Atasi Tubuh Lebar-an Setelah Lebaran dengan 3 Resep Jus ala Kulina

Hari raya Idulfitri menjadi satu momen baik untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara. Ketika ada acara kumpul-kumpul biasanya makanan banyak disajikan untuk nantinya disantap bersama.

Acara ini berlanjut ketika kalian berkunjung ke tetangga maupun rumah saudara di daerah lain. Bermacam-macam makanan dihidangkan, gak jarang bikin laper mata bahkan mungkin bisa jadi gagal diet. Mengkonsumsi beragam jenis menu makanan dari yang bersantan, daging-dagingan, dan berminyak mungkin akan sulit kita hindari.
Untuk itu pasca Lebaran ada baiknya kita lebih memperhatikan makanan seimbang bagi tubuh. Setelah ‘dihajar’ makanan bersantan dan berlemak, boleh nih bikin jus buah segar untuk detoksifikasi tubuh selama Lebaran kemarin. Bikin sendiri di rumah lebih mudah, karena selain bahannya mudah ditemui, kalian bisa simak resep jus dari Kulina berikut ini.

1. Jus Tomat dan Mentimun

Bahan:

  • Tomat cincang 3 1/2 cangkir
  • Mentimun potong dadu 2 cangkir
  • Seledri segar 1 batang
  • Lada merah 1/2 sendok teh
  • Lada hitam 1/2 sendok teh
  • Garam dapur 1/2 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Masukkan tomat, timun dan daun seledri ke dalam blender. Lalu proses sampai halus dan tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan lada hitam, lada merah dan garam, kemudian proses / blender lagi sebentar sampai tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke dalam gelas, jus bisa langsung di nikmati.

2. Jus Sawi, Mentimun, Pir

D:\KULINA\JUNI\pict\1483737099324.jpeg

Bahan-bahan :

  • Sayur sawi 5 tangkai
  • Mentimun segar 1 buah
  • Pir 1 buah
  • Kacang mete 5 biji
  • Air perasan jeruk lemon 3 sendok makan
  • Madu 1 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama potong 5 tangkai sayur sawi sampai menjadi bagian, lalu cuci bersih.
  2. Potong-potong mentimun dan buah pir menjadi beberapa bagian. Sisihkan.
  3. Selanjutnya masukkan potongan sayur sawi, mentimun, buah pir dan 5 biji kacang mete ke dalam blender. Proses sampai halus, kemudian masukkan 3 sendok makan air lemon serta madu, proses lagi sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan jus ke dalam gelas, minum segera.

Kandungan antioksidan, vitamin, serat dan mineral yang terdapat dalam sayur sawi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga anda tidak membutuhkan banyak air untuk membuat jus ini, karena kandungan mineral dalam sayuran sawi sudah cukup tinggi.

3. Jus Pisang & Jeruk

D:\KULINA\JUNI\pict\orange-and-banana-yogurt-smoothie.jpg

Bahan-bahan :

  • Pisang 1 buah
  • Jeruk manis 1 buah
  • Air putih 300 mili liter
  • Madu 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Kupas buah pisang, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Kemudian kupas buah jeruk, buang bijinya, ambil airnya.
  3. Selanjutnya masukkan semua bahan ke dalam blender, proses sampai halus.
  4. Tuang jus ke dalam gelas, siap dinikmati.

Demi tubuh yang lebih bugar setelah Lebaran, detoksifikasi akan lebih baik ketika kalian bisa merancang dan membuat jus hasil tangan kalian sendiri. Bisa lebih aware sama bahan dan proses membuatnya akan berbeda ketika kalian beli produk jadi.

Yuk bikin sendiri jus mu!

Oh iya, bagi kamu yang mau ngemil sehat di kantor, sekarang di Kulina ada paket buah. Yuk cek dan coba jajan buah di Kulina! Kerja jalan terus, sehat tetep terjaga.

[CEK MENU BUAH KULINA]

SUMBER:
http://resephariini.com/11-jus-untuk-diet/


10 Oleh-oleh Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia

Saat lebaran tiba artinya masa-masa libur panjang tiba. Walaupun lebarannya udah seminggu yang lalu, tapi vibe kumpul dan seru-seruan bareng kadang masih kebawa kan guys? Biasanya nih bakal dialamin sama kalian anak rantau yang butuh mudik ke kota asal. Buat mengobati rasa kangen sama kampung halaman, berikut beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kalian bawa sebagai oleh-oleh dan obat lapar pastinya xixixi~

1. Lumpia – Semarang

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-lumpia-semarang.jpg

Sekali dengar kata ‘Lumpia’ orang langsung inget sama oleh-oleh khas kota Semarang ini. Makanan khas warga Tionghoa ini dulunya berisi daging babi, namun karena warga lokal tidak mengkonsumsi daging tersebut, jadilah bambu muda atau rebung digunakan sebagai isian. Bambu muda ini kemudian diolah dan dibalut dengan kulit lumpia lalu digoreng. Sebagai oleh-oleh, Lumpia ini bisa dibeli dalam keadaan yang belum digoreng.

2. Serabi – Solo

D:\KULINA\JUNI\pict\BBRtBXO.jpg

Manis gurih dengan tekstur lembut dengan pinggiran crunchy. Cukup mendefinisikan kuliner khas Solo ini. Selain teksturnya yang lembut, Serabi Solo ini punya rasa yang khas. Makanan ini dibuat dari adonan santan kelapa dengan teknik memasak yang unik, yakni dengan memutar wajan setelah adonan dituangkan. Biasanya sih yang paling khas adalah rasa original-nya tapi ada juga yang menyediakan Serabi dengan macam-macam topping.

3. Keripik Apel – Malang

D:\KULINA\JUNI\pict\keripik-apel-malang-yang-enak-1.jpg

Aneka keripik banyak terdapat di Kota Malang, satu di antaranya yang paling terkenal adalah Kripik Buah Apel. Banyaknya budidaya pohon apel di kota Malang, membuat Malang terkenal dengan hasil olahan-olahan apel salah satunya Kripik Apel. Pengawetan dengan cara menjadikan apel sebagai keripik membuat makanan ringan ini recommended kalian jadiin oleh-oleh yang tahan cukup lama.

4. Pie Susu – Bali

D:\KULINA\JUNI\pict\029195400_1460459978-berrykitchen.jpg

Pie merupakan makanan khas Amerika. Biasanya memiliki filling olahan buah apel. Namun, Pie berasal dari Bali ini berisikan olahan susu. Berbeda dari Pie Amerika, Pie Susu ini berukuran mini. Karena bentuknya cukup kecil, membawa banyak Pie Susu bisa jadi pilihan oleh-oleh yang cukup ekonomis.

5. Dodol Rumput Laut – Lombok

D:\KULINA\JUNI\pict\13281722_963e223a-6650-4e3c-a44a-347dd741d552-dodol-rumput-laut-tokomesin.jpg

Dodol biasanya memiliki rasa dominan manis dan berwarna coklat. Tapi oleh-oleh khas Lombok ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu Dodol Rumput Laut. Dari teksturnya menyerupai dodol pada umumnya yang seperti jelly yang cukup lekat. Selain berwarna-warni, bahan dasar dodol ini terbuat dari rumput laut.

6. Kue Kurma – Makasar

D:\KULINA\JUNI\pict\4381542=s1280=h960.jpg

Tak seperti namanya, sebenarnya kue ini tidak dibuat dari kurma. Konsistensi karamel yang lengket membalut kue ini sehingga menyerupai tekstur buah kurma. Kue ini semakin nikmat karena tak hanya dilapisi manisnya karamel tapi juga dibubuhi gurihnya kacang.

7. Amplang – Kalimantan

D:\KULINA\JUNI\pict\IMG_20190307_172741.jpg

Amplang adalah kerupuk khas dari Kalimantan. Kerupuk Amplang berbahan dasar dari ikan pipih yang banyak ditemui di sungai-sungai Kalimantan. Rasanya gurih dengan aroma khas ikan, bisa kalian dapatkan dalam bentuk sudah digoreng dan dikemas rapih.

8. Bika Ambon – Medan

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-Bika-Ambon.jpg

Kue ini mungkin sudah mengalami krisis cukup panjang. Namanya Bika Ambon tetapi menjadi oleh-oleh khas Medan. Memiliki rasa pandan yang khas, juga memiliki tekstur berongga di setiap sisinya. Selain rasa original, Bika Ambon juga punya banyak aneka rasa lainnya seperti rasa keju dan durian.

9. Lamang – Sumatera Barat

D:\KULINA\JUNI\pict\2__IMG_2292_Lamang_umumnya_disajikan_dalam_dua_varian_teknik_penyajian,_yaitu_asin_atau_manis_tergantung_bahan_pelengkapnya.jpg

Makanan khas dari Sumatera Barat ini bernama Lamang. Biasanya terdapat dua pilihan rasa, yaitu manis dan asin. Berbahan dasar cukup sederhana dari beras ketan dan santan kemudian dimasukkan ke daun pisang dalam bambu. Dengan membakar bambu diatas bara api, menambah aroma smoky kue ini.

10. Kue Sagu – Papua

D:\KULINA\JUNI\pict\Resep-Kue-Bagea.jpg

Berbahan dasar dari sagu, kue ini memiliki rasa yang cukup kompleks. Campuran kenari, kayu manis, kacang tanah, dan cengkih memberikan macam lapisan rasa. Walaupun keras saat digigit, makanan ini akan langsung lumer di mulut. Seperti kue kering, makanan ini cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Makanan-makanan diatas sudah jadi ikon dan terkenal di kota daerah tersebut. So, kalian udah tahu oleh-oleh apa aja yang mau dibawa pulang kan Kulinas?

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/aulia-ratna-safira/oleh-oleh-khas-berbagai-kota-di-indonesia-paling-legendaris/full

5 Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia

Mendekati akhir bulan Ramadan, berarti saatnya persiapan hari raya Lebaran. Tak hanya di Indonesia, kaum muslim di seluruh dunia turut bersiap-siap menyambut Lebaran. Mungkin mendekorasi rumah maupun membeli pakaian baru menjadi adat tiap tahun, tapi salah satu yang menjadi primadona adalah hidangan yang dihadirkan.

Kalau di Indonesia terutama di Jawa biasa menghidangkan Opor Ayam, Ketupat, dan pasangan sejatinya yakni Sambal Goreng Ati, berbeda dengan negara-negara lain. Menu Lebaran setiap negara berbeda-beda, mulai dari hidangan kue-kue basah sampai yang berbahan dasar ikan juga ada lho. Beberapa menu Lebaran dari penjuru dunia berikut menjadi primadona selama Lebaran di negara-negara asalnya. Apa aja sih? Simak nih guys!

1. Turki, Baklava

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\simple-baklava-76244-1-5caaaac0ba58a1ad1aea3edc7f7ddaa6_600x400.jpeg

Bagi kalian pencinta pastry, negara ini mungkin menjadi destinasi paling bikin kalian betah terutama saat lebaran. Baklava merupakan kue bertekstur yang berlapis-lapis dan berisi berbagai macam potongan kacang. Sentuhan khas dalam proses pembuatan kue ini adalah dengan menyiramkan sirup serta madu diatasnya.

2. Maladewa, Gulha dan Kulhi Boakibaa

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\aneka-kuliner-lebaran-unik-dari-beberapa-negara-4-5106cd73ffe957334ed29e6894109954.jpg

Hari raya Idul Fitri di Maladewa punya sajian spesial yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa. Kedua makanan khas ini merupakan hasil olahan laut. Gulha sendiri merupakan bola-bola yang terbuat dari ikan, sedangkan Kulhi Boakibaa adalah nasi yang dicampur dengan daging tuna segar.

3. Maroko, Meloui dan Chicken Bastilla

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\Chicken-Bastilla.jpg

Mungkin masih asing terdengar, namun ketika di Maroko kalian akan menemui makanan lezat khas lebaran lho, namanya Meloui dan Chicken Bastilla. Meloui sebenarnya mirip dengan Roti Canai. Hidangan ini merupakan camilan yang terbuat dari terigu, gula, garam dan ragi. Lain halnya dengan Chicken Bastilla yang cenderung jadi makanan berat. Kue yang mirip dengan pie isi ayam ini sudah cukup terkenal. Berbahan dasar ayam, bumbu aromatik, kacang almon goreng yang kemudian diisikan ke dalam lapisan-lapisan pastry.

4. Mesir, Kahk

D:\KULINA\MEI\pict\New folder (2)\kahk-pistachios-honey-2.jpg

Ketika lebaran tiba, di Mesir punya sajian makanan khasnya, yakni Kahk. Kue ini sudah ada sejak 1540 sebelum masehi, sehingga dipercaya sudah ada sejak jaman Mesir kuno. Kahk merupakan kue berisi kacang dan bertabur tepung gula dengan rendah kalori. Biasanya kue ini berisikan madu, walnuts, kacang pistachio, atau originial tanpa isian dan hanya bertabur tepung gula. Karena kandungan protein dari kacang-kacangan tersebut kue ini baik untuk tubuh lho.

5. Pakistan, Sheer Kurma

Buah kurma menjadi komoditi melimpah di Pakistan, sehingga umat muslim di Pakistan menjadikan kurma sebagai menu utama selama lebaran. Berbeda dari negara kebanyakan yang menyajikan makanan asin gurih maupun pedas, di Pakistan menjadikan makanan manis ini sebagai sarapan maupun makanan penutup di tiap hari raya. Berupa puding, Sheer Kurma terdiri dari buah kurma yang dicampurkan dengan susu serta mie vermicelli. Biasanya juga dapat ditambahkan kacang pistachio, almon, kismis dan air mawar.

Kalau di Indonesia demen banget sama makanan serba santan dan karbohidrat tinggi sebagai menu lebaran. Ternyata beda cerita di negara-negara diatas ya Kulinas. Menu berbahan dasar gandum dan kacang-kacangan menjadi makanan wajib ada selama lebaran.  

Buat kalian yang bosen sama default menu lebaran tiap tahun, bisa jadi referensi menu lebaran kamu, nih, dan gak perlu terbang jauh-jauh. Mungkin kalian mau eksperimen bikin makanan khas negara-negara yang udah disebut diatas buat lebaran nanti? Wih, kalau jadi bikin boljug nih bagi-bagi~

SUMBER:
https://travel.tribunnews.com/2019/05/28/10-makanan-khas-lebaran-dari-berbagai-negara-di-dunia
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rully-bunga/makanan-lebaran/full

5 Makanan Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ketika lebaran tiba, makanan wajib seperti Opor Ayam maupun Sambal Goreng Ati selalu setia dari tahun ke tahun. Seakan Lebaran ini belum sah tanpa kehadiran-mu oh Opor Ayam~ Lagi pula, hampir di segala lapisan masyarakat pun mengikuti tradisi perayaan ini. Seolah menu tersebut menjadi wajib dihidangkan tiap satu tahun sekali.

Namun mencoba hal-hal diluar kebiasaan ditiap tahunnya patut untuk dijajal lho. Coba tengok, bisa jadi kalian mulai terjebak pola yang sama, seperti menu lebaran melulu itu-itu aja. Selain Opor Ayam dan sederet menu makanan khas dari Jawa, ada lho sajian khas daerah lain setia jadi sajian saat berlebaran.  Untuk resep berlebaran lebih meriah, yuk mari kita intip menu-menu makanan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Bebek Gulai Kurma

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\bebek gulai masak kurma (1).JPG

Berlebaran di Aceh tak lengkap tanpa Bebek Gulai Kurma. Kuliner khas Aceh ini sarat akan potongan bebek yang diolah bersama daun temurui, daun pandan, serai, dan santan kelapa. Tak hanya bahan dasarnya yang pastinya udah menggoda iman eh selera, aroma yang berasal dari penambahan rempah dan bumbu seperti cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga berhasil membuat citarasa hidangan ini naik kelas.

Bila mendapati satu porsi Bebek Gulai Kurma tanpa ada penambahan buah kurma, disinilah letak keunikan kuliner khas Aceh ini. Walaupun ada penggunaan kata ‘kurma’ di nama masakannya, Bebek Gulai Kurma tidak menggunakan bahan dasar kurma sama sekali.

2. Gulai Nangka

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\Resep-Olahan-Gulai-Nangka-Untuk-Menu-Hari-Ini.jpg

Masakan khas Sumatera Utara tak akan jauh dari yang namanya santan. Ketika masa lebaran tiba, Gulai Nangka menjadi makanan wajib di Medan. Khas dari makanan ini adalah dengan menambahkan iga sapi dan kacang panjang sebagai penyeimbang. Sedangkan bumbu yang digunakan masih sama dengan bumbu gulai pada umumnya, seperti penggunaan cabai merah, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, jahe, serta lengkuas.

3. Kella Pate

Turut memeriahkan lebaran di Madura, hidangan dengan berbahan dasar ikan yakni Kella Pate selalu menjadi kuliner paling ditunggu. Kella Pate sendiri merupakan hidangan berupa potongan ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan. Dengan penambahan bumbu aromatik yang telah dihaluskan tediri dari jintan, kencur, dan terasi membuat Kella Pate punya rasa yang khas. Kompleksitas rasa dalam hidangan ini juga didukung dengan penambahan irisan cabai dan belimbing wuluh.

4. Ayam Gagape

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\32091_ayam-gagape.jpg

Sekilas hidangan ini mirip dengan Opor Ayam, namun penggunaan bumbu dan jenis ayam membuat Ayam Gagape memiliki pamornya sendiri. Resep utama menu ini adalah dengan menggunakan ayam kampung jantan. Jenis ayam ini biasanya memiliki tekstur dan serat daging lebih kenyal dari ayam negeri. Selain itu, penambahan terakhir pada hidangan dengan kelapa parut yang telah disangrai memberikan sensasi yang berbeda dari Opor Ayam.

5. Uvempoi

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\uvempoi2.jpg

Usut-punya-usut ketika zaman Presiden Soeharto, beberapa mentri yang dinas ke Palu tak akan melewatkan makanan ini. Termasuk mentri Harmoko yang memberikan bintang 5/5 pada kuliner satu ini. Hadir sebagai kuliner khas daerah Palu, ternyata makanan ini juga menjadi salah satu hidangan wajib saat lebaran. Berbahan dasar dari tulang rusuk atau iga sapi yang dimasak menjadi sup dengan bumbu khas Palu. Terasa gurih dan berwarna cokelat karena kuahnya menggunakan bahan dan teknik memasak yang unik. Bumbu asam jawa dalam kuah sup yang dimasak diatas kayu bakar dan tempurung kelapa berhasil menjadikan kuah lebih aromatik.

Wih, ternyata banyak juga ya kuliner-kuliner daerah selain Jawa yang boleh kita cari resepnya dan coba bikin. Jelajah rasa di lebaran yang penuh kehangatan yuk guys!

SUMBER:
https://travel.tribunnews.com/2019/05/28/7-sajian-kuliner-khas-lebaran-dari-berbagai-daerah-di-indonesia?page=all
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/kuliner-khas-lebaran-dari-berbagai-daerah-di-indonesia/full
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2454249/uvempoi-sop-daging-kesukaan-para-menteri-era-presiden-soeharto

3 RESEP MENU LEBARAN KHAS INDONESIA

Tinggal menghitung hari menuju momen hari raya lebaran. Kembali ke kampung halaman, berkumpul dan silaturahmi dengan sanak saudara menjadi hal paling ditunggu-tunggu. Namun dalam kebersamaan menikmati momen, kurang lengkap jika tidak menyediakan makanan khas lebaran.

Selain kue-kue kering dan beragam kudapan ringan, ada makanan-makanan yang menjadi syarat utama selama lebaran. Menu klasik nan wajib berikut ini selain enak pastinya mudah untuk diolah sendiri di rumah. Siapa tahu lebaran kali ini jadi momen pertama mu masakin buat sekeluarga lho~

Yuk, Kulina temani masak makanan khas Lebaranmu dengan panduan di bawah ini.

  1. Ketupat

Bahan

  • 1 liter beras
  • 10 bungkus ketupat
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci beras hingga bersih kemudian direndam selama 2 sampai 3 jam dengan sedikit garam. Setelah itu tiriskan.
  2. Jika beras sudah selesai direndam dan bungkus ketupat sudah siap, masukkan beras ke dalam bungkus ketupat sampai sepertiga bagian atau setengah penuh.
  3. Masak air dalam panci besar lalu masukkan ketupat.
  4. Masak selama 4 sampai 5 jam.

Tips

  • Pilihlah daun ketupat yang bagus dan jangan lupa cuci hingga bersih.
  • Saat merendam beras untuk dibuat ketupat bisa ditambah sedikit air kapur sirih. Air kapur sirih akan membuat ketupat lebih kenyal dan awet.
  • Pada waktu merebus, sebaiknya ketupat harus selalu dalam keadaan terendam air.
  • Setelah ketupat matang, langsung siram dengan air dingin dan gantung di tempat yang terkena angin agar kandungan airnya berkurang sehingga tidak cepat basi.

2. Sambal Goreng Ati Ampela

Bahan

  • 300 gram kentang, potong dadu
  • 3 pasang hati dan ampela ayam
  • Asam jawa secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm / ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk purut, sobek buang tulang daun
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 buah cabai merah besar, buang biji nya, iris halus
  • 1 papan petai, iris-iris
  • 100 ml santan

Bumbu Halus

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1/2 butir tomat
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat

  1. Rebus hati ampela ayam, tambahkan sedikit asam jawa. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.
  2. Goreng kentang yang sudah dipotong dadu sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan. 
  3. Goreng hati dan ampela rebus sampai kecoklatan. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus sampai wangi.
  5. Masukkan daun salam , lengkuas, daun jeruk, dan irisan cabai merah sampai harum dan layu. 
  6. Tambahkan irisan petai dan ati ampela ayam, sambil diaduk-aduk.
  7. Tuang santan, tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan kentang goreng dan aduk sampai rata.
  8. Masak sebentar sampai bumbu benar-benar meresap, angkat lalu sajikan.

3. Opor Ayam

Bahan

  • 500 gram daging ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai digeprek
  • 700 ml santan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 5 sdm minyak sayur

Bumbu Halus

  • 4 butir kemiri
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 20 cm kunyit/ kunir
  • 4 cm lengkuas
  • Haluskan menjadi satu

Cara Membuat

  1. Potong-potong daging ayam dan cuci bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk-aduk lalu masak hingga berubah warna.
  3. Tuang santan, aduk-aduk serta beri garam, merica, kaldu bubuk dan gula pasir kemudian masak sampai daging ayam empuk sambil sesekali diaduk.
  4. Setelah matang, angkat dan tuang dalam mangkuk dengan taburan bawang goreng di atasnya lalu siap untuk dihidangkan.

Tuh kan, gampang banget bikinnya! Sesederhana berbagi masakan khas buah tangan kalian sendiri, bikin momen lebaran bersama keluarga tercinta makin hangat dan berkesan. Yuk, bikin dan masak sendiri di lebaran nanti!

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/recipe/anggun-mayasari/5-resep-menu-masakan-klasik-dan-favorit-saat-lebaran-c1c2/full


7 MANFAAT & KEUTAMAAN BERPUASA

Bulan suci Ramadhan merupakan momen penting bagi umat Muslim untuk menunaikan ibadah puasa. Puasa berarti menahan hawa nafsu, lapar, dan haus selama kurang lebih 12 jam setiap harinya, selama satu bulan penuh. Tubuh yang tidak mendapat asupan makan dan minum selama 12 jam, jika dilakukan dengan benar, ternyata memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan lo.

Jadi selain baik dari segi ajaran agama Islam, puasa ternyata juga baik bagi kesehatan. Apa aja sih manfaat puasa untuk kesehatan tubuh Kulinas semua? Yuk, simak penjelasannya.

1. Turunkan Berat Badan 

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\34_scale_Ways-to-Lose-Weight-Without-a-Lick-of-Exercise_511513672_fizkes_FT.jpg

Berpuasa mampu menurunkan berat badan. Beberapa studi sudah membuktikan hal ini termasuk studi pada 2015. Dikutip dari Dr. Axe, studi menemukan bahwa berpuasa mampu memangkas berat badan hingga 7 persen dan mengeliminasi lemak sebanyak 12 pounds atau sekitar 5,4 kilogram. 

2. Regenerasi Sel Punca Usus

Sebuah riset dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) menemukan bahwa berpuasa dapat meningkatkan regenerasi sel punca usus. Sel punca usus makin lama kehilangan kemampuan regenerasi seiring bertambahnya usia. Sel ini memungkinkan lahirnya sel-sel usus baru dan memperbaiki usus bila terjadi infeksi atau kondisi lain yang memperngaruhi. 

Eksperimen dilakukan pada tikus yang berpuasa. Setelah diamati, saat berpuasa sel mulai memecah asam lemak daripada glukosa. Perubahan metabolisme ini menjadikan sel punca menjadi lebih regeneratif. 

“Studi ini membuktikan bahwa berpuasa mendorong perubahan metabolisme pada sel punca usus, dari mengolah karbohidrat menjadi membakar lemak,” kata David Sabatini, penulis senior riset sekaligus profesor biologi MIT dikutip dari laman MIT News.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa terbukti meningkatkan fungsi otak. Berpuasa membuat produksi protein yang dikenal dengan nama brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Protein ini mengaktivasi sel punca otak untuk mengubah neuron baru dan memicu zat kimia lain yang menyehatkan saraf. BDNF juga membantu melindungi sel otak dari perubahan yang berhubungan dengan penyakit alzheimer dan parkinson. 

4. Cegah Jerawat

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\4-Tips-Mengatasi-Jerawat-Pada-Kulit-Kering.jpg

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan organ tubuh, berpuasa juga membawa dampak positif pada kesehatan kulit. Orang yang biasanya berjerawat, jika rutin berpuasa dapat mengurangi atau mencegah munculnya jerawat. 

Berpuasa mampu mendetoksifikasi tubuh. Detoksifikasi artinya proses pembersihan diri dari berbagai racun dalam tubuh. Detoksifikasi baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Menormalkan Sensitivitas Insulin

Terlalu banyak asupan karbohidrat dan gula membuat insulin menjadi resisten. Hal ini pun menimbulkan penyakit kronis termasuk diabetes tipe 2. Berpuasa bisa jadi jalan keluar demi insulin yang sensitif. 

Dilansir dari Dr.Axe, sebuah studi yang dipublikasikan pada World Journal of Diabetes menemukan bahwa berpuasa pada orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2 dapat meningkatkan penanda kunci baik pada berat badan maupun kadar gula darah. 

6. Menurunkan Kadar Gula Darah dan Kolesterol

Berpuasa membuat orang mengontrol kelebihan makanan dan melatih orang hidup sehat. Saat berpuasa terjadi peningkatan HDL atau kolesterol baik dan penurunnan LDL alias kolesterol jahat. Keberadaan kolesterol baik dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Berpuasa juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes tipe 2, berpuasa dapat membawa manfaat asal direncanakan dengan baik disertai konsultasi dengan dokter.

7. Awet Muda

D:\KULINA\APRIL\pict\week 5\rahasia-cantik-dan-awet-muda-para-bintang-ini-penting.jpg

Hal ini sebenarnya belum terbukti pada manusia. Riset masih berkutat pada percobaan pada tikus. Studi menemukan bahwa berpuasa berkaitan dengan memperlambat proses penuaan. Pada temuan lain, sebuah grup tikus yang berpuasa mampu hidup lebih lama daripada kelompok yang tidak berpuasa. 

Nah, sekarang kita sudah tahu manfaat lain puasa untuk kesehatan tubuh kita. Jadi gak sabar ingin segera mulai ya? Mumpung masih ada waktu…

Yuk, persiapkan dirimu dulu bersama Kulina!

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180521214722-284-300137/7-manfaat-menakjubkan-berpuasa

11 MAKANAN YANG HANYA MUNCUL SAAT RAMADAN

Ramadhan sebentar lagi~

Bicara Ramadhan, selain banyak agenda kumpul bersama, satu lagi yang gak boleh ketinggalan adalah nostalgia beragam pangan unik khas daerah masing-masing. Di tempatmu, makanan apa sih yang paling kamu kangenin?

Kalau Kulina, udah nemu beberapa jenis hidangan berikut yang hanya muncul di tiap Bulan Suci Ramadhan. Berikut 11 makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang hanya muncul saat Ramadhan versi Kulina.

1. Bongko Kopyor – Gresik, Jawa Timur

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\BongkoKopyor.jpg

Salah satu camilan yang dimakan orang Gresik pada saat berbuka puasa adalah Bongko Kopyor. Bahan dasar dari Bongko Kopyor adalah buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan kelapa, dan roti tawar. Bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus.

2. Mie Glosor – Bogor

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\S3I5WcU9Oo1465270151.jpg

Setiap bulan Ramadan tiba, Mie Glosor selalu menjadi menu takjil berbuka puasa di Kota Bogor. Ramadhan identik dengan Mie Glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini.

3. Sate Susu – Bali

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\2103271sate-susu780x390.jpg

Sate Susu ini adalah salah satu kuliner Ramadhan khas Bali. Sate Susu yang terbuat dari payudara sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina. Untuk menambah kenikmatannya, Sate Susu akan dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali.

4. Sotong Pangkong – Pontianak

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\0005254Sopang4780x390.jpg

Selama puasa, warga Pontianak, Kalimantan Barat selalu menyediakan Sotong Pangkong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Sotong Pangkong adalah menu olahan cumi kering yang dibakar. Uniknya setelah dibakar cumi atau sotong tadi dipukul-pukul dengan palu.

5. Pakat – Tapanuli

Pakat adalah kuliner tradisi khas Masyarakat Tapanuli yang sering muncul di bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan berusia muda. Daging rotan dipotong – potong berukuran 5 centimeter kemudian dimasak dan dibubuhi dengan santan.

6. Gulai Kakuwah – Mukomuko, Bengkulu

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Gulai-Ikan.jpg

Kuliner satu ini merupakan makanan tradisi untuk sahur di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Hidangan tersebut dinamakan Gulai Kakuwah. Gulai ini dibuat menggunakan berbagai jenis ikan laut maupun ikan air tawar.

7. Ketan Bintul – Serang, Banten

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\ketan-2.jpg

Ketan Bintul adalah kuliner khas Ramadhan dari Kota Serang, Banten. Ketan Bintul ini berbahan baku nasi ketan dihaluskan yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya.

8. Es Kopi Luwak – Lampung Barat

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\GettyImages-125810371.jpg

Lampung Barat memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi Luwak paling bermutu. Di bulan Ramadhan ini, Es Kopi Luwak menjadi menjadi minuman khas yang disajikan saat berbuka puasa.

9. Kicak – Yogyakarta

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Cara-Membuat-Kicak-Menu-Takjil-Asli-Yogyakarta.jpg

Kicak adalah salah satu makanan yang sangat khas dan cukup populer di bulan Ramadhan di Kota Yogyakarta. Biasanya makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat. Kicak menggunakan bahan dasar beras ketan.

10. Gulai Siput – Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Gulai Siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Menu yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari oleh masyarakat setempat karena rasanya yang gurih dan lezat.

11. Bubur Kampiun – Padang, Sumatera Utara

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\bubur-kampiun_20181025_065638.jpg

Bubur Kampiun merupakan makanan berbuka puasa khas Padang. Makanan ini terbuat dari campuran bubur seperti Bubur Sumsum, Candil, Kolak Pisang, Ketan, dan Kolang-Kaling. Aneka bubur ini dimasukkan satu wadah dan diberi kuah santan yang dicampur gula merah.

Ya ampun… Jadi langsung ngiler kan bayangin itu semua! Haha.
Sabar- sabar, tinggal sebentar lagi…

Yuk, persiapkan Ramadhanmu bersama Kulina!

Sumber:
https://ramadan.sindonews.com/read/1208931/68/10-makanan-khas-ramadan-berbagai-daerah-indonesia-1496038629
https://zakat.or.id/10-minuman-dan-makanan-khas-ramadhan/

7 Makanan Ikonik yang Ada di Dalam Film

Menonton film sudah menjadi salah satu kegiatan wajib bagi masyarakat modern. Kegiatan ini baik untuk mengisi waktu luang atau common escape dari penatnya rutinitas.  Berbagai macam genre seperti film horor, roman, sci-fi, hingga film action, hingga genre kuliner – memiliki penggemar yang mayoritasnya anak muda.

Khusus untuk film-film bertema kuliner, beberapa film maupun bagian adegan dalam film acap kali membuat lapar, tak hanya lapar mata, namun juga lapar perut. Bahkan tak jarang makanan tersebut menjadi menu utama dalam film. Misalkan film animasi “Cloudy With a Change of Meatballs” lengkap dengan visual food galore dengan ukuran raksasa atau film “Charlie and the Chocolate Factory” kisah perjalanan Charlie di pabrik coklat ajaib milik Willy Wonka. Populernya film-film yang mengangkat makanan tertentu sering kali diadaptasi dan dalam sekejap menjadi tren.

Selain kedua judul film di atas, ternyata masih banyak lagi film yang mengangkat makanan dari suatu daerah tertentu yang menjadi menu utamanya lho! Mengobati rasa penasaran, berikut beberapa makanan ikonik dalam film yang cukup populer pada jamannya.

1. Ikan Kuah Kuning & Gulai Kepala Ikan – Tabula Rasa

Tabula Rasa, film garapan sutradara Adriyanto Dewo dan penulis Tumpal Tampubolon. Film ini disebut-sebut sebagai film kuliner pertama di Indonesia. Pasalnya film ini menceritakan relasi dua budaya melalui kekayaan kuliner Indonesia sebagai cerita utama.

Kisahnya menyoroti budaya dan kuliner di Papua serta Sumatera Barat. Kemiripan gulai kepala ikan di Minang dan kepala ikan kuah kuning di Serui, Papua diambil sebagai latar belakang cerita. Sekilas kedua makanan ini terlihat sama, tetapi sebenarnya memiliki cita rasa yang berbeda.

2. Lorjuk – Aruna dan Lidahnya

Film ini merupakan film layar lebar pertama dari Edwin. Diangkat dari novel karya Laksmi Pamuntjak, film ini bercerita tentang Aruna, seorang penyandang titel ahli wabah dan seorang pemuja kuliner. Aruna termasuk penganut paham:

Hidup untuk makan

Dimana makan adalah kegiatan paling menyenangkan baginya. Sampai suatu hari dia ditugaskan turun ke lapangan, untuk meneliti isu wabah flu burung di beberapa kota di Indonesia. Perjalanan Aruna menyambangi empat kota yaitu Surabaya, Pamekasan (Madura), Pontianak, dan Singkawang. Menu makanan ditiap kota memang memiliki ciri khas masing-masing, salah satu yang cukup menarik adalah Lorjuk.
Lorjuk sendiri merupakan jenis kerang bambu atau dalam bahasa Inggris disebut jack knife. Habitat pesisir pantai yang berlumpur merupakan tempat hidup Lorjuk. Tak semua pantai menjadi habitat lorjuk, kerang ini hanya dapat ditemukan di sepanjang perairan pantai yang datar dan landai seperti di Pamekasan, Madura. Makanan yang rendah kalori ini memiliki kandungan protein, omega 3, serta mineral berupa yodium dan zat besi.

3. Niffler Bread – Fantatic Beast and Where To Find Them

Fantastic Beast and Where To Find Them merupakan prekuel film Harry Potter. Film ini dirilis tahun 2016 lalu, menjadi semakin populer karena menyelipkan adegan-adegan menarik yang mendukung jalan cerita film. Salah satunya pada adegan terakhir, di mana tokoh Jacob Kowalski membangun toko roti dengan aneka kue berbentuk hewan-hewan ajaib peliharaan Newt Scamander. Salah satu kuenya adalah Niffler.

Saking menggemaskannya kue berbentuk Niffler ini, banyak orang membuat resep-resep kue berbentuk hewan ajaib ini. Tujuannya agar dapat dipraktekkan oleh penggemar film ini di rumah.

4. Bacon and Eggs – Howl Moving Castle

Hayao Miyazaki adalah seorang sutradara legendaris dengan salah satu karya animasinya, Howl Moving Castel. Howl Moving Castel bercerita tentang Sophie, seorang pengerajin topi yang disihir menjadi tua, memaksa dia untuk mencari Howl sang penyihir untuk mematahkan sihir tersebut. Perjalanannya dikejutkan dengan bertemu kastil yang dapat berjalan dan setan api, Calcifier. Dimana Calcifier menyimpan rahasia hati dari Howl. Dan api ini harus terus menyala, agar kehidupan kastil terus berjalan. Sophie pun berinisiatif untuk memasak menu American Breakfast, dua telur mata sapi dan daging bacon.

Bahan yang sederhana dan cukup praktis membuat makanan ini menjadi pilihan untuk sarapan. Biasanya dilengkapi dengan selembar roti panggang yang dioles selai buah, pancake dengan sirop, sereal, kopi atau teh dan jus jeruk.

5. Spaghetti and Meatballs – Lady and the Tramp

Bagi penggemar film animasi klasik berjudul Lady and the Tramp, pasti sudah familiar dengan salah satu adegan ikonik saat sepasang anjing bernama Lady dan Tramp sedang makan spaghetti, sepiring berdua. Aihhh, anjing saja bisa romantis ya.

Kamu sendiri apa kabar, Kulinas? Haha.

Sajian ini berupa pasta spaghetti bersama siraman saus tomat dengan tambahan bola-bola dari daging sapi berbumbu. Agar lebih segar bisa disajikan bersama taburan keju parmesan dan cacahan parsley.

6. Ratatouille – Ratatouille

Bercerita tentang seekor tikus bernama Remy yang bercita-cita menjadi seorang koki profesional di sebuah restoran mewah di Paris. Sesuai dengan judulnya, film ini mengangkat makanan khas Prancis bernama Ratatoille. Film ini diproduksi oleh Pixar pada 2007 lalu.

Ratatoille sendiri adalah makanan yang terbuat dari aneka sayuran seperti zucchini, terong, paprika, tomat, dan bawang yang dipanggang. Berkat kepopuleran film animasi dengan tokoh utama tikus ini, kini kita mengenal Ratattoille sebagai makanan buatan Remy yang berhasil meluluhkan hati kritikus makanan bernama Anton Ego.

7. Grilled Cheese – Chef

Film ini disutradarai dan dibintangi oleh Jon Favreau. Berawal sebagai chef profesional yang keluar dari pekerjaannya di sebuah restoran ternama di Los Angeles, Carl Casper kembali ke rumahnya di Miami untuk menyelesaikan projek food truck. Dia menjalin hubungan kembali dengan mantan istrinya dan mengundang anak laki-lakinya untuk bergabung dengannya untuk mengendarai truk itu ke L.A. sambil menjual makanan Cuban di beberapa kota yang mereka lewati. Momen Carl Casper membuatkan sepotong grilled cheese menjadi ikon yang terus dibicarakan setelah menonton film ini.

Grilled cheese atau roti lapis keju panggang dibuat dengan memasukkan keju yang disusun atau dijepit oleh dua potong roti, yang kemudian dipanaskan sampai pinggiran roti sedikit kering dan renyah serta keju mencair.

Waktu adegan makan roti lapis keju panggang di film ini ya, ya ampuuunnn… Gigitan pertama, kresss. Lalu saat hendak ditarik, keju yang meleleh langsung membanjiri mulut, belum lagi tambahan jenis keju mozarella yang membuat keju melar panjang dan tidak putus-putus. Ugh. Kebayang banget nikmatnya roti lapis keju di film Chef.

Apakah kalian sudah pernah menonton film-film di atas? Dan dibuat lapar setelah menonton film-film tersebut?

Kalau iya, kita sama! Besok cobain bikin salah satu menu di atas aaahhh~

Sumber:
https://kumparan.com/@kumparanfood/7-makanan-ikonik-yang-diadaptasi-dari-film-terkenal-di-dunia
http://www2.jawapos.com/baca/artikel/5977/tabula-rasa-kisah-filosofi-makanan
http://www.cosmopolitan.co.id/article/read/9/2018/14716/film-review-petualangan-rasa-di-aruna-lidahnya


11 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Tokyo

Haram hukumnya, kalau liburan tanpa menyantap makanan khas dari daerah tersebut. Apalagi kalau liburannya ke Jepang, tepatnya di Tokyo. Bruh~ Dimana makanan Jepang dikenal memiliki cukup protein, rendah lemak dan kalori, tapi mengandung gizi tinggi. Secara yaaa… sumber makanan utamanya dari seafood.

Oke langsung aja deh!

Berikut 11 rekomendasi makanan khas dari Tokyo, Jepang.

1. Sushi

D:\KULINA\pict kulina\japan\asian-chopsticks-cooking-697058.jpg

Makanan yang melegenda sejak zaman Edo ini sempat dijajakan di food stalls. Beda dari sushi di Indonesia yang mana di jual dalam resto, sushi di Jepang cenderung berbentuk kedai sederhana dengan service lebih casual. Selain itu, kustomer dapat berinteraksi langsung dengan sushi chef, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Umumnya sushi adalah masakan yang menggabungkan cuka beras dengan seafood. Jenis sushi sendiri ada beragam, ada sushi yang melalui proses fermentasi, dan ada signature sushi yaitu nigirizushi dan temakizushi.

Buat kalian yang tidak suka makanan mentah, ada pilihan topping lainnya seperti udang rebus dan belut panggang. Kedai sushi bisa kalian temui di seluruh penjuru Jepang. Tetapi ada beberapa rekomendasi yang layak kalian sambangi karena sudah teruji kelezatannya, seperti di daerah Ginza, Tokyo dan daerah pelabuhan perikanan. Kalau ada kesempatan, boleh mampir ke Sukiyabashi Jiro sushi bar. Dimana kedai sushi ini sudah mendapatkan predikat Michellin berbintang 3 dan termasuk kedai sushi terbaik di dunia.

2. Sashimi

D:\KULINA\pict kulina\japan\blur-caviar-close-up-1683545.jpg

Selain sushi yang bisa disajikan secara ‘segar’, ada pula sashimi. Irisan ikan segar yang disandingkan dengan saus kedelai, wasabi, dan acar jahe. Tak perlu meragukan kesegaran ikan, karena banyak pilihan kedai telah menyediakan ikan dengan tingkatan kesegaran yang beragam. Kedai sashimi yang cukup terjangkau juga banyak ditawarkan di Jepang, terutama di daerah restoran dekat pelabuhan nelayan.

3. Ramen

D:\KULINA\pict kulina\japan\proxy.png

Ramen merupakan masakan berbasis sup yang cukup kompleks dengan beragam topping seperti daging, telur, sayuran, nori, dan tentunya mie. Setiap kedai pasti memiliki resep masing-masing, terutama pada supnya. Sup atau kuah ramen sendiri awalnya dari rebusan tulang ayam, tapi semakin berkembang dengan macam-macam bahan, misal daging babi, daging, sapi, bahkan seafood digunakan dalam pembuatan kuah. Tak jarang, saat menikmati kuah ramen tak hanya terasa asin ataupun gurih, tapi ada lapisan rasa yang tak terdefinisikan. Kuliner ramen belum sah kalau belum nyobain sampai ke Tokyo, salah satu kedai recommended ada di Mutekiya Ramen, Ikebukuro, Tokyo.

4. Curry Rice

D:\KULINA\pict kulina\japan\bowl-chicken-close-up-674574.jpg

Banyak orang tahunya kari adalah makanan yang berasal dari India, ternyata Jepang juga punya loh! Kari yang berasal dari Jepang sangat unik, dibuat dari daging dan sayuran (wortel, kentang, bawang, dan lain-lain) dibumbui dengan bubuk kari, direbus, dan disajikan dengan nasi. Untuk mendapatkan satu porsi kari, bisa kalian temui di banyak lokasi di Jepang, Curry House Coco Ichibanya.

5. Gyoza

Gyoza sendiri mirip dengan kuotie atau kalau dalam bahasa Inggris makanan seperti ini sering disebut potsticker. Bedanya dengan Chinese kuotie, gyoza ukurannya lebih kecil dan kulitnya lebih tipis, tapi fokus pada isian yang juga dibuat lebih halus. Juga ada banyak pilihan isian mulai dari pork, udang, kari, jamur, dll. Buat cari gyoza di Tokyo sebenernya gak perlu jauh-jauh, hampir di semua resto Ramen pasti menyajikan gyoza. Karena gyoza sendiri sebenarnya bukan makanan utama, tapi seperti snack atau makanan pendamping.

6. Soba

D:\KULINA\pict kulina\japan\soba_1.jpg

Soba dalam bahasa Jepang artinya tepung, tapi maksudnya disini adalah mie. Kalau Ramen memakai tepung gandum sebagai bahan utama mie. Berbeda dengan bahan dalam pembuatan soba. Bentuk soba mirip dengan ramen tapi bahannya beda karena terbuat dari kombinasi buckwheat dan tepung gandum. Biasanya warnanya agak gelap dan bentuk penampangnya kotak kecil (sisinya tajam, bukan bulat) karena dipotong memakai pisau. Soba biasa disajikan dengan kuah panas ataupun dingin. Kalau panas disajikan seperti mi kuah, kalau dingin kuahnya disajikan terpisah dan dimakan dengan cara dicelup sebelum disuap ke dalam mulut. Di area Asakuasa ada sebuah kedai spesialis soba yang sangat populer, Namiki Yabusoba. Pengunjung sudah mulai antri bahkan sebelum kedai buka. Kebanyakan staff-nya orang tua dan servisnya sangat menyenangkan. Pengalaman makan soba di sini sangat otentik.

7. Monjayaki

Kalau okonomiyaki merupakan masakan khas Jepang bagian barat, monjayaki ini masakan khas Jepang bagian timur (Tokyo dan sekitarnya). Monjayaki terbuat dari adonan tepung dan air yang dicampur bahan makanan yang telah dipotong kecil-kecil. Sekilas terdengar mirip dengan okonomiyaki, kan? Namun, tidak seperti okonomiyaki yang bisa dipotong-potong, bagian dalam monjayaki tetap encer seolah meleleh saat dimakan. Selain itu, alat makannya pun berbeda. Meskipun bentuk sendok datarnya mirip, hagashi (sendok datar untuk monjayaki) berukuran jauh lebih kecil. Ukuran hagashi ini mungkin setara dengan sendok kopi.

8. Okonomiyaki

D:\KULINA\pict kulina\japan\maxresdefault.jpg

Kalau jajanan malam di Indonesia ada martabak telur, kalau di Jepang ada Okonomiyaki. Okonomiyaki ini irisan sayur campur telur yang dimasak di atas besi panas seperti membuat martabak telur, tapi di okonomiyaki ini sebagian besar sayurnya adalah kol. Okonomiyaki ini lebih seperti jajanan, banyak dijual di night market.

9. Yakitori

D:\KULINA\pict kulina\japan\Fotolia_134177068_Subscription_Monthly_M.jpg

Seperti sate dalam salah satu kuliner Indonesia, Yakitori merupakan sajian ayam yang dibumbui dengan garama manis atau kecap, ditusukkan ke skewer kemudian dibakar. Yakitori bisa kalian temui di bar atau restoran yang biasa disebut Izakaya. Tapi kalau sudah jauh-jauh sampai ke Jepang, sebaiknya kalian langsung makan di restoran spesialis yakitori. Kalian bisa menikmati bermacam-macam bagian ayam dengan harga yang masuk akal.

10. Takoyaki

D:\KULINA\pict kulina\japan\Cheeseburger-Takoyaki-Web-1-of-1.jpg

Udah gak asing sama salah satu jajanan khas Jepang ini, Takoyaki. Bentuk dan cara buatnya seperti poffertjes tapi rasanya cenderung gurih. Adonan tepung diisi dengan potongan gurita, dimasak dalam alat panggangan setengah bulat, kemudian sesudah matang diberi taburan bonita flakes. Takoyaki sendiri banyak dijajakan di night market.

11. Es Krim Matcha 7 Level

D:\KULINA\pict kulina\japan\Suzukien-Asakusa-Matcha.jpg

Setelah puas ber-kuliner-ria, makan makanan berat maupun jajanan ringan, tetap selalu ada tempat untuk dessert! Kalau penasaran gimana rasanya matcha kualitas premium, cobain deh Matcha Ice Cream Level 7 yang ada di Suzukien, gerai ice cream yang menawarkan 7 level ice cream matcha. Matcha di Jepang biasanya lebih intense dan sedikit pahit. Dari warnanya aja udah keliatan banget komposisi matcha-nya mulai dari yang ringan sampai yang intense.


Dan masih banyaaaaakk… lagi kuliner Jepang yang masih belum dibahas. Lain waktu Kulina bakal ulik dan ulas artikel makanan dari Tokyo, Jepang yang pastinya wajib banget kalian cicipi!

Sumber:
https://www.fun-japan.jp/id/articles/3138
https://www.yuktravel.com/trip-ideas-di-japan/20-makanan-yang-wajib-dicoba-saat-berlibur-di-jepang?id=1006772
https://www.pergidulu.com/kuliner-lokal-jepang/