8 Kue Kering Khas Lebaran di Indonesia

Kulina - Kue Kering Lebaran

Banyak hal yang kita nantikan di waktu Lebaran, antara lain merayakan Hari Kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, berkumpul bersama keluarga, makan ketupat, hingga ngemil kue kering khas Lebaran yang biasanya hanya muncul satu tahun sekali!

Apa kue kering favoritmu?

Kue kering di setiap daerah di Indonesia bisa saja berbeda-beda, namun ada tiga yang biasanya selalu ada yaitu, nastar, kastangel, dan putri salju. Yuk, simak bersama kue kering apa saja yang ikonik muncul waktu Lebaran.

KUE KERING KHAS LEBARAN

1. Nastar

Kulina - Kue Kering Lebaran - Nastar

Nastar adalah kue berbentuk bulat dengan tekstur pulen dan warna kuning ke-emasan. Kata nastar berasal dari Bahasa Belanda ananas dan taart yang berarti nanas dan kue. Jadi nastar adalah kue nanas.

Memang sesuai dengan isiannya ya… Meski sekarang sudah banyak orang memodifikasi nastar dengan isian selai buah lain, namun isian utama yang pasti diingat semua orang adalah nastar isi selai nanas.

2. Kastengel

Kulina - Kue Kering Lebaran - Kastengel

Selain nastar, ternyata kue kering kastengel juga berasal dari Belanda, lho! Di Belanda penyebutannya menjadi Kaasstengels.

Kastengel terbuat dari adonan tepung terigu, telur, margain, dan keju sehingga kue kering satu ini memiliki dominan rasa asin dan gurih dari keju. Kastengel biasanya berbentuk persegi panjang dengan parutan keju yang sudah terpanggang kecoklatan di atasnya.

3. Putri Salju

Kulina - Kue Kering Lebaran - Putri Salju

Jika cita rasa utama asin sudah dipegang oleh kastangels, maka kue kering putri salju hadir bagi para pecinta manis!

Putri salju biasanya memiliki kue yang terbuat dari kacang mente dan berbentuk bulan sabit. Kue kemudian “dimandikan” dengan gula halus berwarna putih yang memberikan rasa manis. Gula halus berwarna putih yang seperti salju inilah yang membuatnya bernama putri salju. Putri salju memiliki tekstur yang renyah, namun kue dengan cepat akan meleleh ketika sudah masuk ke dalam mulut.

4. Sagu Keju

Tiga kue kering di atas menggunakan bahan dasar tepung terigu, namun kue kering satu ini menggunakan tepung sagu. Ya, sesuai namanya ini adalah sagu keju. Sagu keju meski sama-sama menggunakan keju seperti kastangel, namun memiliki hasil akhir yang lebih ringan dan lebih cepat lumer di mulut.

Kue sagu tidak hanya terbatas pada bahan dasar keju. Di beberapa daerah, kue sagu tidak menggunakan keju dan justru menambahkan santan ke dalam adonan. Kue sagu santan ini lebih dikenal dengan nama kue semprit atau kue Tegal.

Baca Artikel Serupa: Inspirasi Menu Sahur untuk Pekerja Banyak Aktivitas

5. Cokelat Corn Flakes

Corn Flakes yang biasanya jadi menu sarapan, ternyata bisa juga jadi camilan khas Lebaran yang sangat mudah dibuat!

Pertama siapkan cokelat batangan untuk dilelehkan, kemudian tuang lelehan cokelat ke dalam cup kertas yang sudah diisi dengan corn flakes. Ketika cokelat masih basah, taburkan hiasan bola-bola gula agar makin cantik lagi. Terakhir tinggal masukkan ke kulkas dan tunggu cokelat mengeras. Cokelat corn flakes siap dihidangkan!

Mudah sekali bukan?

Cokelat corn flakes biasanya paling disukai anak-anak.

6. Lidah Kucing

Kue kering satu ini memang memiliki nama yang unik. Kue lidah kucing memiliki bentuk oval, panjang, tipis, dan agak kasar sehingga diberikan nama yang sesuai dengan bentuknya.

Tahukah kamu? Kue lidah kucing ternyata memerlukan cetakan khusus untuk membuat bentuknya seperti itu. Saat adonan kue dituang ke dalam cetakan, bentuknya masih bulat memanjang dan akan melebar sehingga menjadi tipis dengan sendirinya saat proses pemanggangan. Wah… Menarik ya!

Kue lidah kucing biasanya hadir dengan warna kuning, namun ada juga yang menyajikan dengan warna lain bahkan tujuh warna pelangi sekaligus.

7. Kuping Gajah

Satu lagi kue kering dengan nama hewan yang unik hadir di waktu Lebaran, apalagi kalau bukan Kuping Gajah! Kuping Gajah berbentuk bulat dengan motif spiral warna cokelat dan putih di dalamnya.

Kuping Gajah merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang dipercaya berasal dari daerah Jawa Tengah. Kuping Gajah menghadirkan rasa manis yang tidak terlalu kuat sehingga disukai oleh berbagai kalangan usia.

8. Stik Bawang

Stik bawang memang tidak khusus muncul saat Lebaran, namun tetap cukup banyak hadir dan disajikan di rumah orang-orang yang sedang merayakan Lebaran.

Stik bawang ternyata bisa dibuat dengan berbagai macam jenis tepung mulai dari tepung terigu, tepung tapioka, hingga tepung ketan. Stik bawang memiliki bentuk panjang lurus dengan bagian dalam yang kosong sehingga sangat renyah saat dimakan.

Stik bawang biasanya menambahkan cincangan daun bawang dan seledri untuk mempercantik warnanya, tidak hanya polos kecokelatan namun ada bintik-bintik hijau yang menggugah selera.

Di rumah kamu sudah ada kue kering yang mana?

Selamat Merayakan Lebaran ya!

3 Resep Kue Bertema Halloween Bebas Gula

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Woohoo Halloween is coming! Akhir bulan tak selalu jadi hari yang ditunggu-tunggu, tapi kalau ada kue-kue unik selama Halloween berlangsung, siapa yang gak pingin sih?

Yuk, mulai rancang acara akhir bulanmu dari sekarang. Mau bikin Pesta Halloween di rumah bareng keluarga atau bawa potluck dan rayain bareng teman sekantor, asik juga lho guys!

Eits, tapi mungkin ada salah satu kolegamu yang menghindari makanan manis nih. Jangan dibikin tengsin, yuk bikin Halloween mu makin meriah pakai resep kue halloween bebas gula berikut ini. Make it as thrilled as your creativity wander!

1. Grandma Finger Biscuit

1. Kue Halloween Bebas Gula - Grandma Finger Biscuit
Kue Halloween Bebas Gula – Grandma Finger Biscuit

Bahan-bahan:

  • 1 gelas mentega tawar, lelehkan
  • 1 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak almond
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 ¾ gelas tepung serba guna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh garam
  • ¾ gelas kacang almond
  • 1 tabung gel dekorasi yang aman dikonsumsi
  • Tusuk gigi
  • Selai strawberry

Cara membuat:

  1. Campurkan mentega, telur, ekstrak almon, dan vanila ke dalam mangkuk besar.
  2. Setelah tercampur rata, tambahkan tepung serbaguna, baking powder, dan garam.
  3. Tutup rapat mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
  4. Setelah itu, ambil porsi kecil dalam adonan dan bentuk sesuai jari manusia.
  5. Ambil almon dan tekan bagian ujung adonan jari untuk memberikan efek kuku. Untuk hasil yang lebih bagus, tekan di bagian tengah untuk menghasilkan efek tulang buku jari, serta gunakan tusuk gigi untuk membuat sedikit goresan.
  6. Susun semua adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti, kemudian panggang dengan suhu 160 derajat Celsius selama 20-25 menit.
  7. Biarkan biskuit dingin selama tiga menit. Setelah itu, keluarkan almond dari masing-masing biskuit jari.
  8. Berikan selai stroberi pada setiap bagian kuku, kemudian tempelkan kembali almon untuk menghasilkan efek kuku berdarah.

2. Cracked from Hell Boiled Eggs

2. Kue Halloween Bebas Gula - Cracked from Hell Boiled Eggs
Kue Halloween Bebas Gula – Cracked from Hell Boiled Eggs

Bahan-bahan:

  • Telur ayam secukupnya
  • Pewarna makanan, biru gelap atau ungu
  • Air mendidih

Cara memasak:

  1. Rebus telur selama lima menit.
  2. Pecahkan kulit telur perlahan tanpa mengupasnya.
  3. Masukkan telur ke dalam mangkuk berisi air.
  4. Tuang pewarna makanan ke dalam mangkuk.
  5. Aduk dan biarkan selama 2-3 jam.
  6. Cek warnanya, kalau kurang gelap, kamu bisa menambahkan pewarnanya.
  7. Kupas dan sajikan telur.

3. Spicy Bat Tortillas 

3. Kue Halloween Bebas Gula - Spicy Bat Tortillas
Kue Halloween Bebas Gula – Spicy Bat Tortillas

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh bubuk cabai
  • ¼ sendok teh garam
  • 4 sendok makan mentega, dilelehkan
  • 2-3 lembar tortilla

Cara membuat:

  1. Potong tortilla dengan bentuk kelelawar atau gunakan cetakan supaya lebih mudah. Satu lembarnya bisa menghasilkan 6-8 potongan kelelawar.
  2. Siapkan loyang yang dilapisi dengan kertas roti. Lalu, panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celsius.
  3. Sambil menunggu oven panas, campur bubuk cabai, garam dan mentega leleh di dalam wadah. Lapiskan campurannya ke salah satu sisi tortilla kelelawar.
  4. Ulangi pada sisi lain tortilla dengan campuran bumbu diatas. Setelah itu, tata tortilla ke loyang.
  5. Panggang di dalam oven selama 10 menit atau hingga tortilla matang.
  6. Keluarkan dari oven, dinginkan dahulu sebelum kamu santap.

Wih ini sih antara lucu atau serem ya? Xixi~

Save the date, save the recipes either!


KIRIM HAMPER LEBARAN-MU DENGAN KULINA

Tak terasa sebentar lagi menuju penghujung bulan ramadan. Momen untuk dapat berkumpul bersama kolega maupun keluarga jadi hal yang paling ditunggu. Namun untuk beberapa orang, kesempatan ini mungkin belum bisa didapatkan. Beberapa orang masih harus berjarak dengan mereka yang disayang. Nah, untuk mendekatkan diri kembali dengan teman, kolega, atau keluarga terkasih bisa dengan memberi kejutan-kejutan spesial. Sespesial bingkisan kue nan cantik – atau hamper, bisa jadi jalan sakti mu dalam menjaga silaturahmi lho~

Salah satu alasan seperti keterbatasan waktu, biasanya akan cukup merepotkan untuk menemukan bingkisan yang tepat. Tepat dari segi rasa, tampilan, maupun harga. Untuk menjawab keresahan kalian, Kulina punya paket hampers super lengkap. Lengkap apanya sih? Cekidot~

Keunggulan Paket Hamper Kulina

1. Dibuat Langsung oleh Local Baker dan Cakery Expert

Contohnya, ada bakery artisans dari Nata Cake, Mama John dan Cait n Becs. Selain rasa yang terjamin nikmat dan higienis, di Kulina kalian bakal nemuin thematic hampers. Dari yang bernuansa elegan, colorfull, dan yang dikemas dengan warna-warna netral juga ada! Gak perlu lagi repot bungkus bingkisan lagi kan, guys. Praktis, tinggal menyesuaikan selera maupun kerabat yang akan menerima hadiah.

2. Banyak Pilihan Jenis Kue Sesuai Budget

Range harga yang beragam, sesuai dengan pilihan paket hamper, bisa kalian temukan di sini. Mulai dari Rp 200.000an aja, udah bisa kalian pesan lho.

Dari hamper yang paling minimalis berisi 2 jenis kue kering sampai hamper dengan banyak jenis kue juga ada!

3. Tidak Perlu Repot Kirim Sendiri

Setelah pilah-pilih hampers paling tepat, kalian tinggal pesan, isi alamat penerima, bayar, dan tinggal tunggu hampers-mu tiba dan diterima kolega atau kerabat kamu. Anti bikin kantong jebol, soalnya biaya hampers yang kalian pesan udah termasuk ongkos kirim!

Hemat waktu, hemat tenaga.

Kuy, buruan kepo-in hampers Kulina di sini. Hari ini masuk ke hari terakhir pemesanan loh! Pesan sekarang dan tinggal tunggu komentar kolega atau keluarga terkasih, deh~

[LIHAT PILIHAN HAMPERS]

Merawat relasi dan menyebar kebaikan lebih asik bareng Kulina!

6 KUE KHAS LEBARAN DI INDONESIA

Lebaran sebentar lagi~

Persiapan untuk menyambut hari lebaran tentunya harus disiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Selain mempersiapkan hati bersih, tak lupa baju baru, dan satu lagi yang tak dapat dipisahkan dari tradisi Hari Raya, kue kering khas Lebaran. Beberapa penghuni toples ini menjadi khas dan krusial untuk disajikan. Datang dengan beragam ekspektasi, harap maklum ya kalau toples kue tiba-tiba menjelma rengginang~

Sebelum runtuh ekspektasi para tamu, Kulina akan membahas beragam macam-macam kue kering yang menjadi syarat jelang hari raya Lebaran. Berikut adalah 6 jenis kue kering khas Lebaran buat Kulinas.

1. Nastar

kue-nastar-selai-nanas

Nama Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berati nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

2. Kastangel

kastengel-gurih

Kastengel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang berarti keju. Jadi bagi Anda para pecinta keju, rasa gurih dan asin dalam kue kastangel pasti akan membuat ketagihan.

Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal, maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel.

3. Putri Salju

maxresdefault

Kue kering satu ini namanya terbilang unik. Nama putri salju sendiri diambil karena kue ini berwarna putih yang berasal dari taburan gula halus. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit.

4. Lidah Kucing

Lidah-Kucing-pangananenak

Diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Lidah kucing sendiri masuk ke Indonesia saat masa koloni belanda. Kue ini juga banyak ditemui saat hari raya Idul Fitri.

5. Biji Ketapang

Resep-Biji-Ketapang

Tak ketinggalan juga kue khas Betawi asli yaitu biji ketapang. Dinamai biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang. Rasa dari kue ini renyah, manis dan sedikit asin. Pembuatan biji ketapang juga terbilang mudah, karena tak perlu menggunakan oven, hanya digoreng saja.

6. Kue Semprit

Resep-Cemilan-Nikmat-Kue-Semprit-Panggang

Nah, kue ini juga selalu berada di jajaran kue kering khas lebaran dan tidak pernah absen. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. Yang paling khas dari kue ini adalah topping choco chips atau selai di atasnya.

Gimana udah ada gambaran mau menghias isian toples dengan macam-macam kue kering apa aja? Atau malah keburu hectic dengan urusan kerjaan yang menumpuk di pertengahan tahun dan segala planning mudik nanti?

Kulina bersama beberapa local baker and cakery expert berkolaborasi siap meriahkan Lebaranmu.

Pilihan jenis kue kering dengan exclusive thematic packaging bisa kalian pesan dalam Ramadan Hampers Kulina. Lebih ekonomis juga praktis, karena hamper ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian lho Kulinas.

[CEK ADA KUE APA SAJA]

SUMBER:
http://www.inspirasibaking.com/7-jenis-kue-kering-khas-jelang-hari-raya-lebaran/