Kamu Sering Hangatkan Makanan Sisa Semalam?

Hati-hati Tidak Semua Makanan Aman!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Kebiasaan hangatkan makanan sisa semalam mungkin menjadi salah satu cara untuk lebih irit. Selain karna alasan ekonomis, cara ini juga jadi pilihan karena alasan praktisnya. Menghangatkan ulang makanan sisa semalam di atas kompor atau microwaves akan membuat makanan makin nikmat untuk disantap. 

Tapi apakah semua jenis makanan baik, jika disimpan untuk kemudian dihangatkan kembali? Biar gak salah cara alih-alih malah bikin sakit perut, tips sehat untuk konsumsi makanan sisa semalam berikut ini bisa kalian terapkan sendiri ya!

1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur Rebus

1. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Telur
1. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak metode olah. Salah satu yang cukup praktis adalah dengan merebusnya. Telur yang telah direbus dalam keadaan dikupas (atau pun belum) tidak direkomendasikan untuk dihangatkan kembali dengan merebus atau dengan microwaves ya. Pasalnya, memanaskan telur dapat menimbulkan zat berbahaya berupa racun. Selain itu, jika memanaskan telur di dalam microwaves, akan memberikan tekanan kelembaban di dalam telur, sehingga membuat telur ini meledak. 

Tips hangatkan makanan ulang untuk telur rebus adalah memotong telur menjadi beberapa bagian sebelum menghangatkannya ke dalam microwaves. Upaya ini bermaksud untuk mengantisipasi potensi ledakan pada telur.

2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

2. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Olahan
2. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Olahan

Produk daging olahan termasuk jajaran sumber protein favorit. Hal ini didukung oleh bahan kimia dan pengawet yang terkandung di dalamnya, sehingga memperpanjang masa konsumsi. 

Namun, menghangatkan daging olahan terutama menggunakan microwaves dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Kandungan kolestrol dalam daging olahan akan teroksidasi selama proses penghangatan dalam microwaves. Demikian zat tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging olahan dengan kompor, usahakan hanya memanaskannya satu kali. Hal ini baik untuk mengurangi kemungkinan oksidasi yang semakin tinggi.

3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

3. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Nasi
3. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Nasi

Serius nih, nasi?

Menyimpan nasi sisa semalam di dalam kulkas sangat sering dijumpai. Padahal nasi yang terlalu lama disimpan maupun dalam penyimanan yang kurang tepat dapat memicu timbulnya bakteri Bacillus Cereus. Memanaskan nasi dengan microwave atau ditanak kembali di atas dandang memang dapat membunuh bakteri tersebut.

Sayangnya, spora dalam nasi lebih tahan akan daya panas, sehingga ada kemungkinan dapat meracuni tubuh. Tips hangatkan makanan ulang untuk nasi agar tetap layak untuk dikonsumsi bisa dengan menyimpannya dalam rice cooker. Selain panasnya stabil, kebersihannya juga terjamin karena didesain agar dapat tertutup rapat.

4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

4. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daging Ayam
4. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daging Ayam

Daging ayam sendiri merupakan daging yang mengandung kontaminasi bakteri Salmonella. Hal ini menjadikannya salah satu makanan yang lebih rawan tercemar, setelah dihangatkan kembali. Sebelum menyimpan daging tersebut, pastikan mengolah daging ayam sampai matang ke dalam tulang. 

Jika hendak menyimpannya di dalam kulkas, gunakan wadah yang tertutup rapat, sehingga meminimalisir tercemar bakteri lainnya. Begitu pula dengan proses menghangatkannya.

Tips hangatkan makanan ulang untuk daging ayam jika menggunakan microwaves, pakai wadah dengan label microwave safe. Tips ini baik untuk bahan makanan yang dihangatkan maupun faktor keamanan alat itu sendiri. 

Potong-potong ayam menjadi bagian yang lebih kecil ketika menghangatkannya, agar daging ayam bisa benar-benar panas sampai ke bagian tulang. Hal ini baik dilakukan agar bakteri sepenuhnya mati.

5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

5. Kulina Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang - Daun Hijau
5. Makanan Berbahaya Dihangatkan Ulang – Daun Hijau

Sayuran berwarna hijau lebih rentan terhadap pembusukan bila disimpan terlalu lama. Namun, terkadang hal menyimpanan sayuran hijau sulit untuk dihindari. Tips agar kandungan nutrisinya terjaga, coba panaskan sayuran hijau menggunakan kompor alih-alih menggunakan microwaves. Pasalnya, memanaskan sayuran hijau di dalam microwaves malah akan meningkatkan nitrat yang mana akan berubah menjadi nitrosamine. Senyawa ini akan berubah menjadi racun karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker bagi tubuh.

Tips hangatkan makanan ulang untuk sayuran adalah gunakan api kecil pada kompor. Dengan kecilnya api kompor, waktu masak sayur akan lebih lama, sehingga hidangan tak terlalu masak atau bahkan sampai hilang nutrisi.

Kalau kamu mengerti hidangan apa yang kalian simpan dan bagaimana cara yang baik mengolahnya kembali, tentu menghangatkan ulang sisa makanan semalam jadi tetap aman. So, tetap cerdik mengelola makanan agar lebih ekonomis nantinya ya, Kulinas!

Atau kamu juga bisa beli makan hanya ketika kamu hendak makan dengan porsi sekali makan. Tenang, kamu gak perlu takut boros karena kalau kamu pesan makanan di Kulina, ada beragam variasa harga yang bisa kamu sesuaikan dengan kantongmu sendiri. Dan yang lebih penting dari itu, semua menu Kulina fresh dimasak langsung dari dapur pilihan, lalu diantarkan langsung ke alamat kamu tanpa tambahan ongkos kirim.

UDAH HEMAT, SEHAT LAGI!

[YUK, CEK MENU KULINA]





Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Walaupun kesibukan dan rutinitas pekerjaan super hectic, makan siang menjadi salah satu momen yang tak boleh terlewatkan. Buat kalian yang sibuk bekerja dari rumah maupun dari kantor, jangan sampai abai dengan makan siang teratur. Nutrisi tubuh yang tak terpenuhi, akhirnya bikin tubuh cepat lelah. Kalau sudah begini, bisa bikin performa kurang maksimal bahkan bikin produktifitas menurun.

Bebas Atur Rencana Makan dengan Fitur Baru Kulina!

Katanya sih, tak ada logistik bikin tak ada logika.

Hmm, berasa lagunya siapa gitu ya gengs? Hehehe~

Makan siang teratur bagi sebagian pekerja bisa jadi hanyalah mitos belaka. Pasalnya, selain dikejar kewajiban pekerjaan, untuk datang mengantri di kafetaria, kantin, resto, maupun warung terdekat perlu usaha ekstra. Dimana alasan-alasan tersebut menjadi faktor yang paling bikin mager alias males gerak! Kebayang kan kudu beresin kerjaan, turun dari lantai sekian, belum lagi menunggu antrian pesanan. Bisa-bisa waktu istirahatmu habis di jalan dan buat nunggu~

Lauk ikan pindang,
Minumnya es blewah. 
Ribet mau makan siang?
Pesen di Kulina ajah~

Bikin makan siangmu lebih seru, soalnya pesen makan di Kulina itu anti-bosan. Setiap hari, ada 1000 menu ((hail to the menu)) yang siap buat memenuhi mood harianmu. Mulai dari makanan berat ala Western, selera Nusantara, hingga Timur Tengah. Khusus buat kalian yang lagi ada program diet, pas banget nih soalnya Kulina sedia menu plant based diet sampai keto diet juga ada. Eits, belum kenyang? Ada lagi makanan kecil dan pencuci mulut biar makin puas!

Cus, langsung akses website Kulina lewat smartphone kamu. Semua pesananmu bisa dateng tepat di jam makan siang. Makananmu diantar sampai kantor tanpa tambahan biaya ongkir. Selain itu rencana makan siangmu makin fleksibel karna ada fitur terbaru dari Kulina. Salah satunya pakai fitur pesan Mix & Match.

Apa aja sih keunggulan baru fitur ini, yuk kulik bareng-bareng!

1. Pilih Opsi Pesanan Satuan

Sekarang Kulina punya dua opsi pilih pesanan. Mau pesen dalam paket bisa, mau pesan Satuan? Bisa banget! Dengan fitur baru dari Kulina ini, mau pesen satuan pun akan dilayani lho guys! Kalau begini caranya bisa jadi makan sehatmu tetap on the budget deh!

2. Pilih Tanggal dan Hari Makanan Hendak Diantarkan

Step kedua, tentukan tanggal berapa pesananmu hendak diantarkan. Cukup fleksibel, soalnya kamu bisa banget skip tanggal atau atur aja tanggal kalian akan merencanakan makan siang di kantor. Easy!

3. Tentukan Menu Makananmu

Paling utama nih, makan apa ya hari ini? Udah lah kamu gak usah pusing lagi, karena apa yang kamu mau? Ada di Kulina! Kulina telah berkolaborasi dengan 80 vendor lokal untuk menyediakan 1000 rancangan menu yang tersedia setiap harinya.

4. Tentukan Jumlah Pesananmu

Next step is to mention how many box you need to lift up your spirit well. Tepat di bawah menu makanan akan ada pilihan jumlah makanan yang kamu butuhin. Dengan memesan makanan sesuai jumlah kebutuhan, kalian akan ikut berpartisipasi dalam mengurangi food waste!

5. Checkout dan Nikmati deh!

To make sure, cek ulang pesanan kalian yaps. Last but not least is to checking out! Tinggal bayar dan tunggu makanan kalian diantar sampai ke kantor mu. Simple!

Tutorial Penggunaan Fitur Baru Kulina

[COBA FITUR BARU KULINA]

Rahasia Nasi Kuning Yang Kamu Belum Tahu

C:\Users\Owner\Downloads\timthumb.jpg

Filosofi di Balik Warna Nasi Kuning

Nasi kuning, makanan yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Selain rasanya gurih, nasi ini juga diberi bumbu kuning dari rempah kunyit. Biasa dihidangkan dalam acara syukuran maupun acara perayaan lainnya.

Meski sudah jadi tradisi menghidangkan makanan ini dalam tiap perayaan, pernah gak sih kalian notice apa makna warna kuning dari nasi? Dari filosofinya sendiri, dalam tradisi Indonesia terutama Jawa, warna kuning ini serupa dengan emas yang mana memiliki makna kekayaan. 

Selain warna, nasi kuning kerap kali dibentuk kerucut serupa gunung atau biasa disebut tumpeng. Bentuk ini merupakan simbol dari kemakmuran dan moral hidup yang luhur. Tumpeng nasi kuning biasa disajikan bersama beragam lauk pauk seperti kering tempe, telur, abon, juga beragam pelengkap lainnya.

Berdasarkan kepercayaan atas dihidangkannya nasi kuning, harapannya akan membawa kemakmuran hidup karena banyak berkah kekayaan melimpah. Makna dari nasi kuning yang cukup luhur, menjadi sah ketika masakan ini hadir sebagai sajian utama di acara syukuran, ulang tahun, maupun acara berbahagia lainnya. 

Asal muasal nasi kuning sendiri sebenarnya dari dataran Jawa. Namun tradisi ini telah menyebar ke seluruh Indonesia. Seperti di Bali, warna kuning termasuk satu dari keempat warna sakral menurut kepercayaan masyarakat setempat. Nasi kuning wajib digunakan sebagai simbolisasi dalam perayaan Upacara Kuningan.

Manfaat Rempah Kunyit

Warna kuning pada nasi kuning berasal dari bumbu dasar yang ikut dimasak saat menanak nasi. Bumbu tersebut adalah kunyit. Tak hanya menjadikannya menarik, kunyit yang memberikan warna kuning pada nasi kuning juga kaya manfaat lho. Apa aja sih kegunaannya? Yuk kita simak!

1. Mengobati Maag

Maag muncul karena dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori. Bisa disebabkan dari konsumsi obat anti nyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.Berdasarkan penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek kurkumin dalam kunyit mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut. Hal ini terbentuk dari meningkatkan produksi lendir di dinding lambung.

2. Mengendalikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, gak ada salahnya mulai mengkonsumsi kunyit demi menjaga gula darah tetap stabil. Beberapa penelitan telah menunjukkan khasiat kunyit yang berhasil menstabilkan gula darah sehingga membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Hal ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

3. Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 memperlihatkan kunyit mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

Potensi ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerja otot pencernaan. Selain masalah diare karena IBS, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi diare yang diakibatkan oleh keracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare.

4. Mengempiskan Perut Kembung

Buang gas atau kentut adalah tanda pencernaanmu baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Tandanya ada yang salah dengan perut kalian. Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

Tumpeng
Nasi Kuning
Punya Kulina

Semakin mudah, pesan tumpeng nasi kuning dengan beragam lauk pauk hanya di Kulina. Soalnya kalian bisa sesuaikan dana dan selera, tanpa takut boros karena bocor di ongkos kirim. Lebih hemat pesan nasi kuning di Kulina Event soalnya ada diskon 15% khusus buat kalian yang berulang tahun di bulan Juli! Yuk share info ini ke teman atau kolegamu yang berulang tahun bulan Juli, siapa tahu kan bisa dapet jatah traktiran xixixi~

[CEK DISKON 15% BULAN JULI]

SUMBER:

http://www.pubinfo.id/berita-makna-dan-sejarah-nasi-kuning-doa-baik-dari-tradisi-jawa.html
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan/

Sejarah Nasi Tumpeng untuk Acara Spesial

Nasi Tumpeng adalah cara penyajian nasi yang berbentuk kerucut dan ditata bersama dengan lauk-pauknya. Olahan nasi untuk nasi tumpeng, umumnya berupa nasi kuning, atau kerap juga digunakan nasi putih biasa dan nasi uduk. Masyarakat di Pulau Jawa, Bali, dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau merayakan suatu peristiwa penting, seperti perayaan kelahiran atau ulang tahun serta berbagai acara syukuran lainnya. Meskipun demikian, masyarakat Indonesia sudah mengenal nasi satu ini secara umum.

Tradisi Nasi Tumpeng

Falsafah tumpeng berkait erat dengan kondisi geografis Indonesia, terutama pulau Jawa yang dipenuhi jajaran gunung berapi. Tumpeng berasal dari tradisi purba masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para hyang, atau arwah leluhur (nenek moyang). Setelah masyarakat Jawa menganut dan dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu, nasi yang dicetak berbentuk kerucut dimaksudkan untuk meniru bentuk gunung-gunung yang mereka anggap suci, sebagai tempat bersemayam dewa-dewi.

Lalu setelah Islam masuk ke Jawa, tradisi tumpeng diadopsi dan dikaitkan dengan filosofi Islam Jawa – yang dianggap sebagai pesan leluhur mengenai permohonan kepada Yang Maha Kuasa. Pada masyarakat Islam tradisional Jawa, tumpeng disajikan dengan sebelumnya digelar pengajian Al Quran. Menurut tradisi Islam Jawa, “Tumpeng” merupakan akronim dalam bahasa Jawa: 

yen metu kudu sing mempeng

Yang berarti: bila keluar harus dengan sungguh-sungguh.

Dari akronim tersebut dapat kita lihat bahwa tumpeng adalah representasi yang menggambarkan tekad seseorang ketika akan melakukan sesuatu agar tidak ragu-ragu. Kepercayaan diri dalam mengambil keputusan adalah sesuatu yang sangat penting, oleh karena itu harus dipikirkan dengan sebaik mungkin.

Lauk-Pauk Nasi Tumpeng

Tidak ada yang benar-benar mengatakan lauk-pauk resmi untuk nasi tumpeng adalah makanan tertentu. Namun umumnya, untuk melengkapi makna nasi tumpeng, disediakan pula 7 macam lauk-pauk antara lain ayam suwir, telur dadar, kering tempe, perkedel kentang, urap kacang panjang, timun, dan sambal.

7 Macam lauk-pauk ini memiliki arti tersendiri yaitu, pemilihan angka 7 atau dalam Bahasa Jawa disebut pitu, maksudnya Pitulungan (pertolongan).

Penggunaan Nasi Tumpeng

Tumpeng merupakan bagian penting dalam perayaan kenduri tradisional. Perayaan atau kenduri adalah wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa atas melimpahnya hasil panen dan berkah lainnya. Karena memiliki nilai rasa syukur dan perayaan, hingga kini tumpeng sering kali berfungsi menjadi kue ulang tahun dalam perayaan pesta ulang tahun.

Dalam kenduri, syukuran, atau slametan, setelah pembacaan doa, tradisi tak tertulis menganjurkan pucuk tumpeng dipotong dan diberikan kepada orang yang paling penting, paling terhormat, paling dimuliakan, atau yang paling dituakan di antara orang-orang yang hadir. Ini dimaksudkan untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang tersebut. Kemudian semua orang yang hadir diundang untuk bersama-sama menikmati tumpeng tersebut. Dengan tumpeng masyarakat menunjukkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan sekaligus merayakan kebersamaan dan kerukunan.[

Acara yang melibatkan nasi tumpeng disebut secara awam sebagai ‘tumpengan’. Di Yogyakarta misalnya, berkembang tradisi ‘tumpengan’ pada malam sebelum tanggal 17 Agustus atau Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, untuk mendoakan keselamatan negara.

Perkembangan Nasi Tumpeng

Nah, seiring perkembangan jaman, nasi tumpeng terus digunakan masyarakat untuk acara spesail baik secara spesail atapun modern. Apa maksudnya modern? Jadi nasi tumpeng mendapat lebih banyak sentuhan variatif pada penyajiannya.

Nasi tumpeng tidak hanya memakai nasi kuning atau nasi putih, namun bisa juga menggunakan nasi merah atau bahkan nasi daun jeruk. Selain itu, nasi tumpeng tidak lagi selalu disediakan besar untuk dimakan bersama-sama, namun juga disajikan nasi tumpeng berbentuk segitiga kecil-kecil untuk porsi satu orang. Jadi pada sebuah acara, setiap orang akan mendapat nasi tumpengnya sendiri, sehingga mereka dan memanjatkan doa dan memohon menurut kepercayaan masing-masing.

Nasi Tumpeng Kulina

Daaannn kalau kamu baca artikel ini karena lagi cari info seputar nasi tumpeng untuk hari spesial a.k.a hari ulang tahunmu… Kamu ada di tempat yang tepat!

KHUSUS BULAN JULI

Kulina memberikan diskon 15% untuk paket event, bagi kamu-kamu-kamu yang berulang tahun di Bulan Juli! Syarat-syaratnya gampang kok, salah satunya tentu saja, sertakan foto kopi kartu identitas yang menunjukan bahwa BENAR kamu lahir di Bulan Juli.

Informai selengkapnya, klik tautan di bawah ini ya.

[CEK DISKON 15% BULAN JULI]

Tunggu apalagi? Yuk, rayakan hari spesial ulang tahunmu bersama nasi tumpeng Kulina!

SUMBER:
https://www.charlestonarttours.com/sejarah-singkat-nasi-tumpeng-dan-kegunaannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tumpeng

Bikin Acara Makin Berkesan dan Ramah Lingkungan? Pakai Besek Jadi Solusi Tepat!

Sejarah Besek

Pernah mendengar acara Kenduri atau Slametan? Umumnya bagi masyarakat Jawa kegiatan ini sudah menjadi tradisi turun menurun. Kenduri atau yang lebih dikenal dengan sebuatan Slametan atau Kenduren (sebutan Kenduri bagi masyarakat Jawa) telah ada sejak dahulu sebelum masuknya agama ke Nusantara. Kenduri merupakan sebuah acara berkumpul dan perjamuan makan untuk memperingati peristiwa atau meminta berkah.

Ketika disitu ada Kenduri, disitu pula disajikan sebuah nasi tumpeng dan makanan dalam besek untuk para tamu undangan. Besek menyerupai keranjang kecil yang terbuat dari bambu maupun daun pandan kering yang dianyam sehingga membentuk kotak persegi. Sebuah besek juga disertai dengan penutupnya, sehingga umum digunakan untuk kotak makanan. Mengingat teknik anyaman yang digunakan, besek memiliki celah-celah kecil yang membuat udara dapat keluar masuk. Inilah yang membuat makanan yang ada di dalam besek menjadi tidak cepat basi.

For your information nih Kulinas, kalau di daerah Kuningan, Cirebon ada yang menyebut besek dengan nama Pipiti dan Totombo. Lain cerita di kabupaten Majalengka, Jawa Barat, besek dikenal dengan nama Kempluk. Walaupun banyak sebutan di beberapa daerah, fungsinya tetap sama, sebagai wadah kudapan atau nasi beserta lauk pauk untuk dibagikan atau dibawa pulang ketika ada acara atau hajatan.

Sisi Ramah Lingkungan Besek

D:\KULINA\APRIL\pict\42-18260830edit.jpg

Bicara soal acara, pasti akan ada sejumlah tamu yang harus dijamu. Coba bayangin deh, dalam satu paket makanan untuk satu orang tamu, ada berapa banyak packaging yang digunakan? Misalkan ada tempat makan berbahan sterofoam maupun sendok dan garpu, semuanya itu mengandung bahan dasar plastik. Belum lagi dalam satu paket ini nantinya akan dilipatgandakan sesuai jumlah tamu yang diundang. Dan peralatan makan tersebut termasuk peralatan makan yang hanya sekali pakai. Duh! Sudah cukuplah Indonesia memperoleh predikat terbesar kedua penyumbang sampah plastik di lautan! Saatnya beralih menggunakan peralatan makan yang memiliki standar eco-friendly agar dapat hancur dan terurai oleh organisme hidup lainnya. Untuk itu Kulina ada ide kreatif yang selain ramah lingkungan juga bakalan bikin acaramu makin berkesan.

Pemanfaatan Besek untuk Acara

Salah satunya ada di Kulina Event. Penyajian unik dengan besek jadi alasan tepat untuk membuat acaramu makin anti-mainstream. Berangkat dari budaya lama yang mungkin sudah mulai ditinggalkan, Kulina hadirkan kembali dengan variasi menu masakan Nusantara. Mulai dari menu simple sampai menu paling komplit, seperti Nasi Liwet Solo Special, Tumpeng Mini Nasi Daun Jeruk, sampai Nasi Berkat juga ada. Banyak dan sedikit makanan pelengkap dalam satu menu juga akan menyesuaikan budget dan pastinya selera tamu Kulinas.

Mari lebih berkesadaran dalam mengkonsumsi. Buktikan kalau generasi millenial adalah konsumen bijak, cerdas, dan tetap peduli dengan lingkungan sekitar!

[Pesan Kulina Event Sekarang]

Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kenduri#cite_note-w-2
http://travel.tribunnews.com/2016/10/03/besek-bambu-ini-keunggulan-kerajinan-tradisional-yang-masih-eksis-hingga-ekspor-luar-negeri
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160222182308-277-112685/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-dua-dunia

Jadi Dapur Mitra Kulina Sekarang, Untung Tak Terhingga Kemudian

Membangun sebuah usaha kuliner membutuhkan komitmen dan tenaga ekstra. Selain meningkatkan penjualan, menarik perhatian pelanggan lewat brand awareness menjadi sangat krusial bagi jalan hidup bisnis ini. Untuk mewujudkan segala target tersebut,

Anda tidak perlu resah.

Kulina hadir memberikan penawaran menarik untuk kelanjutan usaha Anda. Secara khusus, Kulina merupakan marketplace untuk restoran dan katering, melayani pengantaran ke seluruh area Jakarta dengan bermacam-macam variasi menu.

Apa saja keuntungan menjadi Dapur Mitra Kulina?

1. Kesempatan untuk Memperluas Usaha Katering atau Restoran Anda

Jangkauan pengiriman Kulina yang sudah meliputi seluruh area Jakarta membuat ekspansi bagi katering atau restoran Anda lebih mudah.

2. Tidak Perlu Memikirkan Manajemen Pesanan dan Layanan Pelanggan

Manajemen pesanan dan layanan pelanggan bagi katering Anda akan diurus oleh account executive kami sehingga Anda bisa fokus memasak masakan yang nikmat.

3. Harga Beli Konsumen Lebih Murah

Dengan ongkos pengiriman yang lebih rendah, konsumen dapat menikmati produk Anda dengan harga yang lebih murah.

4. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Lebih dari 10.000 orang mengunjungi situs Kulina setiap harinya. Brand Anda akan memiliki kesempatan untuk lebih dikenal publik setelah berjualan di Kulina.

5. Prediksi 0rder Harian Agar Katering Atau Restoran Bisa Lebih Hemat

Katering atau restoran Anda dapat membeli bahan makanan sesuai dengan jumlah order yang ada sehingga lebih hemat dan dapat mengurangi food waste.

Kesempatan ini sangat disarankan bagi pengusaha katering maupun restoran yang ingin memaksimalkan dapur. Lebih lanjut, Anda dapat bermitra dan bergabung dengan Kulina jika termasuk dalam kategori usaha kuliner sebagai berikut.

Katering Besar

Katering Anda memiliki kesempatan ekspansi area pengiriman serta tak perlu lagi repot dengan manajemen order.

Katering Rumahan

Selain tidak perlu repot dengan manajemen order, brand awareness katering Anda juga akan meningkat.

Restoran Besar

Anda dapat mengoptimalkan kapasitas dapur yang tidak terpakai di pagi dan sore hari.

Restoran Baru

Brand awareness restoran Anda akan meningkat dan Anda dapat mengoptimalkan kapasitas dapur.

Kafe atau Rumah Makan

Anda dapat mengoptimalkan kapasitas dapur yang tidak terpakai serta meningkatkan penjualan produk Anda.

Bila usaha Anda termasuk salah satunya, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri menjadi mitra Kulina. Caranya mudah, hanya cukup melakukan tahapan-tahapan berikut:

1. Registrasi

Gabung menjadi mitra dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang ada di laman registrasi.

2. Validasi Dapur dan Food Test

Kami hanya memilih mitra terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, tim kami akan memvalidasi data setiap mitra dan melakukan food test untuk memastikan kualitas.

3. Negosiasi Harga dan Penandatanganan Kontrak

Tim kami akan menghubungi Anda untuk proses negosiasi harga, paling lambat dalam kurun waktu 24 jam setelah dilakukan food test.

Selamat datang di Kulina!

Katering atau restoran kamu sudah selesai dengan proses onboarding dan siap untuk memasak masakan enak bagi perut-perut lapar warga Jakarta!

Bermitra tak pernah semenyenangkan ini. Kalau begitu, tidak ada alasan untuk tidak bermitra dengan Kulina kan?

GABUNG JADI MITRA SEKARANG

Sumber:
https://www.kulina.id/daftar-mitra-kulina

Mau Bikin Acara Lebih Spesial? Kulina Event Aja!

Tahun 2019 udah bulan ke-tiga aja nih, siap-siap untuk petualangan berikutnya!

Awal bulan gini, biasanya udah kepikiran beberapa planning sampai akhir bulan nanti. Apalagi di minggu pertama ada libur nasional, hari dimana umat Hindu merayakan Nyepi. Walaupun cuma satu hari, bisa jadi kesempatan kalian buat memanfaatkan hari luang ini lebih bermakna. Ada kesempatan buat bikin event maupun acara kumpul-kumpul, misal ngobrolin bisnis, family gathering di akhir pekan atau sekadar acara seru-seruan bareng geng kalian.

Kadang kita suka jenuh dengan ide acara di mall, makan bareng di café atau restoran, atau bahkan sampai kudu sewa tempat dan beragam ide lainnya yang memungkinkan kita keluar rumah.

Untuk bisa lebih hemat waktu, sekali-kali bikin acara di rumah bisa jadi ide jitu lho.

Nah, hal yang paling penting di sebuah acara – yang biasanya kemudian diingat-ingat terus sama tamu apa sih? Ya makanannya!

Dimana beli makanannya? Ya pesan di Kulina Event aja!

Kulina Event

Selain provide your lovely lunchie and dinner, Kulina juga menyediakan pesanan khusus katering untuk acara spesial. Dijamin event kalian anti-garing-garing-club deh! Kulina Event menyediakan banyak macam nasi kotak dengan beragam pilihan menu masakan. Dalam proses pembuatanya sendiri, setiap makanan telah melalui quality control oleh teknisi ahli pangan kami. So, don’t you worry about the nutrition and the hygienity.

1. Menu

Beragam pilihan mulai dari masakan Nusantara, Western, sampai masakan ala-ala Japanese Bento bisa banget jadi variasi untuk menu makan di acara spesialmu.

2. Harga

Harga setiap satu kotaknya pun sangat terjangkau. Setiap satu kotak makan acara bisa dinikmati mulai dari harga Rp 25.000-Rp 50.000 saja. Dengan minimal order 25 box, pekerjaan menjamu para tamu jadi terasa lebih ringan kan? Bahkan ketika mau bikin event yang super mendadak, Kulina Event bisa diorder hingga H-1 dari tanggal event lho! Gokil gak tuh!

3. Ongkos Kirim

Khawatir ongkos kirim membengkak? Pesan makan mulai dari satu box terhitung harga flat alias TANPA ONGKIR. Pemesanan bahkan akan lebih hemat untuk pengantaran dalam satu alamat. Kulinas juga bisa menentukan pukul berapa makanan yang telah dipesan hadir di depan pintu rumah.

4. Metode Pembayaran

Metode pembayarannya sendiri juga cukup mudah, karena terdapat beragam pilihan cara mulai dari kartu debit, transfer melalui bank, dan juga menggunakan kartu kredit. Jadi bisa pilih sesuai dengan sistem yang kamu mau. Enak kan?

Jauh-jauh deh sama yang namanya hectic preparation!

Kulina Event akan selalu siap sedia, wujudkan acara spesialmu~

Kulina for Business, Solusi Makan Siang Biar Karyawan Senang

Awalnya Kulina hanya bisa dipesan perorangan, lalu makin seru dengan fitur pesan ber-lima bareng teman-teman, dan sekarang hadir dengan fitur terbaru Kulina for Business untuk para pengusaha yang mau menyediakan makan siang untuk para karyawan mereka! Kulina selalu berusaha lebih mengerti kamu.

Kulina tahu problematika yang dihadapi para pengusaha, ketika karyawannya menghabiskan waktu istirahat terlalu banyak gara-gara persoalan cari makan. Kulina gak ingin kamu worried lagi soal itu. Biar Kulina yang bantu dengan Kulina for Business.

Apa yang harus saya lakukan?

  1. Daftarkan perusahaanmu bergabung dengan Kulina for Business.
  2. Begitu datamu terdaftar di Kulina, sales tim kami akan menghubungimu untuk berdiskusi lebih lanjut.
  3. Tentukan budget makan untuk setiap karyawan selama 1 bulan.
  4. Bagikan kuSaldo dengan budget yang telah ditentukan, ke setiap karyawan.
  5. Sekarang, setiap karyawan bebas memilih menu makan siang yang mereka inginkan sesuai budget yang ada di kuSaldo mereka.
  6. Setiap bulan, kamu akan mendapat laporan penggunaan kuSaldo karyawan. Jika ada sisa budget makan siang, uang akan kembali ke akun perusahaan.

Mudah kan?

Keuntungan Kulina for Business

1. Mengurangi Pekerjaan Administratif

Kulina for Business adalah paket lengkap solusi makan siang untuk karyawan. Sejak kamu selesai mendaftar Kulina for Business dan bagikan kuSaldo pada karyawan, kami yang urus semuanya. Dimulai dari karyawan memilih menu makan mereka di laman Kulina, lalu Kulina yang akan antar makan siang mereka sampai kantor, hingga di akhir bulan, Kulina yang akan bikin laporannya untukmu. Bye-bye ribetnya administrasi~

2. Cashback 10%

Dapatkan cashback 10% untuk setiap transaksi yang dilakukan karyawan menggunakan akun kuSaldo mereka. Cashback 10% ini akan masuk ke akun perusahaan. Cashback yang ada di akun perusahaan bisa digunakan lagi untuk pemesanan Kulina for Business bulan berikutnya. Otomatis kamu jadi lebih hemat!

3. Tidak ada Makanan yang Terbuang

Setiap karyawan bisa memilih menu yang mereka inginkan. Jadi mereka tidak akan kecewa dengan makan siang yang datang. Bahkan jika hari itu mereka tidak ingin makan, tidak masuk kerja, atau ada meeting di luar kantor, mereka tidak usah memilih menu untuk hari itu. Sehingga tak akan ada makan siang yang diantar untuk nama mereka. Tadaaa… Makan aman, tak ada yang terbuang. Dan yang lebih menguntungkan, kuSaldo yang tak terpakai tentu kembali masuk ke akun Kulina for Business perusahaan.

4. Menu Berbeda Setiap Hari

Sudah ada lebih dari 30 menu dari 20 katering yang terdaftar di jaringan Kulina for Business. Jadi kamu tidak perlu khawatir para karyawan akan bosan dengan menu makan siang mereka. Ini yang jadi kekuatan Kulina! Pilihan menu yang beragam dan berbeda setiap hari.

5. Maksimalisasi Waktu Istirahat

Jam istirahat karyawan yang hanya 1 jam tak lagi terbuang sia-sia di jalan. Mereka tinggal duduk manis, menunggu Kulina for Business bekerja, dan makan siang pun datang. Setelah makan, masih banyak waktu yang tersisa untuk benar-benar beristirahat. Setelah istirahat, tubuh kembali segar, siap melanjutkan pekerjaan.

Perut Kenyang, Karyawan Senang

Tahukah kamu?
Jika karyawan senang, hal baik apa yang akan terjadi pada perusahaan?
Cari jawabannya di sini.

Jadi tunggu apalagi? Coba fitur terbaru Kulina for Business, sekarang!