11 MAKANAN YANG HANYA MUNCUL SAAT RAMADAN

Ramadhan sebentar lagi~

Bicara Ramadhan, selain banyak agenda kumpul bersama, satu lagi yang gak boleh ketinggalan adalah nostalgia beragam pangan unik khas daerah masing-masing. Di tempatmu, makanan apa sih yang paling kamu kangenin?

Kalau Kulina, udah nemu beberapa jenis hidangan berikut yang hanya muncul di tiap Bulan Suci Ramadhan. Berikut 11 makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang hanya muncul saat Ramadhan versi Kulina.

1. Bongko Kopyor – Gresik, Jawa Timur

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\BongkoKopyor.jpg

Salah satu camilan yang dimakan orang Gresik pada saat berbuka puasa adalah Bongko Kopyor. Bahan dasar dari Bongko Kopyor adalah buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan kelapa, dan roti tawar. Bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus.

2. Mie Glosor – Bogor

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\S3I5WcU9Oo1465270151.jpg

Setiap bulan Ramadan tiba, Mie Glosor selalu menjadi menu takjil berbuka puasa di Kota Bogor. Ramadhan identik dengan Mie Glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini.

3. Sate Susu – Bali

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\2103271sate-susu780x390.jpg

Sate Susu ini adalah salah satu kuliner Ramadhan khas Bali. Sate Susu yang terbuat dari payudara sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina. Untuk menambah kenikmatannya, Sate Susu akan dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali.

4. Sotong Pangkong – Pontianak

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\0005254Sopang4780x390.jpg

Selama puasa, warga Pontianak, Kalimantan Barat selalu menyediakan Sotong Pangkong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Sotong Pangkong adalah menu olahan cumi kering yang dibakar. Uniknya setelah dibakar cumi atau sotong tadi dipukul-pukul dengan palu.

5. Pakat – Tapanuli

Pakat adalah kuliner tradisi khas Masyarakat Tapanuli yang sering muncul di bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan berusia muda. Daging rotan dipotong – potong berukuran 5 centimeter kemudian dimasak dan dibubuhi dengan santan.

6. Gulai Kakuwah – Mukomuko, Bengkulu

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Gulai-Ikan.jpg

Kuliner satu ini merupakan makanan tradisi untuk sahur di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Hidangan tersebut dinamakan Gulai Kakuwah. Gulai ini dibuat menggunakan berbagai jenis ikan laut maupun ikan air tawar.

7. Ketan Bintul – Serang, Banten

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\ketan-2.jpg

Ketan Bintul adalah kuliner khas Ramadhan dari Kota Serang, Banten. Ketan Bintul ini berbahan baku nasi ketan dihaluskan yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya.

8. Es Kopi Luwak – Lampung Barat

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\GettyImages-125810371.jpg

Lampung Barat memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi Luwak paling bermutu. Di bulan Ramadhan ini, Es Kopi Luwak menjadi menjadi minuman khas yang disajikan saat berbuka puasa.

9. Kicak – Yogyakarta

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Cara-Membuat-Kicak-Menu-Takjil-Asli-Yogyakarta.jpg

Kicak adalah salah satu makanan yang sangat khas dan cukup populer di bulan Ramadhan di Kota Yogyakarta. Biasanya makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat. Kicak menggunakan bahan dasar beras ketan.

10. Gulai Siput – Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Gulai Siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Menu yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari oleh masyarakat setempat karena rasanya yang gurih dan lezat.

11. Bubur Kampiun – Padang, Sumatera Utara

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\bubur-kampiun_20181025_065638.jpg

Bubur Kampiun merupakan makanan berbuka puasa khas Padang. Makanan ini terbuat dari campuran bubur seperti Bubur Sumsum, Candil, Kolak Pisang, Ketan, dan Kolang-Kaling. Aneka bubur ini dimasukkan satu wadah dan diberi kuah santan yang dicampur gula merah.

Ya ampun… Jadi langsung ngiler kan bayangin itu semua! Haha.
Sabar- sabar, tinggal sebentar lagi…

Yuk, persiapkan Ramadhanmu bersama Kulina!

Sumber:
https://ramadan.sindonews.com/read/1208931/68/10-makanan-khas-ramadan-berbagai-daerah-indonesia-1496038629
https://zakat.or.id/10-minuman-dan-makanan-khas-ramadhan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *