Ragam Jenis Gula dan Manfaatnya

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Pada dasarnya gula dihasilkan dari sumber yang sama, yakni tanaman tebu. Melalui cara mengekstrasi sari gula tebu tersebut, kemudian akan diolah menjadi berbagai jenis gula. Beragam gula ini dapat dibedakan menjadi bermacam-macam varietas, yakni dengan melalui teknik pemrosesan tertentu, misalkan dalam proses pembersihannya, mengkristalkannya, mengeringkannya maupun dalam variasi tingkat molasenya. 

Banyak macam jenis gula, banyak pula wujud gula dalam hidangan sehari-hari. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi gula dalam satu hari jadi tidak terukur. Padahal idealnya setiap orang hanya boleh konsumsi per hari 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Gula sendiri berperan penting bagi tubuh, baik dalam membantu metabolisme tubuh karena menjadi salah satu sumber karbohidrat sehingga memaksimalkan fungsi kerja tubuh dan otak. Maupun dapat merugikan bila dikonsumsi berlebihan sehingga banyak kasus menyebabkan obesitas. 

Kalau sudah begini, boleh lebih selektif dalam memilih dan memilah menu tiap harinya. Agar dapat menjaga konsumsi gula harian, mari cari tahu tentang macam-macam jenis gula berikut.

1. Gula Pasir

C:\Users\Owner\Downloads\sugar.jpg

Penambah rasa manis ini cukup populer di banyak dapur dari dapur rumahan sampai dapr profesional. Pasalnya gula ini cukup multifungsi sehingga sering digunakan sebagai pemanis minuman, kue, menambah rasa umami dalam masakan, atau bahan dasar pembuat karamel.

Teksturnya yang kasar dihasilkan dari air tebu yang direbus hingga kental, lalu di haluskan menjadi butiran kristal. Gula pasir sendiri mengandung glukosa, zat ini akan menjadi pengganti karbohidrat tubuh bila dikonsumsi secukupnya. Mengkonsumsi gula pasir berlebih akan menyebabkan kadar gula darah meningkat, sehingga dapat menyebabkan penyakit seperti obesitas maupun diabetes.

2. Gula Merah

C:\Users\Owner\Downloads\Bisnis-Gula-Merah.jpg

Berbeda bahan utamanya dari gula pasir, gula merah dibuat dari nira. Berbentuk cairan merupakan hasil dari bunga pohon keluarga palma seperti, kelapa, aren dan siwalan. Proses pengolahannya pun cukup berbeda, dengan merebus air nira atau air buah aren hingga serupa karamel kecoklatan. Dikemas dalam bentuk silinder maupun setengah lingkaran serupa setengah batok kelapa. Teksturnya keras, namun akan mudah meleleh bila dipanaskan atau terkena air.

Gula ini banyak ditemui di pulau Jawa, sehingga tak jarang disebut sebagai Gula Jawa. Oleh sebab itu, banyak masakan Jawa terutama Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang memakai gula merah. Salah satu masakan khas daerah tersebut yang menggunakan gula merah adalah Gudeg.

3. Gula Bubuk

C:\Users\Owner\Downloads\czwrtjiuykjqobzduly8.png

Sebenarnya gula bubuk ini terbuat dari gula pasir yang dihaluskan. Yang membedakan disini adalah finishing-nya, jika gula pasir bertekstur kasar seperti kristal, gula bubuk memiliki tekstur serupa tepung. Karena berupa bertekstur terlalu lembut, biasanya rasa manisnya akan terlalu kentara, sehingga perlu dicampur dengan tepung jagung. Hal ini juga mengantisipasi agar gula bubuk tidak cepat menggumpal bila dipanaskan. 

Penambahan tepung jagung dalam gula tersebut membuat gula ini lebih cocok untuk dijadikan garnish atau hiasan pemanis diatas kue ataupun makanan penutup dengan citarasa manis.

Baca serba gula, bikin pingin habiskan sore selepas kantor sembari santap kue-kue manis ditemani secangkir teh manis gak sih? Atau es kopi manis? Hmm apapun itu, asal mengkonsumsi dengan lebih bijak, dijamin gak akan terserang jahatnya kadar tinggi gula darah deh! Yuk, perhatikan tiap kandungan gulamu mulai dari menu sarapan pagi ini ya Kulinas!

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gula
https://kumparan.com/@kumparanfood/mengenal-7-jenis-gula-dan-kegunaannya




Kamu Sering Hangatkan Makanan Sisa Semalam?

Hati-hati Tidak Semua Makanan Aman!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kebiasaan hangatkan makanan sisa semalam mungkin menjadi salah satu cara untuk lebih irit. Selain karna alasan ekonomis, cara ini juga jadi pilihan karena alasan praktisnya. Menghangatkan ulang makanan sisa semalam di atas kompor atau microwaves akan membuat makanan makin nikmat untuk disantap. 

Tapi apakah semua jenis makanan baik, jika disimpan untuk kemudian dihangatkan kembali? Biar gak salah cara alih-alih malah bikin sakit perut, tips sehat untuk konsumsi makanan sisa semalam berikut ini bisa kalian terapkan sendiri ya!

1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur Rebus

1. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Telur
1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak metode olah. Salah satu yang cukup praktis adalah dengan merebusnya. Telur yang telah direbus dalam keadaan dikupas (atau pun belum) tidak direkomendasikan untuk dihangatkan kembali dengan merebus atau dengan microwaves ya. Pasalnya, memanaskan telur dapat menimbulkan zat berbahaya berupa racun. Selain itu, jika memanaskan telur di dalam microwaves, akan memberikan tekanan kelembaban di dalam telur, sehingga membuat telur ini meledak. 

Tips hangatkan makanan ulang untuk telur rebus adalah memotong telur menjadi beberapa bagian sebelum menghangatkannya ke dalam microwaves. Upaya ini bermaksud untuk mengantisipasi potensi ledakan pada telur.

2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

2. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Olahan
2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

Produk daging olahan termasuk jajaran sumber protein favorit. Hal ini didukung oleh bahan kimia dan pengawet yang terkandung di dalamnya, sehingga memperpanjang masa konsumsi. 

Namun, menghangatkan daging olahan terutama menggunakan microwaves dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Kandungan kolestrol dalam daging olahan akan teroksidasi selama proses penghangatan dalam microwaves. Demikian zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging olahan dengan kompor, usahakan hanya memanaskannya satu kali. Hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan oksidasi yang semakin tinggi.

3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

3. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Nasi
3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

Serius nih, nasi?

Menyimpan nasi sisa semalam di dalam kulkas sangat sering dijumpai. Padahal nasi yang terlalu lama disimpan maupun dalam penyimanan yang kurang tepat dapat memicu timbulnya bakteri Bacillus Cereus. Memanaskan nasi dengan microwave atau ditanak kembali di atas dandang memang dapat membunuh bakteri tersebut.

Sayangnya, spora dalam nasi lebih tahan akan daya panas, sehingga ada kemungkinan dapat meracuni tubuh. Tips hangatkan makanan ulang untuk nasi agar tetap layak untuk dikonsumsi bisa dengan menyimpannya dalam rice cooker. Selain panasnya stabil, kebersihannya juga terjamin karena didesain agar dapat tertutup rapat.

4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

4. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Ayam
4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

Daging ayam sendiri merupakan daging yang mengandung kontaminasi bakteri Salmonella. Hal ini menjadikannya salah satu makanan yang lebih rawan tercemar, setelah dihangatkan kembali. Sebelum menyimpan daging tersebut, pastikan mengolah daging ayam sampai matang ke dalam tulang. 

Jika hendak menyimpannya di dalam kulkas, gunakan wadah yang tertutup rapat, sehingga meminimalisir tercemar bakteri lainnya. Begitu pula dengan proses menghangatkannya.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging ayam jika menggunakan microwaves, pakai wadah dengan label microwave safe. Tips ini baik untuk bahan makanan yang dihangatkan maupun faktor keamanan alat itu sendiri. 

Potong-potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil ketika menghangatkannya, agar daging ayam bisa benar-benar panas sampai ke bagian tulang. Hal ini baik dilakukan agar bakteri sepenuhnya mati.

5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

5. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daun Hijau
5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

Sayuran berwarna hijau lebih rentan terhadap pembusukan bila disimpan terlalu lama. Namun, terkadang hal menyimpanan sayuran hijau sulit untuk dihindari. Tips agar kandungan nutrisinya terjaga, coba panaskan sayuran hijau menggunakan kompor alih-alih menggunakan microwaves. Pasalnya, memanaskan sayuran hijau di dalam microwaves malah akan meningkatkan nitrat yang mana akan berubah menjadi nitrosamine. Senyawa ini akan berubah menjadi racun karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.

Tips hangatkan makanan ulang untuk sayuran adalah gunakan api kecil pada kompor. Dengan kecilnya api kompor, waktu masak sayur akan lebih lama, sehingga hidangan tak terlalu masak atau bahkan sampai hilang nutrisi.

Kalau kamu mengerti hidangan apa yang kalian simpan dan bagaimana cara yang baik mengolahnya kembali, tentu menghangatkan ulang sisa makanan semalam jadi tetap aman. So, tetap cerdik mengelola makanan agar lebih ekonomis nantinya ya, Kulinas!

Atau kamu juga bisa beli makan hanya ketika kamu hendak makan dengan porsi sekali makan. Tenang, kamu gak perlu takut boros karena kalau kamu pesan makanan di Kulina, ada beragam variasa harga yang bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu sendiri. Dan yang lebih penting dari itu, semua menu Kulina fresh dimasak langsung dari dapur pilihan, lalu diantarkan langsung ke alamat kamu tanpa tambahan ongkos kirim.

UDAH HEMAT, SEHAT LAGI!

[YUK, CEK MENU KULINA]





6 Indikasi Karyawan Happy, HRD Wajib Catat Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Karyawan adalah aset utama perusahaan. Perusahaan wajib memastikan adanya sarana dan prasarana penunjang kinerja mereka, tentunya demi kemajuan perusahaan juga. Apakah saran dan prasarana penunjang sudah sesuai kebutuhan mereka? Hal ini bisa dilihat dari bagaimana mereka ketika bekerja. Apakah mereka bahagia? Kenali indikasi karyawan happy saat bekerja di tempatmu!

Mungkin ada beberapa karyawan yang datang ke kantor dengan membawa aura positif dan seakan terlihat happy saat bekerja. Tampilan luar memang kadang mengecoh, seolah hal ini jadi indikasi keadaan sebenarnya. Namun, situasi seperti ini belum tentu sesuai dengan suasana hati yang sesungguhnya.

Buat kalian para HRD akan baik jika bisa memperhatikan lebih mendalam karyawan di perusahaan kalian nih. It is that the real happy face or they just fake it? 

Mengenali beragam karakter karyawan akan membangun rasa toleransi satu dengan lainnya. Dalam lingkup lebih luas, nantinya akan membangun budaya kerja sehat. Suasana hati yang menyenangkan, akan meningkatkan produktivitas ataupun kinerja selama bekerja. 

Tak kenal maka tak sayang, terutama buat para HRD wajib catat tanda-tanda karyawan bahagia berikut ini!

1. Selalu Terlihat Tersenyum dan Ramah

1. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Tersenyum dan ramah
1. Indikasi Karyawan Happy – Tersenyum dan ramah

Mempuanyai sikap positif dalam laku senyum maupun bersikap ramah jadi tanda-tanda awal mereka bahagia. Bentuk senyuman yang dimaksud tentunya senyum lepas tanpa terlihat terpaksa yaa… Biasanya senyum yang dimaksud tak hanya mencakup bibir yang tersungging seperti mestinya.

Tetapi, dapat diperhatikan lewat binar matanya, apakah benar-benar ikut tersenyum, tak hanya dibuat-buat seolah tersenyum. Bila memenuhi poin tersebut, bisa dipastikan mereka benar bahagia. Sebab, dengan senyum tulus akan membentuk vibe positif orang-orang disekitarnya.

Coba perhatikan juga, sikap ramah tersebut apakah terlihat saat dia berinteraksi dengan rekan-rekan kerjanya maupun terhadap atasannya. First impression-nya, cara mereka menyapa, juga berinteraksi langsung dapat Anda amati secara langsung. Berdasarkan peristiwa tersebut, Anda dapat menyimpulkan senyum tulus atau hanya semacam senyum sambil lalu saja.

Simpulkan menurut pandangan Anda. Jika dirasakan senyumnya penuh rasa terpaksa, bisa jadi dia sedang kurang bahagia. Bila dibutuhkan, luangkan waktu dan buka obrolan dengan dia secara personal, sehingga akan membangun rasa kepercayaan satu sama lain.

2. Selalu Memberikan Ide dan Solusi yang Kreatif

2. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Memberikan ide dan solusi kreatif
2. Indikasi Karyawan Happy – Memberikan ide dan solusi kreatif

Memiliki spirit dan rasa bahagia akan meningkatkan kinerjanya juga. Secara langsung akan meningkatkan rasa peduli terhadap kemajuan perusahaan tersebut. Akan banyak ide dan solusi kreatif yang dilontarkan dalam setiap persoalan yang dihadapi. Mungkin saja ide-ide tersebut di luar dari perkiraan rekan-rekan lainnya. Potensi-potensi seperti ini layak dijaga.

Kontribusi nyata dari seorang karyawan yang sedang dalam kondisi bahagia, bisa saja memberikan jalan keluar dari sepinya penjualan perusahaan. Jika mereka berhasil mencapai target atau membantu menuntaskan masalah perusahaan, mereka berhak mendapat reward atau bonus dari perusahaan.

3. Tercapainya Karir yang Diinginkan

3. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Mencapai karir yang diinginkan
3. Indikasi Karyawan Happy – Mencapai karir yang diinginkan

Rasa bahagia karyawan akan menularkan sikap-sikap optimis dalam menghadapi segala persoalan, sehingga akan menyebarkan motivasi baik bagi karyawan maupun perusahaan itu sendiri.

Mempertahankan sikap demikian memang butuh komitmen dan konsisten. Tidak dapat dipungkiri, karyawan yang senantiasa konsisten dengan sikap tersebut bisa mencapai jenjang karir atau jabatan yang diimpikan.

Peningkatan jenjang karir otomatis akan memberikan kepuasan dan rasa bangga yang akan memberikan semangat positif. Bekerja sama dengan spirit baik seperti ini, nantinya akan membawa suasana kerja lebih menyenangkan dan produktif.

Indikasi tersebut sebaiknya Anda catat, sebagai salah satu bentuk evaluasi demi membuka kesempatan jenjang karir secara berkala. Dengan demikian, karyawan akan merasa jerih payahnya dihargai perusahaan. Karyawan tak hanya merasa lebih berharga tetapi menjadi rekan kerja dengan loyalitas yang tak perlu diragukan lagi.

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Lainnya

4. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Membangun hubungan baik dengan rekan kerja
4. Indikasi Karyawan Happy – Membangun hubungan baik dengan rekan kerja

Seorang karyawan yang senang dapat menjalin hubungan sehat dengan rekan kerja lainnya. Kenapa bisa demikian? Sebab ada niat baik untuk dapat bekerjasama membangun karir dalam perusahaan tersebut. Tanpa melihat beberapa kelompok divisinya, semua melebur demi tujuan memajukan karirnya maupun perusahaan.

Memelihara hubungan sehat dengan divisi lainnya, tak berarti bermaksud manipulatif. Jangan diartikan hanya demi kepentingan karir pribadi saja. Lebih tepatnya, melihat sisi positif loyality karyawan yang ingin mengondisikan suasana nyaman demi suasana kerja menyenangkan. Terlebih lagi demi membangun budaya kerja perusahaan yang sehat.

Inisiatif seperti ini patut untuk diapresiasi. Sebab, rasa simpati maupun empati yang diusahakan akan menjadi investasi masa depan.

5. Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan di Luar Kantor

5. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Berpartisipasi dalam kegiatan di luar kantor
5. Indikasi Karyawan Happy – Berpartisipasi dalam kegiatan di luar kantor

Ketika perusahaan membuat kegiatan di luar jam kerja entah itu kegiatan outting ataupun casual gathering, maka hal tersebut menjadi kesempatan Anda mengamati karyawan yang loyal dan juga bahagia.

Dari kegiatan tersebut pasti akan ada karyawan yang datang atau tidak. Memang hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan utama, tetapi pasti Anda akan bisa menilainya ketika diadakan kegiatan beberapa kali.

Coba lihat karyawan mana saja yang selalu hadir ataupun sukarela untuk ikut di kegiatan tersebut. Boleh jadi, mereka yang selalu hadir tersebut memang merasa bahagia berada di lingkungan tersebut sehingga rela menyisihkan waktunya di luar jam kantor.

6. Mudahnya Memperoleh Makanan

6. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Mudahnya memperoleh makanan di sekitar kantor
6. Indikasi Karyawan Happy – Mudahnya memperoleh makanan di sekitar kantor

Kelihatannya soal sepele. Padahal saat bekerja dan dilanda rasa lapar selalu berhasil membuat sulit berkonsentrasi kan?

Beruntung jika di sekitar kantor dekat dengan pusat penjaja makanan yang worth it. Kalau enggak? Asupan gizi tak terjaga, nutrisi tubuh tak terpenuhi maksimal. Sumber energi dan kebahagiaan kurang bagi karyawan.

Demi peningkatan kualitas produktivitas, perusahaan juga turut andil dalam memperhatikan setiap asupan juga akses makanan karyawannya. Bila perlu Anda dapat mengambil inisitatif kepada perusahaan untuk menyediakan akses atau asupan bagi karyawan.

Misalkan dengan memberikan fasilitas kantin bersama atau bekerjasama dengan vendor katering maupun rumah makan. Solusi kedua ini bisa lebih praktis karena tidak perlu mempersiapkan tempat fisik. Maksimalkan kerjasama perusahaan anda dengan katering di sekitar lokasi perusahaan Anda.

Bagi perusahaan yang baru berkembang, katering bersama merupakan solusi tepat. Lebih mudah, karena kini ada Kulina! 

Semua pilihan menu sudah terintegrasi sekali klik!

Karena Kulina bekerjasama dengan 80 vendor katering lokal, meliputi 1000 menu dapat dipesan langsung. Cara pemesanan flesibel karena dapat menyesuaikan selera tiap karyawan. Jadi, jelas ekonomis dan fleksibel kan?

Selain praktis dan mudah, berita baiknya juga, Kulina dapat ikut menunjang perusahaan Anda bertumbuh bersama. Yuk, mulai pastikan ketersediaan akses makanan dan asupan gizi karyawanmu, bersama Kulina!

[KENALI KULINA]

SUMBER
https://www.finansialku.com/tanda-karyawan-bahagia/




Hadapi Pancaroba dengan 3 Buah Penambah Imun Tubuh

HADAPI PANCAROBA DENGAN
3 BUAH PENAMBAH IMUN TUBUH

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Cuaca tak menentu, panas dingin silih berganti, tandanya masuk musim pancaroba. Pergantian cuaca yang gak jelas gini biasanya bakalan bikin imun tubuh menurun. Imun tubuh menurun ditandai dengan tubuh jadi mudah terserang penyakit dan mulai muncul gejala gangguan kesehatan. Jangan tunggu sampai hal ini terjadi ya, guys!

Mulai kenali tubuhmu dari sekarang! Menyadari keterbatasan daya tahan tubuh atau dengan tetap memperhatikan lama waktu saat bekerja, bisa jadi salah bentuk pencegahan yang bisa diupayakan, lho. Terkadang tak cukup mengandalkan tubuh saja, mengkonsumsi suplemen makanan mungkin juga jadi satu solusi baik. Namun, bergantung pada suplemen kimiawi lebih baik diminimalisir ya, guys.

Ada suplemen yang lebih baik! Apalagi kalau bukan lewat nutrisi makanan yang kalian konsumsi! Yap, selain paling terjangkau dan nutrisinya jelas diperoleh secara alami, mengkonsumsi buah-buahan perlu banget demi menambah imun, lho. Yuk, tambah imun tubuh dan mood kamu lewat konsumsi buah-buahan berikut ini nih Kulinas!

1. Jeruk Sunkist

Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat menambah imun tubuh
Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih

Menjaga kekebalan tubuh lebih efektif dengan konsumsi buah-buahan keluarga Jeruk. Salah satunya adalah jeruk Sunkist. Pasalnya buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang dibutuhkan saat daya tahan tubuh menurun. Selain itu, buah jeruk juga kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi dan antibakteri. 


Selain banyak manfaatnya, tips mudah mengkonsumsi jeruk Sunkist ini adalah dengan memotongnya jadi beberapa bagian dan langsung disesap aja. Easy! Asli praktis banget buat dijadiin camilan di kantor.

2. Semangka

Buah Semangka mengandung likopen sebagai penambah imun tubuh
Buah Semangka mengandung likopen sebagai pencegah penyakit dan infeksi

Jaga-jaga masuk musim pancaroba dengan konsumsi buah khas musim panas ini yuk. Apalagi kalau bukan buah Semangka! Tak perlu diolah menjadi jus, soalnya daging buah ini selain bisa langsung dikonsumsi, dengan banyaknya kandungan air bisa banget bikin auto good mood.

Gak cuma itu, buah yang terkenal dengan banyak mineral dan vitamin ini, ternyata juga punya kandungan istimewa lho, yakni likopen. Faktanya, zat ini dipercaya efektif untuk pencegahan penyakit dan infeksi, selain itu juga dapat mengurangi peradangan pernapasan.

Tips cara konsumsinya, tinggal dipotong jadi beberapa bagian (biasnya jadi segitiga sama sisi) and ready to eat! Lebih baik berjaga-jaga sebelum sakit kemudian kan Kulinas?

3. Kiwi

Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai penambah imun tubuh
Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai antioksidan

Buah kiwi yang khas dengan kulit berambut halus dan daging buah berwarna hijau terang ini kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan Vitamin C dalam buah Kiwi ini jauh lebih banyak daripada buah jeruk lho! Vitamin C sendiri dipercaya dapat memproduksi sel darah putih sehingga dapat memerangi infeksi dalam tubuh.

Makin sehat, karena ada vitamin K dan E yang terkandung dalam buah Kiwi ini. Vitamin E sendiri mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulitmu. Sedangkan vitamin K memiliki peran cukup besar dalam memerangi penyakit tertentu, salah satunya adalah penyakit kanker. Kandungan natural lainnya adalah folat dan potassium yang cukup berperan dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Konsumsi buah Kiwi dalam jumlah cukup tentu dapat menambah imun tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat, siap menghadapi perubahan cuaca.

Gampang banget lho guys, kalau kalian mulai ganti camilan dengan konsumsi buah. Soalnya, makan buah tak pernah semenyenangkan ini sebelumnya. Makan buah enak, kenyang, sehat, dan yang paling penting bisa tambah imun tubuh!

Bareng Kulina, buah-buahan segar bisa banget diantar sampai kantormu! Mau buah-buahan utuh ataupun buah potong semunya tersedia. Mau perhatian sama kesehatan tubuhmu? Perhatiin juga kebiasaan nyemilmu ya!

Siap hadapi musim pancaroba?

Pesan sekarang [DI SINI] aja sob!

Pesan paket buah untuk dapatkan asupan buah enak, kenyang, dan tetap sehat


Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Walaupun kesibukan dan rutinitas pekerjaan super hectic, makan siang menjadi salah satu momen yang tak boleh terlewatkan. Buat kalian yang sibuk bekerja dari rumah maupun dari kantor, jangan sampai abai dengan makan siang teratur. Nutrisi tubuh yang tak terpenuhi, akhirnya bikin tubuh cepat lelah. Kalau sudah begini, bisa bikin performa kurang maksimal bahkan bikin produktifitas menurun.

Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Katanya sih, tak ada logistik bikin tak ada logika.

Hmm, berasa lagunya siapa gitu ya gengs? Hehehe~

Makan siang teratur bagi sebagian pekerja bisa jadi hanyalah mitos belaka. Pasalnya, selain dikejar kewajiban pekerjaan, untuk datang mengantri di kafetaria, kantin, resto, maupun warung terdekat perlu usaha ekstra. Dimana alasan-alasan tersebut menjadi faktor yang paling bikin mager alias males gerak! Kebayang kan kudu beresin kerjaan, turun dari lantai sekian, belum lagi menunggu antrian pesanan. Bisa-bisa waktu istirahatmu habis di jalan dan buat nunggu~

Lauk ikan pindang,
Minumnya es blewah. 
Ribet mau makan siang?
Pesen di Kulina ajah~

Bikin makan siangmu lebih seru, soalnya pesen makan di Kulina itu anti-bosan. Setiap hari, ada 1000 menu ((hail to the menu)) yang siap buat memenuhi mood harianmu. Mulai dari makanan berat ala Western, selera Nusantara, hingga Timur Tengah. Khusus buat kalian yang lagi ada program diet, pas banget nih soalnya Kulina sedia menu plant based diet sampai keto diet juga ada. Eits, belum kenyang? Ada lagi makanan kecil dan pencuci mulut biar makin puas!

Cus, langsung akses website Kulina lewat smartphone kamu. Semua pesananmu bisa dateng tepat di jam makan siang. Makananmu diantar sampai kantor tanpa tambahan biaya ongkir. Selain itu rencana makan siangmu makin fleksibel karna ada fitur terbaru dari Kulina. Salah satunya pakai fitur pesan Mix & Match.

Apa aja sih keunggulan baru fitur ini, yuk kulik bareng-bareng!

1. Pilih Opsi Pesanan Satuan

Sekarang Kulina punya dua opsi pilih pesanan. Mau pesen dalam paket bisa, mau pesan Satuan? Bisa banget! Dengan fitur baru dari Kulina ini, mau pesen satuan pun akan dilayani lho guys! Kalau begini caranya bisa jadi makan sehatmu tetap on the budget deh!

2. Pilih Tanggal dan Hari Makanan Hendak Diantarkan

Step kedua, tentukan tanggal berapa pesananmu hendak diantarkan. Cukup fleksibel, soalnya kamu bisa banget skip tanggal atau atur aja tanggal kalian akan merencanakan makan siang di kantor. Easy!

3. Tentukan Menu Makananmu

Paling utama nih, makan apa ya hari ini? Udah lah kamu gak usah pusing lagi, karena apa yang kamu mau? Ada di Kulina! Kulina telah berkolaborasi dengan 80 vendor lokal untuk menyediakan 1000 rancangan menu yang tersedia setiap harinya.

4. Tentukan Jumlah Pesananmu

Next step is to mention how many box you need to lift up your spirit well. Tepat di bawah menu makanan akan ada pilihan jumlah makanan yang kamu butuhin. Dengan memesan makanan sesuai jumlah kebutuhan, kalian akan ikut berpartisipasi dalam mengurangi food waste!

5. Checkout dan Nikmati deh!

To make sure, cek ulang pesanan kalian yaps. Last but not least is to checking out! Tinggal bayar dan tunggu makanan kalian diantar sampai ke kantor mu. Simple!

Tutorial Penggunaan Fitur Baru Kulina

[COBA FITUR BARU KULINA]

Resep Sederhana Bikin Gudeg di Rumah

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

C:\Users\Owner\Downloads\087104900_1540012135-shutterstock_502495246.jpg

Buah Nangka matang berwarna kuning terang – memang lebih cocok dijadikan buah pelengkap dalam sup buah atau es campur. Tapi gak hanya nangka matang saja yang sedap disantap, lho! Nangka muda atau Gori, juga bisa jadi kudapan lezat sebagai bahan utama Gudeg.

Siapa yang tidak tahu Gudeg? Gudeg merupakan makanan khas dari Jawa Tengah dan Yoyakarta yang terkenal dengan cita rasa manis dan warna cokelatnya yang menarik. Tahukah kamu dari mana asal warna cokelat itu? Dari gula aren.

Nangka muda yang masih keras, bisa menjadi lembut, bahkan teksturnya menyerupai daging ayam jika dimasak bersama dengan gula aren dalam waktu tertentu. Cara masak unik inilah yang menjadikan Gudeg makanan wajib bagi pelancong yang sedang berlibur ke Jawa Tengah atau Yogyakarta. Gudeg juga terus berinovasi, salah satunya dalam hal packaging yang memungkinkan Gudeg untuk lebih tahan lama dan dibawa pergi jauh sebagai oleh-oleh.

Tapi gimana kalau gak ada oleh-oleh Gudeg dan gak lagi di Yogyakarta? Padahal udah kebayang banget makan nasi putih hangat lauk Gudeg, uwhhh ~

Tunggu, jangan keburu baper dulu! Kita bisa kok bikin Gudeg sendiri di rumah dengan cara yang lebih sederhana, dijamin kamu pun bisa bikinnya. Berikut Kulina sengaja pilih resep sederhana untuk bikin Gudeg sendiri di rumah.

Kalian cuma butuh siapin bahan-bahan berikut dan ikuti instruksinya deh! Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:

  • 1 kg nangka muda
  • 2 liter santan
  • 1 liter air kelapa
  • Secukupnya lengkuas yang diiris memangjang
  • 5 lembar daun salam
  • Telur rebus
  • Gula aren 200 gram

Bahan Bumbu Halus:

  • Garam 2 sendok makan
  • Kemiri yang disangrai 10 butir
  • Ketumbar yang sudah disangrai 1 sendok teh
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 10 butir
  • Merica bubuk setengah sendok teh

Cara Membuat:

  1. Pertama, bersihkan nangka muda yang telah disipkan hingga tidak ada getah atapun kotoran kemudian potong-potong dadu atau sesuai selera.
  2. Kemudian, nangka muda yng telah dicuci dan dibersihkan, direbus beberapa menit saja lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya, masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong tadi ke panci. Sebelumnya, letakan beberapa lembar daun salam yang telah disiapkan pada alas panci dan letakkan irisan lengkuas diatasnya.
  4. Bumbu-bumbu dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan setengah air kelapa. Aduk merata dan tuangkan pada panci.
  5. Tuangkan air kelapa yang tidak dicampur sampai telur dan nangka semuanya terendam kemudian tutup pancinya, seperti membuat sayur nangka biasanya.
  6. Kemudian masak gudeg selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang tanpa membuka tutup panci. Lalu, jika air sudah menyusut, sisihkan, dan angkat telur.
  7. Selanjutnya, santan dituangkan dan aduk sambil menghancurkan potongan nangka. Telur dimasukkan lagi hingga sedikit terendam dengan nangka. Masak kembali kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan.
  8. Jika santan sudah habis dan gudeg dirasa sudah berwarna coklat kemerahan itu berarti gudeg yang Anda buat sudah matang.

Tips Membuat Gudeg Agar Enak dan Istimewa

  1. Pertama, ada baiknya Anda menggunakan kompor listrik karena saat memasak dengan api kecil, jika dengan menggunakan kompor maka api tersebut bisa mati. Nah, agar api yang dihasilkan stabil, ada baiknya menggunakan kompor listrik dengan mengatur 300 watt dan masak selama 7 jam.
  2. Selanjutnya, karena waktu yang lama dalam memasak, Anda lebih baik menggunakan panci dengan alas yang tebal.
  3. Jangan gunakan santan instan, benar-benar santan dari kelapa tua. Kelapa tua inilah rahasia rasa gurih yang tercipta agar gudeg terasa lebih sempurna.

Nah gampang kan bikinnya? Yuk, siapin bahan-bahannya, siapa tahu bisa jadi salah satu agenda eksperimen masakanmu di akhir pekan nanti!

Malas masak? Langganan katering Kulina aja!
[KULINA DI JOGJA]

SUMBER:
https://resepmasakan.id/resep-membuat-gudeg-asli-jogja/


Sedang Memilih Jasa Katering untuk Perusahaan? Simak 4 Tips Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Infonya, rekan kerja maupun kolega yang bekerja dengan bahagia akan meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu sumber kebahagian itu ada di waktu istirahat sambil menyantap makan siang. Memanfaatkan makan siang bersama kolega faktanya dapat memperdalam relasi dan interaksi satu dengan lainnya, sehingga dapat meningkatkan semangat kolaborasi antar tim. 

Walaupun kelihatannya simpel, namun fasilitas seperti ini perlu untuk diperhatikan. Tak hanya dari sisi nutrisi makanannya, tingkat kebersihan, dan ketepatan waktu pengantaran cukup krusial. Demikian dengan memilih jasa katering, tidak cukup punya rasa yang enak, tapi juga mempunyai keunggulan pelayanan perlu jadi pertimbangan. Agar tidak salah pilih jasa katering, berikut tips memilih jasa katering terbaik bagi perusahaanmu!

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

Pilihlah jasa katering yang memberikan keleluasaan anggaran dalam pemesanan menu setiap harinya. Privilege dalam mendapatkan jasa yang bisa menerima berapapun anggaran makan siang, patut jadi bahan pertimbangan. 

Keuntungan tersebut akan makin efektif jika tanpa ada minimal pemesanan paket makan karyawan. Kedua poin tersebut penting bagi pengeluaran perusahaan agar lebih efisien, sehingga tetap dapat mengakomodir kebutuhan tanpa khawatir akan adanya pengeluaran tak berarti. 

Poin plus dari memesan paket makanan sesuai jumlah, akan turut berpartisipasi dalam mengurangi food waste. Sebab, hanya akan melayani pesanan sesuai kebutuhan karyawan.

2. Fleksibilitas Finansial Bagi Perusahaan

Ada waktunya hanya butuh pesan makan siang dalam jumlah kecil, namun keterbatasan tersebut kadang tidak tersedia pada penyedia jasa tertentu. Pastikan memilih penyedia jasa yang tidak memberikan charge atau penambahan biaya karena pesanan dalam partai kecil.

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

Banyaknya jumlah karyawan, bermacam-macam pula seleranya. Terutama pada perusahaan korporasi, penting untuk memilih penyedia jasa katering dengan beragam jenis masakan. Dengan memberikan ruang leluasa bagi karyawan untuk memilih menu makanannya sendiri, dapat menjaga mood mereka selama bekerja.

Selain itu, ada pula situasi dimana karyawan perlu untuk meeting keluar kantor, sehingga perlu melewati pesanan katering. Fitur Skip (melewati) pesanan katering jadi salah satu layanan yang juga sama pentingnya.

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

Kerja sama bisnis dengan jumlah yang tidak sedikit sangat perlu kejelasan dan pendataan yang transparan. Laporan penggunaan saldo dalam pemesanan makanan jadi pertanggungjawaban yang tak dapat ditangguhkan. Tapi gak perlu rekap laporan tiap harinya. Pilihlah penyedia layanan yang dapat memberikan invoice selama satu bulan pada akhir bulan. Tak perlu lagi repot-repot mengurutkan rekap data, cukup terperinci dalam sebulan saja.

Kepuasan pelanggan menjadi kepuasan kinerja para penyedia jasa. Begitu pula dengan perlunya wadah untuk memberikan keluhan maupun pertanyaan dari penyedia jasa. Tak hanya berhenti di ‘kotak kritik dan saran’, pastikan ada layanan account executive maupun layanan customer experience yang memang fokus di bidangnya.

Nah, setelah ini tak perlu lagi khawatir pilih jasa katering perusahaan karena Kulina punya segmen terbaru!

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering siap jadi kolaborator terbaik perusahaanmu! Pelayanan maksimal karena semua sudah ada dalam poin-poin tips di atas. Yuk, mulai cobain cara-cara baru ala Kulina. Because this is how millennial rule the world though.

Karyawan happy, perusahaan juga kan yang diuntungkan?

Sign up [DI SINI] jangan buang waktu lagi!

Keunikan Soto Ambengan Khas Surabaya

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sarapan atau makan siang dengan makan makanan berkuah bisa jadi pilihan paling mantap. Seperti misalkan menikmati hidangan khas Indonesia, Soto! Identik dengan kuah rempah dipadukan dengan sayur tauge, kobis, dan bihun.

Menu ini memiliki penyebutan nama berbeda-beda di tiap daerah, seperti Sroto, Coto, Sauto maupun Tauto. Beda nama beda pula versi dan resep Sotonya. Komposisi kuah Soto disesuaikan dengan daerah dimana Soto tersebut dibuat. Ada yang menggunakan daging ayam, daging sapi maupun bagian kaki sapi bahkan bagian jeroan sapi pun juga ada. Dari sinilah biasanya lahir beragam jenis Soto sesuai dengan isiannya. Secara penyajian, kerap diberikan beberapa pilihan karbohidrat seperti nasi, ketupat, lontong, maupun mi.

Mau makan siang pakai Coto Makassar atau Sroto Sokaraja? Semuanya sama-sama nikmat, seperti halnya menu Soto khas dari Surabaya ini yang memiliki penggemarnya sendiri, apalagi kalau bukan Soto Ambengan.

C:\Users\Owner\Downloads\menu-sarapan-soto-di-jakarta.jpg

Apa ya keunikan Soto Ambengan? Kenapa diberi nama Ambengan?

Kalau kata netijen, nama Ambengan jadi viral karena dipelopori oleh Pak Hasni Sadi. Ceritanya berawal dari depot soto ayam Pak Sadi yang terletak di jalan Ambengan Surabaya. Soto Pak Sadi di jalan Ambengan ini termasuk legendaris lho guys, soalnya Pak Sadi sudah melayani pelanggannya sejak tahun 1970. Siapa sangka, Pak Sadi yang berjualan hanya dengan memikul dagangannya keliling kampung, sanggup membawa Soto Ambengannya meraih penghargaan World Street Congress Food sebagai Master of the Year di tahun 2013! Waaahhh keren ya, jadi gak heran kan kenapa Soto Ambengan bisa bertahan sampai sekarang?

Emang se-enak apa sih sampai bisa dapat penghargaan?

Kuah soto menjadi golden treasure-nya nih, guys. Soto Ambengan memiliki ciri khas kuah berwarna bening dan sedikit kuning. Selain itu, bumbu rempah kunyit, lengkuas, dan serai cukup menonjol dalam aroma kuahnya. Daging ayam dan beragam bagian ayam lainnya dipakai sebagai isian dalam soto ini. Tak lupa menambahkan telur rebus, bihun, kubis, dan nasi putih sebagai pelengkap.

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, ada satu pelengkap utama yang bikin soto ini gak sah disebut Soto Ambengan. Apalagi kalau bukan Koya! Koya adalah pelengkap spesial semangkok sotomu. Terbuat dari campuran kerupuk udang, parutan kelapa dan bawang putih yang ditumbuk halus. Kawasan Jawa Timur, khususnya Surabaya terkenal dengan oleh-oleh serba kerupuk terutama kerupuk ikan. Tak heran, Koya benar-benar tumbuh dari bahan-bahan lokal favorit masyarakatnya.

Biasanya Koya akan disediakan dalam wadah tersendiri atau terkadang ada juga yang menyajikannya sebagai topping dalam satu porsi soto. Menambahkan Koya dalam seporsi soto, akan memberikan sensasi gurih umami. Khusus kalian penggemar kuah kental akan ketagihan dengan menambahkan banyak-banyak koya nih. Soalnya konsistensi kuah akan lebih mengental sehingga memberikan sensasi comfort food. Legit~

Sebelum pesen satu porsi soto, kalian tim soto pisah atau soto campur nih?

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto
https://id.wikipedia.org/wiki/Soto_ayam_Ambengan
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4436812/dari-pikulan-soto-ayam-ambengan-pak-sadi-jadi-soto-legendaris-indonesia


3 Hidangan Istimewa untuk Raja Kasultanan Yogyakarta

Writter: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Daerah Istimewa di Indonesia kini hanya ada 2, salah satunya Yogyakarta atau biasa dikenal dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta terkenal sebagai kota wisata beserta beberapa kuliner unik – yang identik dengan rasa manis. Tidak hanya itu, berbeda dengan daerah lainnya, Yogyakarta dipimpin oleh seorang Raja atau Sultan yang menjabat secara turun temurun sesuai garis keturunan. Tentu saja, ada beberapa hidangan istimewa yang hanya diperuntukkan untuk seorang Sultan.

Tak sembarang orang bisa menyajikan hidangan ke hadapan Sri Sultan. Para abdi dalem khusus yang bekerja di dapur akan menyediakan segala hidangan, kemudian akan dihantarkan oleh abdi dalem lainnya ke meja makan Sri Sultan.  Dengan memegang tradisi penyajian yakni ladosan dhahar dalem, tradisi tiap jaman Kasultanan memiliki caranya masing-masing sesuai selera Sri Sultan.

Bicara soal selera, pernah terbersit gak sih apa hidangan paling disukai para Sultan? Nih, Kulina rangkum beberapa hidangan istimewa yang dihidangkan bagi para Raja Kasultanan Yogyakarta. Mari kuy simak!

1. Selada Huzar

C:\Users\Owner\Downloads\bale-raos-9-1efbb5fd1fa0b01357f12e7b475c2715.jpg

Pada jaman kolonial, saat Belanda masih memegang kekuasaan di Indonesia, sedikit banyak menu makanan dipengaruhi selera ala Barat. Seperti Selada Huzar yang menjadi salah satu menu pembuka yang digemari Sri Sultan HB VIII dengan masa kepemimpinan dari tahun 1921-1939. Gaya masakan kolonial cukup kental karena adanya saus mayonais dan mustard yang menjadi andalan menu ini. Selada Huzar berisi macam-macam isian sayur seperti wortel, kentang, buncis, timun, dan daun selada. Satu lagi yang membuat Selada Huzar makin terkesan gaya kolonialnya adalah sosis sapi dan keju parut sebagai topping.

2. Urip-urip Gulung

C:\Users\Owner\Downloads\nanatimisela_Urip-uripGulung.jpg

Hidangan ini menjadi favorit Sri Sultan HB VII selama masa jabatan beliau. Sekilas mirip dengan Mangut Lele, masakan khas dari selatan Yogyakarta. Namun siapa sangka masakan ala rumahan tersebut juga disajikan ala gourmet? Dengan memisahkan daging Lele dari durinya alias fillet, membuat ikan Lele sejenak naik kelas! Proses memasak daging fillet tersebut adalah dengan cara dipanggang kemudian diberi saus mangut dengan aroma khasnya. Kebayangkan menikmati mangut tanpa jejak duri? Yummy!

3. Manuk Nom

C:\Users\Owner\Downloads\bale-raos-2-3c45e44a96b84e6588f45fe528e6b549.jpg

Pada masa jabatan Sri Sultan HB VII di tahun 1877-1921, puding ini disajikan sebagai makanan penutup. Namun pada masa jabatan Sri Sultan HB VIII di tahun 1921-1939, Manuk Nom disajikan sebagai makanan pembuka. Bila kebanyakan puding akan dikombinasikan dengan buah-buahan, tidak dengan Manuk Nom. Puding dengan isian tape ketan hijau ini, dicampur dengan telur ayam, sehingga kombinasi rasa asam seimbang dengan gurih telur ayam. Rasanya makin nano-nano karena ditambahkan Emping Mlinjo sebagai pelengkap 

Wah unik-unik banget ya ternyata hidangan ala Kasultanan Yogyakarta! Ayo siapa nih yang habis ini pingin cobain?

[CARI TAHU TENTANG KULINA]

SUMBER:
https://jogja.idntimes.com/food/dining-guide/febriana-sintasari/14-menu-makanan-dan-minuman-kesukaan-raja-kratonyogya/full

5 Jenis Pepes yang Harus Kamu Tahu

Pepes atau Pais merupakan salah satu cara memasak khas dari Jawa Barat. Cara memasak pepes berarti mengolah bahan makanan (awalnya hanya ikan) dengan bumbu untuk kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar hingga kering. Namun seiring perkembangan jaman, bahan yang bisa dimasak pepes terus berkembang. Tidak hanya di Jawa Barat, pepes juga menyebar di berbagai daerah lain di Indonesia.

Yuk, simak ada jenis apa saja yang bisa kita santap!

1. Pepes Ikan

Pada mulanya, cara memasak pepes memang hanya diperuntukan untuk ikan. Ikan yang digunakan pun sangat beragam mulai dari ikan air tawar hingga air asin. Beberapa ikan yang biasa dimasak pepes antara lain ikan mas, ikan kembung, ikan pindang, ikan patin, ikan gurame, hingga ikan nila.

2. Pepes Ayam

Tentu tidak semua orang bisa memakan ikan. Ada yang tidak bisa makan ikan karena alergi, ada pula yang tidak suka makan ikan karena banyak duri. Maka orang Indonesia pun mulai berinovasi untuk membuat berbagai olahan pepes menggunakan daging lain, salah satunya tentu saja, ayam.

Ada dua jenis ayam yang biasa dimasak pepes. Pertama, ayam bagian paha bawah utuh dengan tulangnya. Kedua, daging ayam suwir yang berasal dari bagian dada. Kedua olahan pepes ayam ini, biasa disajikan dengan cita rasa yang lebih pedas.

3. Pepes Tahu

Setelah menggunakan beberapa jenis daging, olahan pepes kembali berkembang menggunakan bahan makanan non-daging, salah satunya, tahu. Tahu yang hendak dimasak pepes dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dicampur bumbu, baru kemudian dibungkus daun pisang. Jangan lupa, tambahkan daun kemangi untuk menambah cita rasa dan aroma.

4. Pepes Jamur

Satu lagi bahan makanan non-daging yang bisa dijadikan pepes adalah jamur. Jamur yang cocok dimasak pepes adalah jenis jamur timar. Tekstur jamur tiram setelah dimasak berubah menjadi kenyal layaknya daging. Itulah sebabnya jamur satu ini cocok juga jika dimasak dengan cara pepes.

5. Pepes Nasi

Setelah selama ini pepes menjadi bagian dari lauk pauk ketika makan, orang-orang mulai berpikir untuk sekalian menjadikannya menu utama atau sumber karbohidrat. Tidak hanya daging dan sayur yang dipepes, melainkan nasi juga langsung dipepes bersama lauk dan bumbunya.

Nasi yang dipakai juga bukan hanya sekedar nasi biasa. Nasi diberi bumbu terlebih dulu menggunakan santan, parutan kelapa, daun salam, dan serai. Bahan-bahan tersebut langsung dimasukkan ketika menanak nasi. Nasi yang sudah matang kemudian dicampur dengan lauk-pauk yang sudah diberi bumbu pedas khas pepes. Nasi sekaligus lauknya kemudian dibakar dan siap disantap sebagai pengganjal rasa lapar!

Jadi bisa dibilang, pepes nasi ini adalah gabungan dari nasi liwet dengan lauk pepes.

Penasaran? Intip yuk, kreasi Nasi Pepes dari Dapur Mangia di Kulina!

[LIHAT MENU PEPES]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/rahmadila-eka-putri/5-jenis-pepes-khas-nusantara-unik-hingga-nyentrik-c1c2/full
https://www.femina.co.id/nasi/nasi-pepes-bakar