5 Mitos VS Fakta Seputar Puasa

News oleh: Cerita Kulina

Beberapa mitos saat berpuasa banyak dituturkan dari mulut ke mulut sehingga seolah-olah benar adanya. Banyak orang beranggapan mitos tersebut memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, anggapan tersebut tidak dibarengi dengan pembuktian berdasarkan fakta. Berikut Kulina ulas beberapa mitos dan juga fakta kebiasaan selama puasa di bulan Ramadan.

1. Tidak Sahur, Tidak Masalah

D:\KULINA\MEI\pict\woman-doing-cross-arms-sign-refuse-junk-food-hamburger-potato-fried-that-have-ma_42193-11.jpg

Faktanya: Makan pagi atau sarapan penting untuk membangun metabolisme dan kecukupan oksigen di pagi hari, sehingga memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Begitu pula sahur saat bulan puasa. Kita harus sahur karena setelah itu tidak ada makanan lagi yang dikonsumsi sampai waktunya berbuka.

Memang ada orang yang menu sahurnya hanya dengan susu, tapi tidak semua bisa seperti itu. Karena pada dasarnya ketahanan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Lebih baik lakukan pembagian besarnya porsi yang dibutuhkan sama seperti sarapan, tetap ada daging sebagai protein, sayur, buah, dan karbohidrat. Jangan makan makanan yang berminyak karena dikhawatirkan memengaruhi tenggorokan.

2. Selama Puasa Tidak Perlu Berolahraga Karena Akan Membuat Tubuh Lemas

D:\KULINA\MEI\pict\bed-bedroom-blur-271897.jpg

Faktanya: Jika selama berpuasa hanya berdiam diri, tentu waktu akan berjalan lama. Kadar gula darah pun lebih cepat turun karena sel-sel tubuh tidak beraktivitas. Akibatnya, oksigen tidak masuk ke sel-sel tubuh dan tubuh menjadi loyo serta tidak bertenaga.

Tips baik untuk tubuh, salah satunya berolahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Jangan melakukan olahraga berat atau setelah sahur karena akan memicu dehidrasi. Sebaiknya olahraga dilakukan setengah jam sebelum berbuka. Agar kegiatan olahraga lebih menyenangkan, dapat dilakukan dengan bersama-sama atau dalam grup.

3. Puasa Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

D:\KULINA\MEI\pict\adult-backlit-beach-320007.jpg

Faktanya: Puasa dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, maag, asam urat, diabetes. Pastinya dengan prasyarat tertentu, karena keberhasilannya sangat tergantung dengan disiplin orangnya. Bagi yang memiliki keluhan asam urat lebih baik untuk tidak makan daging berlemak, santan, kacang-kacangan, sayuran warna hijau tua. Apalagi makan kambing guling saat berbuka. Alamat sehat berbuntut cek laboratorium nih~Dasarnya puasa merupakan program detoksifikasi. Pencernaan butuh untuk istirahat dengan nyaman. Dengan berpuasa membuat pencernaan mendapatkan kekuatannya kembali. Jadi, alangkah lebih sehat jika saat berbuka makan dengan porsi cukup.

4. Berbukalah dengan yang Manis

D:\KULINA\MEI\pict\cake-chocolate-cream-1448721 (1).jpg

Faktanya: Tergantung seberapa banyak makanan manis tersebut dikonsumsi. Pada saat puasa, kadar gula darah cenderung menurun. Jika berbuka dengan kolak pisang atau bersantan maka lambung akan kaget karena makanan tersebut mengandung lemak, gula, dan karbohidrat tinggi.

Lebih ramah terhadap tubuh yaitu berbuka dengan segelas air putih hangat untuk memberi peringatan pada sistem tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan sebutir kurma karena kandungan gulanya tinggi tapi lambat dicerna. Setelah itu, bebas jika ingin mengonsumsi makanan lain.

Agar lebih memenuhi gizi makan seimbang, sesekali makan bersantan juga baik diselingi dengan minum jus buah alami tanpa gula tambahan.

5. Berbuka dengan Minuman Dingin

D:\KULINA\MEI\pict\alcohol-bar-beverage-34293.jpg

Faktanya: Dalam keseharian tidak dianjurkan minum dingin saat berbuka puasa. Perbedaan suhu pada air dingin dengan air tubuh dapat berakibat kurang baik. Perlu waktu untuk menyeimbangkan suhu air agar bisa diserap ke dalam sel. Menurut pakar, selama puasa suhu tubuh cenderung menghangat dari biasanya. Membatalkan puasa dengan minuman dingin apalagi dengan makan makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan. Begitu pula dengan minum kopi, karena akan merangsang pengeluaran cairan tubuh. So, minum air putih hangat sebagai pembuka akan memberikan kebaikan untuk sel tubuhmu lho Kulinas!

Jadi, lebih ngerti kan sekarang dengan mitos-mitos yang suka beredar. Not so motivational, but at least could growth your awareness. Selamat menunaikan ibadah puasa Kulinas!

Dan kalau untuk buka kamu masih bingung mau makan apa…

PESAN MENU BUKAMU DI KULINA SEKARANG

SUMBER
https://nationalgeographic.grid.id/read/13672325/inilah-mitos-dan-fakta-tentang-puasa-yang-harus-anda-ketahui?page=all




Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...