5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Tips Jaga Kebersihan Saat Mengolah Makanant

Hai Kulinas… Buat kamu yang masih #workfromhome dan #dirumahaja, semoga tetap sehat dan semangat terus yaaa! Jaga kesehatan dan kebersihan sebaik mungkin, termasuk kebersihan mengolah makanan.

Walaupun berpergian keluar sedang dibatasi, tapi urusan makan dan nutrisi harus tetap terpenuhi!

Buat kamu-kamu-kamu yang masak selama di rumah, nih Kulina mau bagi beberapa tips untuk menjaga kebersihan mengolah makanan:

1. Cuci Tangan

1. Cuci Tangan - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Cuci Tangan – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Tangan adalah satu satu sumber bakteri dan virus yang paling dekat dengan kita. Saat kita keluar belanja, menyentuh benda-benda di tempat umum, atau bersalaman dengan orang lain, bakteri dan virus akan sangat mudah berpindah ke tangan kita. Makanya, setelah pulang belanja atau menerima paket belanjaan, segera cuci tanganmu dengan sabun dan air mengalir untuk jaga kebersihan mengolah makanan.

2. Cuci Bahan Makanan

2. Cuci Bahan Makanan - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Cuci Bahan Makanan – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Bahan makanan yang baru kamu beli, baiknya segera kamu cuci dengan air mengalir. Bahan makanan sudah berpindah tangan dari banyak orang sejak dari petani hingga sampai ke tanganmu lho. Beberapa bahan makanan segar seperti sayuran, terkadang masih ada bekas tanah dari proses panen. Jadi, pastikan kamu dan bahan makanan yang mau kamu masak bersih dulu ya!

3. Pakai Ikat Rambut / Penutup Kepala

3. Pakai Ikat Rambut/Penutup Kepala
Pakai Ikat Rambut/Penutup Kepala – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Kamu pernah gak sih ngalamin lagi makan di luar, terus tahu-tahu ada sehelai rambut nyasar di makanan? Ughhh, gak banget deh. Bikin selera makan langsung hilang. Kalau kamu pernah ngalamin ini, berarti tempat makan itu tidak menjaga higienitas tempat memasaknya. Jangan ke sana lagi deh.

Sama juga halnya kalau kamu masak sendiri. Jangan sampai hal itu terjadi.

4. Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda

4. Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda - 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan
Gunakan Talenan dan Pisau Berbeda – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Biasanya, saat mengolah makanan baik sayur ataupun daging, kita hanya pakai satu talenan dan pisau karena malas harus bolak-balik menggatinya. Eits, malas di sini malah berpotensi menjadi kontaminasi silang antar bahan makanan lho. Kuman atau bakteri yang ada di sayur, bisa berpindah ke daging atau sebaliknya.

Jadi, rajin-rajinlah mengganti talenan dan pisau jika kamu mengolah jenis bahan makanan yang berbeda. Kalau kamu tidak punya peralatannya lebih dari dua, maka cucilah talenan dan pisau, setiap habis digunakan, meski dalam satu kali proses memasak agar kebersihannya tetap terjaga.

5. Menutup Mulut Saat Bersin

5. Menutup Mulut Saat Bersin
Menutup Mulut Saat Bersin – 5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan

Lagi masak makanan yang pakai cabai atau lada, terus hidung tiba-tiba gatal dan bersin? Pasti pernah kan ngalamin hal demikian. Nah kalau udah mau bersin, segera palingkan wajah dari makanan dan tutup mulut dengan bagian dalam tangan atau tutup mulut dengan tissue dan sebaiknya langsung dibuang.

Hal ini bertujuan mencegah kuman atau air liurmu jatuh ke dalam makanan. Jaga kebersihan mengolah makanan, aman!

Sekarang, jadi lebih tahu kan caranya jaga kebersihan makanan mulai dari dapur kita?

Selama satu hari, kita bisa makan 2-3 kali. Memang tidak semuanya kita makan dari dapur pribadi, sering kali kita juga pesan makan dari luar. Kalau dari luar, gimana cara tahu mereka jaga kebersihan juga?

Nah sebelum pesan makanan, pastikan tempat makan yang kamu tuju menjaga kebersihan bahan, dapur, dan proses pengolahan dengan benar ya. Pesanlah makanan dari tempat yang pernah kamu kunjungi dan kamu lihat sendiri kondisi restorannya atau dari tempat makan yang berani menjamin kebersihan seluruh prosesnya, seperti Kulina!

[CEK HYGIENE PROSES KULINA]

Hygiene Proses Kulina
Hygiene Proses Kulina

Kulina memiliki standard kebersihan bagi setiap merchant untuk menjaga higienitas seluruh proses pembuatan makanan sampai diantar ke tempatmu. Tips-tips yang Kulina sebutkan di atas tadi, tentu sudah kami terapkan di tempat kami. Jadi kamu gak perlu khawatir lagi.

Setelah makanan jadi dan siap diantar, setiap kurir pengantar makanan dicek suhu tubuh dulu. Ditambah, mereka selalu dibekali dengan hand sanitizer dan motor yang sudah disemprot disinfektan.

Kalau kamu masih butuh pengamanan ekstra, kamu bisa pilih contactless delivery dengan memberi catatan untuk meninggalkan makanan di teras atau dititipkan pada satpam dan resepsionis, saat proses pemesanan. Mantap kan?

Baca artikel serupa:
[Langganan Kulina Selama #DiRumahAja]

Kulina, memang cuma mau yang terbaik buat kamu! Pesan makan Kulina selama #DiRumahAja juga bisa lebih hemat karena sekarang ada paket bundle untuk setiap anggota keluarga…

[PESAN KULINA AJA]

Tips Berhemat Demi Libur Tahun Baruan

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Menjelang akhir tahun, banyak pengeluaran dan transaksi tak terduga (atau sebenarnya terduga, tapi kamu tidak menganggarkannya dengan tepat nih? xixi).

Anggaran-anggaran tak terduga makan malam bersama keluarga maupun kolega di hari libur, belanja karena ada sale besar-besaran, atau pengeluaran wajib lainnya seperti sulit dihindari. Padahal nih, kamu udah mendambakan merayakan tahun baru spesial sambil liburan! Duh, gimana dong?

Tenang… ada banyak cara untuk lebih menghemat uang dan memotong biaya tersebut demi libur tahun baru idaman! Yuk, simak tips dan trik berhemat dari Kulina.

1. Disiplin Pada Anggaran

1. Tips Hemat Tahun Baru - Disiplin Pada Anggaran
Tips Hemat Tahun Baru – Disiplin Pada Anggaran

Mulai mendekati akhir tahun, sebisa mungkin selalu anggarkan pengeluaran rutin maupun wajib untuk dibeli. Cobalah disiplin terhadap batasan anggaran yang telah direncanakan. Misalkan dalam satu bulan, anggarkan untuk masing-masing kegiatan yang mendatang, seperti reuni, acara makan keluarga, dan lain sebagainya. Semakin rinci terhadap barang atau kebutuhan yang hendak dibeli semakin maksimal alokasi danamu.

Salah satu pengeluaran rutin wajib yang sering jadi pelampiasan “khilaf” adalah makan. Ya atau ya, hayo? Sering terjadi kita beli makan hanya karena ingin atau lapar mata. Padahal perut pun sudah kenyang. Nah, cara untuk menghindari beli-beli makanan yang sebenarnya tidak kita butuhkan adalah dengan merencanakan jadwal dan menu makan sesuai kebutuhanmu sejak awal. Tentu saja perencanaan itu juga harus sesuai dengan anggaran yang telah kamu siapkan di awal.

Dimana kamu bisa dapat itu semua? Hanya di Kulina! Katering langganan dengan berbagai pilihan menu dan harga yang bisa kamu pilih sesuai selera, ditambah sudah bebas ongkir pula. Dan ada diskon khusus buat semua pelanggan baru. Penasaran? [CEK MENU KULINA]

Kulina Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru
Kulina Diskon 30% Khusus Pelanggan Baru

2. Jeli Terhadap Diskon

2. Tips Hemat Tahun Baru - Jeli Terhadap Diskon
Tips Hemat Tahun Baru – Jeli Terhadap Diskon

Memenuhi kebutuhan tahun baruan dengan mencari diskon atau penawaran harga miring pada promo tertentu. Jelilah dalam membeli, seperti kebutuhan selama tahun baruan nanti mungkin sudah bisa kalian cicil sejak sebluan sebelumnya pada momen diskon istimewa. Walaupun banyak penawaran menggiurkan, selalu prioritaskan kebutuhan bersama ya!

3. Otomatisasikan Tabungan

3. Tips Hemat Tahun Baru - Otomatisasikan Tabungan
Tips Hemat Tahun Baru – Otomatisasikan Tabungan

Mulai prioritaskan fitur simpanan otomatis pada rekening tabunganmu. Secara praktis uang dalam rekeningmu akan otomatis ditarik ke dalam fitur tabungan. Uang yang telah dianggarkan untuk ditabung, tidak akan dapat diambil lagi. Dengan begini tidak ada lagi belanja diluar anggaran. Cara ini juga baik untuk belajar bijak menggunakan uang.

4. Batalkan Fasilitas Langganan

4. Tips Hemat Tahun Baru - Batalkan Fasilitas Langganan
Tips Hemat Tahun Baru – Batalkan Fasilitas Langganan

Mencari hal baru dipenghujung akhir tahun bisa jadi dengan membatalkan langganan TV kabelmu. Manfaatkan waktu luangmu unutk melakukan aktivitas baru atau alokasikan dana berlanggananmu untuk membeli tiket konser, workshop hobi, travelling atau pengalaman baru lainnya. Selain karena waktumu terlalu berharga melulu begitu saja, beri makna baru tutup tahun kali ini.

5. Gali Dompet Lebih Dalam

5. Tips Hemat Tahun Baru - Gali Dompet Lebih Dalam
Tips Hemat Tahun Baru – Gali Dompet Lebih Dalam

Meluangkan waktu untuk membersihkan isi dompet bisa jadi momen mengejutkan untukmu. Pasalnya, terkadang kita suka lupa dengan apa yang pernah kita simpan di dalam dompet. Voucher makan maupun belanja di departement store tertentu suka terselip di sana dan di sini. Selain itu, melakukan audit diri pada dompet dapat membuka kemungkinan pada uang yang dulu pernah kalian simpan.

6. Mencari Mitra Belanja

6. Tips Hemat Tahun Baru - Mencari Mitra Belanja
Tips Hemat Tahun Baru – Mencari Mitra Belanja

Sale atau diskon akhir tahun memang kadang gak kira-kira. Pasalnya selain murah, banyak penawaran yang menjual barang secara paket, misalkan dengan beli 2 gratis 1 atau beli sejumlah sekian dapat potongan harga sekian. Upaya ini jelas mengarahkan konsumen untuk belanja lebih banyak. Ketika ada tawaran menarik demikian, ajak teman-teman agar bekerja sama untuk mendapatkan penawaran tersebut. Dengan cara begini, kalian bisa tetap mendapatkan penawaran menarik tersebut tanpa perlu mengeluarkan uang berlebihan kan?

Mumpung masih awal bulan, yuk cobain tips dan trik di atas supaya bisa lebih hemat DEMI LIBUR TAHUN BARU IDAMAN! Wohooo…

Kamu Sering Hangatkan Makanan Sisa Semalam?

Hati-hati Tidak Semua Makanan Aman!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kebiasaan hangatkan makanan sisa semalam mungkin menjadi salah satu cara untuk lebih irit. Selain karna alasan ekonomis, cara ini juga jadi pilihan karena alasan praktisnya. Menghangatkan ulang makanan sisa semalam di atas kompor atau microwaves akan membuat makanan makin nikmat untuk disantap. 

Tapi apakah semua jenis makanan baik, jika disimpan untuk kemudian dihangatkan kembali? Biar gak salah cara alih-alih malah bikin sakit perut, tips sehat untuk konsumsi makanan sisa semalam berikut ini bisa kalian terapkan sendiri ya!

1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur Rebus

1. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Telur
1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak metode olah. Salah satu yang cukup praktis adalah dengan merebusnya. Telur yang telah direbus dalam keadaan dikupas (atau pun belum) tidak direkomendasikan untuk dihangatkan kembali dengan merebus atau dengan microwaves ya. Pasalnya, memanaskan telur dapat menimbulkan zat berbahaya berupa racun. Selain itu, jika memanaskan telur di dalam microwaves, akan memberikan tekanan kelembaban di dalam telur, sehingga membuat telur ini meledak. 

Tips hangatkan makanan ulang untuk telur rebus adalah memotong telur menjadi beberapa bagian sebelum menghangatkannya ke dalam microwaves. Upaya ini bermaksud untuk mengantisipasi potensi ledakan pada telur.

2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

2. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Olahan
2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

Produk daging olahan termasuk jajaran sumber protein favorit. Hal ini didukung oleh bahan kimia dan pengawet yang terkandung di dalamnya, sehingga memperpanjang masa konsumsi. 

Namun, menghangatkan daging olahan terutama menggunakan microwaves dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Kandungan kolestrol dalam daging olahan akan teroksidasi selama proses penghangatan dalam microwaves. Demikian zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging olahan dengan kompor, usahakan hanya memanaskannya satu kali. Hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan oksidasi yang semakin tinggi.

3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

3. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Nasi
3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

Serius nih, nasi?

Menyimpan nasi sisa semalam di dalam kulkas sangat sering dijumpai. Padahal nasi yang terlalu lama disimpan maupun dalam penyimanan yang kurang tepat dapat memicu timbulnya bakteri Bacillus Cereus. Memanaskan nasi dengan microwave atau ditanak kembali di atas dandang memang dapat membunuh bakteri tersebut.

Sayangnya, spora dalam nasi lebih tahan akan daya panas, sehingga ada kemungkinan dapat meracuni tubuh. Tips hangatkan makanan ulang untuk nasi agar tetap layak untuk dikonsumsi bisa dengan menyimpannya dalam rice cooker. Selain panasnya stabil, kebersihannya juga terjamin karena didesain agar dapat tertutup rapat.

4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

4. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Ayam
4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

Daging ayam sendiri merupakan daging yang mengandung kontaminasi bakteri Salmonella. Hal ini menjadikannya salah satu makanan yang lebih rawan tercemar, setelah dihangatkan kembali. Sebelum menyimpan daging tersebut, pastikan mengolah daging ayam sampai matang ke dalam tulang. 

Jika hendak menyimpannya di dalam kulkas, gunakan wadah yang tertutup rapat, sehingga meminimalisir tercemar bakteri lainnya. Begitu pula dengan proses menghangatkannya.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging ayam jika menggunakan microwaves, pakai wadah dengan label microwave safe. Tips ini baik untuk bahan makanan yang dihangatkan maupun faktor keamanan alat itu sendiri. 

Potong-potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil ketika menghangatkannya, agar daging ayam bisa benar-benar panas sampai ke bagian tulang. Hal ini baik dilakukan agar bakteri sepenuhnya mati.

5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

5. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daun Hijau
5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

Sayuran berwarna hijau lebih rentan terhadap pembusukan bila disimpan terlalu lama. Namun, terkadang hal menyimpanan sayuran hijau sulit untuk dihindari. Tips agar kandungan nutrisinya terjaga, coba panaskan sayuran hijau menggunakan kompor alih-alih menggunakan microwaves. Pasalnya, memanaskan sayuran hijau di dalam microwaves malah akan meningkatkan nitrat yang mana akan berubah menjadi nitrosamine. Senyawa ini akan berubah menjadi racun karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.

Tips hangatkan makanan ulang untuk sayuran adalah gunakan api kecil pada kompor. Dengan kecilnya api kompor, waktu masak sayur akan lebih lama, sehingga hidangan tak terlalu masak atau bahkan sampai hilang nutrisi.

Kalau kamu mengerti hidangan apa yang kalian simpan dan bagaimana cara yang baik mengolahnya kembali, tentu menghangatkan ulang sisa makanan semalam jadi tetap aman. So, tetap cerdik mengelola makanan agar lebih ekonomis nantinya ya, Kulinas!

Atau kamu juga bisa beli makan hanya ketika kamu hendak makan dengan porsi sekali makan. Tenang, kamu gak perlu takut boros karena kalau kamu pesan makanan di Kulina, ada beragam variasa harga yang bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu sendiri. Dan yang lebih penting dari itu, semua menu Kulina fresh dimasak langsung dari dapur pilihan, lalu diantarkan langsung ke alamat kamu tanpa tambahan ongkos kirim.

UDAH HEMAT, SEHAT LAGI!

[YUK, CEK MENU KULINA]





6 Indikasi Karyawan Happy, HRD Wajib Catat Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Karyawan adalah aset utama perusahaan. Perusahaan wajib memastikan adanya sarana dan prasarana penunjang kinerja mereka, tentunya demi kemajuan perusahaan juga. Apakah saran dan prasarana penunjang sudah sesuai kebutuhan mereka? Hal ini bisa dilihat dari bagaimana mereka ketika bekerja. Apakah mereka bahagia? Kenali indikasi karyawan happy saat bekerja di tempatmu!

Mungkin ada beberapa karyawan yang datang ke kantor dengan membawa aura positif dan seakan terlihat happy saat bekerja. Tampilan luar memang kadang mengecoh, seolah hal ini jadi indikasi keadaan sebenarnya. Namun, situasi seperti ini belum tentu sesuai dengan suasana hati yang sesungguhnya.

Buat kalian para HRD akan baik jika bisa memperhatikan lebih mendalam karyawan di perusahaan kalian nih. It is that the real happy face or they just fake it? 

Mengenali beragam karakter karyawan akan membangun rasa toleransi satu dengan lainnya. Dalam lingkup lebih luas, nantinya akan membangun budaya kerja sehat. Suasana hati yang menyenangkan, akan meningkatkan produktivitas ataupun kinerja selama bekerja. 

Tak kenal maka tak sayang, terutama buat para HRD wajib catat tanda-tanda karyawan bahagia berikut ini!

1. Selalu Terlihat Tersenyum dan Ramah

1. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Tersenyum dan ramah
1. Indikasi Karyawan Happy – Tersenyum dan ramah

Mempuanyai sikap positif dalam laku senyum maupun bersikap ramah jadi tanda-tanda awal mereka bahagia. Bentuk senyuman yang dimaksud tentunya senyum lepas tanpa terlihat terpaksa yaa… Biasanya senyum yang dimaksud tak hanya mencakup bibir yang tersungging seperti mestinya.

Tetapi, dapat diperhatikan lewat binar matanya, apakah benar-benar ikut tersenyum, tak hanya dibuat-buat seolah tersenyum. Bila memenuhi poin tersebut, bisa dipastikan mereka benar bahagia. Sebab, dengan senyum tulus akan membentuk vibe positif orang-orang disekitarnya.

Coba perhatikan juga, sikap ramah tersebut apakah terlihat saat dia berinteraksi dengan rekan-rekan kerjanya maupun terhadap atasannya. First impression-nya, cara mereka menyapa, juga berinteraksi langsung dapat Anda amati secara langsung. Berdasarkan peristiwa tersebut, Anda dapat menyimpulkan senyum tulus atau hanya semacam senyum sambil lalu saja.

Simpulkan menurut pandangan Anda. Jika dirasakan senyumnya penuh rasa terpaksa, bisa jadi dia sedang kurang bahagia. Bila dibutuhkan, luangkan waktu dan buka obrolan dengan dia secara personal, sehingga akan membangun rasa kepercayaan satu sama lain.

2. Selalu Memberikan Ide dan Solusi yang Kreatif

2. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Memberikan ide dan solusi kreatif
2. Indikasi Karyawan Happy – Memberikan ide dan solusi kreatif

Memiliki spirit dan rasa bahagia akan meningkatkan kinerjanya juga. Secara langsung akan meningkatkan rasa peduli terhadap kemajuan perusahaan tersebut. Akan banyak ide dan solusi kreatif yang dilontarkan dalam setiap persoalan yang dihadapi. Mungkin saja ide-ide tersebut di luar dari perkiraan rekan-rekan lainnya. Potensi-potensi seperti ini layak dijaga.

Kontribusi nyata dari seorang karyawan yang sedang dalam kondisi bahagia, bisa saja memberikan jalan keluar dari sepinya penjualan perusahaan. Jika mereka berhasil mencapai target atau membantu menuntaskan masalah perusahaan, mereka berhak mendapat reward atau bonus dari perusahaan.

3. Tercapainya Karir yang Diinginkan

3. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Mencapai karir yang diinginkan
3. Indikasi Karyawan Happy – Mencapai karir yang diinginkan

Rasa bahagia karyawan akan menularkan sikap-sikap optimis dalam menghadapi segala persoalan, sehingga akan menyebarkan motivasi baik bagi karyawan maupun perusahaan itu sendiri.

Mempertahankan sikap demikian memang butuh komitmen dan konsisten. Tidak dapat dipungkiri, karyawan yang senantiasa konsisten dengan sikap tersebut bisa mencapai jenjang karir atau jabatan yang diimpikan.

Peningkatan jenjang karir otomatis akan memberikan kepuasan dan rasa bangga yang akan memberikan semangat positif. Bekerja sama dengan spirit baik seperti ini, nantinya akan membawa suasana kerja lebih menyenangkan dan produktif.

Indikasi tersebut sebaiknya Anda catat, sebagai salah satu bentuk evaluasi demi membuka kesempatan jenjang karir secara berkala. Dengan demikian, karyawan akan merasa jerih payahnya dihargai perusahaan. Karyawan tak hanya merasa lebih berharga tetapi menjadi rekan kerja dengan loyalitas yang tak perlu diragukan lagi.

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Rekan Kerja Lainnya

4. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Membangun hubungan baik dengan rekan kerja
4. Indikasi Karyawan Happy – Membangun hubungan baik dengan rekan kerja

Seorang karyawan yang senang dapat menjalin hubungan sehat dengan rekan kerja lainnya. Kenapa bisa demikian? Sebab ada niat baik untuk dapat bekerjasama membangun karir dalam perusahaan tersebut. Tanpa melihat beberapa kelompok divisinya, semua melebur demi tujuan memajukan karirnya maupun perusahaan.

Memelihara hubungan sehat dengan divisi lainnya, tak berarti bermaksud manipulatif. Jangan diartikan hanya demi kepentingan karir pribadi saja. Lebih tepatnya, melihat sisi positif loyality karyawan yang ingin mengondisikan suasana nyaman demi suasana kerja menyenangkan. Terlebih lagi demi membangun budaya kerja perusahaan yang sehat.

Inisiatif seperti ini patut untuk diapresiasi. Sebab, rasa simpati maupun empati yang diusahakan akan menjadi investasi masa depan.

5. Ikut Berpartisipasi dalam Kegiatan di Luar Kantor

5. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Berpartisipasi dalam kegiatan di luar kantor
5. Indikasi Karyawan Happy – Berpartisipasi dalam kegiatan di luar kantor

Ketika perusahaan membuat kegiatan di luar jam kerja entah itu kegiatan outting ataupun casual gathering, maka hal tersebut menjadi kesempatan Anda mengamati karyawan yang loyal dan juga bahagia.

Dari kegiatan tersebut pasti akan ada karyawan yang datang atau tidak. Memang hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan utama, tetapi pasti Anda akan bisa menilainya ketika diadakan kegiatan beberapa kali.

Coba lihat karyawan mana saja yang selalu hadir ataupun sukarela untuk ikut di kegiatan tersebut. Boleh jadi, mereka yang selalu hadir tersebut memang merasa bahagia berada di lingkungan tersebut sehingga rela menyisihkan waktunya di luar jam kantor.

6. Mudahnya Memperoleh Makanan

6. Kulina Indikasi Karyawan Happy - Mudahnya memperoleh makanan di sekitar kantor
6. Indikasi Karyawan Happy – Mudahnya memperoleh makanan di sekitar kantor

Kelihatannya soal sepele. Padahal saat bekerja dan dilanda rasa lapar selalu berhasil membuat sulit berkonsentrasi kan?

Beruntung jika di sekitar kantor dekat dengan pusat penjaja makanan yang worth it. Kalau enggak? Asupan gizi tak terjaga, nutrisi tubuh tak terpenuhi maksimal. Sumber energi dan kebahagiaan kurang bagi karyawan.

Demi peningkatan kualitas produktivitas, perusahaan juga turut andil dalam memperhatikan setiap asupan juga akses makanan karyawannya. Bila perlu Anda dapat mengambil inisitatif kepada perusahaan untuk menyediakan akses atau asupan bagi karyawan.

Misalkan dengan memberikan fasilitas kantin bersama atau bekerjasama dengan vendor katering maupun rumah makan. Solusi kedua ini bisa lebih praktis karena tidak perlu mempersiapkan tempat fisik. Maksimalkan kerjasama perusahaan anda dengan katering di sekitar lokasi perusahaan Anda.

Bagi perusahaan yang baru berkembang, katering bersama merupakan solusi tepat. Lebih mudah, karena kini ada Kulina! 

Semua pilihan menu sudah terintegrasi sekali klik!

Karena Kulina bekerjasama dengan 80 vendor katering lokal, meliputi 1000 menu dapat dipesan langsung. Cara pemesanan flesibel karena dapat menyesuaikan selera tiap karyawan. Jadi, jelas ekonomis dan fleksibel kan?

Selain praktis dan mudah, berita baiknya juga, Kulina dapat ikut menunjang perusahaan Anda bertumbuh bersama. Yuk, mulai pastikan ketersediaan akses makanan dan asupan gizi karyawanmu, bersama Kulina!

[KENALI KULINA]

SUMBER
https://www.finansialku.com/tanda-karyawan-bahagia/




Hadapi Pancaroba dengan 3 Buah Penambah Imun Tubuh

HADAPI PANCAROBA DENGAN
3 BUAH PENAMBAH IMUN TUBUH

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Cuaca tak menentu, panas dingin silih berganti, tandanya masuk musim pancaroba. Pergantian cuaca yang gak jelas gini biasanya bakalan bikin imun tubuh menurun. Imun tubuh menurun ditandai dengan tubuh jadi mudah terserang penyakit dan mulai muncul gejala gangguan kesehatan. Jangan tunggu sampai hal ini terjadi ya, guys!

Mulai kenali tubuhmu dari sekarang! Menyadari keterbatasan daya tahan tubuh atau dengan tetap memperhatikan lama waktu saat bekerja, bisa jadi salah bentuk pencegahan yang bisa diupayakan, lho. Terkadang tak cukup mengandalkan tubuh saja, mengkonsumsi suplemen makanan mungkin juga jadi satu solusi baik. Namun, bergantung pada suplemen kimiawi lebih baik diminimalisir ya, guys.

Ada suplemen yang lebih baik! Apalagi kalau bukan lewat nutrisi makanan yang kalian konsumsi! Yap, selain paling terjangkau dan nutrisinya jelas diperoleh secara alami, mengkonsumsi buah-buahan perlu banget demi menambah imun, lho. Yuk, tambah imun tubuh dan mood kamu lewat konsumsi buah-buahan berikut ini nih Kulinas!

1. Jeruk Sunkist

Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat menambah imun tubuh
Jeruk Sunkist kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih

Menjaga kekebalan tubuh lebih efektif dengan konsumsi buah-buahan keluarga Jeruk. Salah satunya adalah jeruk Sunkist. Pasalnya buah ini merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang dibutuhkan saat daya tahan tubuh menurun. Selain itu, buah jeruk juga kaya antioksidan dan bersifat antiinflamasi dan antibakteri. 


Selain banyak manfaatnya, tips mudah mengkonsumsi jeruk Sunkist ini adalah dengan memotongnya jadi beberapa bagian dan langsung disesap aja. Easy! Asli praktis banget buat dijadiin camilan di kantor.

2. Semangka

Buah Semangka mengandung likopen sebagai penambah imun tubuh
Buah Semangka mengandung likopen sebagai pencegah penyakit dan infeksi

Jaga-jaga masuk musim pancaroba dengan konsumsi buah khas musim panas ini yuk. Apalagi kalau bukan buah Semangka! Tak perlu diolah menjadi jus, soalnya daging buah ini selain bisa langsung dikonsumsi, dengan banyaknya kandungan air bisa banget bikin auto good mood.

Gak cuma itu, buah yang terkenal dengan banyak mineral dan vitamin ini, ternyata juga punya kandungan istimewa lho, yakni likopen. Faktanya, zat ini dipercaya efektif untuk pencegahan penyakit dan infeksi, selain itu juga dapat mengurangi peradangan pernapasan.

Tips cara konsumsinya, tinggal dipotong jadi beberapa bagian (biasnya jadi segitiga sama sisi) and ready to eat! Lebih baik berjaga-jaga sebelum sakit kemudian kan Kulinas?

3. Kiwi

Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai penambah imun tubuh
Buah Kiwi kaya akan vitamin K dan E sebagai antioksidan

Buah kiwi yang khas dengan kulit berambut halus dan daging buah berwarna hijau terang ini kaya akan vitamin C. Bahkan kandungan Vitamin C dalam buah Kiwi ini jauh lebih banyak daripada buah jeruk lho! Vitamin C sendiri dipercaya dapat memproduksi sel darah putih sehingga dapat memerangi infeksi dalam tubuh.

Makin sehat, karena ada vitamin K dan E yang terkandung dalam buah Kiwi ini. Vitamin E sendiri mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan kulitmu. Sedangkan vitamin K memiliki peran cukup besar dalam memerangi penyakit tertentu, salah satunya adalah penyakit kanker. Kandungan natural lainnya adalah folat dan potassium yang cukup berperan dalam meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh.

Konsumsi buah Kiwi dalam jumlah cukup tentu dapat menambah imun tubuh sehingga membuat tubuh tetap sehat, siap menghadapi perubahan cuaca.

Gampang banget lho guys, kalau kalian mulai ganti camilan dengan konsumsi buah. Soalnya, makan buah tak pernah semenyenangkan ini sebelumnya. Makan buah enak, kenyang, sehat, dan yang paling penting bisa tambah imun tubuh!

Bareng Kulina, buah-buahan segar bisa banget diantar sampai kantormu! Mau buah-buahan utuh ataupun buah potong semunya tersedia. Mau perhatian sama kesehatan tubuhmu? Perhatiin juga kebiasaan nyemilmu ya!

Siap hadapi musim pancaroba?

Pesan sekarang [DI SINI] aja sob!

Pesan paket buah untuk dapatkan asupan buah enak, kenyang, dan tetap sehat


Sedang Memilih Jasa Katering untuk Perusahaan? Simak 4 Tips Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Infonya, rekan kerja maupun kolega yang bekerja dengan bahagia akan meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu sumber kebahagian itu ada di waktu istirahat sambil menyantap makan siang. Memanfaatkan makan siang bersama kolega faktanya dapat memperdalam relasi dan interaksi satu dengan lainnya, sehingga dapat meningkatkan semangat kolaborasi antar tim. 

Walaupun kelihatannya simpel, namun fasilitas seperti ini perlu untuk diperhatikan. Tak hanya dari sisi nutrisi makanannya, tingkat kebersihan, dan ketepatan waktu pengantaran cukup krusial. Demikian dengan memilih jasa katering, tidak cukup punya rasa yang enak, tapi juga mempunyai keunggulan pelayanan perlu jadi pertimbangan. Agar tidak salah pilih jasa katering, berikut tips memilih jasa katering terbaik bagi perusahaanmu!

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

Pilihlah jasa katering yang memberikan keleluasaan anggaran dalam pemesanan menu setiap harinya. Privilege dalam mendapatkan jasa yang bisa menerima berapapun anggaran makan siang, patut jadi bahan pertimbangan. 

Keuntungan tersebut akan makin efektif jika tanpa ada minimal pemesanan paket makan karyawan. Kedua poin tersebut penting bagi pengeluaran perusahaan agar lebih efisien, sehingga tetap dapat mengakomodir kebutuhan tanpa khawatir akan adanya pengeluaran tak berarti. 

Poin plus dari memesan paket makanan sesuai jumlah, akan turut berpartisipasi dalam mengurangi food waste. Sebab, hanya akan melayani pesanan sesuai kebutuhan karyawan.

2. Fleksibilitas Finansial Bagi Perusahaan

Ada waktunya hanya butuh pesan makan siang dalam jumlah kecil, namun keterbatasan tersebut kadang tidak tersedia pada penyedia jasa tertentu. Pastikan memilih penyedia jasa yang tidak memberikan charge atau penambahan biaya karena pesanan dalam partai kecil.

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

Banyaknya jumlah karyawan, bermacam-macam pula seleranya. Terutama pada perusahaan korporasi, penting untuk memilih penyedia jasa katering dengan beragam jenis masakan. Dengan memberikan ruang leluasa bagi karyawan untuk memilih menu makanannya sendiri, dapat menjaga mood mereka selama bekerja.

Selain itu, ada pula situasi dimana karyawan perlu untuk meeting keluar kantor, sehingga perlu melewati pesanan katering. Fitur Skip (melewati) pesanan katering jadi salah satu layanan yang juga sama pentingnya.

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

Kerja sama bisnis dengan jumlah yang tidak sedikit sangat perlu kejelasan dan pendataan yang transparan. Laporan penggunaan saldo dalam pemesanan makanan jadi pertanggungjawaban yang tak dapat ditangguhkan. Tapi gak perlu rekap laporan tiap harinya. Pilihlah penyedia layanan yang dapat memberikan invoice selama satu bulan pada akhir bulan. Tak perlu lagi repot-repot mengurutkan rekap data, cukup terperinci dalam sebulan saja.

Kepuasan pelanggan menjadi kepuasan kinerja para penyedia jasa. Begitu pula dengan perlunya wadah untuk memberikan keluhan maupun pertanyaan dari penyedia jasa. Tak hanya berhenti di ‘kotak kritik dan saran’, pastikan ada layanan account executive maupun layanan customer experience yang memang fokus di bidangnya.

Nah, setelah ini tak perlu lagi khawatir pilih jasa katering perusahaan karena Kulina punya segmen terbaru!

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering siap jadi kolaborator terbaik perusahaanmu! Pelayanan maksimal karena semua sudah ada dalam poin-poin tips di atas. Yuk, mulai cobain cara-cara baru ala Kulina. Because this is how millennial rule the world though.

Karyawan happy, perusahaan juga kan yang diuntungkan?

Sign up [DI SINI] jangan buang waktu lagi!