Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa tubuh kamu sedang butuh energi dan merupakan sebuah sinyal bagi tubuh agar segera makan. Namun jika kamu tetap merasa lapar bahkan setelah makan, bisa jadi itu adalah tanda bahwa gaya hidup kamu kurang sehat.

Kenapa sih kita bisa merasa lapar dan lelah walau sudah makan?

Diketahui kalau setiap kita makan, maka gula darah dalam tubuh akan meningkat dan memberikan efek yang berbeda-beda. Peningkatan ini juga tergantung dari apa yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi seperti nasi, roti tawar, kentang, dan minuman manis akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

Makin tinggi kadar gula darahnya, maka akan semakin banyak insulin yang dikeluarkan agar bisa mengontrol gula darah. Hal ini tentunya menyebabkan penurunan drastis gula darah setelahnya. Penurunan ini bisa terjadi hingga berada di bawah batasan normal. Inilah yang membuat kamu mudah merasa kelaparan.

Namun gak cuma itu saja. Menurut beberapa pakar kesehatan, ada beberapa hal yang menyebabkan kamu merasa lapar setelah makan yang bisa kamu ketahui.

PENYEBAB RASA LAPAR SETELAH MAKAN

1. Salah Pilih Jenis Makanan

Kulina - Penyebab Rasa Lapar Setelah Makan - Salah Pilih Jenis Makanan

Dilansir dari Prevention, ketika kamu makan dengan porsi sedikit maka kamu akan merasa lapar lagi dan lagi. Kemudian kamu akan memilih untuk ngemil. Supaya rasa kenyang kamu bertahan lebih lama, maka kamu bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang pas. Kandungan nutrisi yang perlu kamu perhitungkan saat makan adalah protein, lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun, serta serat.

Menurut Alexandra Sowa, MD, seorang pendiri SoWell Health menjelaskan kalau makanan yang memiliki kandungan serat seperti sayuran hijau maka akan melancarakan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, dan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Kurang Cairan

Kulina - Kurang Cairan

Tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi akan membuat kamu jadi mudah merasa lapar walau setelah makan. Menurut beberapa penelitian, air minum akan meningkatkan rasa kenyang. Bahkan sebuah studi mengatakan, minum air mineral sebanyak 0,5 liter selama setengah jam sebelum makan akan memberikan rasa kenyang.

Studi tersebut telah dilakukan oleh wanita yang memiliki berat badan yang berlebih. Mereka bahkan mengaku kehilangan berat badan dan nafsu makan setelah 8 minggu melakukan kebiasaan minum air mineral 0,5 liter sebelum makan.

Baca Artikel Serupa: 8 Alasan Pentingnya Minum Air Putih

3. Kurang Tidur

Kulina - Kurang Tidur

Waktu tidur yang kurang akan membuat kelelahan pada otak dan menurunkan kinerjanya. Selain itu, kurang tidur akan meningkatkan nafsu makan kamu. Hal ini tentunya disebabkan karena naiknya ghrelin dan menurunnya leptin dalam tubuh.

Ghrelin adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan sehingga kamu akan mudah merasa lapar, sementara leptin adalah hormon yang timbul saat tubuh terasa kenyang. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan istirahat cukup. Tidurlah selama 7 hingga 8 jam setiap malam.

4. Stress

Kulina - Stress.jpg

Seorang ahli gizi bernama Magie Moon mengatakan, seseorang yang dilanda stress maka akan meningkatkan ghrelin dalam tubuh. Inilah yang membuat seseorang yang sedang stress sering ngemil dan makan dalam jumlah yang banyak.

Jika kamu sedang merasa stress dan merasakan lapar setelah makan, maka cobalah untuk berjalan-jalan sebentar atau melakukan latihan relaksasi untuk melepas penat.

5. Terlalu Banyak Lemak

Kulina - Penyebab Rasa Lapar Setelah Makan - Terlalu Banyak Lemak

Mengonsumsi lemak yang berlebihan bisa jadi penyebab mengapa kamu merasa lapar bahkan setelah makan. Lemak yang tersimpan banyak dalam tubuh akan mempengaruhi kerja leptin dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Leptin adalah hormon yang bekerja memberikan sinyal untuk otak bahwa kamu sudah merasa kenyang. Hormon ini jugalah yang bertugas megatur nafsu makan.

Jika leptin tidak bekerja dengan baik, maka sudah dapat dipastikan otak tidak akan mengenalinya sehingga kamu akan tetap merasa lapar. Kondisi seperti ini biasa disebut sebagai resistensi leptin. Kamu bisa mengubah pola hidup agar dapat mengurangi resistensi leptin ini dengan melakukan olahraga secara teratur, mengurangi konsumsi gula, meningkatkan asupan serat, hingga beristirahat dengan cukup.

CARA ATASI LAPAR SETELAH MAKAN

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa lapar setelah makan.

1. Atasi Lapar Setelah Makan dengan Lebih Banyak Bergerak

Jika kamu sering berpikir kalau banyak bergerak akan membuat tubuh merasa lebih lapar, maka hilangkan segera pemikiran tersebut. Sebenarnya saat kamu sering bergerak, maka keinginan untuk makan justur berkurang. Lebih banyak bergerak akan membantu memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Jika kamu memiliki metabolisme yang baik, maka tubuh akan mencerna dan menyerap nutrisi makan dengan baik juga. Hal ini membuatmu baru akan merasa lapar lagi di waktu makan berikutnya.

2. Atasi Lapar Setelah Makan dengan Minum Air Putih

Rasa lapar biasanya muncul karena tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Jika kamu merasa lapar setelah makan, maka cobalah minum segelas air sebelum makan. Jika rasa laparnya menghilang, maka tubuh kamu memang kekurangan cairan. Namun, jika tidak berarti tubuh benar-benar membutuhkan makanan. Agar rasa lapar tidak terus terjadi, usahakan konsumsi air mineral setiap jam. Hal ini dilakukan agar mencegah kamu mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Kamu udah gak perlu bingung lagi kan kenapa sih selalu merasa lapar setelah makan? Yuk, mulai konsumsi makanan sehat dan seimbang supaya kesehatan tubuh kamu tetap terjaga!

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...

Baca Artikel

HRD MERAPAT, INI DIA CARA TINGKATKAN KOLABORASI KARYAWAN

Kolaborasi merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki...