10 Oleh-oleh Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Saat lebaran tiba artinya masa-masa libur panjang tiba. Walaupun lebarannya udah seminggu yang lalu, tapi vibe kumpul dan seru-seruan bareng kadang masih kebawa kan guys? Biasanya nih bakal dialamin sama kalian anak rantau yang butuh mudik ke kota asal. Buat mengobati rasa kangen sama kampung halaman, berikut beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kalian bawa sebagai oleh-oleh dan obat lapar pastinya xixixi~

1. Lumpia – Semarang

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-lumpia-semarang.jpg

Sekali dengar kata ‘Lumpia’ orang langsung inget sama oleh-oleh khas kota Semarang ini. Makanan khas warga Tionghoa ini dulunya berisi daging babi, namun karena warga lokal tidak mengkonsumsi daging tersebut, jadilah bambu muda atau rebung digunakan sebagai isian. Bambu muda ini kemudian diolah dan dibalut dengan kulit lumpia lalu digoreng. Sebagai oleh-oleh, Lumpia ini bisa dibeli dalam keadaan yang belum digoreng.

2. Serabi – Solo

D:\KULINA\JUNI\pict\BBRtBXO.jpg

Manis gurih dengan tekstur lembut dengan pinggiran crunchy. Cukup mendefinisikan kuliner khas Solo ini. Selain teksturnya yang lembut, Serabi Solo ini punya rasa yang khas. Makanan ini dibuat dari adonan santan kelapa dengan teknik memasak yang unik, yakni dengan memutar wajan setelah adonan dituangkan. Biasanya sih yang paling khas adalah rasa original-nya tapi ada juga yang menyediakan Serabi dengan macam-macam topping.

3. Keripik Apel – Malang

D:\KULINA\JUNI\pict\keripik-apel-malang-yang-enak-1.jpg

Aneka keripik banyak terdapat di Kota Malang, satu di antaranya yang paling terkenal adalah Kripik Buah Apel. Banyaknya budidaya pohon apel di kota Malang, membuat Malang terkenal dengan hasil olahan-olahan apel salah satunya Kripik Apel. Pengawetan dengan cara menjadikan apel sebagai keripik membuat makanan ringan ini recommended kalian jadiin oleh-oleh yang tahan cukup lama.

4. Pie Susu – Bali

D:\KULINA\JUNI\pict\029195400_1460459978-berrykitchen.jpg

Pie merupakan makanan khas Amerika. Biasanya memiliki filling olahan buah apel. Namun, Pie berasal dari Bali ini berisikan olahan susu. Berbeda dari Pie Amerika, Pie Susu ini berukuran mini. Karena bentuknya cukup kecil, membawa banyak Pie Susu bisa jadi pilihan oleh-oleh yang cukup ekonomis.

5. Dodol Rumput Laut – Lombok

D:\KULINA\JUNI\pict\13281722_963e223a-6650-4e3c-a44a-347dd741d552-dodol-rumput-laut-tokomesin.jpg

Dodol biasanya memiliki rasa dominan manis dan berwarna coklat. Tapi oleh-oleh khas Lombok ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu Dodol Rumput Laut. Dari teksturnya menyerupai dodol pada umumnya yang seperti jelly yang cukup lekat. Selain berwarna-warni, bahan dasar dodol ini terbuat dari rumput laut.

6. Kue Kurma – Makasar

D:\KULINA\JUNI\pict\4381542=s1280=h960.jpg

Tak seperti namanya, sebenarnya kue ini tidak dibuat dari kurma. Konsistensi karamel yang lengket membalut kue ini sehingga menyerupai tekstur buah kurma. Kue ini semakin nikmat karena tak hanya dilapisi manisnya karamel tapi juga dibubuhi gurihnya kacang.

7. Amplang – Kalimantan

D:\KULINA\JUNI\pict\IMG_20190307_172741.jpg

Amplang adalah kerupuk khas dari Kalimantan. Kerupuk Amplang berbahan dasar dari ikan pipih yang banyak ditemui di sungai-sungai Kalimantan. Rasanya gurih dengan aroma khas ikan, bisa kalian dapatkan dalam bentuk sudah digoreng dan dikemas rapih.

8. Bika Ambon – Medan

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-Bika-Ambon.jpg

Kue ini mungkin sudah mengalami krisis cukup panjang. Namanya Bika Ambon tetapi menjadi oleh-oleh khas Medan. Memiliki rasa pandan yang khas, juga memiliki tekstur berongga di setiap sisinya. Selain rasa original, Bika Ambon juga punya banyak aneka rasa lainnya seperti rasa keju dan durian.

9. Lamang – Sumatera Barat

D:\KULINA\JUNI\pict\2__IMG_2292_Lamang_umumnya_disajikan_dalam_dua_varian_teknik_penyajian,_yaitu_asin_atau_manis_tergantung_bahan_pelengkapnya.jpg

Makanan khas dari Sumatera Barat ini bernama Lamang. Biasanya terdapat dua pilihan rasa, yaitu manis dan asin. Berbahan dasar cukup sederhana dari beras ketan dan santan kemudian dimasukkan ke daun pisang dalam bambu. Dengan membakar bambu diatas bara api, menambah aroma smoky kue ini.

10. Kue Sagu – Papua

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-Kue-Bagea.jpg

Berbahan dasar dari sagu, kue ini memiliki rasa yang cukup kompleks. Campuran kenari, kayu manis, kacang tanah, dan cengkih memberikan macam lapisan rasa. Walaupun keras saat digigit, makanan ini akan langsung lumer di mulut. Seperti kue kering, makanan ini cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Makanan-makanan diatas sudah jadi ikon dan terkenal di kota daerah tersebut. So, kalian udah tahu oleh-oleh apa aja yang mau dibawa pulang kan Kulinas?

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/aulia-ratna-safira/oleh-oleh-khas-berbagai-kota-di-indonesia-paling-legendaris/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *