Yuk, Lindungi Kulit Tubuh dari Polusi dengan 3 Buah Ini

News oleh: Cerita Kulina

Bangun pagi-pagi buta untuk mengejar waktu mungkin bukan lagi jadi soal. Aktivitas super padat sudah jadi “makanan” sehari-hari. Tapi apa kabarnya jika beraktivitas dengan udara di Jakarta belakangan ini?

Terhitung dari Sabtu (10/8) polusi udara Jakarta tertinggi di dunia hingga mencapai angka mencapai 92,4 mikrogram per meter kubik partikel polutan. Jauh dari jumlah standar konsentrasi udara menurut WHO yakni 25 mikrogram per meter kubik selama 24 jam.

Selain perhatian terhadap nutrisi tubuh, baik juga lho memperhatikan bagian tubuh paling luar yakni kulit! Mungkin perkara sepele, tapi jika dibiarkan bisa bikin radikal bebas menempel di kulit. Sebelum terlambat, yuk mulai rutin konsumsi buah-buahan yang dapat melindungi kulitmu dari polusi!

1. PLUM

Buah plum termasuk genus Prunus domestica, sama halnya dengan buah peach dan almond. Buah ini banyak tumbuh di seluruh dunia, terutama Cina, US, Jepang dan Eropa. Memiliki khas kulit merah keunguan dan rasanya yang masam ternyata punya banyak julukan nama lokal seperti ‘Aloo Bukhara‘ dalam bahasa Hindi, ‘Alpagoda Pandu‘ dalam bahasa Telugu, ‘Alpakoda‘ dalam bahasa Tamil dan ‘Onagida Draakshe‘ di Kanada. Ada banyak julukan, ada banyak juga manfaat buah ini untuk kulit lho!

Kaya Antioksidan

Buah plum memiliki jumlah antioksidan cukup banyak, seperti memberikan perlindungan efektif terhadap sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang diakibatkannya, misalkan kulit kasar dan keriput. Buah plum nantinya akan mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan membuat kulitmu menjadi lebih muda.

[PESAN BUAH PLUM]

2. Pear

Buah Pear memiliki nama lain Pyrus communis tak akan menjadikanmu komunis kok! Hahaha Di negara kita, buah ini lebih kita kenal dengan sebutan buah pir. Biasanya berwarna kuning atau hijau muda dengan bercak kecoklatan pada porinya. Segar dan renyah ketika digigit, ternyata ada pula manfaat baik untuk lindungi kulit tubuhmu lho!

Mengatasi Jerawat dan Infeksi Kulit Lainnya

Buah Pear merupakan perawatan jerawatan yang direkomendasikan berkat tingginya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Buah Pear juga mampu memperbaiki sistem imun tubuh dan memungkinkan kulit melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

[PESAN BUAH PEAR]

3. Blueberry

Terkenal rasanya kecut segar dan kaya serat ternyata Buah Blueberry dapat mencegah kanker, masalah pencernaan dan gangguan yang berkaitan dengan penglihatan. Tak hanya itu, untuk menjaga kesehatan kulit konsumsi Buah Blueberry juga penting lho, Kulinas. Berikut manfaat Buah Blueberry bagi kesehatan kulit.

Mencegah Bahaya Radikal Bebas

Blueberry dapat mencegah terjadinya kerusakan karena radikal bebas. Radikal bebas merupakan produk-produk biokimia yang bereaksi di dalam tubuh, dan hal ini dapat menjadi racun bagi sel-sel tubuh ktia. Mereka dapat rusak dan tidak bisa disembuhkan/dikembalikan lagi. Blueberry membantu menghentikan kerusakan radikal tersebut dengan berkontribusi pada kondisi dan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Kalau sudah tahu manfaatnya, boleh dimulai kebiasaan baik untuk konsumsi buah ini nih! Meskipun hanya sedikit tapi sedikit-sedikit nanti kan juga terbiasa. Yuk Kulinas, mulai konsumsi buah-buahan demi kesehatan kulitmu mulai sekarang!

[PESAN BUAH BLUEBERRY]

SUMBER:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190810092804-199-420056/sabtu-pagi-polusi-udara-jakarta-terburuk-di-dunia
https://wanita22.com/kesehatan-dan-kebugaran/plum-aloo-bukhara/
https://doktersehat.com/manfaat-buah-pir/
https://cintaihidup.com/15-manfaat-buah-blueberry-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/


Baca Artikel

6 Hal yang Termasuk Kategori Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat setiap hari jadi salah satu hal paling...

Baca Artikel

Bunda, Yuk Ketahui Kebutuhan Gizi Seimbang Anak di Sekolah

Si Kecil mungkin menghabiskan banyak waktu di sekolah daripada di...

Baca Artikel

Kulina, Katering Makan Siang yang Bebaskan Karyawan Pilih Menu Sendiri!

Semua orang menyukai makanan dan perlu untuk makan. Maka gak...