Kenalan Sama Granola – Cemilan Sehat yang Banyak Dibicarakan Orang

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak orang mulai sadar tentang pola hidup sehat sehingga mengubah pola makan mereka menjadi lebih baik. Salah satunya adalah mencari variasi alternatif makanan untuk dikonsumsi, seperti Granola. Granola menjadi populer lantaran dapat dinikmati sebagai menu sarapan, maupun pengganjal perut sebagai snack sehat. Yuk, ketahui lebih dalam tentang apa itu Granola dan manfaat baiknya bagi tubuh!

Granola

1. Kenalan Sama Granola - Bahan Granola
Kenalan Sama Granola – Bahan Granola

Granola merupakan jenis makanan olahan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga bisa ditambahkan dengan minyak, madu, atau pemanis lainnya. Ada pula jenis Granola yang mencampurkan kismis, kurma, biji-bijian, maupun beras. Bahan-bahan tersebut dicampur sedemikian rupa untuk kemudian dipanggang sehingga mendapati tekstur kering agar lebih tahan lama masa penyimpanannya.

Macam-macam jenis Granola ternyata memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda pula. Kadar gizi pada Granola akan ditentukan dari campuran bahan-bahan berikut yang mengandung gula, lemak, kalori maupun protein yang lebih dominan daripada zat lainnya. Namun pada dasarnya, bahan utama dalam Granola adalah oat dan jenis kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan diketahui mengandung lemak sehat dan serat.

Tingginya kandungan serat dalam oat dan kacang-kacangan baik untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, mengontrol gula darah berlebih, mengontrol kadar kolesterol, juga membuat perut kenyah lebih lama.

Namun kadar kandungan nutrisi dalam tiap porsi bisa saja berbeda-beda, tergantung dari produk atau cara penyajian Granola itu sendiri.

Manfaat Granola Bagi Kesehatan

2. Kenalan Sama Granola - Manfaat Granola
Kenalan Sama Granola – Manfaat Granola

Kandungan nutrisi dalam Granola dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Pasalnya, makanan yang mengandung gandum utuh seperti granola memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih banyak dalam tiap sajiannya, bila dibandingkan dengan sereal biasa. Salah satu manfaatnya dapat membantu mengurangi atau mengontrol penyakit berikut.

1. Menangkal Radikal Bebas Penyebab Kanker

Granola mengandung vitamin B1, vitamin E, dan asam folat. Vitamin E didapatkan dari biji-bijian, minyak, dan kacang pada granola. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh Anda dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel serta pertumbuhan sel kanker.

2. Melindungi Sistem Saraf

Folat dan vitamin B1 memiliki fungsi untuk melindungi fungsi saraf. Nutrisi tersebut juga baik untuk metabolisme dan pertumbuhan sel, serta mencegah cacat tabung saraf (neural tube defect) pada bayi baru lahir.

3. Menjaga Kekuatan Tulang

Sedangkan mineral juga terdapat di dalam granola seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Magnesium memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh Anda. Fosfor membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selenium, tembaga, dan besi penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Mineral juga sangat diperlukan untuk produksi sel darah merah dan jaringan penyambung. Karena itu, mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, menjaga kekebalan tubuh, dan fungsi jantung serta saraf Anda.

Perlu Perhatikan Ini Sebelum Santap Granola

3. Kenalan Sama Granola - Kandungan Granola
Kenalan Sama Granola – Kandungan Granola

Setelah memahami apa itu Granola, mulai dari bahan-bahan, kandungan nutrisi, dan juga sekilas tentang manfaatnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa Granola merupakan karbohidrat yang dimasak dalam lemak. Teknik pengolahan tersebut akan menghasilkan beberapa molekul kimia dalam tubuh yang tidak dapat dicerna. Untuk itu, sebaiknya periksa kandungan gizi pada tabel nutrisinya, berikut yang perlu dipertimbangkan:

  1. Periksa kandungan gulanya.
  2. Perhatikan kalori yang terkandung di dalamnya.
  3. Jangan mengonsumsi granola secara berlebihan. Meskipun punya banyak manfaat, granola tetap mengandung kalori, gula, dan lemak yang bisa membuat berat badan naik.
  4. Konsumsilah setidaknya ¼ gelas per hari agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh kalian.
  5. Pilih topping yang paling sehat, misalnya buah-buahan segar. Hindari susu tinggi lemak atau sirup cokelat dengan kandungan gula tinggi.

Apakah Kulinas sudah pernah mencoba Granola? Bagaimana rasanya menurut kalian?

Seiring semakin banyak orang yang tahu dan penasaran dengan Granola, semakin mudah pula menemukan Granola di supermarket atau tempat makan lainnya. Jadi kamu tidak harus selalu repot membuatnya sendiri.

[COBA MAKAN GRANOLA]

SUMBER:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-granola-untuk-sarapan/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/apa-itu-manfaat-granola/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *