Seberapa Penting Sih Minum Air Putih?

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak orang telah menyadari bahwa sebagian besar kandungan dalam tubuh merupakan cairan. Hal ini makin diperkuat dari berbagai sumber penelitian yang menyatakan 50-80% tubuh merupakan kandungan air. Secara medis tubuh membutuhkan cairan guna menjaga sirkulasi darah, melumasi sendi, memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan sebagai sumber energi. Upaya minum air putih secara rutin akan memberikan manfaat penting agar tubuh tidak terkena dehidrasi yang berakibat: otot melemah disertai kram, menurunkan daya fokus, bahkan dapat menyebabkan stroke.

Semakin dini kalian menyadari konsumsi air putih sesuai porsi, akan makin baik untuk tubuh kalian kedepannya. Mumpung masih awal tahun, jadikan kebiasaan konsumsi paling simpel seperti minum air putih dalam resolusi tahun ini yuk guys.

Menjadi salah satu resolusi paling mudah dilakukan, ketahui dulu manfaat baik dari mengkonsumsi air putih secara rutin. Selain rutin ada baiknya tahu seberapa banyak yang sebaiknya kalian minum, kelebihan maupun kekurangan kadar air ternyata ada efeknya lho! Untuk itu Kulina telah merangkumnya dalam ulasan berikut yang dapat kalian terapkan nanti.

5 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan

1. Membangkitkan Otot

1. Seberapa Penting Minum Air Putih - Membangkitkan Otot
Seberapa Penting Minum Air Putih – Membangkitkan Otot

Sel-sel otot yang tidak memiliki cairan yang cukup tidak akan mampu mempertahankan cairan dan elektrolit, sehingga otot akan kelelahan. Otot tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya akan berkurang. Kita juga memerlukan air yang banyak saat berolahraga, menurut American College of Sports Medicine. Beberapa ahli dari kampus tersebut merekomendasikan bahwa kita harus meminum 0,5 liter air, 2 jam sebelum mulai berolahraga.

2. Menjaga Kulit Tetap Bercahaya

2. Seberapa Penting Minum Air Putih - Menjaga Kulit Tetap Bercahaya
Seberapa Penting Minum Air Putih – Menjaga Kulit Tetap Bercahaya

Kulit kita sebenarnya mengandung banyak sekali air, yang berfungsi sebagai benteng untuk mencegah hilangnya cairan tubuh berlebihan. Akan tetapi, jangan harap kalau kelebihan cairan tubuh bisa jadi cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.

3. Mengendalikan Kalori

3. Seberapa Penting Minum Air Putih - Mengendalikan Kalori
Seberapa Penting Minum Air Putih – Mengendalikan Kalori

Minum banyak air putih biasanya dilakukan orang yang sedang diet untuk menurunkan berat badan. Meski efeknya tidak langsung, menggunakan air putih sebagai pengganti minuman berkalori tinggi tentu saja akan sangat membantu.“Program diet akan berhasil jika Anda memilih air atau minuman non-kalori sebagai pengganti minuman berkalori. Lalu, diet dengan makanan kaya cairan yang lebih sehat pun akan membantu Anda memangkas kalori,” tutur peneliti dari University State of Pennsylvania dan juga penulis buku The Volumetrics Weight Control Plan, Barbara Rolls PhD.

4. Memelihara Fungsi Ginjal

4. Seberapa Penting Minum Air Putih - Memelihara Fungsi Ginjal
Seberapa Penting Minum Air Putih – Memelihara Fungsi Ginjal

Cairan tubuh adalah “alat” transportasi sisa atau limbah yang keluar masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang bisa melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dikeluarkan dalam bentuk urin. Saat cairan tubuh mencukupi, urin akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak cukup, konsentrasi urine, warna, dan baunya akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Inilah kenapa kalau kita kurang minum air putih, risiko Anda terkena batu ginjal akan meningkat, apalagi pada iklim panas atau hangat.

5. Membantu Kerja Usus

5. Seberapa Penting Minum Air Putih - Membantu Kerja Usus
Seberapa Penting Minum Air Putih – Membantu Kerja Usus

Bila kita minum air putih yang cukup, makanan yang kita konsumsi bisa dengan lancar melewati saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Namun, bila konsumsi air kita tidak cukup, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, sehingga kita akan sulit untuk buang air besar.

8 Gelas Perhari Ternyata Bukan Lagi Takaran Ideal

6. Seberapa Penting Minum Air Putih - 8 Gelas Bukan Takaran Ideal
Seberapa Penting Minum Air Putih – 8 Gelas Bukan Takaran Ideal

Dilansir dalam WebMD, umumnya kita mendengarkan nasihat atau artikel bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari atau setara dengan 1,5 liter. Namun, Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap harinya.

Bila dirasa kurang atau minum air putih dibawah dari standar yang dianjurkan dapat memicu berbagai macam gangguan dan penyakit. Menjadi cepat lelah, nyeri sendi, dehidrasi, sembelit, bahkan dapat meningkatkan kadar kolesterol dan meningkatkan penyakit batu ginjal.

Mengkonsumsi air putih seperti yang telah ditetapkan diatas tidak perlu dilakukan secara harafiah. Pasalnya kandungan air dapat diperoleh dari cairan dalam sayur, buah, sup maupun makanan ringan yang basah. Selain itu cara paling praktis dan aman untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh adalah dengan cara minum air putih secukupnya tiap kali merasa haus.

Namun, Terlalu Banyak Konsumsi Air Putih dapat Berakibat Fatal

7. Seberapa Penting Minum Air Putih - Terlalu Banyak Juga Dapat Berakibat Fatal
Seberapa Penting Minum Air Putih – Terlalu Banyak Juga Dapat Berakibat Fatal

Meminum air terlalu banyak dalam waktu singkat dapat memicu terjadinya keracunan air atau overhidrasi. Kondisi ini bermula dengan penyimpanan air di dalam tubuh karena ginjal tidak dapat mengatur air, akibat adanya ketidakseimbangan ion. Air yang tidak dapat dikeluarkan kembali terserap dalam aliran darah, dan akhirnya tubuh yang menyimpan air terlalu banyak menyebabkan pembesaran berbagai sel tubuh sehingga mengganggu fungsi sel itu sendiri.

Jika pembesaran sel sampai terjadi pada sel otak, maka ini dapat menyebabkan tekanan dalam tulang tengkorak meningkat. Hal ini memicu berbagai gejala awal keracunan air seperti sakit kepala, mual, dan muntah-muntah. Gejala dapat berkembang menjadi penurunan fungsi kognitif sesaat seperti merasa kebingungan, kesulitan berpikir, dan mengalami disorientasi.  

Dalam kasus yang lebih serius, keracunan air juga menyebabkan kram otot dan kesulitan bernapas yang disertai kegagalan fungsi otak. Pembengkakan otak yang serius juga dapat terjadi akibat sel menyimpan terlalu banyak air, menyebabkan kejang bahkan berakhir kematian.

Nah, udah kebayangkan takaran terbaik air putih harianmu seberapa banyak? Yuk, mulai biasakan rutin minum air putih. Untuk dapat menakar seberapa banyak, ada baiknya kalian minum air putih dari botol pribadi kalian lho. 

Gimana? Udah siap menyongsong tubuh bugar 2020 kan?

Seberapa Penting Minum Air Putih - Tubuh Bugar Juga Bisa Dicapai dengan Jaga Pola Makan dan Langganan Kulina!
Resolusi tubuh bugar juga bisa tercapai dengan jaga pola makan lho, coba langganan Kulina sekarang tuk bantu wujudkan resolusimu!

SUMBER:
https://doktersehat.com/selain-dehidrasi-ini-dampak-lain-dari-kurang-minum-air-putih/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-rajin-minum-air-putih/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/apakah-minum-terlalu-banyak-air-bisa-berbahaya/



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *