Pentingnya Konsumsi Buah Saat Buka Puasa

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

D:\KULINA\MEI\pict\berries-citrus-citrus-fruits-1132047.jpg

Selama bulan Ramadan, menyantap makanan saat berbuka sebaiknya menjadi hal yang paling diperhitungkan. Lantaran, tubuh telah seharian penuh bekerja cukup keras, energi banyak terkuras dan tubuh menjadi lemas. Tubuh butuh asupan nutrisi dan vitamin yang bisa segera mengembalikan energi tubuh dengan tepat — apalagi kalau bukan makanan sehat? Makanan sehatnya apa? Ya sayur dan buah!

Nah, mumpung udah masuk waktu ngabuburit… Kulina akan bahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah selama bulan Ramadan. Bisa jadi, tips sehat ini ideal sebagai menu penyeimbang saat buka puasa bersama kalian lho Kulinas.

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Buka Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

  • Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.
  • Merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.
  • Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.
  • Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh. Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah beraktivitas saat cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan menjaga tubuh tetap bugar.

1. Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

2. Pepaya

Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.

3. Alpukat

Menurut spesialis nutrisi, Rachel Olsen, makanan tinggi kandungan lemak baik menjadi penyeimbang dari sekian banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu diantaranya adalah alpukat. Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

4. Kiwi

Buah ini sangat kaya akan serat yang bisa memberikan cadangan cairan kepada tubuh agar tidak muncul dehidrasi ketika menjalankan puasa. Buah kecil yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa enzim proteolotik dalam kiwi memiliki fungsi sebagai pemecah protein sehingga seluruh organ tubuh bekerja dengan normal, termasuk lambung dan sistem pencernaan.

5. Apel

Dalam setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada apel, menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi saat puasa. Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

6. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa.

Makan saat buka puasa dengan porsi ekstra memang menyenangkan. Tapi ingat makan kenyang, ingat juga kualitas nutrisi sajian yang dikonsumsi ya Kulinas! Yuk, mulai konsumsi buah saat berbuka…

Kalau Kulina bisa sekalian sajikan buah dihidangan berbukamu, pada seneng gak nih, Kulinas?

SUMBER:
https://www.halodoc.com/perbanyak-serat-ini-manfaat-konsumsi-buah-dan-sayur-saat-puasa
https://www.halodoc.com/5-buah-yang-direkomendasikan-dimakan-saat-puasa
https://cantik.tempo.co/read/1091131/pentingnya-konsumsi-sayur-dan-buah-selama-puasa-ramadan/full&view=ok

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...