10 Manfaat Labu Siam untuk Tubuh

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh secara berkala tanpa gizi seimbang mungkin akan memicu beragam penyakit. Ada baiknya jika diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat. Misalnya mengkonsumsi sayuran seperti labu siam. Pasalnya, jenis sayur yang mirip buah pir ini memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Apa aja sih? Berikut 10 manfaat labu siam bagi tubuh.

D:\KULINA\JUNI\pict\41678_membersihkan-getah-labu-siam-dari-buah-dan-tangan-dijamin-mudah-dengan-tips-berikut-ini.jpg

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat labu siam yang cukup terkenal adalah membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsi labu siam secara rutin oleh penderita hipertensi dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Efek diuretik dan kandungan antioksidan dalam labu siam adalah yang memiliki peran dalam penurunan tekanan darah.

2. Menurunkan Kolesterol

Sudah jadi pamornya kalau labu siam dapat menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, labu siam tidak mengandung kolesterol atau jenis lemak jahat lainnya. Jadi buat kalian yang punya kecenderungan atau keluhan terhadap kolestrol, mengkonsumsi labu siam jadi pilihan tepat.

3. Menangkal Radikal Bebas

Labu siam juga dapat menangkal radikal bebas. Labu siam memiliki kandungan senyawa flavonoid dalam bentuk apigenin dan luteolin yang merupakan senyawa antioksidan. Maka dari itu, labu siam sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Mencegah Berbagai Penyakit Berbahaya

Kemampuan labu siam seperti mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan menangkal radikal bebas menjadikan labu siam sebagai jenis sayur yang baik untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya mulai dari penyakit kardiovaskular hinggga penyakit kanker. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu siam juga membantu memelihara tubuh secara keseluruhan.

5. Sayuran Penambah Darah

Mungkin bagi kebanyakan perempuan, anemia menjadi salah satu hal yang umum dijumpai. Salah satu cara untuk mengatasi anemia atau kelainan darah ini adalah dengan cara mengonsumsi makanan penambah darah yang banyak mengandung vitamin B2 dan zat besi. Kebaikan vitamin dan zat tersebut salah satunya ada pada labu siam. Makanan dengan kandungan zat besi dan vitamin B2 dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga anemia dapat teratasi.

6. Menambah Stamina

Khasiat labu siam selanjutnya adalah untuk menambah stamina. Beberapa kandungan senyawa dalam labu siam merupakan jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu sumber elektrolit yang paling besar berasal dari potasium atau kalium yang kandungannnya cukup tinggi dalam labu siam.

7. Menurunkan Berat Badan

Bila kalian sedang dalam program penurunan berat badan dengan cara melakukan diet, ada baiknya memasukkan labu siam ke dalam salah satu menu diet Anda. Pasalnya, labu siam merupakan jenis sayuran yang mengenyangkan, rendah kalori, tidak memiliki kandungan lemak jahat, dan kaya akan serat. Hal ini lah yang membuat labu siam dapat menjadi sayuran yang tepat untuk diet.

8. Mencegah Sembelit

Kebaikan dari labu siam lainnya adalah mencegah sembelit. Konstipasi atau sembelit biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi makanan berserat. Labu siam tidak hanya mengandung serat, tetapi juga merupakan sayuran yang banyak mengandung air sehingga sangat cocok untuk memelihara saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tidak kalah penting, labu siam ternyata bisa mencegah penuaan dini. Munculnya gejala penuaan sebelum waktunya dapat disebabkan oleh berbagai sebab mulai dari pola hidup yang kurang sehat hingga paparan radikal bebas.Kandungan antioksidan dalam labu siam dapat melawan radikal bebas dan juga ROS (Reactive Oxygen Species) yang merupakan zat dari oksigen yang reaktif dan berbahaya bagi tubuh. Keduanya merupakan penyebab terjadinya penuaan dini.

10. Perawatan untuk Batu Ginjal

Labu siam juga bisa membantu perawatan batu ginjal. Tidak hanya bagian buah nya saja yang dapat dimanfaatkan, tetapi juga pada bagian daun tumbuhan ini. Salah satu penelitian dari University of North Florida menemukan bahwa daun labu siam memiliki manfaat untuk mengatasi batu ginjal dan juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Demi tubuh lebih sehat dan bugar, yuk konsumsi buah, sayur dan beragam jenis protein dengan lebih seimbang. Kesehatan mu saat muda bakal jadi investasi terbaik di masa tua nanti lho!

Mau coba menu labu siam? Ada di Kulina!

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://doktersehat.com/manfaat-labu-siam/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *