5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Hai Kulinas… Buat kamu yang masih #workfromhome dan #dirumahaja, semoga tetap sehat dan semangat terus yaaa! Jaga kesehatan dan kebersihan sebaik mungkin, termasuk kebersihan mengolah makanan.

Walaupun berpergian keluar sedang dibatasi, tapi urusan makan dan nutrisi harus tetap terpenuhi!

Buat kamu-kamu-kamu yang masak selama di rumah, nih Kulina mau bagi beberapa tips untuk menjaga kebersihan mengolah makanan:

1. Cuci Tangan

1. Cuci Tangan - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Cuci Tangan – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Tangan adalah satu satu sumber bakteri dan virus yang paling dekat dengan kita. Saat kita keluar belanja, menyentuh benda-benda di tempat umum, atau bersalaman dengan orang lain, bakteri dan virus akan sangat mudah berpindah ke tangan kita. Makanya, setelah pulang belanja atau menerima paket belanjaan, segera cuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir untuk jaga kebersihan mengolah makanan.

2. Cuci Bahan Makanan

2. Cuci Bahan Makanan - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Cuci Bahan Makanan – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Bahan makanan yang baru kamu beli, baiknya segera kamu cuci dengan air mengalir. Bahan makanan sudah berpindah tangan dari banyak orang sejak dari petani hingga sampai ke tanganmu lho. Beberapa bahan makanan segar seperti sayuran, terkadang masih ada bekas tanah dari proses panen. Jadi, pastikan kamu dan bahan makanan yang mau kamu masak bersih dulu ya!

3. Pakai Ikat Rambut / Penutup Kepala

3. Pakai Ikat Rambut/Penutup Kepala
Pakai Ikat Rambut/Penutup Kepala – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Kamu pernah gak sih ngalamin lagi makan di luar, terus tahu-tahu ada sehelai rambut nyasar di makanan? Ughhh, gak banget deh. Bikin selera makan langsung hilang. Kalau kamu pernah ngalamin ini, berarti tempat makan itu tidak menjaga higienitas tempat memasaknya. Jangan ke sana lagi deh.

Sama juga halnya kalau kamu masak sendiri. Jangan sampai hal itu terjadi.

4. Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda

4. Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Biasanya, saat mengolah makanan baik sayur ataupun daging, kita hanya pakai satu talenan dan pisau karena malas harus bolak-balik menggatinya. Eits, malas di sini malah berpotensi menjadi kontaminasi silang antar bahan makanan lho. Kuman atau bakteri yang ada di sayur, bisa berpindah ke daging atau sebaliknya.

Jadi, rajin-rajinlah mengganti talenan dan pisau jika kamu mengolah jenis bahan makanan yang berbeda. Kalau kamu tidak punya peralatannya lebih dari dua, maka cucilah talenan dan pisau, setiap habis digunakan, meski dalam satu kali proses memasak agar kebersihannya tetap terjaga.

5. Menutup Mulut Saat Bersin

5. Menutup Mulut Saat Bersin
Menutup Mulut Saat Bersin – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Lagi masak makanan yang pakai cabai atau lada, terus hidung tiba-tiba gatal dan bersin? Pasti pernah kan ngalamin hal demikian. Nah kalau udah mau bersin, segera palingkan wajah dari makanan dan tutup mulut dengan bagian dalam tangan atau tutup mulut dengan tissue dan sebaiknya langsung dibuang.

Hal ini bertujuan mencegah kuman atau air liurmu jatuh ke dalam makanan. Jaga kebersihan mengolah makanan, aman!

Sekarang, jadi lebih tahu kan caranya jaga kebersihan makanan mulai dari dapur kita?

Selama satu hari, kita bisa makan 2-3 kali. Memang tidak semuanya kita makan dari dapur pribadi, sering kali kita juga pesan makan dari luar. Kalau dari luar, gimana cara tahu mereka jaga kebersihan juga?

Nah sebelum pesan makanan, pastikan tempat makan yang kamu tuju menjaga kebersihan bahan, dapur, dan proses pengolahan dengan benar ya. Pesanlah makanan dari tempat yang pernah kamu kunjungi dan kamu lihat sendiri kondisi restorannya atau dari tempat makan yang berani menjamin kebersihan seluruh prosesnya, seperti Kulina!

[CEK HYGIENE PROSES KULINA]

Hygiene Proses Kulina
Hygiene Proses Kulina

Kulina memiliki standard kebersihan bagi setiap merchant untuk menjaga higienitas seluruh proses pembuatan makanan sampai diantar ke tempatmu. Tips-tips yang Kulina sebutkan di atas tadi, tentu sudah kami terapkan di tempat kami. Jadi kamu gak perlu khawatir lagi.

Setelah makanan jadi dan siap diantar, setiap kurir pengantar makanan dicek suhu tubuh dulu. Ditambah, mereka selalu dibekali dengan hand sanitizer dan motor yang sudah disemprot disinfektan.

Kalau kamu masih butuh pengamanan ekstra, kamu bisa pilih contactless delivery dengan memberi catatan untuk meninggalkan makanan di teras atau dititipkan pada satpam dan resepsionis, saat proses pemesanan. Mantap kan?

Baca artikel serupa:
[Langganan Kulina Selama #DiRumahAja]

Kulina, memang cuma mau yang terbaik buat kamu! Pesan makan Kulina selama #DiRumahAja juga bisa lebih hemat karena sekarang ada paket bundle untuk setiap anggota keluarga…

[PESAN KULINA AJA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *