Tips Bikin Workspace Efisien & Nyaman di Rumah

News oleh: Cerita Kulina

Saat bulan puasa seperti sekarang, terkadang waktu siang hari terasa berjalan lebih lama dan membuat kita mudah mengantuk. Padahal saat puasa, kita tetap beraktivitas seperti biasa, bahkan bekerja.

Nah bagi kamu yang sedang menjalankan puasa dan bekerja dari rumah, Kulina mau bagi tips bikin workspace yang efisien dan nyaman di rumah agar segar seharian hingga bisa menunjang kinerja kalian.

Yuk, simak tips bikin workspace efisien dan nyaman di rumah berikut ini!

TIPS BIKIN WORKSPACE DI RUMAH

1. Dedikasikan Satu Ruang Khusus untuk Kerja

Bekerja dari rumah memang menyenangkan di awal, namun seiring berjalan waktu banyak yang mengeluh tak bisa membedakan waktu kerja dan waktu aktivitas lain di rumah. Hal ini mungkin terjadi karena tak ada batasan ruang untuk kerja dan aktivitas lainnya.

Meski bekerja dari rumah, cobalah berlaku seperti saat kamu hendak ke kantor dengan “berangkat” ke satu ruang khusus yang memang didedikasikan untuk kerja. Ruangan khusus untuk kerja ini bisa membangun atmosfer, menaikkan mood, hingga menambah konsentrasi selama bekerja.

2. Pastikan Ruangan Ada Sumber Cahaya Natural

Jika kamu sudah menentukan ruang khusus untuk bekerja dari rumah, pastikan ruangan tersebut memiliki sumber cahaya natural seperti jendela. Jendela bisa memberikan sinar matahari dan udara segar yang kamu butuhkan.

Jika sebelumnya kamu tidak bisa mengosongkan satu ruang di dalam rumah untuk bekerja, kamu bisa memilih satu sisi dinding yang dekat jendela sebagai ruang kerja.

3. Pilih Tinggi Meja Sesuai Posisi Duduk

Setelah menentukan ruang atau sisi dinding khusus untuk kerja, saatnya mulai mengisinya dengan perabotan yang menunjang kerja kita. Pertama tentu saja meja.

Pilihlah meja dengan tinggi yang pas ada di depan dada kita saat duduk. Meja pas di depan dada membuat tangan yang hendak mengoperasikan komputer atau laptop bisa berada pada posisi lurus sehingga tidak mudah lelah.

Jika kamu punya budget lebih untuk beli meja, pilihlah meja yang bisa diatur ketinggiannya sehingga meja bisa digunakan dengan posisi duduk atau pun berdiri. Perubahan posisi selama bekerja tentu bisa menghilangkan kebosanan, bahkan melancarkan aliran darah dan mengembalikan konsentrasi kita.

4. Pilih Kursi dengan Sandaran

Bekerja biasanya memakan waktu delapan hingga sembilan jam per hari. Waktu yang cukup lama untuk dihabiskan dalam posisi duduk. Inilah pentingnya kamu memilih kursi dengan sandaran agar jika tubuh mulai lelah duduk, kamu bisa bersandar sejenak.

Di pasaran, sudah ada banyak jenis kursi yang memang didesain khusus untuk menunjang tubuh yang duduk dalam waktu lama. Kursi seperti ini mungkin agak mahal, namun sebanding dengan fasilitas yang diberikan demi menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca Artikel Serupa: Terbaru dari Kulina: Kantin Digital!

5. Jaga Postur Tubuh

Kulina - Tips Workspace - Jaga Postur Tubuh

Nah kalau kamu sudah memilih kursi yang tepat, kamu akan lebih bisa menjaga postur tubuh untuk tetap tegak selama bekerja.

Postur tegak bisa menjaga kesehatan tulang punggung, pun pada kursi yang memang didesain untuk duduk lama biasanya ada bantalan kecil di bagian bawah punggung yang bisa menunjang postur tubuh untuk tetap tegak.

Selain postur tubuh tegak selama duduk, perhatikan juga tinggi layar komputer atau laptop. Sebab tinggi meja hanya setinggi dada, maka kamu bisa menambahkan stand khusus untuk layar monitor atau pun laptop agar tingginya jadi sejajar dengan mata. Kamu juga bisa menggunakan buku sebagai alas layar monitor atau laptop lho.

6. Jangan Lupa Peregangan

Kulina - Tips Workspace - Jangan Lupa Peregangan

Duduk terus selama waktu bekerja tentu tidak baik bagi peredaran darah di tubuh. Makanya setiap dua jam sekali, kamu perlu melakukan peregangan. Peregangan yang sederhana saja sebenarnya cukup. Misal kamu berdiri dan berjalan untuk ke kamar kecil, lalu berjalan-jalan sebentar di sekeliling rumah.

Kamu juga bisa melakukan peregangan lain sambil duduk atau berdiri di dekat meja kerja. Jika kamu kelewat lelah, kamu bisa menggunakan waktu istirahat satu jam untuk tidak siang sejenak. Apalagi jika puasa, tentu waktu ini tidak digunakan untuk makan kan? Maka sebaiknya gunakan untuk istirahat maksimal atau yang biasa disebut dengan power nap.

7. Tambahkan Aksesoris

Kulina - Tips Workspace - Tambah Aksesoris

Ruangan kerja jika hanya terdiri dari meja, kursi, komputer, atau laptop tentu tetap membosankan. Maka pada ruangan kerja yang khusus dibuat untukmu, kamu bebas menambahkan aksesoris yang bisa menaikkan mood atau menjadi ciri khas kamu.

Selain untuk keindahan, aksesoris juga bisa kamu pilih karena manfaatnya yang bisa menunjang kinerja. Berikut beberapa aksesoris yang bisa kamu pertimbangkan untuk ditaruh di meja kerja:

  • Humidifier – berfungsi untuk menjaga kelembapan udara dan membantu mencegah iritasi kulit yang disebabkan udara kering seperti bibir pecah-pecah hingga sakit tenggorokan.
  • Pengharum Ruangan – bisa memberikan kesegaran serta aroma tertentu yang membangkitkan mood baik saat bekerja. Pengharum ruangan sudah ada banyak macamnya, bahkan kamu bisa menambahkan fragrance oil atau essential oil pada humidifier agar udara lembab dan harum sekaligus.
  • Buku – selain untuk menambahkan keindahan meja kerja, buku bisa menambah pengetahuan kita. Jika kamu meletakkan buku yang kamu butuhkan saat bekerja di dekatmu, kamu jadi mudah untuk menjangkau dan menggunakannya. Kamu juga bisa membaca buku saat waktu istirahat.
  • Jam – tentu bisa memberi tahu waktu agar kamu lebih peka kapan saatnya bekerja, istirahat, bahkan untuk sholat. Saat ibadah puasa begini, tentu ibadah yang lainnya tak boleh terlewatkan kan?

Setelah membuat workspace yang efisien dan nyaman di rumah, pastikan juga kalian makan sehat dengan nutrisi dan gizi seimbang saat sahur dan berbuka untuk terus menjaga kinerja dan kesehatan tubuh kita!

Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...