5 Ikan yang Beri Banyak Manfaat Kesehatan

News oleh: Cerita Kulina

Menu makan ikan. Siapa sih yang gak kenal sama menu yang satu ini, apalagi ikan dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung protein selain daging dan yam. Sayang, mengonsumsi ikan di Indonesia masih sedikit sekali, loh. Padahal ada banyak manfaat dari mengonsumsi ikan yang baik untuk anak-anak dan orang dewasa.

Orang Indonesia jadi golongan yang rendah dalam mengonsumsi ikan, terutama para penduduk di Pulau Jawa. Menurut data dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa yang mengonsumsi ikan dalam kesehariannya ada sebanyak 40,123 kilogram perorang dalam setahun.

Sementara konsumsi ikan perorang di Pulau Sumatera dan Kalimantan sebanyak 54,648 kilogram pertahun. Namun, untuk masyarakat di bagian Timur, konsumsi ikannya mencapai 62,92 kilogram pertahun. Sementara sebagian lainnya memilih daging sapi dan ayam sebagai sumber protein mereka.

Padahal kandungan gizi dalam ikan tidak kalah tinggi dari ayam dan daging. Apalagi harganya juga lebih terjangkau bagi para ibu rumah tangga.

Nah, supaya bisa mendapatkan berbagai manfaat dari mengonsumsi ikan, yuk cari tahu ikan apa saja sih yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Di bawah ini adalah rangkumannya!

5 IKAN DENGAN BANYAK MANFAAT KESEHATAN

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah jenis ikan yang hidup di laut. Menurut Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B, vitamin D, niasin, fosfor, dan kandungan protein yang tinggi.

Sebagai salah satu sumber terbaik untuk asam lemak omega-3, satu porsi salmon dengan ukuran 100 gram memiliki kandungan 2,3 gram asam lemak omega-3 yang penting untuk tubuh manusia. Berbagai macam manfaat dari asam lemak omega-3 sendiri adalah untuk menurunkan risiko terkena penyakit jantung coroner dan stroke, baik untuk kesehatan kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut, dapat mencegah mata kering, dan membantu menunjang perkembangan otak anak-anak.

Secara spesifik, asam lemak omega-3 akan mencegah kerusakan sistem saraf dan bekerja sebagai antidepresan untuk menenangkan otak.

2. Ikan Dori

Ikan Dori jadi salah satu ikan yang kaya akan nutrisi seperti protein, omega 3, yodium, magnesium, dan zat besi. Ikan ini jadi populer sejak menjadi makanan khas di Inggris. Teksturnya yang lembut dan memiliki sedikit duri membuat ikan ini disukai banyak orang. Dilansir dari Cozer, di pasaran ikan dori lebih dikenal denan nama ikan patin. Nama dori diberikan supaya terkesan lebih modern.

Ikan Dori dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, kandungan omega-3 pada ikan ini bermanfaat dalam menjaga agar kulit tidak mudah keriput. Selain itu, kandungan omega-3 nya juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan otak dan memperbaiki sel-sel yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru.

Kandungan vitamin A-nya juga mampu menjaga kesehatan mata dari dalam, bahkan dapat mempertajam fokus pada mata. Sama seperti manfaat Ikan Salmon, Ikan Dori juga mampu menjaga kesehatan jantung karena mengandung mineral dan protein seperti kalium. Kandungan ini mampu menutrisi jantung dan menjaga sistem kerjanya.

Baca Artikel Serupa: [Cara Aman Diet Defisit Kalori]

3. Ikan Mas

Memiliki rasa yang lezat dengan harga yang murah jadi salah satu keunggulan dari Ikan Mas. Dilansir dari Briliofood, Ikan Mas memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Sama seperti ikan lain, Ikan Mas juga mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, kandungan omega-3 ini mampu menangkal berbagai peradangan pada tubuh mulai dari rasa nyeri. Omega-3 dipercaya memiliki respon pada inflamasi atau pembengkakakn, sehingga ketika terjadi pembengkakan pada sendi, mengonsumsi Ikan Mas mampu menetralisir rasa sakit dan nyeri.

Selain itu, Ikan Mas cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet, loh. Kandungan vitamin dan gizi ikan ini mampu menekan lemak jahat yang ada. Kalori yang terkandung di dalamnya juga rendah sehingga cocok dijadikan menu diet. Salah satu manfaat besar dalam mengonsumsi Ikan Mas adalah mampu mencegah kamu dari kanker mematikan bagi para wanita, kanker payudara.

Mengonsumsi ikan mampu menghambat tumbuhnya sel kanker payudara, kanker usus kolon, dan kanker prostat.

4. Ikan Kembung

Ikan Kembug termasuk ke dalam anggota ikan laut yang masih berkerabat dengan ikan tenggiri, ikan tuna, dan tongkol. Ada banyak cara menikmati ikan yang satu ini, membuatnya jadi salah satu santapan yang lezat dengan nasi panas.

Gak hanya memiliki rasa yang lezat, Ikan Kembung juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.
Menurut salah satu studi dari Pakistan Journal Of Pharmaceutical Sciences pada tahun 2014, kandungan antioksidan pada Ikan Kembung mampu melindungi sel tubuh dari peradangan karena radikal bebas. Sehingga mampu mencegah seseorang terkena berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker.
Sementara kandungan kalsium, fosfor, tembaga, dan seng mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi, terutama bagi para lansia. Namun, jangan lupa untuk mencukupinya dengan vitamin D yang bisa kamu dapatkan dari sinar matahari pagi atau mengonsumsi produk susu, ya.

5. Ikan Tuna

Ikan Tuna jadi salah satu ikan yang paling banyak disukai karena mudah diolah, dagingnya tebal, dan rasanya yang gurih. Selain itu, ada banyak kandungan ikan ini yang memberikan manfaat untuk tubuh. Apalagi ikan ini memiliki banyak jenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Apapun jenis tuna yang kamu konsumsi, maka mereka akan memiliki protein yang besar sebanyak 24 hingga 30 gram per 85 gram tuna.

Kandungan inilah yang mendukung fungsi tubuh menjadi lebih baik, mulai dari proses pembentukan kolagen, antibodi, hingga memelihara jaringan otot tubuh. Ikan Tuna juga kaya dengan vitamin B6 yang bertugas membantu meningkatkan produksi darah merah atau hemoglobin dalam tubuh sehingga mampu mencegah anemia.

Nah, itulah beberapa manfaat ikan untuk kesehatan tubuh yang dapat kamu ketahui. Yuk, mulai konsumsi ikan mulai hari ini!

Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...