Sambut Ramadan, Ini 6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Ramadan tiba…
Ramadan tiba…
Masyarakat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Pemimpin Pusat Muhammadiyah telah menetapkan hari pertama puasa untuk Indonesia jatuh pada Jumat, 24 April 2020.

Bagi kamu yang akan menjalankan ibadah puasa ini, yuk, ketahui dulu 6 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita!

1. Menurunkan Berat Badan

1. Kulina - Manfaat Puasa yang Paling Mudah Terlihat Menurunkan Berat Badan
Manfaat Puasa yang Paling Mudah Terlihat Menurunkan Berat Badan

Selama puasa, kita hanya makan sebanyak dua kali sehari saat sahur dan berbuka. Kita jadi makan teratur dan tidak berlebih. Hal ini membuat tubuh, terutama hati dan ginjal – dapat berkonsentrasi membakar lemak menjadi energi. Jadi, tidak ada lagi timbunan lemak yang akan membuat berat badan kita bertambah.

Para ahli mengatakan, bila kita berpuasa secara rutin dan benar, maka akan memberikan manfaat jangka panjang bagi tubuh, yaitu meningkatkan sistem percenaan dan metabolisme tubuh secara keseluruhan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

2. Kulina - Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah

Ketika mulai rutin berpuasa, banyak orang mengalami penurunan tekanan darah terutama di satu minggu pertama. Penurunan tekanan darah terjadi karena adanya penurunan asupan garam secara signifikan serta peningkatan kehilangan garam melalui urine.

Penelitian yang dilansir National Center for Biotechnology Information (NCBI) di tahun 2017, riset pada 110 orang dewasa yang gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta kadar trigliserida darah, kolesterol total, dan kolesterol jahat LDL.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

3. Kulina - Salah Satu Manfaat Puasa yang Utama untuk Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Salah Satu Manfaat Puasa yang Utama untuk Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Ini adalah salah satu manfaat puasa bagi kesehatan yang utama, yaitu meningkatkan fungsi kardiovaskular. Kardiovaskular berarti meliputi jantung dan pembuluh darah. Puasa dapat meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah, dan tekanan darah.

Terutama bagi orang yang memiliki masalah sitem metabolik, berpuasa memberikan manfaat langsung pada kardiovaskular. Penderita diabetes 2 dan kolesterol tinggi, bisa menjalankan puasa untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan terkait.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

4. Kulina - Selain Manfaat Puasa Secara Fisik, Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
Selain Manfaat Puasa Secara Fisik, Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Selain manfaat puasa secara fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Sebuah studi mengungkapkan, bahwa saat berpuasa tubuh kita memproduksi banyak hormon endorphin yang bisa membuat kita lebih bahagia. Hal ini dapat meningkatkan mood, mencegah depresi, dan gangguan kecemasan.

Biasanya hal ini baru bisa kita rasakan setelah 3 – 4 hari menjalankan puasa. Tentu saja karena tubuh kita butuh beradaptasi terlebih dulu terhadap sebuah kebiasaan baru.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

5. Kulina - Meningkatkan Fungsi Otak
Meningkatkan Fungsi Otak

Ahli berpendapat bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) di otak. BDNF berfungsi untuk membantu tubuh meningkatkan fungsi otak dan memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Selain itu, BDNF juga dapat melindungi sel-sel otak serta mengurangi depresi sekaligus resiko terkena demensia atau pikun.

6. Membuang Racun Dalam Tubuh

6. Membuang Racun Dalam Tubuh
Membuang Racun Dalam Tubuh

Saat puasa, tidak ada makanan yang dikonsumsi hampir sehari penuh. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi sistem pencernaan untuk beristirahat, sehingga tubuh bisa lebih fokus pada pembuangan racun di dalam tubuh. Saat proses pembakaran lemak menjadi energi pun, tubuh akan membakar racun berbahaya yang ada pada lemak yang tersisa.

Setelah tahu manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, jadi lebih semangat ya menjalankan Ramadannya! Yuk, jaga kesehatan dan pastikan asupan makanan bergizi agar selama puasa tubuh tetap prima.

Bingung beli makanan untuk berbuka dimana? Di Kulina aja!

[CEK MENU KULINA]

7. Cek Menu Kulina
Buka website Kulina atau download aplikasinya!

SUMBER:
https://tirto.id/puasa-1-ramadhan-mulai-jumat-24-april-2020-menurut-muhammadiyah-ePW6
https://www.liputan6.com/ramadan/read/3964491/tujuh-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-fisik-dan-mental-apa-saja
https://doktersehat.com/manfaat-puasa-untuk-kesehatan/

4 Cara Jaga Kebersihan Diri Setelah Pergi dari Luar

Jaga Kebersihan Diri Setelah Pergi dari Luar

Pemerintah telah menerapkan physical dan social distancing serta himbauan work from home sejak bulan Maret lalu. Meski kita telah berusaha menerapkannya, terkadang kita tetap butuh keluar rumah untuk melakukan hal-hal penting. Masalahnya, kita tidak tahu apa yang kita temukan di luar rumah. Maka dari itu, kita harus ekstra menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama di situasi pandemi Corona seperti ini.

Kulina akan bagikan 4 cara jaga kebersihan diri setelah pergi dari luar:

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri
Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah hal penting pertama yang harus kamu lakukan begitu sampai rumah. Tangan kita telah menyentuh banyak benda selama bepergian dan kita tidak pernah tahu adakah kuman, bakteri, atau virus yang ikut hinggap di tangan kita. Tentu kita tidak mau kuman, bakteri, dan virus itu menyebar lebih jauh hingga ke dalam rumah.

Setelah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera semprotkan disinfektan pada benda-benda yang kamu bawa dari luar seperti tas, sepatu, kresek belanjaan, bahkan kendaraan yang tadi kamu pakai keluar. Disinfektan juga berguna untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di benda-benda tersebut. Disinfektan mengandung bahan kimia yang cukup keras, maka hanya gunakan disinfektan pada benda-benda yang ikut kamu bawa keluar. Hindari disinfektan terkena kulit kalian karena akan menimbulkan rasa terbakar. Jika kulit terlanjur kena disinfektan, segera basuh dengan air mengalir sampai rasa terbakar hilang.

2. Mandi

2. Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki
Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki

Setelah “ritual” cuci tangan dan semprot disinfektan selesai, sekarang kamu bisa masuk rumah. Begitu masuk, berjalanlah langsung menuju ke kamar mandi tanpa menyentuh barang apapun lagi di dalam rumah. Basuh tubuhmu mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki dan mandi.

Jika di rumahmu ada garasi, itu lebih baik lagi. Garasi cukup tertutup, namun tidak berhubungan langsung dengan dalam rumah. Jadi sebelum benar-benar masuk rumah, lepas baju yang kamu pakai di dalam garasi. Setelah itu baru mandi.

3. Cuci Baju

3. Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen
Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen

Tempatkan baju yang kamu pakai tadi ke dalam wadah tersendiri dan langsung rendam dengan deterjen. Deterjen memiliki kandungan aktif yang mampu meluruhkan lemak bahkan kuman, bakteri, dan virus yang mungkin saja menempel di bajumu dari luar. Cuci baju yang tadi kamu pakai. Pastikan, kamu mencuci baju-baju tersebut terpisah dari baju-baju yang hanya kamu dan keluargamu gunakan di dalam rumah.

4. Ganti Baju Bersih

4. Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah
Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah

Jika kamu bukan tipe orang yang memisahkan baju untuk di dalam dan di luar rumah, ada baiknya coba pertimbangkan kebiasaan baru ini. Setelah mandi dan mencuci baju, segera ganti dan pakai baju bersih. Seandainya bisa, pakailah baju yang memang kamu khususkan hanya kamu pakai di dalam rumah saja.

Empat langkah sederhana yang sangat besar manfaatnya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Saat awal-awal melakukan ini, tentu berat memulai kebiasaan baru. Namun mengingat situasi genting saat ini, jangan menyerah dulu ya! Ini semua demi kebaikan kita dan keluarga.

Di luar empat hal yang Kulina sudah sebutkan di atas, tetap ingat etika batuk atau bersin ya… Ketika rasa gatal di hidung atau tenggorokan mulai terasa, segera palingkan wajah dan tutup dengan bagian dalam lengan agar liur yang ikut keluar tidak menyebar ke benda-benda sekitar atau bahkan anggota keluarga yang lainnya.

5. Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri
Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri

Saat hendak bepergian keluar, pastikan kamu membawa hand sanitizer, tisu, dan pakailah masker. Hand sanitizer memiliki fungsi yang sama dengan sabun. Namun kita tidak selalu bisa menemukan sabun untuk cuci tangan saat berada di luar. Ada baiknya persiapkan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan – terutama setelah memegang benda-benda di tempat umum, segera pakai hand sanitizer.

Baca artikel serupa:
[6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Tempat Kerja]

Semoga kalian semua selalu sehat dan situasi ini cepat reda ya!!!

Selama di rumah, pastikan asupan gizi kalian terjaga. Kalau masak sendiri setiap hari merepotkan atau membosankan, cus coba cek website dan aplikasi Kulina. Sekarang lagi ada promo bundle yang berarti lebih hemat beli makan untuk seluruh anggota keluarga!

[CEK MENU KULINA]

Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja
Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja

SUMBER:
https://doktersehat.com/tips-menjaga-kebersihan-diri/
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/23/120632220/7-cara-menjaga-kebersihan-diri-untuk-mencegah-penularan-virus-corona?page=all
https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-menjaga-kebersihan-sejak-sebelum-masuk-rumah-24838

9 Rempah Jamu Tradisional Berkhasiat Cegah Corona

Pandemi Corona masih berlangsung di dunia, termasuk Indonesia. Saat ini, semua pihak sedang berjuang keras untuk mencegah penyebaran dan menghentikan virus Corona. Setiap individu pun melakukan berbagai cara agar terhindar dari paparan virus Corona. Salah satunya, meningkatkan imunitas tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Baca artikel serupa:
[5 Tips Jaga Kebersihan Mengolah Makanan]

Terkait imunitas, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, “Tidak semua yang kontak akan sakit. Yang sakit imunitas tubuhnya rendah.” Dikutip dari berita Kompas.com, Senin (2/3.2020).

Indonesia sendiri, memiliki makanan atau minuman khas yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas kita. Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo pun mulai mempromosikan makanan dan minuman khas ini. Apalagi kalau bukan jamu.

Jamu berasal dari rempah-rempah (biasanya jadi bahan makanan) yang kemudian diseduh menjadi minuman. Jamu telah menjadi konsumsi rutin nenek moyang kita sejak jaman dulu kala. Namun semakin ke sini, popularitas jamu semakin menurun, kalah dengan berbagai minuman kekinian – yang sebenarnya, tidak sehat juga untuk tubuh kita.

Sekarang, saatnya kita kembali ke alam, kembali minum jamu! Yuk, kenali manfaat rempah-rempah jamu berikut ini.

1. Kunyit

1. Kunyit - Rempah Cegah Corona
Kunyit – Rempah Cegah Corona

Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.”

2. Jahe

2. Jahe - Rempah Cegah Corona
Jahe – Rempah Cegah Corona

Jahe bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.

3. Temulawak

3. Temulawak - Rempah Cegah Corona
Temulawak – Rempah Cegah Corona

Temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Kulinas tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi, kan? Resepnya sederhana yaitu, cukup merebus temulawak, kunyit, dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

4. Kayu Manis

4. Kayu Manis - Rempah Cegah Corona

Kayu manis mempunyai aroma yang khas sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Selain itu, kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Rempah satu ini juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiimflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini biasa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.

5. Sereh

5. Sereh - Rempah Cegah Corona
Sereh – Rempah Cegah Corona

Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.

Nah, ini adalah rempah-rempah yang berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh guna cegah Corona. Kalau kamu kesulitan mendapatkan rempah-rempah yang disebutkan di atas dan memasak sendiri, kamu juga bisa kok beli jamu yang sudah jadi. Biasanya jamu dijajakan keliling dalam botol-botol – dimana yang jual menggendong bakul untuk wadah jamu-jamu ini. Unik kan?

Berikut beberapa jenis jamu yang bisa kamu beli dengan khasiat yang sama: meningkatkan imunitas tubuh kita.

6. Jamu Beras Kencur

6. Jamu Beras Kencur
Jamu Beras Kencur – Jamu Cegah Corona

Siapa yang tidak tahu jamu satu ini? Jamu beras kencur merupakan jamu yang paling mudah ditemukan. Rasa dari jamu beras kencur tergolong cukup manis dan tidak terlalu kuat, sehingga bisa diminum siapa saja. Jamu beras kencur bisa menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

7. Jamu Kunyit Asam

7. Jamu Kunyit Asam
Jamu Kunyit Asam – Jamu Cegah Corona

Kunyit menjadi satu rempah yang telah disebutkan di atas. Selain bisa diolah sendiri, banyak juga penjual jamu yang telah mengolah kunyit menjadi jamu kunyit asam. Seperti namanya, rasa jamu ini memang sedikit asam. Jamu kunyit asam berguna untuk meredakan sakit dan mengatasi infeksi.

8. Jamu Pahitan

8. Jamu Pahitan
Jamu Pahitan – Jamu Cegah Corona

Kata dalam Bahasa Jawa Pahitan berasal dari kata pahit. Tentu saja rasa jamu ini pahit. Beberapa bilang, ini adalah jamu yang paling pahit. Biasanya orang yang kuat minum jamu ini adalah mereka yang telah berusia dewasa atau usia lanjut. Jamu pahitan menggunakan bahan-bahan daun pahit seperti brotowali dan sambiloto. Jamu pahitan berkhasiat sebagai detoksifikasi atau mengurangi kada racun dalam tubuh kita.

9. Jamu Watukan

9. Jamu Watukan
Jamu Watukan – Jamu Cegah Corona

Lagi-lagi berasal dari Bahasa Jawa, watukan berarti batuk. Sesuai namanya, jamu ini bermanfaat sebagai pereda batuk dan meriang. Jamu watuk menggunakan kunyit, jahe, dan jeruk nipis sebagai bahan utamanya.

Sekali lagi, jamu tidak bisa menyembuhkan Corona. Namun jamu bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita akan terhindar dari virus Corona. Efek jamu pun tidak bisa seketika seperti saat kita minum obat. Jamu yang menggunakan bahan-bahan alami, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memunculkan khasiatnya. Memang harus konsumsi jamu rutin untuk merasakan manfaatnya.

Yuk, jadikan minum jamu life style baru kita!

Kalau urusan makan, tetap Kulina jawabannya…

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://www.liputan6.com/regional/read/4197825/jamu-vs-corona-ini-penjelasan-ahlinya
https://travel.kompas.com/read/2020/03/02/174039027/tingkatkan-imun-cegah-corona-ini-ragam-jamu-khas-indonesia?page=all
https://langgam.id/lawan-virus-corona-dengan-mengkonsumsi-rempah-rempah/

Langganan Makan Kulina Selama #DiRumahAja

Hellooo my fellow #workfromhome workers dimana pun kalian berada… Kita telah menjalankan himbauan pemerintah untuk melakukan kerja dari rumah selama 2 minggu terakhir. Semoga, usaha yang kita lakukan ini bisa membantu menghentikan penyebaran virus Corona ya! Namun, beberapa daerah terutama Jakarta – memperpanjang masa #workfromhome #DiRumahAja hingga dua minggu ke depan.

Baca artikel serupa:
[5 Cara Meningkatkan Imunitas Lawan Corona]

Selama #DiRumahAja apa aja yang kalian lakukan untuk menghalau kebosanan? Kalau Kulina lihat nih, jadi banyak yang rajin masak ya? Tapi kalau tiap hari harus masak, bingung dan bosan juga kan? Belum lagi pekerjaan yang harus selesai, ditambah jaga dan bantu anak belajar… Tenang, jangan stress dulu karena Kulina punya solusinya! Serahkan urusan makan keluarga sama Kulina aja.

Alasan Harus Pesan Langganan Makan Kulina Selama #DiRumahAja

1. Kulina Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir

1. Langganan Kulina #DiRumahAja - Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir
Langganan Kulina #DiRumahAja – Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir

Kalau lagi pesan makan online, kalian suka merhatiin jarak merchant dengan rumah kalian gak untuk menghemat biaya ongkir? Atau sengaja pilih merchant yang kasih promo gratis ongkir? Padahal makanan yang kamu mau bukan itu! Hayo ngaku…

Nah kalau kamu pesan Kulina, kamu gak perlu mengalami itu semua. Kamu mau pesan makanan apapun, dari merchant manapun di Kulina, bisa, bebas tanpa tambahan ongkir! Jadi lebih hemat, gak perlu ribet cari promo dulu. Mantap gak tuh?

2. Kulina Anti Ribet, Karena Bisa Pesan Langganan

2. Langganan Kulina #DiRumahAja - Anti Ribet, Bisa Pesan Langganan
Langganan Kulina #DiRumahAja – Anti Ribet, Bisa Pesan Langganan

Tiap mau jam makan, buka HP, buka aplikasi pesan makan online, scroll scroll scroll eh tahu-tahu udah habis satu jam buat pilih mau makan apa. Uww sedih… Jangan deh, jangan kamu habiskan waktumu buat pilih-pilih makanan doang. Walaupun kita #DiRumahAja, tapi ingat, kita tetap harus melakukan dan menyelesaikan pekerjaan seperti biasanya.

Jadi buat hemat waktu kamu, pesan langganan lewat Kulina aja. Kamu bisa pilih di awal menu-menu yang kamu mau buat seminggu ke depan. Besoknya tiap hari, kamu gak perlu habiskan waktu buat pilih-pilih menu lagi, tinggal duduk manis, tahu-tahu makananmu diantar setiap jam makan. Enak kan?

3. Dimasak Secara Higienis Oleh Merchant Kulina

3. Langganan Kulina #DiRumahAja - Dimasak Secara Higienis oleh Merchant
Langganan Kulina #DiRumahAja – Dimasak Secara Higienis oleh Merchant

Merchant yang mendaftar di Kulina, tak semuanya lolos uji standard lho. Kulina hanya memilih merchant terpercaya dengan kualitas bahan masakan, tempat memasak, cara memasak, dan penyajian masakan yang terpercaya dan sesuai standard Kulina.

Merchant yang bisa kamu pilih di aplikasi Kulina, hanya mereka yang telah lolos uji standard ini. Jadi, kamu gak perlu khawatir tentang kualitas dan higienitas dari makan-makan ini. Kulina cuma mau yang terbaik buat kamu!

4. Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant Kulina

4. Langganan Kulina #DiRumahAja - Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant
Langganan Kulina #DiRumahAja – Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant

Bosan masak setiap hari? Bosan makan itu-itu aja dari warung makan di sekitarmu? Makanya pilih Kulina aja. Kulina telah memilih merchant-merchant terbaik dengan ragam pilihan menu yang buanyaaakkk bangeeettt… Mulai dari masakan Indonesia, Jepang, Chinesse, Western, sampai masakan India juga ada. Pokoknya kamu mau makan apa, ada deh pilihannya di Kulina!

Saat pesan Kulina, kamu bahkan bisa pilih menu yang berbeda-beda untuk satu kali pengantaran demi memuaskan selera makan setiap anggota keluarga. Tidak hanya makanan berat, Kulina juga punya banyak pilihan camilan dan buah-buahan yang kamu butuhkan.

5. Bisa Pilih Contactless Delivery dari Kulina

5. Langganan Kulina #DiRumahAja - Bisa Pilih Contactless Delivery
Langganan Kulina #DiRumahAja – Bisa Pilih Contactless Delivery

Sejalan dengan upaya kita #DiRumahAja untuk menghentikan penyebaran virus Corona, Kulina juga mendukung gerakan ini dengan menyediakan pilihan contactless delivery dengan kurir pengantar makanan Kulina. Contactless delivery bisa kamu pilih saat proses pemesanan di aplikasi Kulina ya!

Contactless delivery memungkinkanmu untuk tetap mendapat makanan yang telah kamu pesan, tanpa harus bertemu dengan kurir pengatar makanan. Jadi masing-masing tetap menjaga jarak dan menjaga kesehatan kita bersama…

Kamu bisa pesan langganan makan Kulina selama #DiRumahAja dengan beragam menu yang pasti enak, sehat, hemat, dan terjaga kebersihannya.

Semakin penasaran dengan Kulina?
Yuk, langsung aja kepo-in website dan aplikasi Kulina!

[PESAN KULINA AJA]

6 Tips Bikin Karyawan Happy untuk HR

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Mumpung masih awal tahun, penting membangun vibe positif di kantor terhadap karyawan lama maupun karyawan baru. Soalnya setiap individu akan punya andil penting bagi perusahaan. Terutama menjaga produktivitas tiap karyawan. Hal ini menjadi faktor penting dimana seorang HR turut ambil bagian.

Ketika karyawan bekerja dengan loyal dan penuh totalitas, kemungkinan besar akan berpengaruh pada kinerja perusahaan tersebut. Perusahaan jadi lebih diuntungkan karena produktivitas meningkat, demikian pula dengan profit perusahaan. Namun menjaga mood tiap individu bukanlah hal yang mudah. Lebih-lebih tekanan di tempat kerja dan target kerap kali membuat stres. Hal ini lah yang akan membuat karyawan cenderung murung dan tak termotivasi. Walaupun hal-hal tersebut tak terelakkan, masih ada cara bagi kalian para HR untuk bisa merawat semangat para karyawan kok. Yuk bikin karyawan lebih happy dengan tips berikut ini!

1. Ciptakan Reputasi Baik Melalui Kebijakan-Kebijakan yang Adil dan Transparan

1. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Reputasi Baik, Kebijakan Adil dan Transparan

Berdasarkan beberapa survey dalam pameran perusahaanreputasi perusahaan disoroti sebagai satu dari faktor utama kebahagiaan kerja. Era kini segala sesuatu dapat diperhatikan oleh karyawan dan tidak ada pendapat yang tidak tersampaikan. Maka, menjadi organisasi yang dikenal sebagai perusahaan yang baik, adil, dan transparan, dapat menjadi sumber utama dari kebahagiaan karyawan. Usaha untuk lebih transparan dengan tetap memegang etos profesionalitas pastinya akan lebih dihargai bagi karyawan yang bersangkutan maupun seluruh karyawan perusahaan.

2. Jadilah Pemimpin yang Baik

2. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Jadilah Pemimpin yang Baik
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Jadilah Pemimpin yang Baik

Menjadi pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menetapkan harapan yang jelas pada karyawannya, termasuk apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan dan ke mana setelah mereka menyelesaikan tanggung jawab mereka. Dalam hal ini, kamu sebaiknya menetapkan batasan yang jelas dan menunjukkan kepemimpinan yang sehat serta memberikan arahan yang baik.

Maksudnya, kamu perlu menguraikan aturan, kebijakan dan prosedur yang diterapkan di perusahaan. Hal ini dilakukan agar para karyawan tidak lagi bertanya-tanya mengenai hal-hal yang detail. Apapun yang kamu tetapkan dalam aturan tersebut, pastikan hal itu konsisten untuk seluruh pekerja yang bekerja di perusahaanmu. Semakin detail hal yang kamu uraikan, maka akan semakin sedikit masalah yang muncul sehingga pekerja bisa lebih happy dan produktif untuk menghasilkan sesuatu.

3. Bantu Karyawan untuk Merasa Dihargai

3. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Bantu Karyawan Merasa Dihargai
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Bantu Karyawan Merasa Dihargai

Berikanlah nuansa penuh semangat berupa apriesiasi maupun pujian kepada para pekerja di waktu yang tepat. Jika diperlukan, kamu juga bisa berterimakasih kepada pekerja karena telah melakukan pekerjaan dengan baik dan memberi tahu mereka bahwa kamu sangat menghargainya. Jika ada salah satu pekerja yang melakukan kesalahan, maka jangan hukum orang tersebut.

Akan lebih baik jika berbicara secara personal dengan orang tersebut, ajarkanlah dia prosedur yang benar. Selain itu, berikan pula dorongan dan pengajaran yang lebih lanjut jika diperlukan. Satu hal yang perlu diingat, menghukum seseorang yang bersalah hanya akan memperburuk keadaan. Jika memang kesalahan tersebut masih berlanjut setelah dikoreksi, maka kamu mungkin perlu mengevaluasi orang tersebut untuk memastikan: apakah dia sesuai untuk pekerjaan tersebut?

Baca artikel serupa:
[6 Indikasi Karyawan Happy, HRD Catat Ini!]

4. Berikan Kemudahan Akses dan Lengkapi Fasilitas

4. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kemudahan Akses dan Fasilitas
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Kemudahan Akses dan Fasilitas

Tata letak fisik di kantor sangatlah penting untuk memaksimalkan produktivitas pekerja. Setiap orang pasti membutuhkan ruang yang cukup untuk bekerja, persediaan atau bahan makanan yang terjaga kualitasnya, dan lingkungan yang nyaman serta menyenangkan. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan bahwa semua peralatan yang ada di kantor dirancang secara ergonomis.

Selain itu, fasilitas makan siang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, bukan hanya kemudahan mendapatkannya, namun juga kualitas makanan menjadi penting. Coba deh cek Kulina!

Pesan katering makan siang untuk perusahaan melalui Kulina lebih mudah tanpa menurunkan kualitas makanannya, lho. Kulina bekerja sama dengan vendor katering maupun rumah makan di banyak wilayah di Jakarta – yang tentu saja sudah lolos quality assurance. Jadi soal higienitas dan nutrisi, jelas terjamin. Nah kalau soal rasa? Jangan lagi ditanya, lihat aja ribuan testimoni pelanggan Kulina di instagram @kulina.id atau website mereka. Kalau begini, para pekerja akan semakin termotivasi karena kebutuhan mereka untuk melakukan pekerjaan dapat terpenuhi dengan baik!

[KLIK DI SINI UNTUK TAHU LEBIH LANJUT: KULINA CORPORATE CATERING]

5. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Kulina for Business Corporate Catering

5. Libatkan Banyak Orang

6. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Libatkan Banyak Orang
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Libatkan Banyak Orang

Buatlah panduan untuk karyawan secara komprehensif yang ditulis dengan jelas dan sederhana. Panduan ini berisi tentang segala hal mengenai perusahaan, termasuk di dalamnya prosedur untuk menangani setiap masalah dari berbagai skenario yang dibayangkan. Ajaklah para pekerja untuk menyumbangkan ide panduan tersebut agar mereka bisa merasakan rasa memiliki dengan perusahaan.

Selain itu, bantu karyawan yang merasa terlibat dengan mengadakan pertemuan secara rutin. Pada pertemuan ini, kamu bisa meminta mereka untuk menyuarakan pendapat dan keprihatinan mereka terhadap perusahaan. Hal ini akan memberikan manfaat tambahan, sebab perusahaan bisa memperoleh banyak informasi yang berharga mengenai produk dan kekhawatiran yang mungkin saja akan merugikan nantinya.

Kamu juga bisa mengadakan acara khusus karyawan, di mana keluarga mereka dapat terlibat seperti piknik, pameran, lokakarya dan acara khusus lainnya. Semakin besar rasa kekeluargaan yang bisa kamu buat, maka akan semakin banyak pula pekerja yang produktif.  Selain itu, kamu juga bisa mengadakan acara amal di mana setiap orang dapat menyumbangkan uang, barang, ataupun waktu mereka. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang akan merasa lebih baik setelah mereka menjadi seorang sukarelawan. Hal ini juga akan membuat bottom-line di perusahaanmu, tujuannya untuk meningkatkan kinerjanya dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa perusahaanmu memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

6. Keep Them Happy, Keep Them Working

7. 6 Tips Bikin Karyawan Happy - Keep them happy, keep them working
6 Tips Bikin Karyawan Happy – Keep them happy, keep them working

Ketika seorang pekerja merasa bahwa mereka merupakan bagian yang penting dan dinamis dalam sebuah tim, maka mereka bisa menjadi lebih produktif dan bersedia untuk bekerja lebih keras untuk konsumen dan rekan kerja mereka. Oleh sebab itu, berikanlah mereka pujian secara terbuka, tetapkan tujuan yang sesuai dengan pekerjaan, dan selalu perhatikan kebutuhan pekerjamu dengan serius.

Dengan menghormati dan menghargai pekerja, maka kamu akan memberi mereka dorongan motivasi yang mereka butuhkan untuk tetap loyal dan berkomitmen pada tujuan perusahaan. Jika kamu memiliki pekerja yang selalu happy dan produktif, maka perusahaanmu bisa menghadapi berbagai badai ekonomi apa pun.

Mungkin beberapa tips ini kelihatan mudah daripada praktik di lapangan. Namun, semangat bisa dipupuk setidaknya dimulai dari kamu para HRD. Tetap optimis yaa… kan masih awal tahun nih!

SUMBER:
https://resources.urbanhire.com/cara-menjaga-agar-para-pekerja-tetap-happy/
https://www.jobstreet.co.id/id/cms/employer/5-tips-agar-karyawan-di-asia-lebih-bahagia-di-tempat-kerja/



6 Kuliner Khas Jogja Selain Gudeg yang Harus Kamu Coba

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Sedulur sekalian paling demen kuliner khas Jogja apa nih? Kalau Gudeg selalu jadi tujuan kuliner paling favorit, mungkin kalian mainnya kurang jauh~ Sebelum habis jatah liburan atau buat kalian yang baru merencanakan liburan ke Jogja, yuk intip beberapa ide kuliner unik Jogja punya berikut ini!

1. Sate Klatak

1. Kuliner Khas Jogja - Sate Klatak
Kuliner Khas Jogja – Sate Klatak

Sekilas nama kuliner unik satu ini seperti menggunakan daging katak sebagai bahan utama. Pasalnya klatak mirip dengan kata katak. Padahal sate ini menggunakan bahan daging kambing muda dengan bumbu sederhana. Kalau sate kambing kebanyakan dibumbui kecap manis atau sambal kacang, khusus sate klatak daging kambing hanya diberi bumbu garam saja. Sebagai pelengkap sate klatak, ada nasi putih hangat dan semangkuk kuah gulai. 

Keunikan dari sate ini dari pada sate lainnya adalah penggunaan jeruji sepeda sebagai tusuk satenya. Kata salah satu pedagangnya, upaya ini baik agar mengurangi penggunaan tusuk sate satu kali pakai. Selain itu bahan besi jeruji memiliki sifat penghantar panas, sehingga daging dapat matang sempurna hingga ke dalam. 

Kuliner sate klatak dapat kalian temui di daerah jalan Imogiri Timur. Bila ingin mencoba resep otentiknya, bisa mencoba di sate klatak “Pak Bari”. Lokasi tepatnya di tengah-tengah pasar Jejeran Wonokromo. Warung ini buka setiap hari pukul 18.00-20.00 (atau sampai habis). Kabarnya, lokasi warung ini juga sempat jadi lokasi syuting film AADC 2 lho.

2. Mie Lethek

2. Kuliner Khas Jogja - Mie Lethek
Kuliner Khas Jogja – Mie Lethek

Kuliner kedua yang gak kalah unik di Jogja, mie lethek. Lethek sendiri artinya adalah kotor atau kondisi tidak bersih. Nama tersebut diperoleh dari warna mie yang keabu-abuan karena dibuat dari tepung tapioka dan gaplek. Keunikan lainnya terdapat dari proses pembuatannya, yakni dengan menggunakan tenaga sapi untuk mencampur dan menggiling adonannya. Mie ini diolah dengan cara tradisional sehingga tak menggunakan pewarna atau bahan pengawet makanan.

Biasanya akan diolah serupa mie jawa, yakni dengan penambahan ayam suwir, telur dan beragam sayuran. Mie ini banyak diproduksi oleh masyarakat Bantul, tepatnya di daerah Srandakan. Namun, sekarang sudah banyak warung bakmi jawa yang mengangkat mie lethek sebagai menu andalannya.

3. Mangut Lele

3. Kuliner Khas Jogja - Mangut Lele
Kuliner Khas Jogja – Mangut Lele

Kuliner berikutnya merupakan kuliner khas dari daerah Sewon, Bantul. Menu ini pertama kali dikenal dari dapur kuliner “Mbah Marto”. Melihat ikan lele cukup mudah didapat, kemudian diolah sedemikian rupa hingga akhirnya jadi kuliner yang cukup populer.

Lele di sini dimasak mangut, yakni mengasapi ikan lele yang sebelumnya telah ditusukkan ke bilah bambu, kemudian diolah dengan bumbu mangut. Semakin nikmat karena menu-menu tersebut bisa didapatkan langsung di lokasi pembuatannya. Jadi, kalian bisa melihat langsung dapur tradisional Jawa. Selain menikmati kuliner kalian juga dapat bercengkrama langsung dengan peraciknya, mbah Marto.

4. Entok Slenget

5. Kuliner Khas Jogja - Entok Slenget
Kuliner Khas Jogja – Entok Slenget

Entok atau itik adalah hewan yang biasa diolah sebagai masakan. Seperti di Jogja, kang Tanir mengolah entok menjadi kuliner nikmat. Sebab, daging entok memiliki tekstur yang alot, sehingga perlu ketelatenan dalam mengolahnya. Entok olahan kang Tanir memiliki cita rasa pedas menantang di lidah. Kuliner ini lebih cocok jika dimakan ketika panas, sehingga perpaduan pedas panas ini disebut slenget

Warung entok kang Tanir berada di Pasar Agropolitan Pules, Turi. Di warung tersebut, entok tak hanya dijadikan hidangan utama, melainkan ditemani dengan bagian entok lain seperti hati ampela dan balungan entoknya juga diolah.

5. Belalang Goreng

5. Kuliner Khas Jogja - Belalang Goreng
Kuliner Khas Jogja – Belalang Goreng

Beberapa kuliner di atas memang unik, tapi ada yang lebih unik dan ekstrem lagi dari Jogja! Apalagi kalau bukan belalang goreng. Berani coba?

Belalang goreng merupakan makanan khas Gunung Kidul. Belalang yang dipilih untuk digoreng adalah belalang kayu yang mudah ditemukan di daerah Gunung Kidul. Biasanya belalang kayu hinggap di dahan pohon jati atau semak-semak.

Menurut sebagian orang, daging belalang setelah digoreng mempunyai rasa seperti udang. Belalang mengandung protein tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi semua orang. Tekstur dari belalang sendiri gurih dan renyah sehingga tak sedikit orang yang ketagihan dibuatnya. Belalang goreng ini bisa kalian temukan di pinggir-pinggir jalan ataupun melalui toko-toko daerah Gunung Kidul.

6. Jadah Tempe

6. Kuliner Khas Jogja - Jadah Tempe
Kuliner Khas Jogja – Jadah Tempe

Jadah tempe merupakan salah satu kuliner khas yang berasal dari kabupaten Sleman, Yogyakarta atau tepatnya dari daerah lereng Gunung Merapi, Kaliurang. Makanan khas Jogja ini adalah makanan tradisional yang menggabungkan jadah dan tempe. Jadah sendiri merupakan panganan yang dibuat dari olahan ketan sedangkan tempe merujuk pada tempe itu sendiri yang diolah dengan bumbu bacem. 

Jadah tempe biasanya dikemas dalam daun pisang di mana pada setiap satu jadah berarti terdapat pula satu tempe yang menemani. Tetapi ada juga orang yang menyantap dua jadah dengan satu tempe, yakni dengan menghimpit tempe menggunakan jadah sehingga menyerupai burger. Selain menjadi ikon kuliner dari kawasan Kaliurang, konon katanya jadah tempe merupakan makanan favorit Sultan Hamengkubowono IX.

Tuh kan, di Jogja tuh gak melulu jajan Gudeg aja!

Banyak kuliner unik yang siap diserbu saat berlibur ke Jogja. Kalau kamu, mau mulai petualangan kulinermu dari mana?

[COBA DARI SINI]


7. Cari Kuliner Jogja di Kulina
Cari Kuliner Jogja di Kulina





Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Walaupun kesibukan dan rutinitas pekerjaan super hectic, makan siang menjadi salah satu momen yang tak boleh terlewatkan. Buat kalian yang sibuk bekerja dari rumah maupun dari kantor, jangan sampai abai dengan makan siang teratur. Nutrisi tubuh yang tak terpenuhi, akhirnya bikin tubuh cepat lelah. Kalau sudah begini, bisa bikin performa kurang maksimal bahkan bikin produktifitas menurun.

Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Katanya sih, tak ada logistik bikin tak ada logika.

Hmm, berasa lagunya siapa gitu ya gengs? Hehehe~

Makan siang teratur bagi sebagian pekerja bisa jadi hanyalah mitos belaka. Pasalnya, selain dikejar kewajiban pekerjaan, untuk datang mengantri di kafetaria, kantin, resto, maupun warung terdekat perlu usaha ekstra. Dimana alasan-alasan tersebut menjadi faktor yang paling bikin mager alias males gerak! Kebayang kan kudu beresin kerjaan, turun dari lantai sekian, belum lagi menunggu antrian pesanan. Bisa-bisa waktu istirahatmu habis di jalan dan buat nunggu~

Lauk ikan pindang,
Minumnya es blewah. 
Ribet mau makan siang?
Pesen di Kulina ajah~

Bikin makan siangmu lebih seru, soalnya pesen makan di Kulina itu anti-bosan. Setiap hari, ada 1000 menu ((hail to the menu)) yang siap buat memenuhi mood harianmu. Mulai dari makanan berat ala Western, selera Nusantara, hingga Timur Tengah. Khusus buat kalian yang lagi ada program diet, pas banget nih soalnya Kulina sedia menu plant based diet sampai keto diet juga ada. Eits, belum kenyang? Ada lagi makanan kecil dan pencuci mulut biar makin puas!

Cus, langsung akses website Kulina lewat smartphone kamu. Semua pesananmu bisa dateng tepat di jam makan siang. Makananmu diantar sampai kantor tanpa tambahan biaya ongkir. Selain itu rencana makan siangmu makin fleksibel karna ada fitur terbaru dari Kulina. Salah satunya pakai fitur pesan Mix & Match.

Apa aja sih keunggulan baru fitur ini, yuk kulik bareng-bareng!

1. Pilih Opsi Pesanan Satuan

Sekarang Kulina punya dua opsi pilih pesanan. Mau pesen dalam paket bisa, mau pesan Satuan? Bisa banget! Dengan fitur baru dari Kulina ini, mau pesen satuan pun akan dilayani lho guys! Kalau begini caranya bisa jadi makan sehatmu tetap on the budget deh!

2. Pilih Tanggal dan Hari Makanan Hendak Diantarkan

Step kedua, tentukan tanggal berapa pesananmu hendak diantarkan. Cukup fleksibel, soalnya kamu bisa banget skip tanggal atau atur aja tanggal kalian akan merencanakan makan siang di kantor. Easy!

3. Tentukan Menu Makananmu

Paling utama nih, makan apa ya hari ini? Udah lah kamu gak usah pusing lagi, karena apa yang kamu mau? Ada di Kulina! Kulina telah berkolaborasi dengan 80 vendor lokal untuk menyediakan 1000 rancangan menu yang tersedia setiap harinya.

4. Tentukan Jumlah Pesananmu

Next step is to mention how many box you need to lift up your spirit well. Tepat di bawah menu makanan akan ada pilihan jumlah makanan yang kamu butuhin. Dengan memesan makanan sesuai jumlah kebutuhan, kalian akan ikut berpartisipasi dalam mengurangi food waste!

5. Checkout dan Nikmati deh!

To make sure, cek ulang pesanan kalian yaps. Last but not least is to checking out! Tinggal bayar dan tunggu makanan kalian diantar sampai ke kantor mu. Simple!

Tutorial Penggunaan Fitur Baru Kulina

[COBA FITUR BARU KULINA]

Sedang Memilih Jasa Katering untuk Perusahaan? Simak 4 Tips Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Infonya, rekan kerja maupun kolega yang bekerja dengan bahagia akan meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu sumber kebahagian itu ada di waktu istirahat sambil menyantap makan siang. Memanfaatkan makan siang bersama kolega faktanya dapat memperdalam relasi dan interaksi satu dengan lainnya, sehingga dapat meningkatkan semangat kolaborasi antar tim. 

Walaupun kelihatannya simpel, namun fasilitas seperti ini perlu untuk diperhatikan. Tak hanya dari sisi nutrisi makanannya, tingkat kebersihan, dan ketepatan waktu pengantaran cukup krusial. Demikian dengan memilih jasa katering, tidak cukup punya rasa yang enak, tapi juga mempunyai keunggulan pelayanan perlu jadi pertimbangan. Agar tidak salah pilih jasa katering, berikut tips memilih jasa katering terbaik bagi perusahaanmu!

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

1. Pesanan on Budget Agar Lebih Hemat Anggaran Perusahaan

Pilihlah jasa katering yang memberikan keleluasaan anggaran dalam pemesanan menu setiap harinya. Privilege dalam mendapatkan jasa yang bisa menerima berapapun anggaran makan siang, patut jadi bahan pertimbangan. 

Keuntungan tersebut akan makin efektif jika tanpa ada minimal pemesanan paket makan karyawan. Kedua poin tersebut penting bagi pengeluaran perusahaan agar lebih efisien, sehingga tetap dapat mengakomodir kebutuhan tanpa khawatir akan adanya pengeluaran tak berarti. 

Poin plus dari memesan paket makanan sesuai jumlah, akan turut berpartisipasi dalam mengurangi food waste. Sebab, hanya akan melayani pesanan sesuai kebutuhan karyawan.

2. Fleksibilitas Finansial Bagi Perusahaan

Ada waktunya hanya butuh pesan makan siang dalam jumlah kecil, namun keterbatasan tersebut kadang tidak tersedia pada penyedia jasa tertentu. Pastikan memilih penyedia jasa yang tidak memberikan charge atau penambahan biaya karena pesanan dalam partai kecil.

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

3. Cara Pemesanan Mudah Demi Efisiensi Waktu

Banyaknya jumlah karyawan, bermacam-macam pula seleranya. Terutama pada perusahaan korporasi, penting untuk memilih penyedia jasa katering dengan beragam jenis masakan. Dengan memberikan ruang leluasa bagi karyawan untuk memilih menu makanannya sendiri, dapat menjaga mood mereka selama bekerja.

Selain itu, ada pula situasi dimana karyawan perlu untuk meeting keluar kantor, sehingga perlu melewati pesanan katering. Fitur Skip (melewati) pesanan katering jadi salah satu layanan yang juga sama pentingnya.

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

4. Transparansi Manajemen Pelayanan

Kerja sama bisnis dengan jumlah yang tidak sedikit sangat perlu kejelasan dan pendataan yang transparan. Laporan penggunaan saldo dalam pemesanan makanan jadi pertanggungjawaban yang tak dapat ditangguhkan. Tapi gak perlu rekap laporan tiap harinya. Pilihlah penyedia layanan yang dapat memberikan invoice selama satu bulan pada akhir bulan. Tak perlu lagi repot-repot mengurutkan rekap data, cukup terperinci dalam sebulan saja.

Kepuasan pelanggan menjadi kepuasan kinerja para penyedia jasa. Begitu pula dengan perlunya wadah untuk memberikan keluhan maupun pertanyaan dari penyedia jasa. Tak hanya berhenti di ‘kotak kritik dan saran’, pastikan ada layanan account executive maupun layanan customer experience yang memang fokus di bidangnya.

Nah, setelah ini tak perlu lagi khawatir pilih jasa katering perusahaan karena Kulina punya segmen terbaru!

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering

Kulina Corporate Catering siap jadi kolaborator terbaik perusahaanmu! Pelayanan maksimal karena semua sudah ada dalam poin-poin tips di atas. Yuk, mulai cobain cara-cara baru ala Kulina. Because this is how millennial rule the world though.

Karyawan happy, perusahaan juga kan yang diuntungkan?

Sign up [DI SINI] jangan buang waktu lagi!

Segudang Manfaat Ikan Salmon yang Harus Kamu Tahu

Ikan Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki protein berkualitas tinggi. Dengan mengandung asam lemak Omega-3 tinggi yang merupakan asam lemak esensial alami, hadir dalam bentuk asam EPA dan DHA. Selain itu mineral yang terkandung dalam salmon antara lain kalium, selenium, dan vitamin B12.

Ikan yang banyak ditemui di daerah Samudra Atlantik dan Pasifik ini selain kaya nutrisi, juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Lebih detailnya simak beberapa manfaat salmon berikut!

1. Menjaga Kesehatan Jantung

D:\KULINA\JULI\pict\mindfulness_for_heart_health-1024x768-752x440.jpg

Kandungan omega-3 atau asam lemak tak jenuh pada ikan salmon dapat membantu menyehatkan jantung. Lemak baik ini akan mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh.  Dengan mengendalikan peradangan, pembuluh darah akan lebih terkontrol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Manfaat omega-3 lainnya dapat membantu menurunkan kadar trigliserida atau kolestrol jahat dalam tubuh, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko terjadinya stroke, dan gagal jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi seperti ikan salmon, dapat meningkatkan fungsi otak lho, mengapa? Karena asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi, sehingga dapat meredakan peradangan untuk membantu melindungi sistem saraf dari stres oksidatif, dan kerusakan saraf yang terjadi karena faktor usia, serta juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat atau memori.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon terbukti efektif secara medis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan membunuh tumor. Bahkan, beberapa macam kanker, seperti kanker kulit, kanker hati, kanker kolorektal, kanker prostat, dan tumor otak dapat diobati dan dicegah dengan asam lemak omega-3.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

D:\KULINA\JULI\pict\Meditation_Goleman.jpg

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan salmon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang lho. Karena kandungan asam lemak omega-3 tersebut bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), sehingga akan menurunkan resiko terjadinya peradangan pada tulang, dan akan membuat tulang menjadi lebih kuat.

5. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon tak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang saja lho, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan asam lemak omega-3 tersebut dapat meringankan sindrom mata kering dan gejala degenerasi makula yang berhubungan dengan usia, yang nantinya bisa menyebabkan kebutaan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon juga dapat meningkatkan drainase cairan intraokular dari mata, serta juga membantu mengurangi resiko glaukoma.

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jika ingin kesehatan kulitmu lebih terjaga, sebaiknya mulai konsumsi ikan salmon dari tangkapan liar, mengapa? Karena kandungan asam lemak omega-3 lebih tinggi dari ikan salmon yang dibudidayakan, serta juga mengandung antioksidan karotenoid astaxantin, yang dapat mengurangi efek dari kerusakan kulit akibat radikal bebas, yang bisa menyebabkan penuaan kulit. Dengan mengonsumsi ikan salmon hasil tangkapan liar, kulitmu akan lebih cerah, kenyal, serta juga akan lebih sehat.

7. Mengurangi Resiko Depresi

D:\KULINA\JULI\pict\depresi.jpg

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan salmon, sangat penting untuk struktur membran yang tepat pada otak dan dalam transmisi transmitter serotonin dan dopamin. Fungsi sehat dua transmitter tersebut berperan penting dalam kesehatan otak dan mencegah gejala depresi.

Berdasarkan studi yang diterbitkan oleh The Journal of Epidemiology & Community Health, seseorang yang mengonsumsi banyak ikan, beresiko 17% lebih kecil terkena depresi, daripada orang yang mengonsumsi sedikit ikan.

SEGUDANG NUTRISI IKAN SALMON DALAM SEGENGGAM SNACK

Kerjaan boleh numpuk, tapi jangan pelit buat kasih nutrisi tinggi untuk tubuhmu. Mengkonsumsi salmon jadi pilihan tepat disela-sela kegiatan super padat. Tapi gimana bisa menikmati menu salmon tanpa harus ke restoran mahal? Olahan ikan kaya nutrisi ini sekarang bisa kamu pesan di Kulina lho! Dalam segenggam snack rendah kalori dengan isian ragam olahan salmon, yak apalagi kalau bukan Onigiri! Snack khas Jepang hadir dengan segudang manfaat ikan salmon siap mengganjal perut laparmu~

[YUK, PESAN SEKARANG]

SUMBER:
https://www.idntimes.com/food/diet/eliza/manfaat-ikan-salmon-untuk-kesehatan-c1c2/full

5 Karakters Istimewa Mereka yang Lahir Bulan Juli

Teman, gebetan, atau pasangan kamu lahir bulan Juli?

Nah, untuk mengenalnya lebih dalam, kamu harus cari tahu dulu seperti apa dia sebenarnya. Memang setiap orang terlahir berbeda – kembar identik yang lahir dari rahim yang sama, pada hari dan waktu yang sama, tetap memiliki perbedaan karakteristik. Namun ada beberapa hal yang menjadi kualitas dasar pada mereka yang lahir di Bulan Juli. Apa saja? Yuk, simak bersama Kulina!

1. Bijaksana

Orang yang berulang tahun pada bulan Juli dikenal memiliki sikap kepedulian yang tinggi. Dia suka merenungkan banyak hal yang terjadi di hidupnya dan juga dianggap sangat bijaksana, sehingga tingkat kedewasaan orang yang lahir di bulan Juli kerap dianggap melampaui usianya.

2. Sayang Keluarga

Orang yang lahir di bulan Juli memiliki sifat yang sangat protektif terhadap keluarga dan orang yang dia cintai. Dia selalu mencoba untuk mencegah hal buruk terjadi pada orang yang dia sayangi dan juga berusaha untuk menyenangkan hati mereka.

3. Berbakat

Mereka yang lahir di bulan Juli terlahir sebagai orang yang berbakat, bahkan sangat sedikit orang yang bisa menyamai bakat mereka. Mereka juga diketahui sangat mencintai seni.

4. Motivasi

Orang yang lahir di bulan Juli memiliki motivasi yang besar untuk meraih tujuan hidup mereka. Mereka tidak membutuhkan motivator eksternal, seperti uang atau status, untuk mendorong mereka mencapai kesuksesan. Mereka lebih bergantung pada faktor-faktor intrinsik seperti aktualisasi diri.

5. Menawan

Orang yang lahir pada bulan Juli dikenal memiliki kepribadian yang menarik. Itu pulalah yang akhirnya membuat orang lain tertarik pada mereka. Mereka bahkan juga menjadi magnet bagi lawan jenis.

Apakah kamu juga kepincut mereka gara-gara faktor yang Kulina sebutkan di atas? Hayooo… ngaku… Nah berarti mereka akan berulang tahun pada bulan ini kan? Kamu mau kasih sesuatu yang spesial buat mereka kan? Uwuwuuww…

Kulina punya hadiahnya! Ada diskon 15% untuk pemesanan paket Event bagi mereka yang berulang tahun di Bulan Juli! Kamu bisa undang keluarga dan teman-teman dekat kalian untuk merayakan hari spesial ini bersama-sama.

Pemesanan paket event hanya minimal 10 pax. Ada banyak pilihan menu dan gratis ongkir juga! Apalagi yang kamu tunggu? Yuk, berikan sesuatu yang spesial untuk orang tersayang di Bulan Juli…

[CEK DISKON 15% BULAN JULI]