Resep Sederhana Bikin Gudeg di Rumah

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

C:\Users\Owner\Downloads\087104900_1540012135-shutterstock_502495246.jpg

Buah Nangka matang berwarna kuning terang – memang lebih cocok dijadikan buah pelengkap dalam sup buah atau es campur. Tapi gak hanya nangka matang saja yang sedap disantap, lho! Nangka muda atau Gori, juga bisa jadi kudapan lezat sebagai bahan utama Gudeg.

Siapa yang tidak tahu Gudeg? Gudeg merupakan makanan khas dari Jawa Tengah dan Yoyakarta yang terkenal dengan cita rasa manis dan warna cokelatnya yang menarik. Tahukah kamu dari mana asal warna cokelat itu? Dari gula aren.

Nangka muda yang masih keras, bisa menjadi lembut, bahkan teksturnya menyerupai daging ayam jika dimasak bersama dengan gula aren dalam waktu tertentu. Cara masak unik inilah yang menjadikan Gudeg makanan wajib bagi pelancong yang sedang berlibur ke Jawa Tengah atau Yogyakarta. Gudeg juga terus berinovasi, salah satunya dalam hal packaging yang memungkinkan Gudeg untuk lebih tahan lama dan dibawa pergi jauh sebagai oleh-oleh.

Tapi gimana kalau gak ada oleh-oleh Gudeg dan gak lagi di Yogyakarta? Padahal udah kebayang banget makan nasi putih hangat lauk Gudeg, uwhhh ~

Tunggu, jangan keburu baper dulu! Kita bisa kok bikin Gudeg sendiri di rumah dengan cara yang lebih sederhana, dijamin kamu pun bisa bikinnya. Berikut Kulina sengaja pilih resep sederhana untuk bikin Gudeg sendiri di rumah.

Kalian cuma butuh siapin bahan-bahan berikut dan ikuti instruksinya deh! Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:

  • 1 kg nangka muda
  • 2 liter santan
  • 1 liter air kelapa
  • Secukupnya lengkuas yang diiris memangjang
  • 5 lembar daun salam
  • Telur rebus
  • Gula aren 200 gram

Bahan Bumbu Halus:

  • Garam 2 sendok makan
  • Kemiri yang disangrai 10 butir
  • Ketumbar yang sudah disangrai 1 sendok teh
  • Bawang merah 15 butir
  • Bawang putih 10 butir
  • Merica bubuk setengah sendok teh

Cara Membuat:

  1. Pertama, bersihkan nangka muda yang telah disipkan hingga tidak ada getah atapun kotoran kemudian potong-potong dadu atau sesuai selera.
  2. Kemudian, nangka muda yng telah dicuci dan dibersihkan, direbus beberapa menit saja lalu tiriskan.
  3. Selanjutnya, masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong tadi ke panci. Sebelumnya, letakan beberapa lembar daun salam yang telah disiapkan pada alas panci dan letakkan irisan lengkuas diatasnya.
  4. Bumbu-bumbu dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan setengah air kelapa. Aduk merata dan tuangkan pada panci.
  5. Tuangkan air kelapa yang tidak dicampur sampai telur dan nangka semuanya terendam kemudian tutup pancinya, seperti membuat sayur nangka biasanya.
  6. Kemudian masak gudeg selama kurang lebih 2 jam dengan api sedang tanpa membuka tutup panci. Lalu, jika air sudah menyusut, sisihkan, dan angkat telur.
  7. Selanjutnya, santan dituangkan dan aduk sambil menghancurkan potongan nangka. Telur dimasukkan lagi hingga sedikit terendam dengan nangka. Masak kembali kurang lebih 3 sampai 4 jam dengan api kecil sambil diaduk perlahan.
  8. Jika santan sudah habis dan gudeg dirasa sudah berwarna coklat kemerahan itu berarti gudeg yang Anda buat sudah matang.

Tips Membuat Gudeg Agar Enak dan Istimewa

  1. Pertama, ada baiknya Anda menggunakan kompor listrik karena saat memasak dengan api kecil, jika dengan menggunakan kompor maka api tersebut bisa mati. Nah, agar api yang dihasilkan stabil, ada baiknya menggunakan kompor listrik dengan mengatur 300 watt dan masak selama 7 jam.
  2. Selanjutnya, karena waktu yang lama dalam memasak, Anda lebih baik menggunakan panci dengan alas yang tebal.
  3. Jangan gunakan santan instan, benar-benar santan dari kelapa tua. Kelapa tua inilah rahasia rasa gurih yang tercipta agar gudeg terasa lebih sempurna.

Nah gampang kan bikinnya? Yuk, siapin bahan-bahannya, siapa tahu bisa jadi salah satu agenda eksperimen masakanmu di akhir pekan nanti!

Malas masak? Langganan katering Kulina aja!
[KULINA DI JOGJA]

SUMBER:
https://resepmasakan.id/resep-membuat-gudeg-asli-jogja/


Berbagai Jenis Dendeng Sapi dari Tanah Minang

Dendeng adalah olahan daging sapi yang sudah dipotong-potong tipis dan dibuang bagian lemaknya yang bertujuan untuk mengawetkan, layaknya rendang. Rendang memang lebih terkenal di seluruh wilayah Indonesia, namun Dendeng tak kalah nikmatnya lho dibanding Rendang.

Dendeng bahkan tidak hanya ada di Indonesia, namun juga ada di berbagai negara di dunia dengan nama yang berbeda-beda. Salah satunya adalah beef jerky dari Amerika. Kata jerky sendiri berasal dari Bahasa Spanyol: charqui – yang berarti membakar daging.

Yuk, cari tahu berbagai jenis dendeng sapi!

1. Dendeng Balado

Dendeng balado ini adalah irisan daging sapi yang tipis, lebar, dan kering yang disiram sambal cabai merah (balado). Daging sapi bisa diolah dengan cara dijemur lalu digoreng, direbus lalu digoreng, atau langsung digoreng sampai garing. Sambalnya merupakan perpaduan cabai merah, bawang merah, dan garam yang ditumis sehingga memberikan jejak minyak kemerahan pada daging.

2. Dendeng Batokok

‘Tokok’ dalam Bahasa Minang adalah ‘memukul dengan palu’. Jadi, dendeng batokok berarti dendeng yang dipukul-pukul sehingga dagingnya menjadi pipih. Hal itu dilakukan agar bumbu lebih meresap ke dalam daging. Untuk mematangkannya, dendeng direbus, dibakar, atau digoreng, namun tak sampai garing. Sebagai topping-nya, ada sambal lado mudo yang terbuat dari cabai hijau yang diulek kasar, bawang merah, dan garam.

3. Dendeng Baracik

Dendeng baraciak ini tergolong sulit ditemui dibandingkan dua dendeng sebelumnya. Baracik’ berarti ‘diracik’. Daging sapi bagian dada (sandung lamur, gajebo) dipotong tebal lalu dilumuri bumbu. Daging lalu dilayukan selama dua hari di dapur yang panas. Setelah itu, daging diiris tipis dan digoreng, namun tak sampai kering. Hasilnya seperti empal, namun berbumbu lebih aromatik khas dendeng. Di atasnya diberi irisan cabai hijau, bawang merah, tomat, dan perasan asam sundai (sejenis jeruk purut).

4. Dendeng Lambok

Secara harfiah, ‘dendeng lambok’ berarti ‘dendeng lembap (basah)’. Dendeng lambok ini terlihat seperti dendeng balado namun tidak garing, melainkan basah. Cabai merahnya juga digiling lebih halus. Daging sapi direbus dengan bumbu sampai empuk, kemudian dipukul-pukul. Daging lalu digoreng, namun tak sampai garing. Barulah dendeng disajikan bersama sambal yang terbuat dari cabai merah, bawang merah, tomat, dan garam.

Memasak Dendeng juga tidak bisa sembarang lho, Kulinas. Berikut beberap tips memasak Dendeng daging sapi dari pakar kuliner Indonesia, Arie Parikesit.

  • Sebaiknya daging tidak perlu dicuci supaya serat dan tektur tetap terjaga.
  • Rebus daging sebelum memasak agar kotoran dan darah yang menempel hilang.
  • Rebus daging dalam keadaan utuh atau potongan besar.
  • Setelah daging empuk, baru potong daging sesuai selera.
  • Goreng dengan minyak yang banyak.
  • Sebelum memasukkan daging, pastikan minyak sudah panas dan gunaka api sedang.
  • Jangan lupa bumbu utama Dendeng yang tak boleh terlewat yaitu, ketumbar.

Waaah … Jadi penasaran ya seperti apa sih kelezatan Dendeng ini? Tapi penasarannya jangan lama-lama, karena kamu bisa segera cicipi Dendeng satu ini, hanya di KULINA!

[LIHAT MENU DENDENG SEKARANG]

SUMBER:
http://jadiberita.com/36676/nikmati-macam-macam-dendeng-dari-ranah-minang.html
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/06/24/nqfvvv-dendeng-dan-ragamnya-di-tanah-air

Segudang Manfaat Ikan Salmon yang Harus Kamu Tahu

Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki protein berkualitas tinggi. Dengan mengandung asam lemak Omega-3 tinggi yang merupakan asam lemak esensial alami, hadir dalam bentuk asam EPA dan DHA. Selain itu mineral yang terkandung dalam salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12.

Ikan yang banyak ditemui di daerah Samudra Atlantik dan Pasifik ini selain kaya nutrisi, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Lebih detailnya simak beberapa manfaat salmon berikut!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

D:\KULINA\JULI\pict\mindfulness_for_heart_health-1024x768-752x440.jpg

Kandungan omega-3 atau asam lemak tak jenuh pada ikan salmon dapat membantu menyehatkan jantung. Lemak baik ini akan mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh.  Dengan mengendalikan peradangan, pembuluh darah akan lebih terkontrol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Manfaat omega-3 lainnya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida atau kolestrol jahat dalam tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko terjadinya stroke, dan gagal jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon, dapat meningkatkan fungsi otak lho, mengapa? Karena asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan peradangan untuk membantu melindungi sistem saraf dari stres oksidatif, dan kerusakan saraf yang terjadi karena faktor usia, serta juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat atau memori.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon terbukti efektif secara medis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh tumor. Bahkan, beberapa macam kanker, seperti kanker kulit, kanker hati, kanker kolorektal, kanker prostat, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan asam lemak omega-3.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

D:\KULINA\JULI\pict\Meditation_Goleman.jpg

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang lho. Karena kandungan asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), sehingga akan menurunkan resiko terjadinya peradangan pada tulang, dan akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon tak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang saja lho, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut dapat meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, yang nantinya bisa menyebabkan kebutaan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga dapat meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata, serta juga membantu mengurangi resiko glaukoma.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jika ingin kesehatan kulitmu lebih terjaga, sebaiknya mulai konsumsi ikan salmon dari tangkapan liar, mengapa? Karena kandungan asam lemak omega-3 lebih tinggi dari ikan salmon yang dibudidayakan, serta juga mengandung antioksidan karotenoid astaxantin, yang dapat mengurangi efek dari kerusakan kulit akibat radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan kulit. Dengan mengonsumsi ikan salmon hasil tangkapan liar, kulitmu akan lebih cerah, kenyal, serta juga akan lebih sehat.

7. Mengurangi Resiko Depresi

D:\KULINA\JULI\pict\depresi.jpg

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, sangat penting untuk struktur membran yang tepat pada otak dan dalam transmisi transmitter serotonin dan dopamin. Fungsi sehat dua transmitter tersebut berperan penting dalam kesehatan otak dan mencegah gejala depresi.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, seseorang yang mengonsumsi banyak ikan, beresiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang mengonsumsi sedikit ikan.

SEGUDANG NUTRISI IKAN SALMON DALAM SEGENGGAM SNACK

Kerjaan boleh numpuk, tapi jangan pelit buat kasih nutrisi tinggi untuk tubuhmu. Mengkonsumsi salmon jadi pilihan tepat disela-sela kegiatan super padat. Tapi gimana bisa menikmati menu salmon tanpa harus ke restoran mahal? Olahan ikan kaya nutrisi ini sekarang bisa kamu pesan di Kulina lho! Dalam segenggam snack rendah kalori dengan isian ragam olahan salmon, yak apalagi kalau bukan Onigiri! Snack khas Jepang hadir dengan segudang manfaat ikan salmon siap mengganjal perut laparmu~

[YUK, PESAN SEKARANG]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/eliza/manfaat-ikan-salmon-untuk-kesehatan-c1c2/full