Tori Karaage, Salah Satu Menu Favorit dari Jepang

Karaage adalah salah satu menu yang sering kali muncul di restoran-restoran Jepang. Panganan satu ini memang sangat populer di Jepang bahkan di manca negara karena keunikan rasanya dan kemudahan cara membuatnya.

Jadi apa sih Tori Karaage itu?

Karaage adalah teknik memasak ala Jepang di mana berbagai jenis bahan makanan — lebih sering ayam, juga daging, atau ikan yang dibumbui dengan mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang, lalu digoreng dalam minyak goreng yang banyak — atau biasa disebut teknik deep fried.

Kalau disederhanakan, karaage berarti daging goreng tepung. Lantas apa yang membedakannya dengan daging goreng tepung lain? Karaage memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang utama berasal dari perpaduan jahe dan minyak wijen sebagai bahan rendaman daging sebelum digoreng. Sebelum digoreng, daging perlu direndam (atau diungkep) bersama bumbu-bumbu di atas selama 1–4 jam.

Setelah itu daging dilumuri tepung. Pelumuran tepung sendiri tidak menggunakan bahan tambahan telur ya, daging yang telah direndam bumbu cukup lama memiliki kandungan air yang cukup banyak yang bisa mengikat tepung sekaligus. Tepung yang digunakan pun berbeda yaitu, tepung kentang. Tepung kentang memberikan tekstur yang crunchy di luar, namun lembut di dalam. Tepung kentang memang banyak ditemukan di Jepang, tapi cukup sulit ditemukan di Indonesia. Hasil penggorengan yang paling mendekati tepung kentang adalah tepung kanji. Namun jika tidak tidak ditakar dengan benar, tepung kanji cenderung mudah keras apalagi jika gorengan sudah dingin.

Jadi kalau kamu kepikiran mau bikin tori karaage sendiri di rumah, tetap usahakan cari tepung kentang ya. Jangan gunakan tepung kanji. Jika benar-benar tak ada, lebih baik coba campurkan tepung terigu dan sedikit tepung maizena.

Satu hal lagi yang membedakan karaage dengan daging goreng tepung lain ialah cara menggorengnya. Ketika kamu menggoreng karaage dan daging telah berubah keemasan, angkat sebentar lalu tiriskan sampai minyak hilang. Jika sudah, masukkan karaage lagi ke dalam minyak panas untuk membuatnya matang dan renyah sempurna. Ya, jadi karaage digoreng dua kali, tak hanya sekali.

Penasaran dengan menu otentik Jepang Tori Karaage satu ini? Cobain aja di sini 👇 👇 👇

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Karaage
https://pgracekn.wordpress.com/2014/01/25/tori-karaage/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *