Yuk, Jalan-Jalan ke Szechuan saat Jam Makan Siang dengan Kulina!

Eh gimana maksudnya? Ya jadi kalau mau jalan-jalan beneran ke sana kan jauh dan butuh ongkos yang banyak, makanya Kulina tawarkan alternatif lain untuk jalan-jalan ke Szechuan dengan kekayaan kuliner mereka.

Szechuan adalah sebuah provinsi yang terdapat di Negara Republik Rakyat Cina sebelah barat laut. Szechuan berarti Empat Rangkaian Sungai. Ibu kotanya terletak di Chengdu — sebuah kota pusat ekonomi penting di Cina tau Tiongkok. Selain kulinernya yang mendunia, Provinsi Szechuan juga memiliki banyak peninggalan sejarah berharga.

Kembali ke kuliner Szechuan, masakan khas Szechuan terkenal dengan kombinasi rasa pedas, asam, asin, dan manis. Bumbu penting dari masakan Szechuan adalah cabai merah. Jadi buat kamu yang doyan pedas, sajian hidangan Szechuan pasti cocok buat kamu!

Awalnya, masyarakat Szechuan tidak langsung mengenal dan menggunakan cabai merah dalam resep masakan mereka. Dahulu mereka menggunakan bumbu-bumbu seperti jahe, mustar, bawang, dan kucai — yang berhasil memunculkan aroma dan rasa yang kuat.

Baru sejak abad ke-17 ketika Amerika datang ke daratan Tiongkok dan membawa rempah-rempah, masyarakat Szechuan mulai berkenalan dengan cabai merah. Mereka kemudian menggunakan cabai merah ke dalam hampir setiap masakan mereka. Cabai merah yang memberi rasa pedas mampu memberikan perasaan hangat di dalam tubuh setelah memakannya. Hal ini cocok dengan kondisi geografis Szechuan yang diapit oleh daratan tinggi yang bersuhu dingin.

Berbagai Masakan Khas Szechuan yang Mendunia

1. Ayam Hainan

Ayam dimasak menggunakan jahe dengan cara tradisional: utuh bersama tulang. Ayam direbus hingga mengeluarkan kaldu kental. Setelah ayam empuk, baru ditiriskan, lalu dipotong-potong. Kuah kaldu kental tadi kemudian digunakan sebagai bahan memasak sup untuk sayur pelengkapnya. Sedangkan berasnya dimasak menggunakan santan kelapa, supaya nasi lebih liat dan gurih.

2. Ayam Cabai Kering

Sajian pedas satu ini, selain menggunakan cabai merah sebagai bahan utama, juga menggunakan lada Szechuan untuk meningkatkan cita rasa pedas yang ditimbulkan. Lada Szechuan adalah salah satu bumbu khas Szechuan. Lada Szechuan di Indonesia lebih terkenal disebut sebagai Andaliman. Rasa dari lada Szechuan sendiri adalah pedas dan getir, sehingga mampu membuat lidah dan bibir kamu terasa tebal. Ciri khas lain dari sajian Ayam Cabai Kering adalah penggunaan kacang mete di dalam masakannya.

3. Sapi Tumis Daun Bawang

Provinsi Szechuan yang wilayah memang terletak di antar daratan-daratan tinggi, jarang menggunakan ikan sebagai bahan utama masakan mereka. Masayarakt Szechuan lebih banyak menggunakan ayam, bebek, sapi, atau ikan air tawar. Salah satunya adalah Sapi Tumis Daun Bawang. Sapi Tumis Daun Bawang juga dimasak bersama bawang bombay, jahe, ketumbar, merica, cabai, serta saus tiram. Terlihat kan dari bumbu-bumbunya, rasa sapi tumis daun bawang pastilah pedas?

4. Angsio Tahu

Angsio berarti masakan yang dimasak menggunakan saus tertentu untuk memuncul warna merah atau kemerahaan, seperti dimasak menggunakan cabai, kecap, atau saus tiram. Maka Angsio Tahu berarti masakan tahu yang diolah dengan bumbu khusus berwarna merah. Meski warna kuah Angsio Tahu berwarna merah, namun masakan khas Szechuan satu ini tidak terlalu pedas. Angsio Tahu juga menggunakan jahe sebagai bumbu utama. Selain itu, Angsio Tahu menggunakan jamur dan kaldu jamur saat proses memasaknya.

Penasaran dengan menu-menu lezat di atas?

Cobain sekarang, langganan paket makan siang baru dari Kulina: CITY LUNCH! Jadi di paket ini, Kulina akan memilih beragam kota terkenal di dunia, lalu mengulik kuliner khas mereka dan menyajikannya ke meja kerja kamu saat makan siang tiba 😄

Sekarang giliran Szechuan dari China. Besok bisa ada lagi dari kota dan negara yang berbeda. Udahlah dijamin kamu gak akan bosan, Kulinas.

Mantul?
Mantap betuuulll 👍

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sichuan
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_Sichuan
http://tawanrestaurant.com/index.php/detail-menu/81/angsio-tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *