Variasi Diet Keto ala Negeri Vladimir Putin

We make it to the second week of April! Wohooo… Selamat Hari Senin, Kulinas. Hari yang baru untuk minggu yang baru – tepat rasanya untuk memberikan asupan tambahan pada tubuh agar stamina terjaga. Siap menghadapi hari, hingga enam hari ke depan. Sesederhana nyobain Diet Keto ala Rusia, bisa jadi asupan tambahan yang paling menyenangkan lho.

D:\KULINA\APRIL\pict\diet-keto-ketahui-manfaat-cara-menjalani-dan-risikonya-alodokter.jpg

Apa itu Diet Keto?

Bagi kalian yang menjalani diet pasti berupaya untuk membentuk badan yang lebih proporsional dan lebih langsing. Salah satu cara diet yang cukup populer di kalangan anak muda sekarang ini adalah diet keto. Diet keto merupakan metode diet dengan cara menghindari konsumsi makanan berkarbohidrat dan gula secara berlebih dan menggantinya dengan makan-makanan yang mengandung lemak sehat, protein, dan makanan bernutrisi lainnya. Selain itu, program diet ini juga memberikan manfaat lain bagi kesehatanmu, seperti mencegah resiko terkena diabetes, epilepsi, kanker, dan penyakit lainnya.

Mengatur pola makan dan asupan yang masuk ke tubuh menjadi kunci utama. Terutama dari segi menu makanan yang bisa dikonsumsi secara aman setiap hari. Seperti misalkan menu makanan yang kaya protein, mengandung lemak baik, dan juga kaya akan nutrisi.

Pengurangan kandungan karbohidrat disebut dengan fase ketosis. Di mana asupan karbohidrat yang sejatinya dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi akan diganti dengan makanan yang tinggi protein dan lemak baik. Dalam prosesnya tubuh tidak akan memproduksi gula darah yang akan digunakan sebagai sumber energi utama dan akan memecah lemak sebagai sumber energi cadangan dalam tubuh.

Apabila konsumsi lemak baik hanya dibatasi sekitar 20 – 30 % setiap hari, maka dalam diet ketogenik ini konsumsi lemak akan ditingkatkan menjadi 60 – 70% dari kebutuhan yang semestinya. Kemudian kebutuhan akan asupan karbohidrat akan dikurangi hingga mencapai 5% dari kebutuhan normal. Sebagai gantinya, orang yang menjalani diet ini bisa mengkonsumsi makan-makanan yang kaya protein sebagai sumber energi harian.

Lalu apasih contoh makanan kaya protein dan lemak baik?

Beef Stroganoff Hidangan Khas Rusia

D:\KULINA\APRIL\pict\beefstroganoff-5small.jpg

Belum banyak restoran yang secara khusus menyediakan hidangan Rusia seperti menu Stroganoff. Stroganoff merupakan sajian daging sapi khas dari Rusia, yaitu daging sapi yang ditumis lalu disajikan dalam saus dengan smetana (krim asam)  di atasnya. Namun, pada tahun 1909, mengalami perkembangan dengan menambahkan bawang bombay dan saus tomat, dan menyajikannya dengan parutan kentang renyah, yang dianggap sebagai lauk tradisional di Rusia.

Pada pertengahan abad ke-19 hidangan ini dikenal di seluruh dunia, dengan variasi yang cukup banyak dari resep aslinya. Menu ini cukup populer di negara-negara Nordik. Misal di Swedia, varian yang umum adalah korv-stroganoff (sosis Stroganoff), yang menggunakan sosis falukorv lokal sebagai pengganti daging sapi. Lain halnya di Finlandia, hidangan itu disebut makkara-stroganoff, makkara berarti berbagai varian sosis.

Perjalanan resep yang kemudian berkembang dari resep asli Stroganoff menambah nilai plus untuk masuk list diet keto-mu!

Menu Makan Siang Diet Keto dari Kulina Lunch

D:\KULINA\APRIL\pict\keto-beef-stroganoff.jpg

Barangkali menu santap siang khusus bagi kalian yang menjalani diet keto masih sulit ditemui. Padahal dalam satu menu diet keto, setiap makanan pelengkap perlu diperhatikan keseimbangan nutrisi dan gizinya. Jangan sampai deh, terjebak dalam lingkar makan-makanan dengan lemak jahat berlebih.

Kini, variasi diet keto dengan masakan dari Rusia bukan hal yang mustahil untuk dinikmati, lho Kulinas. Seperti menu Beef Stroganoff dikombinasikan dengan truffled mushroom dan karbohidrat rendah kalori, shirataki. Atau diet keto dengan fusion ala Jepang yaitu Keto Japanese Beef Bowl, maupun Keto Turkish Chicken Kebab, dan banyak menu makan siang diet keto bisa kalian pesan hanya di Kulina Lunch.

Lunch box khusus diet keto dengan beragam nutrisi seimbang bisa kalian dapatkan hanya seharga Rp 65.000 aja lho! Udah enak, sehat lagi. Dijamin program diet kalian gak bakalan ke-skip deh!

See you very soon sexy body!

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Stroganoff_daging_sapi
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4431850/inilah-menu-diet-keto-untuk-pemula-yang-aman-dikonsumsi
https://www.kulina.id/menu/keto-beef-stroganoff

Couscous, Si Bulat Lucu Makan Malam ala Timur Tengah

Setelah lelah seharian bekerja dan beraktifitas, makan malam bisa jadi mood booster paling ampuh. Untuk bisa recover energy, apalagi kalau bukan makan makanan berat yang mengenyangkan. Terkadang sampai suka kehabisan ide mau makan malam apa ya? Belum lagi milih makan apa nih selain makan nasi? Daripada bingung-bingung, nih ada alternatif carbo complex dari Kulina khas masakan ala Timur Tengah.

COUSCOUS

Couscous merupakan makanan whole grain dari Afrika Utara, namun cukup populer pada masakan Timur Tengah Seperti Libya, Maroko, Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Arab.

Elemen utama dari pembuatan Couscous adalah gandum mentah yang dipecahkan, sehingga mirip dengan semolina. Bahan pangan ini dibuat dengan cara mengambil semolina, yaitu zat tepung dan biji gandum. Bentuknya butiran kecil dengan ukuran 1 mm, hampir menyerupai beras, tapi bentuknya lebih pendek dan membulat. 

Kandungan Nutrisi Couscous

D:\KULINA\pict kulina\couscous\couscous-727492_1920.jpg

Couscous baik untuk makan malam karena memberikan sumber protein ramping. Satu porsi Couscous hanya memiliki kurang dari 0. 5 gram lemak. Selain itu, terdapat 2 gram serat makanan. Meskipun serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna, ia memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Serat juga memiliki banyak manfaat bagi manajemen berat badan. Karena menyerap air dan akan mengembang ketika sampai di saluran pencernaan, sehingga sangat membantu merasa cepat kenyang, tanpa perlu banyak makan.

Couscous memiliki bermacam-macam nutrisi seperti thiamin, niacin, riboflavin, B6, folat dan asam pantotenat. Nutrisi ini membantu metabolisme energi, menjaga sel darah merah dan menjaga kulit, darah, otak, sistem saraf, jantung dan sistem kekebalan tubuh.

Bahan pangan ini highly recommended untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, kolesterol, dan jantung. Maupun bagi kalian yang butuh makanan penyeimbang yang tinggi serat, protein, dan zat besi. Couscous bisa dihidangkan sebagai lauk, salad, sebagai makanan penutup atau pengganti nasi dan quinoa. Di dunia kuliner, Couscous juga diolah menjadi nasi kebuli, isian sup, atau sebagai campuran olahan daging.

Menu Makan Malam Couscous dari Kulina Dinner

Mengkombinasikan Couscous dengan masakan dari berbagai daerah juga patut untuk dicoba lho, Kulinas. Fusion Couscous bisa dengan ikan Dory dengan crèmed spinach dan parmesan sauce ala Prancis, sate ayam bumbu Teriyaki ala Jepang, ataupun kombinasi ayam berbumbu rempah serai dan urap sayur khas Indonesia. Semua makanan fusion dengan bahan Couscous ini bisa kalian pesan cuma di Kulina Dinner.

Paket-paket diatas tersedia di segmen Sehathat by Mangia.

Kalori ramping dengan bermacam complement dalam satu paket, cukup seharga Rp 47.500 saja lho.

Penyajian yang rapih dalam bento box, pastinya anti tumpah atau acak-acakan. Dijamin makan malam anti mainstream dan sehat ya cuma bareng Kulina Dinner.

Goodbye boring dinner!

Sumber:
https://www.viva.co.id/arsip/285556-couscous-makanan-penuh-nutrisi
https://id.healthycareinfo.com/what-are-health-benefits-of-couscous-42628
https://www.kulina.id/menu/couscous-with-lime-leaves-and-lemongrass-chicken-skewers

Yuk, Terbang ke Tokyo Untuk Makan Siang Sama Kulina!

D:\KULINA\pict kulina\asian-food-bowls-chopsticks-745406.jpg

Eh seriusan nih? Namanya juga ngidam, bisa aja kejadian beneran kayak Tasya Kamila. Demi memenuhi hasrat, sampai bela-belain flight ke Singapura! Eits, tapi tunggu dulu. Jangan sampai baper gara-gara ngidam kuliner mancanegara tapi gak kesampaian. Apalagi ngidam di tengah jam istirahat makan siang. Duh!

Untung ada alternatif lain untuk memenuhi keinginanmu, tanpa biaya flight, yang otomatis jadi lebih murah dan hemat waktu – apalagi kalau bukan Kulina! Kulina hadirkan alternatif untuk menikmati pengalaman kuliner Tokyo dengan Tokyo Lunch.

Kuliner Tokyo memiliki ciri khas dengan bahan-bahan terbaik dan “segar” dari laut maupun dari gunung. Menyantap makanan berbahan dasar ikan dan sayuran sudah jadi budaya masyarakatnya. Namun tak menutup kemungkinan dengan beragam protein hewani dan nabati lainnya.

Hidup seimbang, berawal dari makan makanan yang seimbang, merupakan panutan kala menikmati seporsi hidangan.

Jadi menu seimbang ala kuliner Tokyo apa sih yang ada di Tokyo Lunch Kulina? Kuy, simak rekomendasi menu satu ini!

D:\KULINA\pict kulina\japan\chicken-curry-1.jpg

Japanese Curry Rice

Japanese Curry Rice siap mengenyangkan perut kalian. ‘Kari’ bagi kebanyakan orang identik berasal dari India, ternyata ada juga lho kari ala Jepang. Wangi dan rasa kari dari Jepang juga sangat khas, beda dengan kari Indonesia ataupun kari India. Terdiri dari rempah dan bumbu yang kaya rasa – membuat satu porsi kari ini biasa disebut sebagai comfort food.

Layaknya culture masyarakat Jepang yang selalu menjaga nutrisi yang seimbang dalam setiap kali menyantap hidangan, begitu juga dengan menu yang Kulina sajikan. Karena dalam satu bento box ala Jepang ini terdapat Japanese Curry Sauce yang kaya bumbu, dimasak secara perlahan dengan wortel manis, kentang, dan potongan ayam fillet. Sebagai penyeimbang, ditambahkan coleslaw klasik ala Jepang berisi wortel dan kubis. Dalam satu kotak bento juga dilengkapi dengan kentang renyah dan kroket sayuran.

Harga Tokyo Lunch

Menu ini bisa kalian temui dalam paket Tokyo Lunch. Salah satu thematic menu
andalan dari Kulina yang membagikan citarasa negeri Sakura ke meja kerjamu.

Satu kotak makan ala kuliner Tokyo cukup seharga Rp 35.000 aja lho.

Buat ongkos kirim jangan takut mahal, karena bisa makin murah dengan order sebanyak- banyaknya. Jadi biar irit, ajak temen-temen sekantor kalian buat ikut langganan.

Udah kebayang kan makan komplit nan irit? Atau masih gak tergiur? Eits, gak cuma sampai di sini aja… Selain itu, masih banyak banget varian makan siang ala kuliner Tokyo yang bisa kalian pilih dan pesan langsung di Tokyo Lunch Kulina! Ada Japanese Beef Hamburg, Chicken Teriyaki, Beef Mapo Tofu, dan banyak lainnya~

Pengalaman makan siang ala Japanese Bento gak pernah semenyenangkan bareng Kulina kan, Kulinas?

SUMBER:
http://jatim.tribunnews.com/2019/03/06/tasya-kamila-langsung-terbang-ke-
singapura-makan-nasi-biryani-demi-tuntaskan-rasa-ngidam?page=all
https://id.wikipedia.org/wiki/Tokyo
https://www.skyscanner.co.id/berita/5-kuliner-tokyo-yang-sayang-untuk-
dilewatkan

Nikmatnya Rasa Pedas ala Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata “rica” sendiri berarti “cabai” atau “pedas”.

Sumber: www.resepkuekeringku.com

Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar, dan seafood bisa diolah menjadi masakan rica-rica nan lezat.

Untuk mendapatkan cita rasa pedas yang khas, rica-rica biasanya menggunakan banyak cabai merah dan cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta sedikit garam dan gula. Bahan-bahan tersebut lalu ditumbuk halus, dimasak bersama santan, dan dicampur dengan daun jeruk, serai, dan perasan jeruk nipis.

Karena kepopulerannya, kini rica-rica tak hanya menjadi masakan yang ekslusif di Manado saja, melainkan sudah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara memasaknya pun beragam, ada yang dagingnya digoreng terlebih dulu, ada juga yang dibakar.

Variasi Olahan Rica-Rica

Variasi olahan rica-rica sangatlah beragam, tergantung dari bahan utama yang digunakan. Terlebih, masyarakat Manado juga gemar mengkonsumsi berbagai macam daging, mulai dari yang umum sampai yang tidak biasa. Ragam olahan rica-rica antara lain ayam rica-rica, bebek rica-rica, sapi rica-rica, cumi rica-rica, atau cakalang rica-rica.

Nih, Kulina kasih resep Ayam Rica-Rica yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

Resep Ayam Rica-Rica

Bahan:

1 ekor ayam kampung, cuci bersih lalu potong menjadi 8 bagian
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 ¾ sdt garam, atau sesuai kebutuhan
½ sdt gula pasir, atau sesuai kebutuhan
4 lembar daun jeruk, cuci bersih lalu buang tulang daunnya
2 batang serai, cuci bersih lalu memarkan agar aromanya keluar
300 ml air
Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis

Bumbu Rica-Rica:

6 buah cabai merah, buang tangkainya
1 buah tomat, cuci bersih
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe ukuran sedang, kupas kulit luarnya

Cara Membuat Ayam Rica-Rica:

Pertama, lumuri daging ayam yang telah dipotong dengan campuran 1 sdt garam dan perasan jeruk nipis hingga merata. Lalu, diamkan selama sekitar 15 menit sampai meresap, sisihkan.

Tumbuk kasar semua bahan untuk bumbu rica-rica. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar sampai harum. Tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk kembali.

Masukkan daging ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam tumisan, aduk hingga berubah warna dan bumbunya meresap. Selanjutnya, tuangkan sisa garam dan gula pasir lalu kembali aduk hingga merata. Tuangkan air dan biarkan hingga bumbunya meresap. Aduk sesekali agar peresapannya maksimal lalu angkat.

Ayam Rica-Rica siap disajikan!

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_rica-rica
https://en.wikipedia.org/wiki/Rica-rica
http://resepcaramemasak.info/resep-mudah-dan-praktis-memasak-ayam-bakar-rica-rica/

Sayur Asem, Kekayaan Sajian Nusantara dengan Filosofi Unik di Dalamnya

Tidak bisa dipungkiri, sayur dengan cita rasa asin dan asem satu ini sangat terasa sekali ke-Indonesiaannya.

Sayur Asem Kekayaan Sajian Nusantara

Sayur ini lahir di tanah Indonesia dan tidak mengalami akulturasi budaya dari manapun. Walaupun sekilas, rasa kuah sayur asem mirip dengan tomyam dari Thailand — tapi tomyam diisi dengan seafood, sedangkan sayur asem diisi dengan beragam jenis sayuran. Secara bumbu maupun cara memasak pun sama sekali berbeda.

Karena terlalu “Indonesia”, sayur asem bisa ditemui hampir di setiap daerah sepanjang Nusantara dengan berbagai variasi sesuai daerahnya. Masing-masing sayur asem di daerah memiliki bahan atau cara penyajian tertentu yang berbeda-beda.

Misalnya di Aceh, sayur satu ini dikenal dengan nama Sayur Asam Sunti. Sayur Asam Sunti menggunakan blimbing wuluh dan daun ubi jalar. Lalu di Sumatra, sayur asem di sana memiliki kuah yang lebih keruh, merah, dan agak berminyak.

Sayur Asem, Kekayaan Sajian Nusantara

Lanjut ke Pulau Jawa. Sayur asem Betawi memiliki kuah bening dengan isian kacang tanah yang masih terbungkus kulitnya. Bergeser ke Jawa Barat, masyarakat Sunda menyajikan sayur asem dengan isian yang lebih sedikit dan kacang tanah yang sudah terkelupas dari kulitnya. Sedangkan di Jawa Timur, sayur asem biasanya lebih pedas dan disajikan menjadi satu dengan nasinya. Bahkan hingga Kalimantan pun, ada sayur asem. Sayur asem di sini menggunakan terung asam (asam rimbang), kunyit, dan kepala ikan patin.

Huaduh… banyak sekali ya varian sayur asam. Ini rasanya langsung ngiler ini bayanging perpaduan asam, gurih, dan sedikit pedas dari sayur asem. Beuh… cocok banget dimakan siang-siang waktu panas 😎

Eh, tapi bagaimana asal mula sayur asem ya?

Sejarah Sayur Asem

Pada zaman dahulu kala (eeetdah 😆) saat kondisi Indonesia masih serba terbatas inilah sayur asam tercipta. Sayur asem hanya menggunakan bumbu seadanya yaitu, cabai dan asam. Isi sayurnya pun bebas menggunakan sayur apa saja yang mudah ditemukan di halaman rumah atau tanah sekitar.

Sayur asem dari Betawi dan Jawa Barat, sejak dulu menggunakan buah asam muda. Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah menggunakan asam fermentasi. Buah asam muda mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal penduduk, sedangkan asam fermentasi harus dibuat di pabrik. Sebab inilah, para pakar kuliner Indonesia berasumsi bahwa sayur asem pertama kali dibuat di daerah Jawa Barat dan sekitarnya.

Sayur Asem Kekayaan Sajian Nusantara

Filosofi Sayur Asem

Coba kita lihat lagi ada apa saja di dalam sayur asem. Sangat beragam! Mulai dari daun bayam, terong, kacang melinjo atau kacang tanah, kacang panjang, hingga jagung. Itulah inti dari sayur asem, keberagaman — meski berbeda-beda tapi tetap bisa bersama hingga menampilkan rasa yang luar biasa. Memang asem, tapi juga segar.

Tidak hanya itu, saat makan sayur asem kita harus pelan-pelan dan bersabar. Mulai dari mengupas kacang melinjo atau kacang tanah, hingga memipil jagungnya demi mencicipi setiap sayur yang ada di dalamnya dan merasakan paduan cita rasa dari gabungan mereka semua.

Jadi sayur asem mengajarkan kita bahwa,

Hidup adalah perkara bagaimana kita menikmatinya.

Tsailaaahhh… Tsedap! 💃

Sumber:
https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/filosofi-semangkuk-sayur-asam
https://lifestyle.okezone.com/read/2017/08/22/298/1760761/food-story-sayur-asem-betawi-lahir-sejak-zaman-penjajahan-belanda-di-batavia

11 Fakta Unik Telur yang Kamu Belum Tahu

Hampir setiap hari makan telur, tapi tahu gak sih ada cerita apa aja dari sosok sebutir telur ini?

Telur makanan serba guna

Telur ayam adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi semua orang di seluruh dunia. Telur ayam juga merupakan makanan yang serba guna, karena bisa disantap dengan makanan apapun. Tapi, tahukah kamu, ada beberapa fakta mengejutkan tentang telur ayam yang belum banyak diketahui masyarakat. Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Yuk, kita cek sama-sama ada berapa fakta tentang telur yang sudah kamu ketahui.

1. Manfaat Telur

Telur ayam adalah makanan serba guna. Begitu banyak cara untuk bisa menikmati kelezatan telur ayam dan nutrisinya. Bisa direbus, digoreng, dimakan mentah, campuran jamu, disantap setengah matang, salah satu bahan penting dalam pembuatan kue, roti dan sebagainya, bahkan telur ayam bisa jadi perekat alami untuk makanan, dan masih banyak lagi kegunaan telur ayam untuk dijadikan santapan.

2. Protein

Telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100 persen. Bandingkan dengan daging ayam (80 persen) dan susu (75 persen).

3. Kulit Telur

Kulit telur terbuat dari kalsium karbonat yang juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis antacids. Sekitar 9–12 persen berat telur terdiri dari kulitnya. Kulit telur juga memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa masuk dan karbon dioksida serta hawa lembab keluar.

Telur makanan serba guna

4. Putih Telur

Terbuat dari protein yang disebut albumen dan juga mengandung niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Putih telur ini mengandung 57 persen dari protein telur.

5. Warna Putih Telur

Warna telur juga bervariasi sesuai usia dan faktor lainnya. Menurut Egg Safety Center, Amerika, warna putih telur yang agak keruh justru menandakan bahwa telur itu segar. Warna putih yang jernih menandakan telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengonsumsi telur yang warna putih agak merah muda atau berubah warna lain.

6. Bercak Putih pada Putih Telur

Ketika telur dipecahkan dalam satu wadah, terdapat cairan putih yang terletak di dekat kuning telur dan disebut chalaza atau albumen. Ternyata fungsi dari cairan ini adalah menahan kuning telur agar tetap berada di tengah. Tak perlu khawatir, chalaza ini dapat dimakan, tapi dalam pembuatan beberapa kue, chalaza ini sering tidak digunakan, karena dianggap sama dengan putih telur.

Telur makanan serba guna

7. Kuning Telur

Warna kuning dari telur ditentukan oleh makanan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina, makin kentallah warna kuning telurnya. Terkadang ada sedikit darah dalam telur. Darah ini berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Namun, telur ini tetap aman dikonsumsi.

8. Ayam Betina

Seekor ayam betina mampu bertelur 250–270 telur setiap tahunnya. Ketika ditetaskan, suhu telur sekitar 40,5 derajat celsius. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan semakin mengendap dan terbentuk sel udara di antara dua lapisan telur.

9. Industri Telur

Iowa adalah industri telur ayam terbesar di Amerika. Hampir 15 miliar telur diproduksi Iowa setiap tahun. Industri telur ini memiliki lebih dari 8.000 karyawan dan menjadi pemasok utama telur ayam di berbagai wilayah, seperti Ohio, Indiana, dan Pennsylvania.

Telur makanan serba guna

10. Telur Favorit

Sebagian besar rakyat Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna putih. Di Indonesia, telur ayam kebanyakan berwarna coklat.

11. Telur Ayam VS Telur Bebek

Dibandingkan dengan telur ayam, telur itik memiliki bau yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar sehingga lebih cocok dijadikan telur asin.

Wadidaw… banyak ya ternyata cerita-cerita unik dibalik sebutir telur. Kamu udah tahu berapa, Kulinas? Eh kalau belum tahu sama sekali ya gak apa-apa juga lo. Makanya Kulina tulis artikel ini buat kita baca-baca, buat tambah pengetahuan, dan buat tambah respect sama makanan.

Ya gak, ya gak? 😉

Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2010/09/15/11513939/10.fakta.menarik.tentang.telur
https://www.kaskus.co.id/thread/54a8d33fde2cf252788b4578/10-fakta-unik-dan-mengejutkan-tentang-telur-ayam/

Nasi Ulam Betawi, Panganan Khas yang Mulai Hilang di Jakarta

Salah satu nasi khas Betawi yang kian sulit ditemukan ialah nasi ulam. Nasi dengan beragam lauk sebagai pelengkap ini telah lama menjadi identitas kuliner Betawi.

Nasi ulam adalah hidangan nasi yang dicampur berbagai bumbu dan rempah, khususnya daun pegagan (Centella asiatica) atau kadang diganti daun kemangi, sayuran, dan berbagai bumbu, serta ditemani beberapa macam lauk-pauk. Hidangan ini berasal dari khazanah hidangan Melayu, dan terdapat banyak resep dan variasi yang ditemukan baik di Indonesia maupun Malaysia.

Di Indonesia, nasi ulam dapat ditemukan dalam seni kuliner suku Betawi, ataupun suku Melayu di Sumatra, serta ditemukan juga di Bali. Nasi ulam Betawi terdapat dua jenis yaitu, nasi ulam berkuah (basah) yang berasal dari Jakarta Utara dan Pusat, serta nasi ulam kering (tidak berkuah) yang ditemukan di Jakarta Selatan. Di Indonesia nasi ulam biasanya dicampur daun kemangi dan ditaburi kacang tanah tumbuk, kerisik, atau serundeng (kelapa parut sangrai). Di atas nasi ulam biasanya ditambahkan berbagai macam lauk-pauk teman nasi, seperti dendeng, telur dadar, perkedel, tahu goreng, tempe, dan kerupuk.

Urutan penyajian nasi ulam yaitu, nasi putih, yang ditaburi bubuk kacang tanah, lalu bihun, kerupuk dan emping. Di bagian atasnya diberi irisan daun kemangi, timun, dan terakhir diguyur kuah semur berbumbu. Kuah semurnya bisa diberikan sesuai selera. Ada yang “banjir” atau hanya “basah”, bahkan kering alias dipisah kuahnya.

Bubuk kacang tanahnya sangat khas, membuat nasi ulam ini memiliki rasa gurih yang berbeda dari nasi tradisional lain. Sedangkan kuah semurnya terasa gurih dan sedikit manis dari penggunaan kecap. Selain itu, sayuran seperti daun kemangi dan timun menambah segar cita rasa nasi yang kian langka ini.

Nah, kamu sendiri Kulinas, yang kebanyakan tinggal di Jakarta — udah pernah cobain nasi ulam Betawi belum? Kalau belum, kuy cobain makanan tradisional satu ini (sebelum menghilang dari peredaran) lewat menu Kulina Deluxe Lunch minggu depan!

Pilihan tepat untuk kamu yang menginginkan variasi karbohidrat selain nasi dan porsi lauk utama yang lebih besar.

Sumber:
https://food.detik.com/info-kuliner/d-3277371/perpaduan-kultur-dalam-seporsi-nasi-ulam-betawi
http://wisataseru.com/2010/06/nasi-ulam-nasi-srundeng-khas-betawi-yang-gurih/

Tori Karaage, Salah Satu Menu Favorit dari Jepang

Karaage adalah salah satu menu yang sering kali muncul di restoran-restoran Jepang. Panganan satu ini memang sangat populer di Jepang bahkan di manca negara karena keunikan rasanya dan kemudahan cara membuatnya.

Jadi apa sih Tori Karaage itu?

Karaage adalah teknik memasak ala Jepang di mana berbagai jenis bahan makanan — lebih sering ayam, juga daging, atau ikan yang dibumbui dengan mirin atau saus rendaman asin yang dibuat dari campuran kecap asin, bawang putih, dan jahe, kemudian dilapisi tepung terigu atau tepung kentang, lalu digoreng dalam minyak goreng yang banyak — atau biasa disebut teknik deep fried.

Kalau disederhanakan, karaage berarti daging goreng tepung. Lantas apa yang membedakannya dengan daging goreng tepung lain? Karaage memiliki aroma dan cita rasa yang khas yang utama berasal dari perpaduan jahe dan minyak wijen sebagai bahan rendaman daging sebelum digoreng. Sebelum digoreng, daging perlu direndam (atau diungkep) bersama bumbu-bumbu di atas selama 1–4 jam.

Setelah itu daging dilumuri tepung. Pelumuran tepung sendiri tidak menggunakan bahan tambahan telur ya, daging yang telah direndam bumbu cukup lama memiliki kandungan air yang cukup banyak yang bisa mengikat tepung sekaligus. Tepung yang digunakan pun berbeda yaitu, tepung kentang. Tepung kentang memberikan tekstur yang crunchy di luar, namun lembut di dalam. Tepung kentang memang banyak ditemukan di Jepang, tapi cukup sulit ditemukan di Indonesia. Hasil penggorengan yang paling mendekati tepung kentang adalah tepung kanji. Namun jika tidak tidak ditakar dengan benar, tepung kanji cenderung mudah keras apalagi jika gorengan sudah dingin.

Jadi kalau kamu kepikiran mau bikin tori karaage sendiri di rumah, tetap usahakan cari tepung kentang ya. Jangan gunakan tepung kanji. Jika benar-benar tak ada, lebih baik coba campurkan tepung terigu dan sedikit tepung maizena.

Satu hal lagi yang membedakan karaage dengan daging goreng tepung lain ialah cara menggorengnya. Ketika kamu menggoreng karaage dan daging telah berubah keemasan, angkat sebentar lalu tiriskan sampai minyak hilang. Jika sudah, masukkan karaage lagi ke dalam minyak panas untuk membuatnya matang dan renyah sempurna. Ya, jadi karaage digoreng dua kali, tak hanya sekali.

Penasaran dengan menu otentik Jepang Tori Karaage satu ini? Cobain aja di sini 👇 👇 👇

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Karaage
https://pgracekn.wordpress.com/2014/01/25/tori-karaage/

Yuk, Jalan-Jalan ke Szechuan saat Jam Makan Siang dengan Kulina!

Eh gimana maksudnya? Ya jadi kalau mau jalan-jalan beneran ke sana kan jauh dan butuh ongkos yang banyak, makanya Kulina tawarkan alternatif lain untuk jalan-jalan ke Szechuan dengan kekayaan kuliner mereka.

Szechuan adalah sebuah provinsi yang terdapat di Negara Republik Rakyat Cina sebelah barat laut. Szechuan berarti Empat Rangkaian Sungai. Ibu kotanya terletak di Chengdu — sebuah kota pusat ekonomi penting di Cina tau Tiongkok. Selain kulinernya yang mendunia, Provinsi Szechuan juga memiliki banyak peninggalan sejarah berharga.

Kembali ke kuliner Szechuan, masakan khas Szechuan terkenal dengan kombinasi rasa pedas, asam, asin, dan manis. Bumbu penting dari masakan Szechuan adalah cabai merah. Jadi buat kamu yang doyan pedas, sajian hidangan Szechuan pasti cocok buat kamu!

Awalnya, masyarakat Szechuan tidak langsung mengenal dan menggunakan cabai merah dalam resep masakan mereka. Dahulu mereka menggunakan bumbu-bumbu seperti jahe, mustar, bawang, dan kucai — yang berhasil memunculkan aroma dan rasa yang kuat.

Baru sejak abad ke-17 ketika Amerika datang ke daratan Tiongkok dan membawa rempah-rempah, masyarakat Szechuan mulai berkenalan dengan cabai merah. Mereka kemudian menggunakan cabai merah ke dalam hampir setiap masakan mereka. Cabai merah yang memberi rasa pedas mampu memberikan perasaan hangat di dalam tubuh setelah memakannya. Hal ini cocok dengan kondisi geografis Szechuan yang diapit oleh daratan tinggi yang bersuhu dingin.

Berbagai Masakan Khas Szechuan yang Mendunia

1. Ayam Hainan

Ayam dimasak menggunakan jahe dengan cara tradisional: utuh bersama tulang. Ayam direbus hingga mengeluarkan kaldu kental. Setelah ayam empuk, baru ditiriskan, lalu dipotong-potong. Kuah kaldu kental tadi kemudian digunakan sebagai bahan memasak sup untuk sayur pelengkapnya. Sedangkan berasnya dimasak menggunakan santan kelapa, supaya nasi lebih liat dan gurih.

2. Ayam Cabai Kering

Sajian pedas satu ini, selain menggunakan cabai merah sebagai bahan utama, juga menggunakan lada Szechuan untuk meningkatkan cita rasa pedas yang ditimbulkan. Lada Szechuan adalah salah satu bumbu khas Szechuan. Lada Szechuan di Indonesia lebih terkenal disebut sebagai Andaliman. Rasa dari lada Szechuan sendiri adalah pedas dan getir, sehingga mampu membuat lidah dan bibir kamu terasa tebal. Ciri khas lain dari sajian Ayam Cabai Kering adalah penggunaan kacang mete di dalam masakannya.

3. Sapi Tumis Daun Bawang

Provinsi Szechuan yang wilayah memang terletak di antar daratan-daratan tinggi, jarang menggunakan ikan sebagai bahan utama masakan mereka. Masayarakt Szechuan lebih banyak menggunakan ayam, bebek, sapi, atau ikan air tawar. Salah satunya adalah Sapi Tumis Daun Bawang. Sapi Tumis Daun Bawang juga dimasak bersama bawang bombay, jahe, ketumbar, merica, cabai, serta saus tiram. Terlihat kan dari bumbu-bumbunya, rasa sapi tumis daun bawang pastilah pedas?

4. Angsio Tahu

Angsio berarti masakan yang dimasak menggunakan saus tertentu untuk memuncul warna merah atau kemerahaan, seperti dimasak menggunakan cabai, kecap, atau saus tiram. Maka Angsio Tahu berarti masakan tahu yang diolah dengan bumbu khusus berwarna merah. Meski warna kuah Angsio Tahu berwarna merah, namun masakan khas Szechuan satu ini tidak terlalu pedas. Angsio Tahu juga menggunakan jahe sebagai bumbu utama. Selain itu, Angsio Tahu menggunakan jamur dan kaldu jamur saat proses memasaknya.

Penasaran dengan menu-menu lezat di atas?

Cobain sekarang, langganan paket makan siang baru dari Kulina: CITY LUNCH! Jadi di paket ini, Kulina akan memilih beragam kota terkenal di dunia, lalu mengulik kuliner khas mereka dan menyajikannya ke meja kerja kamu saat makan siang tiba 😄

Sekarang giliran Szechuan dari China. Besok bisa ada lagi dari kota dan negara yang berbeda. Udahlah dijamin kamu gak akan bosan, Kulinas.

Mantul?
Mantap betuuulll 👍

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sichuan
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_Sichuan
http://tawanrestaurant.com/index.php/detail-menu/81/angsio-tahu