5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

Mendekati akhir bulan Ramadan, berarti saatnya persiapan hari raya Lebaran. Tak hanya di Indonesia, kaum muslim di seluruh dunia turut bersiap-siap menyambut Lebaran. Mungkin mendekorasi rumah maupun membeli pakaian baru menjadi adat tiap tahun, tapi salah satu yang menjadi primadona adalah hidangan yang dihadirkan.

Kalau di Indonesia terutama di Jawa biasa menghidangkan Opor Ayam, Ketupat, dan pasangan sejatinya yakni Sambal Goreng Ati, berbeda dengan negara-negara lain. Menu Lebaran setiap negara berbeda-beda, mulai dari hidangan kue-kue basah sampai yang berbahan dasar ikan juga ada lho. Beberapa menu Lebaran dari penjuru dunia berikut menjadi primadona selama Lebaran di negara-negara asalnya. Apa aja sih? Simak nih guys!

1. Turki, Baklava

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\simple-baklava-76244-1-5caaaac0ba58a1ad1aea3edc7f7ddaa6_600x400.jpeg

Bagi kalian pencinta pastry, negara ini mungkin menjadi destinasi paling bikin kalian betah terutama saat lebaran. Baklava merupakan kue bertekstur yang berlapis-lapis dan berisi berbagai macam potongan kacang. Sentuhan khas dalam proses pembuatan kue ini adalah dengan menyiramkan sirup serta madu diatasnya.

2. Maladewa, Gulha dan Kulhi Boakibaa

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\aneka-kuliner-lebaran-unik-dari-beberapa-negara-4-5106cd73ffe957334ed29e6894109954.jpg

Hari raya Idul Fitri di Maladewa punya sajian spesial yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa. Kedua makanan khas ini merupakan hasil olahan laut. Gulha sendiri merupakan bola-bola yang terbuat dari ikan, sedangkan Kulhi Boakibaa adalah nasi yang dicampur dengan daging tuna segar.

3. Maroko, Meloui dan Chicken Bastilla

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\Chicken-Bastilla.jpg

Mungkin masih asing terdengar, namun ketika di Maroko kalian akan menemui makanan lezat khas lebaran lho, namanya Meloui dan Chicken Bastilla. Meloui sebenarnya mirip dengan Roti Canai. Hidangan ini merupakan camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi. Lain halnya dengan Chicken Bastilla yang cenderung jadi makanan berat. Kue yang mirip dengan pie isi ayam ini sudah cukup terkenal. Berbahan dasar ayam, bumbu aromatik, kacang almon goreng yang kemudian diisikan ke dalam lapisan-lapisan pastry.

4. Mesir, Kahk

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\kahk-pistachios-honey-2.jpg

Ketika lebaran tiba, di Mesir punya sajian makanan khasnya, yakni Kahk. Kue ini sudah ada sejak 1540 sebelum masehi, sehingga dipercaya sudah ada sejak jaman Mesir kuno. Kahk merupakan kue berisi kacang dan bertabur tepung gula dengan rendah kalori. Biasanya kue ini berisikan madu, walnuts, kacang pistachio, atau originial tanpa isian dan hanya bertabur tepung gula. Karena kandungan protein dari kacang-kacangan tersebut kue ini baik untuk tubuh lho.

5. Pakistan, Sheer Kurma

Buah kurma menjadi komoditi melimpah di Pakistan, sehingga umat muslim di Pakistan menjadikan kurma sebagai menu utama selama lebaran. Berbeda dari negara kebanyakan yang menyajikan makanan asin gurih maupun pedas, di Pakistan menjadikan makanan manis ini sebagai sarapan maupun makanan penutup di tiap hari raya. Berupa puding, Sheer Kurma terdiri dari buah kurma yang dicampurkan dengan susu serta mie vermicelli. Biasanya juga dapat ditambahkan kacang pistachio, almon, kismis dan air mawar.

Kalau di Indonesia demen banget sama makanan serba santan dan karbohidrat tinggi sebagai menu lebaran. Ternyata beda cerita di negara-negara diatas ya Kulinas. Menu berbahan dasar gandum dan kacang-kacangan menjadi makanan wajib ada selama lebaran.  

Buat kalian yang bosen sama default menu lebaran tiap tahun, bisa jadi referensi menu lebaran kamu, nih, dan gak perlu terbang jauh-jauh. Mungkin kalian mau eksperimen bikin makanan khas negara-negara yang udah disebut diatas buat lebaran nanti? Wih, kalau jadi bikin boljug nih bagi-bagi~

SUMBER:
https://travel.tribunnews.com/2019/05/28/10-makanan-khas-lebaran-dari-berbagai-negara-di-dunia
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rully-bunga/makanan-lebaran/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *