3 Kreasi Jus Apel untuk Mempercantik Diri

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit, jangan luput buat sarapan pagi. Baiknya konsumsi makanan ringan penuh serat. Seperti makan buah atau sayuran it’s highly recommended for your daily nutrition.  Kalian hanya perlu mengolah buah dan sayur jadi segelas jus aja kok! 

Kombinasi buah apel dengan buah atau sayuran berikut bisa jadi your daily guide nutrition lho. Apa aja sih yang bisa dikombinasikan sama buah apel ini? Berikut resep jus buah apel dan manfaatnya.

1. Jus Buah Apel Semangka

C:\Users\Owner\Downloads\jus-apel-semangka.jpg

Semangka cocok digunakan pengganti caran tubuh, karena mengandung banyak elektrolit alami. Selain itu antioksidan lycopene dalam semangka dapat mendukung kesehatan organ tubuh dan jantung. Sering disebut sebagai ‘nutritional powerhouse’ apel mengandung banyak vitamin C membantu sistem imun tubuh dan regenerasi sel. Anti oksidan dalam apel juga berfungsi dalam melawan radikal bebas dan bermacam-macam tipe sel kanker.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram apel hijau
  • 100 gram semangka
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • 50 gram es serut

Cara Membuat:

  • Potong-potong buah apel dan semangka.
  • Blender apel dengan menambahkan air jeruk, lalu tuang ke dalam gelas.
  • Blender semangka, lalu tuangkan di atas jus apel.
  • Sajikan jus dengan menambah es serut agar lebih nikmat.

2. Jus Apel Pir

C:\Users\Owner\Downloads\cloudy-apple-pear-juice-picture.jpg

Jus kombinasi apel dan pir memiliki manfaat baik untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan. Mengkonsumsi kombinasi buah ini akan membersihkan sel-sel dalam tubuh selama sehari penuh. Buah apel dan pir berkhasiat untuk menyehatkan usus besar, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kelenjar tiroid.

Bahan-Bahan :

  • 75 gram apel
  • 75 gram pir
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Es batu secukupnya
  • ½ gelas air dingin

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender.
  • Haluskan menggunakan blender. Tuang ke dalam gelas saji.
  • Sajikan segera, nikmat selagi dingin.

3. Jus Buah Apel Tomat

Buah tomat memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat dijadikan pengganti elektrolit tubuh. Kombinasi tomat dan apel berkhasiat dalam mengurangi risiko pembekuan darah, kesehatan prostat, kesehatan pankreas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahan-Bahan :

  • 50 gram buah apel
  • 1 buah tomat merah
  • 150 ml air es

Cara Membuat:

  • Potong-potong apel dan tomat
  • Masukkan semua buah tersebut ke dalam blender, haluskan.
  • Saring jus ke dalam saringan khusus buah (agar tidak tercampur dengan aroma lainnya).
  • Sajikan selagi dingin lebih nikmat.

Gampang kan bikinnya Kulinas?

Selamat berkreasi ya!

SUMBER:
https://food.detik.com/berita-boga/d-3395435/jus-sehat-menyegarkan-berbahan-semangka-dan-apel-hijau
https://www.idntimes.com/food/recipe/rezza-bella-akhyan/kombinasi-jus-buah-buahan-ini-ampuh-sembuhkan-penyakit-kronis-c1c2/full


5 Jenis Apel Merah dan Manfaatnya

Mengkonsumsi buah mungkin menjadi satu hal yang kadang luput setiap harinya. Selain baik untuk pencernaan, mengkonsumsi buah sebelum makan nasi baik untuk program dietmu lho! Salah satu buah yang menjadi unggulan buat kalian yang sedang menjalankan program diet, antara lain adalah buah Apel!

Jenis-jenis Apel Merah

Kalau umumnya lebih dikenal apel merah dan apel hijau, sebenernya jenis apel itu beragam banget. Pun banyak keuntungan yang didapat dari mengkonsumsi bermacam-macam buah apel. Apa aja sih? Yuk simak ulasan beragam buah apel dan manfaatnya berikut ini.

1. Apel Fuji

Familiar dengan nama tersebut? Mulai dikembangkan dan populer sejak tahun 1930, jenis apel ini diambil dari nama gunung terbesar di Jepang, yakni gunung Fuji. Warnanya kombinasi kuning dan kemerahan dengan rasa manis segar yang dominan. Rasa manis dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk dimakan langsung serta diaplikasikan dalam berbagai teknik memasak.

2. Apel Red Delicious

Apel ini dibudidayakan sejak tahun 1800-an. Warna merah menyala dari apel Red Delicious menjadikannya ikon dari buah apel, dimana buah apel seyogyanya berwarna merah. Rasanya agak manis, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segar.

3. Apel Royal Gala

Apel ini dikembangkan pada tahun 1934 oleh ahli buah asal New Zealand, JH. Kidd. Bentuk apel Gala cenderung bulat dengan ukuran kecil sampai sedang. Warna kulitnya kuning dengan garis-garis pink sampai merah, tergantung tingkat kematangannya. Kulitnya tergolong paling tipis dibanding jenis apel lain. Daging buahnya sendiri berwarna agak kuning dengan tekstur padat dan garing. Rasanya cukup manis dan beraroma bunga.

Apel Gala rendah kalori, tinggi kandungan air, serta mengandung vitamin A, B, dan C dalam jumlah cukup banyak. Apel Gala cocok untuk dinikmati langsung, sebagai bahan untuk salad juga untuk membuat saus.

4. Apel Envy

Apel Envy dikenal karena ukurannya yang cukup besar, warna kulit merah menyala, dan daging buahnya lembut namun renyah. Selain itu keunggulan dari apel Envy lainnya, tidak berubah warnanya meskipun sudah dipotong cukup lama. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam apel Envy yang sangt tinggi sehingga memperlambat proses pencokelatan yang banyak terjadi pada buah apel. Buah ini cocok dikonsumsi dengan cara langsung dimakan atau dibuat menjadi jus.

5. Apel Honeycrisp

Honeycrisp apples moves through a wash machine at the Jack Brown Produce packing facility on Sept. 27, 2017, in Sparta, Michigan. MUST CREDIT: Daniel Acker/Bloomberg

Kehadirannya yang baru sekitar 20 tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan apel Honeycrisp memiliki rasa yang manis, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam berbagai masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggang.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Apel

1. Baik Sebagai Asupan Diet

Buah apel sangat berguna terutama untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat terutama pada buah dan sayuran. Apel dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

2. Menetralisir Kadar Gula Darah

Penyakit gula atau dikenal dengan diabetes melitus adalah penyakit sangat menghantui bagi mereka yang sudah mempunyai keturunan penyakit ini. Meski memiliki rasa manis, buah apel mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi 1 buah apel setiap hari, hal itu dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel berserat tinggi, manfaat apel bagi kesehatan yang lebih lanjut adalah buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

4. Menutrisi Kesehatan Kulit

Manfaat buah apel bagi kesehatan yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Kulit merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penampilan terutama bagi seorang wanita.

Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Sementara khasiat buah apel lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak saja terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat buah apel bagi kesehatan selanjutnya adalah mengorangi risiko penyakit jantung. Konsumsi buah apel secara rutin satu atau dua buah sehari diduga mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Buah apel ini dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri.

Perlu diketahui bahwa manfaat apel bagi kesehatan ini diketahui karena adanya kandungan serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), serta antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Tuh kan, banyaaaak banget manfaat konsumsi buah Apel! Gak ada lagi alasan ribet cari buah sesuai porsimu, karena Kulina punya snack sehat buah apel dengan beragam jenis pastinya. Yuk, penuhi nutrisi dan serat harian kamu bareng Kulina!

[PESAN SNACK BUAH SEKARANG]

SUMBER:
https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/manfaat-dan-jenis-buah-apel/
https://www.alodokter.com/sehatnya-makan-buah-sebelum-makan-atau-sesudah-makan
https://food.detik.com/info-kuliner/d-2814386/garing-manis-apel-gala-amerika-yang-dipuji-ratu-inggris
http://www.indofresh.co.id/articles/detail/16/Envy-Apel-Size-does-not-Matter https://doktersehat.com/lima-manfaat-buah-apel/

Kenapa Orang Jepang Suka Makan Onigiri? Temukan Jawabannya Di Sini!

D:\KULINA\JULI\pict\26404813840_280ca90949_b.jpg

Asal Muasal Onigiri

Seperti masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, demikian juga dengan masyarakat Jepang. Orang Jepang sangat menghargai makanan walaupun hanya sebutir. Untuk dapat mengemas bulir-bulir nasi tersebut, masyarakat Jepang lalu mengkreasikannya menjadi bola-bola nasi. Makanan ini lebih populer disebut Onigiri atau Omusubi. Kata “nigiri” dalam “onigiri” ini merujuk pada kata kerja bahasa Jepang yakni “nigiru” yang memiliki arti nasi cetak. 

Konon menurut sejarahnya, saat masyarakat Jepang belum memiliki alat pendingin, akan mencampur nasi dengan bahan-bahan asin maupun asam. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan Onigiri secara alami.  Mudah dibuat, disimpan, dan dibawa kemana saja menjadikan Onigiri ransum paling digemari para Samurai disela-sela pertempuran dan juga bekal para petani saat berladang.

Kebiasaan tersebut akhirnya menjadi tradisi masyarakat Jepang. Karena mudah dibuat dan dibawa kemana saja, Onigiri banyak dijadikan bekal dengan dikemas dalam kotak makan siang untuk dibawa saat piknik atau dimakan waktu di perjalanan.

Bahan Onigiri

Berbahan utama nasi, ternyata jenis beras yang digunakan adalah beras yang memiliki kadar kanji tinggi. Beras Jepang (Oryza sativa ssp. japonica) ini berbeda dengan beras Asia (Oryza sativa var. indica) yang dikonsumsi di negara Asia lainnya. Tinggi kandungan kanji pada tiap bulir nasi akan membuat lebih mudah melekat satu dengan lainnya, sehingga membentuk sekepal nasi menjadi bola atau segitiga menjadi lebih mudah.

Selain nasi, isian dalam Onigiri juga cukup bervariasi tergantung daerah mana Onigiri itu dibuat. Namun isian dalam Onigiri yang paling populer adalah acar prem, daging salmon, okaka (serpihan bonito kering dengan kecap) dan tuna atau udang dengan mayonais.Agar lebih mudah dimakan Onigiri kemudian perlu dibungkus. Beragam pilihan pembungkus bisa dipakai seperti, sayuran berdaun semisal nozawa na dan takana atau kelp (rumput laut berukuran besar) yang diiris sangat tipis, omelet, maupun daging panggang asin. Namun, pemilihan Nori sebagai pembungkus nasi kepal ini sudah menjadi ikon yang sulit dipisahkan. Untuk Nori terbaik biasanya makin berwarna hijau gelap akan semakin bagus kualitasnya.

Kandungan Gizi Sekepal Onigiri

Dalam satu porsi Onigiri terdapat 203 kalori, 2,31 gram lemak, 4,65 gram protein, dan 39,94 gram karbohidrat. Dengan rincian kalori terdapat 80% karbohidrat, 10% lemak, dan 9% protein. Snack ini cocok bila disantap dalam keadaan tidak terlalu lapar namun tetap ingin dalam kontrol nutrisi baik dan rendah kalori.

ONIGIRI BISA JADI PILIHAN SNACK PRAKTIS KAYA GIZI

Membagi waktu antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya memang cukup tricky. Apalagi buat kalian yang bekerja dalam sistem shifting atau saling bergantian waktu istirahat dengan kolega, makin padat deh waktu istirahatmu. Manfaatkan waktu istirahatmu dengan mengkonsumsi makanan sehat demi memenuhi nutrisimu. 

Opsi ciamik, jadikan Onigiri salah satu variasi makan siangmu! Porsinya cukup pas, sebab dalam satu porsi Onigiri kurang lebih setara dengan 6 sendok makan. Bentuknya super compact jadi mudah untuk dibawa atau disimpan, gizinya yang seimbang dan sehat dengan variasi isi mulai dari ayam, beef, tuna, hingga salmon panggang!

Yuk, buat pengganjal laparmu lebih variatif!

D:\KULINA\JULI\pict\salmon-flake-chicken-rendang-combo.jpg

[PESAN ONIGIRI KULINA SEKARANG]

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Onigiri
https://www.japanhoppers.com/id/all_about_japan/food/316/
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/onigiri


3 Jenis Rumput Laut dan Cara Pengolahannya

Kalau orang Indonesia punya super food berupa Tempe, orang Jepang punya Rumput Laut. Di Jepang rumput laut cukup populer sebagai bahan untuk membuat pupuk, vitamin, perawatan medis, bahkan untuk kecantikan.  Namun pada prakteknya, banyak digunakan sebagai bahan konsumsi. Makanan Jepang selalu identik dengan menambahkan olahan rumput laut sebagai bahan pelengkap, misalkan saja pada sup miso, onigiri, salad maupun dalam sekotak bento.

Bukan hanya Nori, ternyata rumput laut memiliki banyak jenisnya lho! Yuk kenali beragam jenis rumput laut berikut. Siapa tahu kalian pernah ngicipin salah satu dari beberapa jenis rumput laut ini kan?

1. Wakame

D:\KULINA\JULI\pict\TWE-Wakame-1100x550-c-center.jpg

Salah satu jenis rumput laut yang pertama adalah Wakame. Berbentuk lebih tipis dan lembut dibandingkan dengan rumput laut Kombu. Jenis rumput laut ini memiliki sumber vitamin dan mineral mulai dari sodium, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Selain mengandung banyak vitamin, Wakame ternyata juga aman dikonsumsi oleh penderita kolestrol tinggi, karena kandungan fucoxanthin akan merangsang hati sehingga meningkatkan kadar kolestrol baik bagi tubuh. Manfaat lain dari Wakame juga dapat membantu meningkatkan energi, mengurangi kecemasan dan depresi. 

Ada dua jenis Wakame yang dapat ditemukan di pasaran. Wakame dalam keadaan kering dan dalam keadaan basah. Wakame dalam keadaan basah artinya masih dalam keadaan segar, sehingga dapat langsung digunakan dalam campuran masakan. Sedangkan Wakame dalam keadaan kering akan lebih memakan waktu dalam memprosesnya. Wakame kering butuh direndam air agar lebih lunak dan rasa asinnya berkurang. Di Indonesia sendiri, Wakame kering lebih mudah ditemukan. Dari segi kualitas kedua jenis Wakame, basah maupun kering memiliki standar kualitas yang sama. 

Wakame merupakan bahan wajib dalam beberapa masakan Jepang misalkan saja pada sup miso, salad, udon, tempura, dan lain sebagainya.

2. Kombu

D:\KULINA\JULI\pict\Kombu.jpg

Jenis rumput laut yang kedua adalah Kombu. Merupakan salah satu rumput laut yang dapat dikonsumsi, berbentuk lembaran panjang layaknya rumput laut yang tumbuh di laut. 

Kombu mengandung kaya akan zat besi dan serat alami sehingga baik untuk menyeimbangkan produksi sel, melancarkan pencernaan, menguatkan fungsi tiroid dan juga dapat membuat rambut maupun kuku lebih berkilau. 

Dalam pengemasannya, Kombu diawetkan dengen cara dikeringkan. Biasanya akan dijual dalam ukuran yang berbeda-beda, bahkan Kombu terbaik yang digunakan di restoran ada yang berbentuk lembaran sepanjang 1 hingga 2 meter. Mengolah Kombu sendiri cukup dengan merebusnya dalam air sampai mendidih dan air rebusan bisa langsung digunakan. 

Pada masakan Jepang, Kombu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaldu atau dalam bahasa Jepangnya, Dashi. Dashi ini biasanya banyak ditemui dalam masakan Jepang yang berkuah, misal dalam sup kaldu nabe, miso, shabu-shabu dan lain sebagainya.

3. Nori

D:\KULINA\JULI\pict\40385664-412c-4c69-b070-3c45fd0d269d.jpeg

Nori merupakan jenis rumput laut yang paling populer dibandingkan jenis rumput laut lainnya. Meskipun sekilas terlihat warnanya hijau gelap, asal usul rumput laut yang digunakan aslinya berwarna coklat keunguan. Untuk mendapatkan tekstur Nori yang tipis dan renyah jenis ganggang tersebut perlu diolah dengan cara dikeringkan sampai berwarna hijau kehitaman. 

Nori disajikan dalam bentuk lembaran kering kaya akan nutrisi yang cukup tinggi. Dalam selembar Nori terkandung iodine, pottasium, vitamin B12 serta rendah kalori sehingga cocok dijadikan camilan sehat. Vitamin B12 dalam Nori ini baik untuk sistem syaraf dan pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi satu lembar Nori, sudah cukup memenuhi setengah dari asupan yodium harianmu.

Dikemas dalam plastik kedap udara dan tanpa perlu diolah, lembaran kering Nori dapat langsung dikonsumsi. Nori biasa dijadikan tambahan pada onigiri, taburan ramen, maupun sup miso.

Yuk, Nyamil Rendah Kalori dari Nori di Onigiri!

Onigirinya pesan dimana? Ya, Kulina!

Bukan jadi soal kalau lagi kelaperan di kantor tapi ogah makan berat. Camilan adalah kunci! Biar nyamilmu tetap terkontrol, yuk pesan Onigiri di Kulina! Dibalut Nori rendah kalori dengan bermacam-macam pilihan isi, bikin snack harianmu makin bervariasi. Mulai dari isian ayam, daging sapi, sampai ikan salmon bisa kalian order lho guys! Beragam resep juga dihadirkan demi memenuhi seleramu, dimasak Teriyaki ala Jepang maupun citarasa Rendang Nusantara juga tersedia.

Kontrol snack harianmu bareng Kulina yuk!

[PESAN ONIGIRI SEKARANG]

SUMBER:
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4109110/ini-6-jenis-rumput-laut-superfood-jepang-yang-bikin-awet-muda-dan-ramping
https://lifestyle.okezone.com/read/2015/06/30/298/1173972/rendam-dulu-wakame-kering-sebelum-digunakan