Segudang Manfaat Ikan Salmon yang Harus Kamu Tahu

Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki protein berkualitas tinggi. Dengan mengandung asam lemak Omega-3 tinggi yang merupakan asam lemak esensial alami, hadir dalam bentuk asam EPA dan DHA. Selain itu mineral yang terkandung dalam salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12.

Ikan yang banyak ditemui di daerah Samudra Atlantik dan Pasifik ini selain kaya nutrisi, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Lebih detailnya simak beberapa manfaat salmon berikut!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

D:\KULINA\JULI\pict\mindfulness_for_heart_health-1024x768-752x440.jpg

Kandungan omega-3 atau asam lemak tak jenuh pada ikan salmon dapat membantu menyehatkan jantung. Lemak baik ini akan mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh.  Dengan mengendalikan peradangan, pembuluh darah akan lebih terkontrol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Manfaat omega-3 lainnya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida atau kolestrol jahat dalam tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko terjadinya stroke, dan gagal jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon, dapat meningkatkan fungsi otak lho, mengapa? Karena asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan peradangan untuk membantu melindungi sistem saraf dari stres oksidatif, dan kerusakan saraf yang terjadi karena faktor usia, serta juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat atau memori.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon terbukti efektif secara medis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh tumor. Bahkan, beberapa macam kanker, seperti kanker kulit, kanker hati, kanker kolorektal, kanker prostat, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan asam lemak omega-3.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

D:\KULINA\JULI\pict\Meditation_Goleman.jpg

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang lho. Karena kandungan asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), sehingga akan menurunkan resiko terjadinya peradangan pada tulang, dan akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon tak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang saja lho, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut dapat meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, yang nantinya bisa menyebabkan kebutaan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga dapat meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata, serta juga membantu mengurangi resiko glaukoma.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jika ingin kesehatan kulitmu lebih terjaga, sebaiknya mulai konsumsi ikan salmon dari tangkapan liar, mengapa? Karena kandungan asam lemak omega-3 lebih tinggi dari ikan salmon yang dibudidayakan, serta juga mengandung antioksidan karotenoid astaxantin, yang dapat mengurangi efek dari kerusakan kulit akibat radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan kulit. Dengan mengonsumsi ikan salmon hasil tangkapan liar, kulitmu akan lebih cerah, kenyal, serta juga akan lebih sehat.

7. Mengurangi Resiko Depresi

D:\KULINA\JULI\pict\depresi.jpg

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, sangat penting untuk struktur membran yang tepat pada otak dan dalam transmisi transmitter serotonin dan dopamin. Fungsi sehat dua transmitter tersebut berperan penting dalam kesehatan otak dan mencegah gejala depresi.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, seseorang yang mengonsumsi banyak ikan, beresiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang mengonsumsi sedikit ikan.

SEGUDANG NUTRISI IKAN SALMON DALAM SEGENGGAM SNACK

Kerjaan boleh numpuk, tapi jangan pelit buat kasih nutrisi tinggi untuk tubuhmu. Mengkonsumsi salmon jadi pilihan tepat disela-sela kegiatan super padat. Tapi gimana bisa menikmati menu salmon tanpa harus ke restoran mahal? Olahan ikan kaya nutrisi ini sekarang bisa kamu pesan di Kulina lho! Dalam segenggam snack rendah kalori dengan isian ragam olahan salmon, yak apalagi kalau bukan Onigiri! Snack khas Jepang hadir dengan segudang manfaat ikan salmon siap mengganjal perut laparmu~

[YUK, PESAN SEKARANG]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/eliza/manfaat-ikan-salmon-untuk-kesehatan-c1c2/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *