6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

News oleh: Cerita Kulina

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling penting untuk memenuhi asupan nutrisi harian kamu. apalagi ada banyak pilihan makanan sehat yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau.

Tubuh yang sehat berasal dari sumber makanan yang memberikan banyak nutrisi dan energi. Nutrisi dan energi yang ada pada makanan akan diserap di dalam tubuh melalui proses pencernaan. Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk memenuhi kriteria makanan sehat untuk menjaga tubuh tetap sehat.
Selain berfungsi sebagai sumber nutrisi dan energi, mengonsumsi makanan sehat akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Kamu bisa menjaga kesehatan tulang, menambah imunitas, memperkuat oto, menurunkan risiko terkena penyakit kronis, melancarkan pencernaan, dan menjaga berat badan tetap ideal.

Pada tahun 2011, U.S. Department of Agriculture meluncurkan MyPlate, yaitu sebuah gambar atau diagram yang dirancang untuk menunjukkan kepada orang Amerika berapa banyak makanan yang dapat mereka konsumsi dari setiap kelompok makanan.

Tujuan dari diagram ini adalah untuk membantu individu dalam menciptakan makanan seimbang yang menganung semua vitamin dan nutrisi penting yang disediakan di setiap kelompok makanan.

Berapa banyak yang kamu makan dari tiap kelompok makanan akan tergantung pada sejumlah faktor, seperti usia, jenis kelamin, dan berat badan. Tapi keseimbangan makanan dari masing-masing kelompok makanan sangat penting untuk kamu yang sedang melakukan diet sehat.

Berikut ini adalah 6 kriteria makanan sehat sesuai dengan MyPlate.

KRITERIA MAKANAN SEHAT

1. Sayuran

Setengah dari piring makanan kamu harus diisi dengan buah-buahan dan sayuran. Semua jenis sayuran dapat dimasukkan ke dalam kategori makanan sehat termasuk sayuran segar, beku, mentah, atau dimasak. Bahkan mengonsumsi jus sayuran dapat berkontribusi 100% untuk melengkapi kebutuhan sayuran harian kamu.

Sayuran secara alami memiliki kandungan rendah lemak dan kalori. Makanan ini juga kaya dengan berbagai macam vitamin dan nutrisi. Sebagian besar mengandung serat yang cukup besar, sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Serat ini juga akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu cenderung akan makan lebih sedikit kalori total sepanjang hari. Selain itu, sayuran juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi tubuh kamu dari kerusakan karena radikal bebas. Antioksidan juga berfungsi mengurangi penyakit kronis mulai dari diabetes 2 dan kanker.

2. Buah-Buahan

Buah-buahan adalah kriteria makanan lain yang harus ada di setengah piring kamu, sesuai dengan anjuran MyPlate. Seperti halnya sayuran, kebanyakkan buah memiliki kadar rendah lemak dan kalori. Buah juga jadi sumber serat yang baik untuk tubuh. Walau kamu sudah mengonsumsi jus buah yang berkontribusi 100% dalam kebutuhan total buah harian, perlu dicatat kalau serat yang dimiliki jus buah berkurang dibandingkan buah utuh. Buah juga mengandung beberapa nutrisi penting seperti folat, potasium, dan vitamin C.

3. Biji-Bijian

Seperempat piring kamu harus diisi dengan makanan yang berasal dari biji-bijian, seperti ganum, nasi, atau jagung. Biji-bijian ini juga termasuk rotis, sereal, pasta, dan tortilla. Nutrisi yang paling penting di dalam kriteria makanan ini adalah serat yang mampu membantu dalam pengelolaan berat badan. Biji-bijian juga dipercaya dapat mengurangi risiko kondisi seperti penyakit jantung dan diabetes.

Biji-bijian juga menyediakan vitamin B, folat, magnesium, selenium, dan zat besi. Kebanyakkan orang Amerika mendapatkan cukup biji-bijian berupa kalengan atau olahan. Padahal makanan olahan kekurangan serat, zat besi, dan vitamin B yang terkandung di dalamnya. Karena itulah, USDA merekomendasikan bahwa setidaknya setengah dari biji-bijian yang kamu makan adalah biji-bijian yang utuh.

 

[Baca Artikel Serupa: Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah]

4. Makanan Protein

Protein adalah bahan utama pembangun otot, tulang, dan darah yang sangat penting untuk setiap sistem kekebalan di dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein harus memenuhi seperempat piring kamu. Makanan berprotein juga mengandung vitamin B, zat besi, magnesium, dan zinc yang baik untuk tubuh.

Walau mereka adalah bagian penting dari kriteria makanan sehat, perlu kamu ketahui bahwa banyak makanan berprotein yang juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Potongan daging yang memiliki lemak harus dibatasi karena hal ini.

Daging tanpa lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan makanan laut adalah pilihan protein baik untuk kamu.
MyPlate sendiri merekomendasikan orang dewasa harus mengonsumsi setidaknya 8 ons ikan per minggu, karena ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang bermanfaat.

5. Susu

Produk susu memberikan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang karena mengandung kalsium, kalium, dan vitamin D. Susu juga merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Manfaat susu untuk tulang membuatnya bagus dikonsumsi untuk anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan karena massa tulangnya yang sedang berkembang.

Sama seperti halnya makanan berprotein lainnya, beberapa pilihan susu memiliki lemak jenuh dan kolesterol. Maka pilihlah produk susu yang rendah atau bebas lemak dan batasi konsumsi susu penuh lemak.

6. Minyak

Sebelum adanya pengembangan MyPlate, kriteria makanan ditampilkan dalam bentuk piramida dan minyak berada di bagian terkecil di bagian puncak. Bahkan USDA hanya mengakui lima kriteria makanan dan merekomendasikan lemak, minyak, dan gula agar jarang dikonsumsi.

Namun sebenarnya, minyak tidak boleh dihindari sepenuhnya karena beberapa di antaranya memberikan nutrisi yang baik. Kamu harus mulai mengonsumsi minyak dengan lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal. Minyak tanpa kandungan ini tidak akan meningkatkan kolesterol jahat, bahkan memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan. Namun, perlu diingat kalau minyak mengandung sekitar 120 kalori per sendok makan.

Nah, kini kamu sudah tahu apa saja sih kriteria dari makanan sehat yang perlu kamu konsumsi setiap hari. Mengonsumsi makanan sehat memang menjadi hal paling penting agar tubuh tetap ternutrisi dengan baik.
Yuk, lengkapi kebutuhan harian kamu dengan mengikuti kriteria makanan sehat di atas!

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...

Baca Artikel

Atur Budget di Awal Bulan dengan Kulina

Hayo siapa di sini yang lagi senyum-senyum karena sedang awal...