Atasi Tubuh Lebar-an Setelah Lebaran dengan 3 Resep Jus ala Kulina

Hari raya Idulfitri menjadi satu momen baik untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara. Ketika ada acara kumpul-kumpul biasanya makanan banyak disajikan untuk nantinya disantap bersama.

Acara ini berlanjut ketika kalian berkunjung ke tetangga maupun rumah saudara di daerah lain. Bermacam-macam makanan dihidangkan, gak jarang bikin laper mata bahkan mungkin bisa jadi gagal diet. Mengkonsumsi beragam jenis menu makanan dari yang bersantan, daging-dagingan, dan berminyak mungkin akan sulit kita hindari.
Untuk itu pasca Lebaran ada baiknya kita lebih memperhatikan makanan seimbang bagi tubuh. Setelah ‘dihajar’ makanan bersantan dan berlemak, boleh nih bikin jus buah segar untuk detoksifikasi tubuh selama Lebaran kemarin. Bikin sendiri di rumah lebih mudah, karena selain bahannya mudah ditemui, kalian bisa simak resep jus dari Kulina berikut ini.

1. Jus Tomat dan Mentimun

Bahan:

  • Tomat cincang 3 1/2 cangkir
  • Mentimun potong dadu 2 cangkir
  • Seledri segar 1 batang
  • Lada merah 1/2 sendok teh
  • Lada hitam 1/2 sendok teh
  • Garam dapur 1/2 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Masukkan tomat, timun dan daun seledri ke dalam blender. Lalu proses sampai halus dan tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan lada hitam, lada merah dan garam, kemudian proses / blender lagi sebentar sampai tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke dalam gelas, jus bisa langsung di nikmati.

2. Jus Sawi, Mentimun, Pir

D:\KULINA\JUNI\pict\1483737099324.jpeg

Bahan-bahan :

  • Sayur sawi 5 tangkai
  • Mentimun segar 1 buah
  • Pir 1 buah
  • Kacang mete 5 biji
  • Air perasan jeruk lemon 3 sendok makan
  • Madu 1 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama potong 5 tangkai sayur sawi sampai menjadi bagian, lalu cuci bersih.
  2. Potong-potong mentimun dan buah pir menjadi beberapa bagian. Sisihkan.
  3. Selanjutnya masukkan potongan sayur sawi, mentimun, buah pir dan 5 biji kacang mete ke dalam blender. Proses sampai halus, kemudian masukkan 3 sendok makan air lemon serta madu, proses lagi sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan jus ke dalam gelas, minum segera.

Kandungan antioksidan, vitamin, serat dan mineral yang terdapat dalam sayur sawi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga anda tidak membutuhkan banyak air untuk membuat jus ini, karena kandungan mineral dalam sayuran sawi sudah cukup tinggi.

3. Jus Pisang & Jeruk

D:\KULINA\JUNI\pict\orange-and-banana-yogurt-smoothie.jpg

Bahan-bahan :

  • Pisang 1 buah
  • Jeruk manis 1 buah
  • Air putih 300 mili liter
  • Madu 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Kupas buah pisang, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Kemudian kupas buah jeruk, buang bijinya, ambil airnya.
  3. Selanjutnya masukkan semua bahan ke dalam blender, proses sampai halus.
  4. Tuang jus ke dalam gelas, siap dinikmati.

Demi tubuh yang lebih bugar setelah Lebaran, detoksifikasi akan lebih baik ketika kalian bisa merancang dan membuat jus hasil tangan kalian sendiri. Bisa lebih aware sama bahan dan proses membuatnya akan berbeda ketika kalian beli produk jadi.

Yuk bikin sendiri jus mu!

Oh iya, bagi kamu yang mau ngemil sehat di kantor, sekarang di Kulina ada paket buah. Yuk cek dan coba jajan buah di Kulina! Kerja jalan terus, sehat tetep terjaga.

[CEK MENU BUAH KULINA]

SUMBER:
http://resephariini.com/11-jus-untuk-diet/


5 Makanan Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ketika lebaran tiba, makanan wajib seperti Opor Ayam maupun Sambal Goreng Ati selalu setia dari tahun ke tahun. Seakan Lebaran ini belum sah tanpa kehadiran-mu oh Opor Ayam~ Lagi pula, hampir di segala lapisan masyarakat pun mengikuti tradisi perayaan ini. Seolah menu tersebut menjadi wajib dihidangkan tiap satu tahun sekali.

Namun mencoba hal-hal diluar kebiasaan ditiap tahunnya patut untuk dijajal lho. Coba tengok, bisa jadi kalian mulai terjebak pola yang sama, seperti menu lebaran melulu itu-itu aja. Selain Opor Ayam dan sederet menu makanan khas dari Jawa, ada lho sajian khas daerah lain setia jadi sajian saat berlebaran.  Untuk resep berlebaran lebih meriah, yuk mari kita intip menu-menu makanan khas lebaran dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Bebek Gulai Kurma

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\bebek gulai masak kurma (1).JPG

Berlebaran di Aceh tak lengkap tanpa Bebek Gulai Kurma. Kuliner khas Aceh ini sarat akan potongan bebek yang diolah bersama daun temurui, daun pandan, serai, dan santan kelapa. Tak hanya bahan dasarnya yang pastinya udah menggoda iman eh selera, aroma yang berasal dari penambahan rempah dan bumbu seperti cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga berhasil membuat citarasa hidangan ini naik kelas.

Bila mendapati satu porsi Bebek Gulai Kurma tanpa ada penambahan buah kurma, disinilah letak keunikan kuliner khas Aceh ini. Walaupun ada penggunaan kata ‘kurma’ di nama masakannya, Bebek Gulai Kurma tidak menggunakan bahan dasar kurma sama sekali.

2. Gulai Nangka

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\Resep-Olahan-Gulai-Nangka-Untuk-Menu-Hari-Ini.jpg

Masakan khas Sumatera Utara tak akan jauh dari yang namanya santan. Ketika masa lebaran tiba, Gulai Nangka menjadi makanan wajib di Medan. Khas dari makanan ini adalah dengan menambahkan iga sapi dan kacang panjang sebagai penyeimbang. Sedangkan bumbu yang digunakan masih sama dengan bumbu gulai pada umumnya, seperti penggunaan cabai merah, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, jahe, serta lengkuas.

3. Kella Pate

Turut memeriahkan lebaran di Madura, hidangan dengan berbahan dasar ikan yakni Kella Pate selalu menjadi kuliner paling ditunggu. Kella Pate sendiri merupakan hidangan berupa potongan ikan tenggiri yang digoreng kemudian dimasak dengan kuah santan. Dengan penambahan bumbu aromatik yang telah dihaluskan tediri dari jintan, kencur, dan terasi membuat Kella Pate punya rasa yang khas. Kompleksitas rasa dalam hidangan ini juga didukung dengan penambahan irisan cabai dan belimbing wuluh.

4. Ayam Gagape

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\32091_ayam-gagape.jpg

Sekilas hidangan ini mirip dengan Opor Ayam, namun penggunaan bumbu dan jenis ayam membuat Ayam Gagape memiliki pamornya sendiri. Resep utama menu ini adalah dengan menggunakan ayam kampung jantan. Jenis ayam ini biasanya memiliki tekstur dan serat daging lebih kenyal dari ayam negeri. Selain itu, penambahan terakhir pada hidangan dengan kelapa parut yang telah disangrai memberikan sensasi yang berbeda dari Opor Ayam.

5. Uvempoi

D:\KULINA\MEI\pict\New folder\uvempoi2.jpg

Usut-punya-usut ketika zaman Presiden Soeharto, beberapa mentri yang dinas ke Palu tak akan melewatkan makanan ini. Termasuk mentri Harmoko yang memberikan bintang 5/5 pada kuliner satu ini. Hadir sebagai kuliner khas daerah Palu, ternyata makanan ini juga menjadi salah satu hidangan wajib saat lebaran. Berbahan dasar dari tulang rusuk atau iga sapi yang dimasak menjadi sup dengan bumbu khas Palu. Terasa gurih dan berwarna cokelat karena kuahnya menggunakan bahan dan teknik memasak yang unik. Bumbu asam jawa dalam kuah sup yang dimasak diatas kayu bakar dan tempurung kelapa berhasil menjadikan kuah lebih aromatik.

Wih, ternyata banyak juga ya kuliner-kuliner daerah selain Jawa yang boleh kita cari resepnya dan coba bikin. Jelajah rasa di lebaran yang penuh kehangatan yuk guys!

SUMBER:
https://travel.tribunnews.com/2019/05/28/7-sajian-kuliner-khas-lebaran-dari-berbagai-daerah-di-indonesia?page=all
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/kuliner-khas-lebaran-dari-berbagai-daerah-di-indonesia/full
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/2454249/uvempoi-sop-daging-kesukaan-para-menteri-era-presiden-soeharto

3 RESEP MENU LEBARAN KHAS INDONESIA

Tinggal menghitung hari menuju momen hari raya lebaran. Kembali ke kampung halaman, berkumpul dan silaturahmi dengan sanak saudara menjadi hal paling ditunggu-tunggu. Namun dalam kebersamaan menikmati momen, kurang lengkap jika tidak menyediakan makanan khas lebaran.

Selain kue-kue kering dan beragam kudapan ringan, ada makanan-makanan yang menjadi syarat utama selama lebaran. Menu klasik nan wajib berikut ini selain enak pastinya mudah untuk diolah sendiri di rumah. Siapa tahu lebaran kali ini jadi momen pertama mu masakin buat sekeluarga lho~

Yuk, Kulina temani masak makanan khas Lebaranmu dengan panduan di bawah ini.

  1. Ketupat

Bahan

  • 1 liter beras
  • 10 bungkus ketupat
  • Garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Cuci beras hingga bersih kemudian direndam selama 2 sampai 3 jam dengan sedikit garam. Setelah itu tiriskan.
  2. Jika beras sudah selesai direndam dan bungkus ketupat sudah siap, masukkan beras ke dalam bungkus ketupat sampai sepertiga bagian atau setengah penuh.
  3. Masak air dalam panci besar lalu masukkan ketupat.
  4. Masak selama 4 sampai 5 jam.

Tips

  • Pilihlah daun ketupat yang bagus dan jangan lupa cuci hingga bersih.
  • Saat merendam beras untuk dibuat ketupat bisa ditambah sedikit air kapur sirih. Air kapur sirih akan membuat ketupat lebih kenyal dan awet.
  • Pada waktu merebus, sebaiknya ketupat harus selalu dalam keadaan terendam air.
  • Setelah ketupat matang, langsung siram dengan air dingin dan gantung di tempat yang terkena angin agar kandungan airnya berkurang sehingga tidak cepat basi.

2. Sambal Goreng Ati Ampela

Bahan

  • 300 gram kentang, potong dadu
  • 3 pasang hati dan ampela ayam
  • Asam jawa secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng, secukupnya
  • 1 lembar daun salam
  • 2 cm / ruas jari lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun jeruk purut, sobek buang tulang daun
  • 1 batang serai, memarkan
  • 3 buah cabai merah besar, buang biji nya, iris halus
  • 1 papan petai, iris-iris
  • 100 ml santan

Bumbu Halus

  • 7 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 6 buah cabai merah keriting
  • 1/2 butir tomat
  • 1/2 sendok teh terasi matang
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat

  1. Rebus hati ampela ayam, tambahkan sedikit asam jawa. Setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu.
  2. Goreng kentang yang sudah dipotong dadu sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan. 
  3. Goreng hati dan ampela rebus sampai kecoklatan. Sisihkan.
  4. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus sampai wangi.
  5. Masukkan daun salam , lengkuas, daun jeruk, dan irisan cabai merah sampai harum dan layu. 
  6. Tambahkan irisan petai dan ati ampela ayam, sambil diaduk-aduk.
  7. Tuang santan, tunggu sampai mendidih. Lalu masukkan kentang goreng dan aduk sampai rata.
  8. Masak sebentar sampai bumbu benar-benar meresap, angkat lalu sajikan.

3. Opor Ayam

Bahan

  • 500 gram daging ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai digeprek
  • 700 ml santan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 5 sdm minyak sayur

Bumbu Halus

  • 4 butir kemiri
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt jinten
  • 20 cm kunyit/ kunir
  • 4 cm lengkuas
  • Haluskan menjadi satu

Cara Membuat

  1. Potong-potong daging ayam dan cuci bersih kemudian lumuri dengan air jeruk nipis selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus, daun salam dan serai hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk-aduk lalu masak hingga berubah warna.
  3. Tuang santan, aduk-aduk serta beri garam, merica, kaldu bubuk dan gula pasir kemudian masak sampai daging ayam empuk sambil sesekali diaduk.
  4. Setelah matang, angkat dan tuang dalam mangkuk dengan taburan bawang goreng di atasnya lalu siap untuk dihidangkan.

Tuh kan, gampang banget bikinnya! Sesederhana berbagi masakan khas buah tangan kalian sendiri, bikin momen lebaran bersama keluarga tercinta makin hangat dan berkesan. Yuk, bikin dan masak sendiri di lebaran nanti!

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/recipe/anggun-mayasari/5-resep-menu-masakan-klasik-dan-favorit-saat-lebaran-c1c2/full


3 IDE MENU SEDERHANA UNTUK SAHUR PERTAMA

Kulinaaasss… Siapa di sini yang sama semangatnya sama Kulina menyambut Ramadan 1440H? Yeay! Mulai besok, umat muslim di seluruh Indonesia akan menjalankan ibadah puasa pertama. Dan nanti malam, kita akan mulai terawih pertama.

Lalu siapa yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk menu sahur pertama?

Apa? Kamu belum kepikiran? Tenang, itulah kenapa Kulina datang menyapa kalian. Kulina mau bagi-bagi 3 ide menu sederhana untuk sahur pertama. Tentu saja lengkap dengan resep yang bisa kamu praktikan langsung di rumah, atau bahkan di kos. Bahannya sedikit, ada di sekeliling, dan waktu memasaknya juga cepat.

Kulina paham banget kok kalau awal-awal puasa suka susah bangun sahur, jadi waktu persiapan sahurnya cuma sedikit. Hihi.

Cus, langsung aja kita lihat 3 resep sederhana tapi istimewa dari Kulina!

1. Omelet Keju

Udahlah gak akan salah kalau waktu masakmu cuma sedikit dan kamu pilih bikin omelet. Kenapa? Karena kamu bisa memasukkan beragam bahan bermanfaat nan lezat ke dalam kocokan telur. Goreng. Voila~

Bahan-bahan yang akan kamu masukkan juga bisa beragam, sesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Mulai dari sayur mayur, serta tambahan protein yang bisa kamu dapat dari keju.

Bahan

  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • Garam (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • 1 siung bawang putih & merah (cincang halus)
  • 1 batang daun bawang (cincang halus)
  • Daun seledri (2-3 lembar saja, cincang halus)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Keju parut (secukupnya, sesuai selera)
  • Minyak goreng

Cara Memasak

  1. Campur telur, daun bawang, bawang putih & merah, daun seledri serta garam juga kaldu ayam bubuk secukupnya.
  2. Kocok semua bahan hingga tercampur rata. 
  3. Panaskan wajan yang telah diberi minyak goreng secukupnya. 
  4. Tuang adonan telur, masak beberapa menit dengan api kecil. 
  5. Saat telur setengah matang, taburkan keju parut di atasnya. 
  6. Balik telur kemudian masak hingga matang.

Gampang kan? Tinggal tambahkan nasi putih hangat, saus sambal atau kecap, dan hidangan sudah lengkap! Omelet Keju siap disantap sebagai menu sahurmu.

2. Nasi Goreng Bakso Sapi

Bisa jadi kamu telah masak nasi di malam sebelum sahur. Dan jika kamu punya lebih banyak waktu untuk persiapan sahur, maka nasi goreng adalah pilihan tepat. Prinsipnya, sama dengan omelet – dimana kamu bisa mencampurkan bahan-bahan kesukaanmu sesuai kebutuhan nutrisi ke dalam satu hidangan saja. Namun kini bahan utamanya bukan telur, melainkan nasi.

Kulina punya tips buat kamu yang mau bikin nasi goreng lezat dimana nasinya gak saling menggumpal satu sama lain. Setelah nasi makan, pindahkan ke wadah untuk membuang uapnya, dan taruh nasi di dalam kulkas. Keluarkan esok hari sebelum sahur, saat hendak dimasak. Selamat mencoba!

Bahan

  • 250 gram nasi
  • 1 batang daun bawang (iris serong)
  • 4 buah bakso sapi (iris tipis)
  • 50 gram sayuran campur
  • garam dan gula (secukupnya)
  • kaldu sapi (secukupnya)
  • 4 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

  1. Tumis daun bawang sampai harum.
  2. Tambahkan garam, gula, kaldu sapi.
  3. Masukkan sayuran.
  4. Masukkan bakso sapi.
  5. Masukkan nasi.
  6. Aduk hingga matang merata.

Jika kamu lebih suka nasi goreng yang “berwarna” kamu bisa tambahkan saus, sambal, atau kecap sesuai selera. Nasi goreng bakso sapi siap dihidangkan!

3. Salad & Roti Panggang

Nah kalau kamu ingin memaksimalkan program diet selama puasa, sekaligus tidak ingin makan nasi di tengah malam, coba resep satu ini! Tidak ada proses goreng-gorengan sama sekali. Sehatnya dapat, nikmatnya tetap terasa~

Bahan

  • 2 lembar kol (kol ungu/ kol biasa), diiris tipis
  • 1 buah wortel ukuran sedang, diparut kasar
  • ½ buah tomat merah, potong dadu kecil
  • 5 sendok makan jagung pipil, rebus sebentar
  • 1 buah jeruk nipis
  • ½ bawang bombai, iris tipis
  • 1 buah telur
  • 2 lembar roti gandum / roti tawar
  • Mentega (secukupnya)

Bahan Saus

  • ¼ sendok teh lada
  • ¼ sendok teh gula
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus sambal
  • Mayones secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, rebus telur. Diamkan hingga air mendidih dan telur matang di dalam.
  2. Selanjutnya, kita bisa membuat sausnya terlebih dulu. Tuang mayones ke dalam mangkuk kecil. Masukkan lada, gula, dan garam, aduk rata.
  3. Masukkan saus tomat dan cabai, aduk rata.
  4. Dalam wadah terpisah, campurkan semua bahan sayur ke dalam mangkuk dan tambahkan perasan jeruk nipis.
  5. Tambahkan sedikit garam dan lada, cek rasanya sudah sesuai selera atau belum.
  6. Tuang saus ke dalam salad.
  7. Lanjut, oleskan mentega ke dua sisi roti dan panggang di atas wajan yang telah panas. Panggang hingga pinggiran roti mengeras dan warna roti berubah cokelat keemasan.
  8. Terakhir, angkat telur dan kupas kulitnya. Iris tipis-tipis telur rebus dan sajikan di atas salad.

Menu sehat sederhana tanpa nasi dan gorengan siap disajikan!

Semoga 3 ide menu sederhana dan lezat dari Kulina ini berguna untuk sahur pertamamu ya. Selamat mencoba!

Dan jika untuk berbuka kamu masih bingung mau makan apa…

PESAN MENU BUKAMU DI KULINA SEKARANG

Resep Grilled Cheese, Nikmatnya America dalam Gigitan

Kamu pernah menonton film Chef? Film yang bercerita tentang mantan koki yang keluar dari restoran tempat ia bekerja untuk memulai usaha truk makanannya sendiri. Berbagai menu yang tersaji di film ini sungguh mengguggah selera. Namun ada satu menu ikonik di film ini yaitu, grilled cheese aka roti keju panggang.

Ya ampun, scene waktu tokoh utama masakin ini roti keju panggang untuk anaknya benar-benar memorable dah! Apalagi pas anaknya mulai makan, gigitan pertama, kresss

Aaakkk! Jadi pingin kan.

Grilled Cheese sendiri merupakan makanan khas dari Amerika Serikat. Grilled cheese berarti keju panggang, namun dalam penyajiannya selalu dipanggang bersama setangkup roti. Menurut ahli sejarah makanan, roti dan keju yang dimasak bersama termasuk makanan kuno. Pasalnya, roti lapis keju panggang sudah ditemukan sejak tahun 1920-an. Dan sampai sekarang, grilled cheese tetap bertahan. Beberapa restoran, food stall, dan truk makanan di Amerika bahkan secara khusus menjajakan hidangan roti lapis keju panggang ini.

Roti lapis keju panggang atau grilled cheese dibuat dengan memasukkan keju yang ditangkupkan oleh dua potong roti, kemudian dipanaskan sampai pinggiran roti sedikit kering dan renyah serta keju leleh. Terkadang dikombinasikan dengan isian tambahan seperti paprika, tomat atau bawang. Ada beberapa metode pemanasan roti lapis yang digunakan, tergantung pada daerah dan preferensi pribadi. Metode yang cukup umum yakni dengan dimasak dalam teflon, dipanggang, digoreng dalam panci atau dibuat dengan panini press (pemanggang khusus roti lapis).

Sebenarnya grilled cheesetidak harus beli di luar, Kulinas juga bisa bikin sendiri kok di rumah. Bahan-bahannya sederhana dan cara masaknya gampang.

Nih, Kulina bagi resep grilled cheese yang bisa kamu praktikan sendiri di rumah!

Grilled Cheese

Bahan

  • 2 lembar roti tawar
  • Keju cheddar yang mudah meleleh (easy melt)
  • Keju mozzarella
  • 1 lembar daun selada
  • 1 lembar daging asap
  • Mentega

Alat

  • Teflon
  • Pisau
  • Parutan

Cara Membuat

  • Panaskan teflon dengan api sedang.
  • Selagi menunggu teflon panas, olesi salah satu bagian pada kedua lembar roti dengan mentega.
  • Parut keju cheddar.
  • Taburkan parutan keju cheddar dan mozzarella, daun selada, dan daging asap di atas roti tersebut, lalu segera tumpuk dengan roti tawar kedua.
  • Apabila bagian bawah roti sudah terlihat kecokelatan dan keju mulai meleleh, balikkan tumpukkan roti untuk membakar roti kedua.
  • Angkat roti jika sudah berwarna kecokelatan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Saat membuat grilled cheese, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya dapat maksimal, yaitu:

  • Gunakan wajan atau teflon anti lengket agar keju yang meleleh dan menetes tidak lengket di teflon. Untuk alternatif lainnya, bisa mengoleskan panggangan dengan minyak terlebih dahulu.
  • Jangan menuangkan mentega secara langsung ke teflon. Oleskan mentega pada roti agar tidak gosong dan dapat matang merata.
  • Hindari memotong keju karena nantinya tidak dapat meleleh sempurna. Sebaiknya, keju diparut dengan parutan berlubang besar.
  • Saat memasak di atas teflon, fokuslah pada satu sisi terlebih dahulu.
  • Grilled Cheese siap untuk dibalik ke sisi lain apabila sisi pertama telah matang.

Grilled Cheese siap untuk dinikmati!

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Roti_lapis_keju
http://ibudanmama.com/rahasia-dapur/resep-sederhana-grilled-cheese/