8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar kita mulai dari air mineral bermerek, air purifikasi, hingga air yang dimasak secara tradisional. Semua air putih tersebut memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Itulah alasan mengapa kita harus minum air putih.

Mungkin kita sering melihat kampanye “Minum 8 gelas air putih setiap hari.”

Namun kenyataannya, menurut Kementerian Kesehatan RI jumlah delapan gelas (berukuran 230ml) atau setara dua liter tersebut bukanlah angka yang mutlak.

Perlu diingat juga bahwa pengganti cairan tubuh yang kita butuhkan tidak hanya bersumber dari minum air putih, melainkan juga bisa dari makanan seperti sayur dan buah yang bisa menyumbang sekitar 20% kebutuhan air harian.

Selebihnya, kebutuhan air manusia tergantung dari berbagai hal. Berikut adalah beberapa faktor pembeda yang mengakibatkan seseorang bisa memiliki anjuran jumlah minum air putih yang berbeda.

PERBEDAAN ANJURAN JUMLAH MINUM AIR PUTIH

Kulina - Perbedaan Anjuran Minum Air Putih

1. Aktivitas

Setiap orang pasti memiliki jenis aktivitas yang beragam. Misal, Anda sering beraktivitas fisik seperti olah raga yang mengakibatkan keringat mudah tercurah keluar. Keringat yang keluar ini terhitung sebagai cairan tubuh yang hilang, sehingga Anda perlu segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

2. Cuaca

Saat Kulinas berada di lingkungan yang cuacanya panas, tubuh pasti lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga kita harus segera minum air putih untuk mengisi ulang cairan tubuh kita.

3. Kesehatan

Saat kondisi kesehatan seseorang normal, kita mungkin cukup dengan delapan gelas air putih per hari. Namun jika seseorang itu sedang sakit seperti demam dan diare, cairan tubuh kita lebih cepat terkuras sehingga pastikan segera mengganti cairan tubuh dengan tetap minum air putih ya!

4. Kondisi Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui mengalami perubahan hormon yang cukup banyak sehingga perlu asupan air putih yang cukup banyak juga. Apalagi untuk ibu menyusui, asupan air putih penting bagi produksi ASI yang merupakan makanan utama bagi bayi.

Jumlah delapan gelas per hari tidak perlu menjadi angka mutlak dalam konsumsi air putih setiap hari. Jumlah tersebut bisa berubah tergantung kondisi masing-masing dari kita. Ketika kita masih merasa haus setelah minum delapan gelas sehari, tidak menjadi masalah jika kita ingin minum lagi sebab rasa haus itu adalah tanda yang diberikan tubuh saat sedang membutuhkan tambahan cairan.

Jaga kesehatan tubuh kita dengan rutin minum air putih dan jangan sampai kekurangan air putih ya… Sebab ada alasan minum air putih menjadi hal penting yang harus kita lakukan setiap hari!

ALASAN PENTING MINUM AIR PUTIH

1. Mencegah Dehidrasi

Kulina - Alasan Minum Air Putih - Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kita kekurangan cairan. Tubuh kita yang sebenarnya terdiri dari 60% -70% cairan, jika sampai kekurangan pasti tidak akan bisa bekerja secara maksimal.

Meski kurang minum seolah hal yang sepele, namun jika terjadi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan seperti bibir pecah-pecah dan kulit kering, hingga penyakit serius seperti gagal ginjal.

2. Melancarkan Aliran Darah

Alasan penting minum air putih selanjutnya adalah untuk melancarkan aliran darah. Darah dengan kandungan cairan yang tepat, bisa bekerja dengan baik untuk mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Jika darah kekurangan cairan, darah akan menjadi kental dan rawan terjadi penggumpalan. Hal ini juga membuat elektrolit, natrium, dan kalium dalam darah tidak seimbang hingga bisa memicu terjadinya berbagai penyakit.

3. Menjaga Kelenturan Sendi dan Otot

Kulina - Menjaga Kelenturan Sendi dan Otot

Darah yang mengalami ketidakseimbangan elektrolit mengakibatkan sel-sel cepat lelah sehingga otot menjadi keras dan sendi menjadi kering. Maka dari itu, kita perlu menjaga asupan air putih harian agar tidak terjadi pengerasan otot dan pengeringan sendi.

4. Melancarkan Pencernaan

Saat kita kurang minum air putih, salah satu tanda yang mudah dikenali adalah terjadinya sembelit. Sembelit adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesusahan buang air besar, sekitar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Jumlah ini sangat kurang untuk membuang kotoran dan hal-hal lain yang sebenarnya sudah tidak diperlukan oleh tubuh. Penumpukan kotoran bisa membuat kita sakit perut dan susah beraktivitas. Nah, makanya salah satu alasan minum air putih adalah untuk mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan.

Baca Artikel Serupa: Tips Kelola Sampah Makanan

5. Menurunkan Berat Badan

Kulina - Alasan Minum Air Putih - Menurunkan Berat Badan

Air dipercaya dapat meningkatkan lanjut metabolisme tubuh kita sehingga saat tubuh mendapat asupan makanan, tubuh dapat membakar kalori lebih banyak lagi.

6. Melembabkan Kulit

Seperti yang sudah disampaikan di atas, orang yang mengalami dehidrasi bisa mengakibatkan bibir pecah-pecah dan kulit kering. Hal ini disebabkan karena kulit memiliki banyak kelenjar yang berisi cairan. Jadi kalau terjadi kekurangan cairan, kelenjar akan kering dan mengakibatkan kulit tampak keriput.

Jadi pastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi agar kita punya kulit yang lembab dan sehat.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Kulina - Meningkatkan Konsentrasi

Saat tubuh kita kekurangan cairan, fungsinya tentu menurun termasuk kinerja otak kita. Otak jadi susah untuk fokus dan konsentrasi karena air memiliki peranan penting untuk membawa oksigen ke otak kita agar bisa berjalan secara optimal.

8. Membuang Racun dalam Tubuh

Air membantu kinerja ginjal dalam proses pengangkutan kotoran dan mengeluarkannya dari tubuh melalui urin dan feses. Saat kebutuhan air dalam tubuhmu tercukupi, kamu bisa melihatnya pada urin dan feses yang keluar dari tubuh kita.

Urin dengan warna terang dan bebas bau menunjukkan kebutuhan air yang terpenuhi. Begitu juga dengan feses yang mudah keluar tanpa menimbulkan rasa sakit menunjukkan kita sudah minum air putih sesuai kebutuhan tubuh kita.

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

HRD MERAPAT, INI DIA CARA TINGKATKAN KOLABORASI KARYAWAN

Kolaborasi merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki...