6 Tips Hemat Bertahan Hidup di Akhir Bulan

D:\KULINA\JUNI\pict\accounting-black-budget-53621.jpg

Menuju akhir bulan biasanya dompet udah mulai menipis. Ingin rasanya skip minggu ini sampai waktu gajian aja, hahaha~

Sebagai insan muda nan mandiri secara finansial, penting banget untuk mengelola pengeluaran terutama disisa akhir bulan. Mengelola kebutuhan harian sampai dengan kebutuhan pengeluaran mendesak memang perlu dianggarkan dan direncanakan secara matang. Sebelum semakin menjadi yuk simak beberapa tips berhemat biar bisa survive sampai akhir bulan nanti.

1. Memprioritaskan Anggaran Belanja

Mungkin rancangan utama selama sebulan penuh sudah terlaksana di awal bulan. Tapi apa daya menahan hasrat berbelanja ketika ada pertemuan di mall atau pusat perbelanjaan. Godaan seperti barang diskon dan jajanan murah mungkin sulit dihindari. Sebelum bikin kantong kalian makin jebol, coba tuliskan daftar belanja barang pokok dan non pokok bulanan sesuai skala prioritas. 

Kelihatannya sepele, namun barang non pokok penting juga untuk dianggarkan, misalnya barang atau makanan kecil apa yang akan kamu beli saat sekadar window shopping ke tempat nongkrong atau ke pusat perbelanjaan. Biasanya harga yang murah atau diskon akan membuatmu tidak segan untuk mengeluarkan uang. Semakin banyak pengeluaran kecil, tanpa disadari bisa menembus batas anggaranmu lho. Dengan tetap mengingat prioritas kegunaan dan tujuan akan barang tersebut, kamu nggak akan mengalami over budget.

2. Pulang Cepat dari Kantor Sebelum Terjebak Ajakan Hang-Out

Setelah jam pulang kantor ada baiknya lho kamu langsung pulang. Selain menghindari kemungkinan ajakan hang-out, upaya pulang cepat ini bagus juga buat kalian yang mungkin gak ada ide buat merangkai alasan~ Terlalu lama di kantor, alhasil terjebak situasi dan godaan teman-teman untuk ikutan hang-out berbuntut jajan. Menikmati waktu senggang bisa dengan nonton film dirumah sendiri atau ajak sekalian teman-temanmu.

3. Hindari Hutang Dalam Bentuk Apapun

D:\KULINA\JUNI\pict\banking-card-credit-card-1332191.jpg

Ada baiknya menghindari hutang dalam bentuk apapun. Baik itu dengan meminjam uang ke teman, menggunakan kartu kredit atau jenis-jenis kredit lainnya. Pikirkan lagi skala prioritas dan kebutuhan membeli barang secara kredit. Hal ini terkecuali pada membeli rumah sebagai investasi jangka panjang atau membeli kendaraan sebagai kebutuhan operasionalmu. Jika memang harus kredit, sesuaikan cicilan bulanan dengan pendapatan bulananmu. Hindari terburu-buru menentukan pilihan pembayaran bulanan yang terlalu besar. Kamu mungkin bisa membelinya di awal, tapi belum tentu bisa membayarnya hingga akhir. Tiba saatnya membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan padahal kamu juga lagi nggak punya uang, bukannya tambah ringan yang ada makin pusing.

4. Hemat Kuota Internet

Jargon masyarakat masakini: Pangan, Sandang, Wifi alias kuota internet. Thumbs generation selalu diberi kemudahan dalam mendapatkan informasi. Tanpa sadar godaan untuk berselancar di dunia maya menyedot banyak kuota internet dan pulsa. Alhasil anggaran pengeluaran untuk kuota internet membengkak. Ada baiknya untuk lebih aware dengan tontonan yang kamu pilih selain membuat target budget kuota dan pulsa selama sebulan. Misalnya untuk pulsa 50 ribu dan paket internet 100 ribu sebulan. Jangan membuatnya menjadi dua kali lipat apalagi ketika keuanganmu sedang kritis.

5. Cari Pendapatan Tambahan

Bila kondisi keuanganmu memang sudah benar-benar memprihatinkan, ada baiknya kamu mencoba mencari pendapatan tambahan. Kamu bisa mencari kerja tambahan atau kerja sambilan. Walaupun mungkin hasilnya tak banyak, kamu bisa mendapat tambahan uang yang kamu butuhkan untuk bertahan selama sebulan bahkan saat akhir bulan. Selain mencari pendapatan tambahan, cobalah untuk melakukan perputaran uang dengan melakukan tindakan produktif lainnya. Misalnya dengan usaha kecil-kecilan yang dibutuhkan orang dan menghasilkan dalam jangka waktu singkat. Misalnya berjualan pulsa. Dengan begini saat akhir bulan uang kamu bisa bertambah.

6. Langganan Makan Siang untuk Kurangi Uang Makan

Biaya makan jadi salah satu pengeluaran yang diam-diam bikin dompet cepat tipis. Apalagi kalau punya kebiasaan makan makanan di kafe atau resto mahal. Nah, saat akhir bulan kamu harus rela menghemat pengeluaran biaya makan. Cukup mengkonsumsi makanan yang diperlukan tubuh seperti makan makanan sehat, nutrisi seimbang, dan higienis. Seperti makan makanan dengan menu sayur mayur bakalan bikin kantong lega juga bikin sehat lho guys. Untuk mendukung hidup minimalis, langganan makan siang  maupun makan malammu di Kulina aja!

Kenapa di Kulina?

D:\KULINA\JUNI\pict\1_amJXjU5CNpoH2w_JYNhlDA.jpeg

Dengan berlangganan di Kulina, nutrisi makananmu akan terjaga kualitas dan higienitasnya. Karena makanan yang kami proses telah melalui food test dari nutritionist ahli dibidang pangan. Selain itu, pesan makan siang atau malammu cukup klik lewat website Kulina. Banyak pilihan paket makanan yang bisa kamu sesuaikan dengan budget-mu. Murahnya kebangetan, soalnya mulai Rp 15.000-an udah bisa makan kenyang sehat pula. Hematnya lagi, biaya paket makan kamu sudah termasuk ongkos kirim! Gokil gak tuh? Kalau begini mah jelas menang banyak~ Hemat waktu, hemat tenaga, apalagi biaya.

Save your wallet in Kulina!

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://www.brilio.net/news/10-tips-irit-biar-bisa-bertahan-pada-akhir-bulan-151221d.
https://www.moneysmart.id/tanggal-tua-6-tips-hemat-ini-bakal-menyelamatkan-kamu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *