5 Perusahaan dengan Makan Siang Terbaik di Dunia

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Kepedulian perusahaan pada karyawan tidak hanya ditunjukkan dengan gaji yang memadai melainkan juga dengan berbagai fasilitas dan tunjangan yang bisa mendorong produktivitas mereka – salah satunya, tunjangan makan siang. Makan siang merupakan waktu penting bagi tubuh untuk berisitirahat dan mengembalikan stamina.

Waktu makan siang harus dihargai sama pentingnya dengan waktu bekerja. Waktu makan siang yang “terasa” hanya sebentar biasanya terjadi ketika karyawan harus beli makan sendiri di luar karena mereka perlu jalan cari tempat makan, antri bayar, ditambah jalan balik lagi ke kantor!

Padahal ada cara lain lho untuk tetap jaga produktivitas karyawan sambil menghargai waktu makan siang mereka… Yuk, simak apa yang dilakukan 5 perusahaan dunia ini untuk makan siang karyawan mereka!

1. Google

Perusahaan dengan Makan Siang Terbaik - Google

Satu dekade terakhir, Google terus meroket sebagai perusahaan layanan digital terbesar di dunia. Dengan skala perusahaan yang sudah sangat besar, tak heran jika Google mampu memberikan fasilitas dan tunjangan bintang lima untuk karyawan mereka, termasuk urusan makan siang.

Tahun 2012, Google bahkan bekerja sama dengan Michiel Bakker – seorang ahli tata kelola hotel mewah untuk merombak cafetaria mereka agar lebih nyaman bagi para karyawan.

Cafetaria diubah menjadi lebih mirip dengan restoran, ditambah dengan atraksi chef yang memasak langsung di hadapan mereka. Konsep restoran dipilih agar suasana makan siang lebih casual sehingga bertemu dengan orang-orang di sana terasa seperti sebuah “kebetulan”. Kebetulan yang bisa melahirkan obrolan ringan yang dipercaya justru bisa melahirkan ide-ide segar setelah mereka makan.

Tidak hanya soal suasana makan siang, Google juga memperhatikan asupan makanan yang disantap karyawan mereka. Google mendorong konsumsi makanan yang lebih sehat dengan menyediakan pilihan ikan, sayur, dan buah lebih banyak ketimbang daging.

2. Dropbox

Dropbox

Perusahaan layanan digital yang berfokus pada penyimpanan di “awan” ini juga tak kalah lho dengan Google. Dropbox bahkan mempekerjakan mantan chef Google untuk mengurus makan siang karyawan mereka. Jadi bisa dibayangkan kalau fasilitasnya 11-12 lah ya…

Dropbox mengusung tema tempat makan di dalam mall untuk cafetaria mereka. Alih-alih prasmanan atau pemesanan satu pintu, mereka menjajakan berbagai gerai dengan menu-menu yang berbeda sehingga karyawan bisa memilih sesuai selera mereka. Dan yang bikin makin keren lagi, berbagai gerai dan pilihan makanan ini semuanya GRATIS untuk karyawan Dropbox!

3. Apple

Apple

Perusahaan teknologi komunikasi ini rupanya memang ingin memberikan pelayanan terbaik, tidak hanya untuk konsumen melainkan juga untuk para karyawan.

Karyawan Apple mendapat fasilitas sarapan dan makan siang gratis, pun ditambah berbagai minuman dan snack yang bisa diakses karyawan kapan saja. Kualitas makanan yang disajikan juga bintang lima semua.

Makanannya enak dan sehat, jelas. Lantas bagaimana dengan tempat makannya?

Perusahaan pusat Apple di Cuppertino, Amerika menyediakan tempat makan siang dengan suasana outdoor. Outdoor sengaja dipilih agar saat karyawan beristirahat dan makan siang, mereka juga bisa mendapatkan sinar matahari dan udara segara. Hal ini dilakukan agar kesehatan karyawan lebih terjaga sehingga produktivitas lebih meningkat.

4. Riot Games

Riot-Games

Riot Games merupakan sebuah perusahaan gaming yang meluncurkan League of Legends dan telah dimainkan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Apakah kamu salah satunya?

Kantor pusat Riot Games terletak di pesisir pantai Los Angeles. Sudah bisa terbayang kan pemandangan indah yang bisa memanjakan mata karyawan mereka? Kalau suntuk, mereka boleh jalan-jalan sebentar di pinggir pantai sambil mencari ide baru untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Selain keindahan lingkungan sekitar perusahaan, Riot Games juga memperhatikan kesejahteraan di dalam perusahaan – apalagi kalau bukan soal makan karyawan. Riot Games menyediakan gratis makan siang dan makan malam. Menu yang beragam dan berganti setiap hari dijamin gak akan bikin karyawan bosan.

5. Yahoo

Yahoo

Salah satu pegawai Yahoo pernah berkata “as you work at Yahoo, you may never have to pay for a meal again in your life”.

Yang artinya: kalau kamu kerja di Yahoo, kamu gak perlu bayar makan lagi seumur hidup! Wow segitunya ya… Kok bisa?

Ya iyalah. Soalnya Yahoo benar-benar menjamin kebutuhan makan karyawan terpenuhi mulai dari sarapan, makan siang, snack, dan makan malam. Yahoo menyediakan semua makanan itu gratis untuk para karyawannya. Yahoo juga memilih bahan-bahan organik untuk menyajikan healthy food yang bisa memenuhi gizi seimbang para karyawan.

Perusahaan-perusahaan dunia di atas sangat mementingkan makan siang karyawan mereka karena berbagai manfaat yang bisa mereka dapatkan jika menyediakan makan siang gratis untuk karyawan. Apa saja manfaatnya?

Baca Artikel Serupa: Karyawan Pilih Makan Siang Sendiri, Perusahaan Untung atau Rugi?

Langganan Makan Siang Karyawan Pakai Kulina

MANFAAT MAKAN SIANG UNTUK KARYAWAN

1. Mengurangi Resiko Kesehatan dari Luar

Karyawan gak perlu keluar karena makanan tersedia di tempat kerja. Perusahaan bisa menyeleksi vendor terpercaya yang bisa memberikan gizi seimbang untuk karyawan sehingga lingkungan bekerja menjadi lebih sehat.

2. Meningkatkan Keakraban Karyawan

Para karyawan akan makan dan berkumpul di tempat yang sama dengan suasana yang lebih santai. Karyawan jadi bisa saling ngobrol dan lebih akrab deh… Ke-akraban di luar ternyata bisa meningkatkan kerja sama mereka lho!

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan dan Branding Perusahaan

Perusahaan yang menyediakan langganan makan siang untuk karyawan, berarti peduli dengan kebutuhan dan kesehatan karyawan. Hal ini bisa menjadi nilai positif perusahaan di mata karyawan. Karyawan merasa lebih dihargai sehingga bisa meningkatkan loyalitas mereka.

Karyawan yang loyal biasanya memberikan kontribusi besar untuk memajukan perusahaan. Kemajuan perusahaan bisa menjadi branding menarik untuk calon investor atau pun calon karyawan selanjutnya.

Mau perusahaanmu dipandang jadi perusahaan dengan benefit makan siang terbaik?

[COBA LANGGANAN MAKAN SIANG PAKAI KULINA]

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...