookies

1. Resep Cokelat Rendah Kalori - Sugar Friendly Chocolate Cookies
Resep Cokelat Rendah Kalori – Sugar Friendly Chocolate Cookies

Resep ini memiliki komposisi yang cukup ramah terhadap tubuh, terutama buat kalian penderita diabetes. Dengan tetap menjaga kadar nutrisi dan kalori ke ahli gizi, tak perlu was-was kalau Valentine nanti ingin menikmati kue-kue manis dengan tetap memperhatikan gula darahmu.

Bahan:

170 gram margarin
1 butir telur (pilih yang besar)
3 sdm susu coklat bubuk
4 sachet gula (ramah diabetes)
200 gram low sugar choco chip bake stabel
300 gram oatmeal (haluskan dengan blender sampai menjadi tepung)
1 sdt baking powder
2 sdm tepung maizena
1 sdt vanilla cair  

Cara Membuat:

  1. Mixer sampai lembut margarin, gula, telur, vanilla.
  2. Masukan tepung oatmeal, susu, maizena, baking powder aduk manual dengan sendok besar/spatula sampai tercampur rata.
  3. Setelah tercampur masukan choco chip.
  4. Bulatkan adonan kemudian pipihkan diloyang.
  5. Panggang adonan pada suhu 170⁰C selama 15 menit dengan oven yang sebelumnya sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  6. Angkat, tunggu suhu turun. Sajikan!

Baca artikel serupa:
[Kenalan Sama Granola – Cemilan Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang]

2. Keto Choco Brownies

2. Resep Cokelat Rendah Kalori - Keto Chocolate Brownies
Resep Cokelat Rendah Kalori – Keto Chocolate Brownies

Bahan:

50 gram dark cooking chocolate
70 gram butter
7 sachet sweetener (ramah diabetes)
50 gram tepung almond
25 gram coklat powder
2 butir telur ayam
½ sdt baking soda

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama panaskan oven. Lalu olesi loyang 20 x 7 cm dengan sedikit butter dan alasi dengan kertas roti.
  2. Adonan Coklat: lelehkan butter dan dark cooking chocolate. Sisihkan.
  3. Kocok telur dan sweetener sampai rata menggunakan whisk.
  4. Tambahkan adonan coklat lalu kocok kembali sampai rata.
  5. Tuang adonan kedalam loyang lalu panggang dengan suhu 170⁰C kurang lebih selama 20 menit.
  6. Angkat, lalu beri topping sesuai selera. Sajikan!

3. Omega Chocolate Bar

3. Resep Cokelat Rendah Kalori - Omega Chocolate Bar
Resep Cokelat Rendah Kalori – Omega Chocolate Bar

Bahan:

200 gr coklat batang
2 sdm salted butter
2 sdm chocolate butter 
3 sdm coklat bubuk
4 sct sweetener (ramah diabetes)/madu
1 sdt kayu manis bubuk
40 gr prune kering
40 gr cranberi kering
40 gr aprikot kering
50 gr kacang almond cincang
50 gr biji bunga matahari
50 gr biji labu
2 sdm wijen sangrai
1 sdm chia seed

Cara Membuat:

  1. Potong potong coklat batang, masukan dalam panci. Masukan pemanis, coklat bubuk, chocolate butter dan butter. Sisihkan.
  2. Potong-potong buah kering, supaya tidak terlalu besar.
  3. Campur buah kering, kacang, chia seed, wijen dan biji bijian, sisihkan.
  4. Lelehkan coklat dengan teknik double boiler sambil diaduk, supaya tidak gosong. Setelah leleh, masukan kayu manis dan campuran buah kering, aduk rata.
  5. Sendokan kedalam paper cup. Masukan lemari es supaya beku.
  6. Setelah beku, masukan toples, masukan lagi ke dalam lemari es. Cemilan sehat udah siap.

Mengolah coklat dengan beragam bahan-bahan rendah kalori dan gula, pastinya bikin pengalaman bertukar cokelat jadi lebih berwarna. Selain sehat, personal gift bikinan sendiri bakal lebih berkesan lho.

Bring your Valentine to the next level!

Cari cemilan lain di tengah-tengah waktu kerja? Pesan di Kulina aja!
[CEK MENU KULINA]

4. Resep Cokelat Rendah Kalori - Kulina Snack
Kulina Snack

SUMBER:
https://www.langsungenak.com/chocolate-cookies-diabetes-gluten-freeby-jero-warzhu-krisna
https://doyanresep.com/resep-brownies-keto/
http://ahealthylifeforme.com/omega-chocolate-bars/


5 Layanan Pesan-Antar Makanan Populer di Jakarta

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Laper? Sekarang, jarak bukan lagi kendala untuk penuhi kebutuhan tubuhmu. Beragam aplikasi layanan pesan-antar makanan makin banyak pilihannya. Kalian bisa sesuikan kebutuhan dengan jenis-jenis platform yang tersedia. Kamu butuh makanan cepat jadi alias ready to go? Atau perlu pesan makanan yang tersusun dan terencana hingga memenuhi anggaran bulananmu juga ada lho. Semudah itu ya pesanan makanan di zaman sekarang, apa aja sih emangnya? Tengok kelima aplikasi kesayangan warga Jakarta ini yuk!

1. GoFood

1. Layanan Pesan-Antar Makanan - GoFood
Layanan Pesan-Antar Makanan – GoFood

Siapa sih yang gak kenal GoFood? Berawal dari Gojek, platform ojek pertama karya anak bangsa yang merger ke layanan pesan antar makanan, GoFood. Aplikasi pemenuh kebutuhan bagi kaum mager alias males gerak ini seketika dinobatkan menjadi layanan pesan antar terbaik pada tahun 2019 oleh lembaga riset Nielsen Singapura dalam riset Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market. Seperti menjawab kegelisahan masyarakat Indonesia, kulineran bisa lewat jempol aja. Namun, ketika penyedia jasa memberikan kemudahan di situ pula ada ongkos tambahan.

Sebab, harga makanan yang harus dibayar lebih mahal dari harga asli makanan itu sendiri. Ongkos sebesar 30% dari harga asli makanan tersebut baru masuk ke GoFood, sedangakan untuk ongkos kirim makanannya masih diberi tarif sesuai jarak tempuh antara rumah pelanggan dan resto.

2. Grabfood

2. Layanan Pesan-Antar Makanan - GrabFood
Layanan Pesan-Antar Makanan – GrabFood

Berikutnya adalah GrabFood. Grabfood berasal dari Malaysia dan menjadi salah satu rival pertama GoFood. Karena memiliki background yang serupa, GrabFood berkolaborasi dengan banyak restoran maupun usaha kuliner di masing-masing daerah yang tersebar di 178 kota di Indonesia. Fasilitas yang mumpuni demikian, pastinya juga akan memberikan tambahan biaya pada tiap item makanan yang dipesan.  Biaya ini juga belum termasuk ongkos kirim. Sayangnya hal ini masih cukup gambling, karena jarak yang jauh akan memberikan tagihan tarif yang tinggi pula.

3. Kulina

3. Layanan Pesan-Antar Makanan - Kulina
Layanan Pesan-Antar Makanan – Kulina

Layanan pesan-antar satu ini cukup unik. Pasalnya, tak hanya bisa pesan makanan dalam hitungan harian, tetapi bisa merencanakan anggaran makanmu dalam sebulan maupun beberapa bulan ke depan. Kulina telah berkolaborasi dengan banyak dapur dan restoran di tiap daerah yang tersebar di seluruh Jakarta. Hal ini memudahkan akses kirim maupun dapat menjaga tingkat kesegaran makanannya. Banyaknya ragam pilihan makanan, dijamin deh kamu gak bakal bosan! Bahkan untuk ongkos kirim sudah termasuk dalam tarif tiap makanan yang kalian pesan. Jadi benar-benar gak ada biaya tambahan apa-apa lagi. Sayangnya tidak semua dapur melayani pengantaran ke semua wilayah Jakarta.

Baca artikel tentang Kulina:
[Hadiah untuk Kamu yang Ulang Tahun: Diskon 10%]

4. Sayurbox

4. Layanan Pesan-Antar Makanan - Sayurbox
Layanan Pesan-Antar Makanan – Sayurbox

Selain bisa makan sehat, kalian juga bisa ikut berpartisipasi dalam memberdayakan petani sayur secara langsung. Platform satu ini memberikan pengalaman makan makanan sehat nan segar dengan mempersempit margin harga dari petani langsung ke konsumen. Sayurbox juga memiliki misi untuk memberdayakan buah maupun sayur yang tak masuk kurasi ke swalayan besar. Padahal jenis buah sayur ini masih termasuk layak konsumsi dengan harga cenderung lebih murah. Sayangnya, meski kulit luar buah/sayur tampak masih baik, belum tentu kondisi dagingnya aman konsumsi alias kondisi buah kualitas grade B dan C ini sulit untuk diprediksi. Selain itu stok yang tersedia pun tergantung musim buah apa saat itu.

5. HappyFresh

5. Layanan Pesan-Antar Makanan - HappyFresh
Layanan Pesan-Antar Makanan – HappyFresh

Platform layanan pesan-antar terakhir yang cukup populer bagi warga Jakarta adalah HappyFresh. Salah satu layanan belanja sayur maupun buah tanpa keluar rumah. Kemudahan ini akan menghemat anggaran transport dan waktu. Ketika kita bisa masak sendiri di rumah artinya kita bisa jauh lebih berhemat dari pada beli makanan jadi secara online. Happyfresh berkolaborasi dengan banyak supermarket besar sehingga memberikan keterpercayaan dan integritas untuk platform ini. Sayangnya, layanan pesan-antar ini masih terbatas di kota-kota besar saja.

Sekarang mau masak atau makan apa nih Kulinas? Tinggal download aplikasinya dan segera tentukan makanan yang pas untuk penuhi kebutuhan harian mu yuk!

Klik di sini untuk cek menu Kulina!

SUMBER:
https://www.grab.com/id/food-blog/5-fakta-menarik-dari-grabfood-juara-cepat-pesan-antar-makanan/
https://katadata.co.id/berita/2019/03/13/sayurbox-startup-pertanian-yang-bantu-tingkatkan-pendapatan-petani
https://www.happyfresh.id/blog/berita-acara-promo/grocery-online/


Ini Dia Perbedaan Shabu-Shabu, Sukiyaki, dan Steamboat!

Musim hujan dan dingin kayak gini, memang paling pas santap yang hangat-hangat. Kalau kamu udah bosan makan soto, bakso, atau mie ayam di sekitar kantor… Cobain dong makanan berkuah hangat lain! Ada banyak jenis makanan lain yang bisa menghangatkan tubuh, antara lain shabu-shabu, sukiyaki, dan steamboat.

Loh memang apa bedanya? Nah, makanya simak terus ulasan Kulina tentang 3 makanan ini, supaya kamu tahu apa yang benar-benar kamu mau!

1. Shabu-Shabu

1. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Shabu-shabu
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah makanan khas Jepang berupa irisan daging sapi sangat tipis yang dimasak sebentar ke dalam panci berisi kuah kaldu panas, dicocol saus, lalu dimakan bersama nasi selagi masih hangat. Di dalam kuah kaldu, biasanya ikut dimasukkan juga jamur dan sayur-sayuran. Jamur yang paling sering digunakan adalah jamur kuping dan jamur shitake. Sedangkan untuk sayur, masyarakat Jepang biasa menggunakan wortel, kol, selada, dan sawi putih. Dan sausnya memakai saus ponzu, tare, atau gomodare.

Di Indonesia, isian shabu-shabu tentu sudah mengalami berbagai penyesuaian dengan cita rasa lidah kita. Salah satu olahan shabu yang terkenal selain menggunakan daging sapi adalah menggunakan ikan dan gurita.

Satu hal yang membedakan Shabu-shabu dengan Sukiyaki dan Steamboat adalah kuah kaldu dengan rasanya yang ringan. Kuah kaldu di dalam Shabu-shabu ditujukan sebagai alat masak agar bahan-bahan yang digunakan bisa matang sebelum dimakan. Sedangkan rasa lezat Shabu-shabu mengandalkan perpaduan pilihan bahan dan sausnya.

Jaman dahulu, panci berisi kuah shabu-shabu dimasak di atas arang. Jika kamu melihat panci Shabu-shabu asli dari Jepang, kamu akan menemukan lubang di tengah panci sebagai jalur pembuangan asap arang agar panas dan matang shabu-shabu bisa lebih merata.

Baca artikel serupa:
[Kenapa Orang Jepang Suka Makan Onigiri? Temukan Jawabannya Di Sini!]

2. Sukiyaki

2. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki

Sukiyaki masih berasal dari Jepang dan sebenarnya memang mirip dengan Shabu-shabu. Isian Sukiyaki juga menggunakan irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, dan sayur-sayuran. Satu hal yang biasa ditambahkan pada Sukiyaki adalah penggunaan shirataki, soun, atau udon. Selain itu, Sukiyaki memiliki cita rasa kuah yang lebih kental. Kuah Sukiyaki merupakan perpaduan kaldu, kecap asin, dan gula. Beberapa orang melumuri irisan daging sapi tipis dengan telur yang sudah dikocok sebelum dimasukkan ke dalam kuah.

Di Jepang sendiri, jenis Sukiyaki terbagi menjadi dua: Sukiyaki Kansai dan Sukiyaki Kanto. Terdapat dua perbedaan mendasar dari dua jenis Sukiyaki ini yaitu, isian kuah kaldu dan cara memasaknya.

Sukiyaki Kansai

3. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki Kansai
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki Kansai

Sukiyaki Kansai hanya menggunakan kaldu, kecap asin, dan gula sebagai kuahnya. Sukiyaki Kansai juga lebih dulu memasukkan irisan daging sapi sangat tipis beserta isian lainnya ke dalam air, baru bumbu kaldu dimasukkan dan diaduk hingga matang bersama-sama.

Sukiyaki Kanto

4. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Sukiyaki Kanto
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Sukiyaki Kanto

Sedangkan Sukiyaki Kanto menggunakan racikan bumbu yang lebih kompleks seperti kaldu, kecap asin, gula, dashi, dan mirin. Sukiyaki Kanto juga lebih dulu memilih mendidihkan kuah kaldu beserta bumbu-bumbunya, baru memasukkan irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, sayur, dan soun.

3. Steamboat

5. Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Steamboat
Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat – Steamboat

Nah, kalau Steamboat bukan berasal dari Jepang, melainkan dari negeri China. Steamboat juga memiliki sebutan lain seperti Hot Pot dan Chinese Fondue. Meski penyebutannya berbeda-beda, namun isiannya tetap sama.

Steamboat menggunakan isian irisan daging sapi sangat tipis, tahu, jamur, dan sayur dengan tambahan macam isian lain yang lebih beragam. Satu hal yang membedakan Steamboat adalah bumbu kaldu yang menggunakan tambahan minyak wijen.

Steamboat juga memiliki ciri khas masing-masing dari berbagai daerah di China. Misal Steamboat di Beijing lebih suka menggunakan daging domba, sedangkan Steamboat di Shichuan menambahkan cita rasa pedas pada kuahnya dengan menambahkan Shichuan pepper, cabai, bubuk cabai, dan minyak cabai.

Orang China sangat suka menikmati Steamboat karena dua hal. Pertama, Steamboat yang berkuah hangat dengan cita rasa pekat, cocok disantap saat musim dingin, bahkan saat musim panas. Ketika musim dingin, Steamboat bisa menghangat tubuh. Ketika musim panas, steamboat membuat keringat semakin cepat keluar sehingga tubuh lebih ringan – meski perut sedang kenyang.

Kedua, Steamboat yang biasa dimasak dalam porsi besar sangat cocok disantap bersama banyak orang. Makan Steamboat menjadi salah satu cara bertemu, berkomunikasi, dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, dan orang-orang tersayang.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali restoran yang menyediakan ketiga makanan ini dengan spesialisasi masing-masing. Jadi kamu bisa pilih mana yang paling kamu suka dan paling dekat dengan kantor atau rumah, sambil ajak teman-teman, keluarga, atau kolega untuk menyantapnya bersama!

Baca artikel serupa:
[5 Ragam Chinese Food yang Terkenal di Indonesia]

Mau coba menu masakan china untuk makan siang? [CEK MENU KULINA]

Perbedaan Shabu-shabu, sukiyaki, steamboat - Chinese Lunch Kulina
Chinese Lunch Kulina

SUMBER:
https://cashbac.com/blog/apasih-perbedaan-shabu-shabu-suki-dan-hot-pot-cari-tahu-yuk/
https://magazine.job-like.com/perbedaan-suki-steamboat-dan-shabu-shabu/
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3310817/hot-pot-sajian-serba-rebus-dari-china-yang-segar-dan-sehat

3 Resep Fruit Cake Rendah Kalori Bisa Buat Sendiri

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Waktu rasanya cepat sekali berputar ya? Tahu-tahu sudah akhir bulan Januari aja nih! 

Sejauh ini gimana bulan pertama kalian di 2020? Saatnya kasih hadiah kecil buat diri sendiri, apalagi kalau bukan makan makanan enak! Eits, tapi yang tetap sejalan dengan resolusi hidup sehat kita yaa.. Ini dia resep Fruit Cake rendah kalori asli gampang bikinnya!

1. Low Carb Lemon Cheesecake Bars

1. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Low Carb Lemon Cheesecake Bars
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Low Carb Lemon Cheesecake Bars

Fruit cake pertama yang akan kita bagi resepnya adalah cheesecake satu ini. Kalau biasanya cheese suka dipadukan dengan jenis buah-buah berry. Ternyata memadukan cheesecake dengan citarasa lemon dengan bahan-bahan rendah kalori bisa juga lho! Yuk simak cara bikinnya!

Bahan:

  • 5 butir telur
  • 1 1/2 tepung almond
  • 1/2 sdm kayu manis bubuk
  • 1 1/2 gula kelapa atau gula aren
  • 1/4 minyak kelapa (VCO)
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 16 ons 1/3 less fat cream cheese
  • 1 sdt vanilla
  • 1 sdm ekstrak lemon

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 325 derajat celcius
  2. Pada mixer, campurkan 2 butir telur, minyak kelapa (VCO), 1/2 cup gula kelapa, kayu manis bubuk, tepung almond, garam, dan baking powder. Tambahkan VCO jika adonan terasa kering. 
  3. Tuangkaan adonan ke dalam panggangan dan tekan-tekan menggunakan jari kamu. Panggang selama 20 menit pada suhu 325 derajat. 
  4. Selama crust dipanggang, campurkan di wadah lain cream cheese, lemon, vanilla, 1 cup gula kelapa, dan 3 butir telur. Aduk hingga merata dan menjadi adonan. 
  5. Keluarkan crust dari oven setelah matang, lalu tuangkan cream cheese di atasnya. Taburkan bulir-bulir lemon di atasnya. Panggang selama 45 menit. 
  6. Setelah matang, keluarkan dari oven dan masukkan ke dalam lemari es selama 2 – 2 jam. Siap dihidangkan.

2. Sweet Potato with Raisins Cake

2. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Sweet Potato with Raisins Cake
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Sweet Potato with Raisins Cake

Ketika membuat fruit cake cobalah bereksperimen dengan bahan-bahan di sekitarmu. Pastinya bahan tersebut mudah ditemukan, misalkan ubi jalar yang banyak tumbuh di daerah tropis-sub tropis seperti di Indonesia ini. Mengolah ubi jalar menjadi kue ternyata enak juga lho guys. Langsung praktekin aja nih!

Bahan:

  • 1 sth vanili
  • 1 gelas tepung whole-wheat (gandum utuh)
  • ½ sdt pala parut segar
  • ½ sdt garam
  • 1 buah ubi jalar,  tusuk kulit ubi dengan garpu di beberapa bagian lalu panggang dalam oven
  • 3 butir telur
  • 100 ml susu almond
  • 100 gram gula merah
  • 2 sdm mentega unsalted (tanpa garam), dilelehkan

Bahan Topping:

  • ½ cangkir kelapa parut murni
  • 2 sdm gula merah
  • ¼ sdt bubuk kayu manis

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven dengan suhu 170° C. Lalu olesi loyang dengan sedikit margarin dan alasi dengan kertas roti.
  2. Tumbuk ubi jalar yang sudah dipanggang dalam mangkuk besar.
  3. Masukan telur dalam sebuah wadah lalu tmbahkan susu, gula merah dan mentega mixer sampai halus dan mengembang. Tambahkan tepung, pala, vanili, dan garam lalu aduk rata.
  4. Masukkan kismis dan ubi jalar yang sudah ditumbuk, aduk lagi secara merata.
  5. Taruh adonan ke dalam panci yang disiapkan.
  6. Untuk membuat toping, campurkan kelapa, gula merah dan kayu manis dalam mangkuk kecil lalu taburi toping di atas adonan.
  7. Panggang kurang lebih selama 45 menit.
  8. Keluarkan dari oven, tunggu hingga dingin. Lalu keluarkan dari loyang.

3. Gluten-Free Steamed Banana Cake

3. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Gluten-Free Steamed Banana Cake
Resep Fruit Cake Rendah Kalori – Gluten-Free Steamed Banana Cake

Kalau resep-resep fruit cakesebelumnya diproses dengan cara dipanggang, kali ini kalian bisa bikin kue sehat tetap nikmat hanya perlu dikukus. Menggunakan bahan utama pisang, pastinya mudah didapat kan Kulinas? Cek resepnya yuk!

Bahan:

  • 3 butir telur ayam
  • 120 gr tepung beras
  • 30 gr tepung maizena
  • 125 gr gula palem
  • 100 ml minyak sayur/ canola oil (bisa pakai minyak goreng)
  • 200 gr pisang ambon, blender bersama minyak goreng

Cara Membuat:

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu.
  2. Campur tepung beras dan tepung maiznena, ayak.
  3. Kocok telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga lembut dan mengembang (kira-kira 5-10 menit) Kecilkan kecepatan mixer menjadi paling rendah.
  4. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, bergantian dengan campuran minyak goreng dan pisang ambon yang telah diblender. Aduk asal tercampur secara merata. 
  5. Tuang ke dalam loyang diameter 18cm yang sudah dioles minyak.
  6. Kukus sampai matang dengan api sedang, kira-kira 45-60 menit. Tips: tutup dandang dibungkus pake kain serbet, supaya uap airnya tidak menetes ke kuenya.
  7. Sesekali tusuk kue menggunakan sumpit untuk mengecek kematangan di dalam kue tersebut.
  8. Setelah tak ada adonan menempel ke sumpit, tandanya matang sempurna. Angkat. Sajikan!

Tuh kan, ternyata menikmati kue gak melulu harus super manis dan tinggi karbohidrat?
Yuk, buruan cobain sendiri nikmatnya makan kue lezat tanpa rasa bersalah.

Kalau begini… target eat more healthy food bisa tercapai nih!
[CEK MENU BUAH KULINA]

4. Resep Fruit Cake Rendah Kalori - Cek Menu Buah Kulina Lainnya
Cek Menu Buah Kulina Lainnya

SUMBER:
https://www.lemonilo.com/blog/pingin-dessert-tapi-takut-gemuk-cobalah-4-resep-dessert-rendah-karbo-berikut-ini
http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com/2013/09/cake-kukus-pisang-gluten-free-steamed.html
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3778256/resep-carrot-cake-teflon-enak-no-ribet-gampang-buatnya

Kiwi, Si Hijau Kecil Banyak Manfaat

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Selain konsumsi sayuran berwarna hijau, perkaya nutrisimu dengan konsumsi buah berwarna hijau seperti buah Kiwi nih guys. Meskipun bentuknya relatif kecil tapi kandungan tinggi vitamin dan antioksidannya cukup bisa memenuhi nutrisi harianmu. Rasanya asam dan sedikit rasa manis digemari orang dewasa maupun anak-anak. Baik untuk tubuh, tentu banyak manfaat yang diberikan dari buah hijau kecil berbulu ini.

Apa aja sih manfaat kiwi yang bisa kalian dapat dari konsumsi buah berdaging buah hijau keemasan ini?

Manfaat Buah Kiwi

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Studi menunjukkan salah satu manfaat buah kiwi yaitu, kiwi dapat bertindak sebagai prebiotik, yaitu dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus (lactobacilli dan bifidobacteria). Kandungan serat dan prebiotik pada Kiwi ini baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, mencegah konstipasi dan irritable bowel syndrome (IBS). Namun, efektivitas prebiotik ini bergantung pada kondisi pencernaan setiap individu, serta hanya berlangsung selama 24 jam dan bertahan hanya selama mengonsumsi buah Kiwi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sekitar 180 gram Kiwi telah mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, salah satunya flu.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Resiko Penyakit

Kandungan dalam Kiwi dapat menurunkan tekanan darah. Ini artinya, Kiwi dapat membantu mencegah terkena risiko penyakit yang muncul akibat tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain mengandung antioksidan, Kiwi juga mengandung serotonin. Serotonin berperan dalam tidur nyenyak. Serotonin juga bemanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi kardiovaskular. Kekurangan hormon ini dikaitkan dengan depresi dan gangguan mood.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Kiwi lainnya yaitu melindungi mata dan mencegah kebutaan. Hal ini berkat lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam Kiwi.

Memang lezat rasa buah Kiwi, namun perlu diwaspadai untuk beberapa orang dengan alergen buah ini, terutama pada anak-anak yang baru pertama kali mengkonsumsinya. Amati gejala alergi dengan tanda-tanda reaksi tubuh seperti bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah. Selain waspada gejala alergi terhadap buah Kiwi, perhatikan juga tipikal buah yang masih layak konsumsi lho guys.

1. Kiwi Banyak Manfaat - Cara Memilih Buah Kiwi
Kiwi Banyak Manfaat – Cara Memilih Buah Kiwi

Cara Memilih Buah Kiwi

Warna kulit buah berwarna coklat mungkin bisa jadi kendala dalam memilih buah Kiwi yang layak konsumsi. Namun dengan langkah-langkah berikut, dijamin gak akan salah pilih kok!

1. Warna dan Kondisi Kulit

Umumnya buah Kiwi yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya, dari berwarna coklat kehijauan menjadi coklat muda. Perhatikan buah Kiwi dengan kondisi kulit tidak kisut dan elastisitas kulitnya halus tapi kuat.

2. Buah dalam Kondisi Segar

Buah Kiwi layak dimakan bila terlihat segar, tidak keriput, dan tidak terdapat noda, baik noda bekas gigitan serangga maupun noda getah.

3. Keras Tidaknya Daging Buah

Konsistensi daging buah dapat dirasakan melalui pijatan jari. Buah yang matang dan siap dikonsumsi relatif lebih lunak daripada buah yang masih mentah. Buah yang baik mempunyai kekerasan merata. Bila kekerasannya tidak merata, maka sebagian dari daging buahnya akan berbeda rasanya.

Hindari membeli buah Kiwi yang kelewat masak. Cara memilih Kiwi segar letakkan buah di antara jempol dan telunjuk lalu remas buahnya. Buah matang akan tetap lembut dan elastis. Di samping itu, Kiwi matang memiliki aroma tajam.

Cocok banget kan buat yang lagi program penurunan berat maupun sedang dalam masa detoxifikasi? Yuk, makin peduli sama tubuh dengan perhatiin asupan buahmu!

Dimana beli buah kiwinya? Ya di Kulina aja! Sekarang lagi ada promo diskon Rp 10.000/pax pakai kode KIWISEGAR – hanya untuk pemesanan sampai tanggal 29 Januari 2020 dan pengantaran 31 Januari 2020.

Ayo buruaaannn… [PESAN SEKARANG]

2. Kiwi Banyak Manfaat - Diskon Kode KIWISEGAR
Kiwi Banyak Manfaat – Diskon Kode KIWISEGAR

5 Ragam Chinese Food yang Terkenal di Indonesia

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Happy Chinese New Year…!!!

Mumpung momennya pas gini, ya paling enak bahas chinese food dong ya. Kalian sadar gak sih? Sebenarnya banyak sekali makanan yang biasa kita makan sehari-hari merupakan hasil asimilasi budaya dengan makanan dari China. Saking udah ngeblend-nya, jadi udah gak dianggap chinese food lagi seperti bakpao, bakso, atau bakwan.

Tapi ada beberapa makanan yang masih mirip dengan aslinya dan dikategorikan sebagai chinese food. Yuk, simak ada apa saja…

1. Nasi Goreng Yangchow

1. Chinese Food di Indonesia - Nasi Goreng Yangchow
Chinese Food di Indonesia – Nasi Goreng Yangchow

Nama lain nasi goreng ini adalah nasi goreng Yangzhou. Makanan ini merupakan salah satu kuliner spesial daerah Yangzhou, sebuah kota di propinsi Jiangsu tepatnya di sisi timur Tiongkok. Konon katanya, resep nasi goreng Yangzhou ini berasal dari seorang Menteri bernama Yang Su yang hidup pada jaman Dinasti Sui (581-618 M). Pada masa itu beliau memiliki satu hidangan favorit, yakni Sui Jin Fan. Masakan berupa nasi goreng yang ditambahkan telur dan beragam bahan dan bumbu.

Menu nasi goreng ala Yangzhou ini akan semakin nikmat bila menggunakan bahan utama yakni nasi sisa. Dalam artian nasi yang cenderung memiliki tekstur kering sehingga tidak menggumpal satu sama lain. Komposisi nasi yang seperti ini cenderung lebih enak karena bumbu dan nasi dapat tercampur merata. Selain itu, teknik memasak dan alat yang digunakan juga turut menyumbang citarasa nasi goreng ini. Seperti penggunaan wok atau wajan cekung terbuat dari bahan iron steel dan memakai api yang besar sehingga memberikan aroma smokey pada nasi goreng.

2. Sapo Tahu

2. Chinese Food di Indonesia - Sapo Tahu
Chinese Food di Indonesia – Sapo Tahu

Makan berikutnya yang berasal dari Tiongkok adalah Sapo Tahu. Asal usul nama sapo sebenarnya berasal dari penggunaan panci sapo atau claypot yang digunakan untuk memasak hidangan ini. Claypot berbeda dengan mangkok lainnya karena terbuat dari bahan keramik. Keunggulannya dapat menyimpan panas lebih lama dibanding panci biasa sehingga hidangan bisa tetap hangat dalam waktu relatif lama. Oleh sebab keunikan yang terletak pada wadahnya, kemudian sapo digunakan sebagai sebutan masakan ini.

Sapo tahu ini awalnya dikenal sebagai masakan bagi para vegetarian karena bahan-bahannya tidak menggunakan daging atau ikan, melainkan hanya sayur dan rempah-rempah. Namun kemudian berkembang, sebagian orang non- vegetarian mulai memasak sapo tahu dengan memasukkan bahan-bahan seperti udang, ikan, dan daging. Dapat dimaklumi karena sapo tahu termasuk salah satu hidangan pembuka dalam acara-acara pesta.

Sapo sendiri memiliki banyak jenisnya seperti sapo tahu (vegetarian), sapo seafood, sapo ayam, dan lain-lain. Sapo biasanya menggunakan egg tofu alias tahu Tiongkok yang bertekstur halus dan lembut. Dalam tiap porsi dalam sapo tahu biasanya ditambahkan beberapa bahan antara lain tahu jepang, jamur merang, wortel, sawi putih, bakso ikan, daging ayam, daun bawang, seledri, bawang bombay, bawang putih, cabe merah, saus tiram, kecap ikan, kaldu ayam, minyak wijen, dan tepung maizena.

3. Ayam Kungpao

3. Chinese Food di Indonesia - Ayam Kungpao
Chinese Food di Indonesia – Ayam Kungpao

Masakan ini adalah masakan khas Sichuan, Tiongkok. Nama makanan ini berasal dari nama gelar pejabat Dinasti Qing, Ding Baozhen (1820–1886). Ding merupakan kepala provinsi Shandong yang kemudian menjadi gubernur provinsi Sichuan sehingga mendapatkan gelar Gōng Bǎo atau penjaga istana. Nama ini merupakan  asal nama “Kung Pao” pada masakan tersebut.

Khas dari masakan ini ada pada bahan yang digunakan, yakni dibuat dari ayam potong, cabai, dan kacang-kacangan. Meskipun masakan ini dapat ditemukan di seluruh penjuru Tiongkok, namun terdapat variasi lokal setempat yang biasanya kurang pedas daripada sajian aslinya ala Sichuan.

4. Fu Yung Hai

4. Chinese Food di Indonesia - Fu Yung Hai
Chinese Food di Indonesia – Fu Yung Hai

Masakan khas berikutnya adalah masakan Tionghoa tepatnya dari Shanghai dibuat dari telur yang didadar dengan campuran berupa sayuran, daging atau seafood. Isi campuran bisa berupa cincangan halus daging babi, daging ayam, daging sapi, daging kepiting, dan sebagainya. Fu yung hai dihidangkan bersama saus asam manis yang biasanya dibuat dari saus tomat dan kacang polong. Tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya. 

5. Kwetiaw

5. Chinese Food di Indonesia - Kwetiaw
Chinese Food di Indonesia – Kwetiaw

Kwetiau adalah sejenis mi dari Tionghoa berwarna putih yang terbuat dari beras. Kwetiau merupakan makanan yang cukup populer di Indonesia, karena banyak ditemukan di kedai atau restoran Chinese. Kwetiau pada umumnya identik dengan masakan orang Tionghoa etnis Hokkian dan Tio Ciu. Di Indonesia, kwetiaw dibedakan atas kwetiau masakan etnis Hokkian dan kwetiau masakan etnis Tio Ciu.

Kwetiau yang terkenal dikalangan etnis Hokkian banyak tinggal di Sumatra adalah kwetiau Medan yang memakai bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek. Kwetiau yang terkenal dikalangan etnis Tio Ciu banyak tinggal di Kalimantan adalah kwetiau sapi, tak hanya memakai daging sapi biasanya akan dicampur beserta jeroannya seperti babat.

Dalam perkembangannya muncul varian baru yang dikenal dengan sebutan kwetiau siram. Kwetiau Siram adalah jenis kwetiau yang berkuah sedang dan dimasak tanpa kecap. Masakan ini lebih sering dimasak dengan daging babi ataupun sapi dan tambahan sayur kecambah.

Menu mana nih yang jadi favorit kalian untuk dihidangkan di perayaan spesial Chinese New Year?

Pilih saja yang paling kamu suka karena semua ada di Kulina! [PESAN SEKARANG]

SUMBER:
https://www.tionghoa.info/resep-nasi-goreng-yangzhou/
https://www.tionghoa.info/resep-ayam-kungpao/
https://travel.kompas.com/read/2017/08/16/061200227/wajib-tahu-jenis-jenis-chinese-food-ini-sebelum-menyukainya?page=all