Kenapa Orang Jepang Suka Makan Onigiri? Temukan Jawabannya Di Sini!

D:\KULINA\JULI\pict\26404813840_280ca90949_b.jpg

Asal Muasal Onigiri

Seperti masyarakat Indonesia yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok, demikian juga dengan masyarakat Jepang. Orang Jepang sangat menghargai makanan walaupun hanya sebutir. Untuk dapat mengemas bulir-bulir nasi tersebut, masyarakat Jepang lalu mengkreasikannya menjadi bola-bola nasi. Makanan ini lebih populer disebut Onigiri atau Omusubi. Kata “nigiri” dalam “onigiri” ini merujuk pada kata kerja bahasa Jepang yakni “nigiru” yang memiliki arti nasi cetak. 

Konon menurut sejarahnya, saat masyarakat Jepang belum memiliki alat pendingin, akan mencampur nasi dengan bahan-bahan asin maupun asam. Hal ini bertujuan untuk mengawetkan Onigiri secara alami.  Mudah dibuat, disimpan, dan dibawa kemana saja menjadikan Onigiri ransum paling digemari para Samurai disela-sela pertempuran dan juga bekal para petani saat berladang.

Kebiasaan tersebut akhirnya menjadi tradisi masyarakat Jepang. Karena mudah dibuat dan dibawa kemana saja, Onigiri banyak dijadikan bekal dengan dikemas dalam kotak makan siang untuk dibawa saat piknik atau dimakan waktu di perjalanan.

Bahan Onigiri

Berbahan utama nasi, ternyata jenis beras yang digunakan adalah beras yang memiliki kadar kanji tinggi. Beras Jepang (Oryza sativa ssp. japonica) ini berbeda dengan beras Asia (Oryza sativa var. indica) yang dikonsumsi di negara Asia lainnya. Tinggi kandungan kanji pada tiap bulir nasi akan membuat lebih mudah melekat satu dengan lainnya, sehingga membentuk sekepal nasi menjadi bola atau segitiga menjadi lebih mudah.

Selain nasi, isian dalam Onigiri juga cukup bervariasi tergantung daerah mana Onigiri itu dibuat. Namun isian dalam Onigiri yang paling populer adalah acar prem, daging salmon, okaka (serpihan bonito kering dengan kecap) dan tuna atau udang dengan mayonais.Agar lebih mudah dimakan Onigiri kemudian perlu dibungkus. Beragam pilihan pembungkus bisa dipakai seperti, sayuran berdaun semisal nozawa na dan takana atau kelp (rumput laut berukuran besar) yang diiris sangat tipis, omelet, maupun daging panggang asin. Namun, pemilihan Nori sebagai pembungkus nasi kepal ini sudah menjadi ikon yang sulit dipisahkan. Untuk Nori terbaik biasanya makin berwarna hijau gelap akan semakin bagus kualitasnya.

Kandungan Gizi Sekepal Onigiri

Dalam satu porsi Onigiri terdapat 203 kalori, 2,31 gram lemak, 4,65 gram protein, dan 39,94 gram karbohidrat. Dengan rincian kalori terdapat 80% karbohidrat, 10% lemak, dan 9% protein. Snack ini cocok bila disantap dalam keadaan tidak terlalu lapar namun tetap ingin dalam kontrol nutrisi baik dan rendah kalori.

ONIGIRI BISA JADI PILIHAN SNACK PRAKTIS KAYA GIZI

Membagi waktu antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya memang cukup tricky. Apalagi buat kalian yang bekerja dalam sistem shifting atau saling bergantian waktu istirahat dengan kolega, makin padat deh waktu istirahatmu. Manfaatkan waktu istirahatmu dengan mengkonsumsi makanan sehat demi memenuhi nutrisimu. 

Opsi ciamik, jadikan Onigiri salah satu variasi makan siangmu! Porsinya cukup pas, sebab dalam satu porsi Onigiri kurang lebih setara dengan 6 sendok makan. Bentuknya super compact jadi mudah untuk dibawa atau disimpan, gizinya yang seimbang dan sehat dengan variasi isi mulai dari ayam, beef, tuna, hingga salmon panggang!

Yuk, buat pengganjal laparmu lebih variatif!

D:\KULINA\JULI\pict\salmon-flake-chicken-rendang-combo.jpg

[PESAN ONIGIRI KULINA SEKARANG]

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Onigiri
https://www.japanhoppers.com/id/all_about_japan/food/316/
https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/onigiri


3 Jenis Rumput Laut dan Cara Pengolahannya

Kalau orang Indonesia punya super food berupa Tempe, orang Jepang punya Rumput Laut. Di Jepang rumput laut cukup populer sebagai bahan untuk membuat pupuk, vitamin, perawatan medis, bahkan untuk kecantikan.  Namun pada prakteknya, banyak digunakan sebagai bahan konsumsi. Makanan Jepang selalu identik dengan menambahkan olahan rumput laut sebagai bahan pelengkap, misalkan saja pada sup miso, onigiri, salad maupun dalam sekotak bento.

Bukan hanya Nori, ternyata rumput laut memiliki banyak jenisnya lho! Yuk kenali beragam jenis rumput laut berikut. Siapa tahu kalian pernah ngicipin salah satu dari beberapa jenis rumput laut ini kan?

1. Wakame

D:\KULINA\JULI\pict\TWE-Wakame-1100x550-c-center.jpg

Salah satu jenis rumput laut yang pertama adalah Wakame. Berbentuk lebih tipis dan lembut dibandingkan dengan rumput laut Kombu. Jenis rumput laut ini memiliki sumber vitamin dan mineral mulai dari sodium, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, natrium, seng, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B2.

Selain mengandung banyak vitamin, Wakame ternyata juga aman dikonsumsi oleh penderita kolestrol tinggi, karena kandungan fucoxanthin akan merangsang hati sehingga meningkatkan kadar kolestrol baik bagi tubuh. Manfaat lain dari Wakame juga dapat membantu meningkatkan energi, mengurangi kecemasan dan depresi. 

Ada dua jenis Wakame yang dapat ditemukan di pasaran. Wakame dalam keadaan kering dan dalam keadaan basah. Wakame dalam keadaan basah artinya masih dalam keadaan segar, sehingga dapat langsung digunakan dalam campuran masakan. Sedangkan Wakame dalam keadaan kering akan lebih memakan waktu dalam memprosesnya. Wakame kering butuh direndam air agar lebih lunak dan rasa asinnya berkurang. Di Indonesia sendiri, Wakame kering lebih mudah ditemukan. Dari segi kualitas kedua jenis Wakame, basah maupun kering memiliki standar kualitas yang sama. 

Wakame merupakan bahan wajib dalam beberapa masakan Jepang misalkan saja pada sup miso, salad, udon, tempura, dan lain sebagainya.

2. Kombu

D:\KULINA\JULI\pict\Kombu.jpg

Jenis rumput laut yang kedua adalah Kombu. Merupakan salah satu rumput laut yang dapat dikonsumsi, berbentuk lembaran panjang layaknya rumput laut yang tumbuh di laut. 

Kombu mengandung kaya akan zat besi dan serat alami sehingga baik untuk menyeimbangkan produksi sel, melancarkan pencernaan, menguatkan fungsi tiroid dan juga dapat membuat rambut maupun kuku lebih berkilau. 

Dalam pengemasannya, Kombu diawetkan dengen cara dikeringkan. Biasanya akan dijual dalam ukuran yang berbeda-beda, bahkan Kombu terbaik yang digunakan di restoran ada yang berbentuk lembaran sepanjang 1 hingga 2 meter. Mengolah Kombu sendiri cukup dengan merebusnya dalam air sampai mendidih dan air rebusan bisa langsung digunakan. 

Pada masakan Jepang, Kombu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kaldu atau dalam bahasa Jepangnya, Dashi. Dashi ini biasanya banyak ditemui dalam masakan Jepang yang berkuah, misal dalam sup kaldu nabe, miso, shabu-shabu dan lain sebagainya.

3. Nori

D:\KULINA\JULI\pict\40385664-412c-4c69-b070-3c45fd0d269d.jpeg

Nori merupakan jenis rumput laut yang paling populer dibandingkan jenis rumput laut lainnya. Meskipun sekilas terlihat warnanya hijau gelap, asal usul rumput laut yang digunakan aslinya berwarna coklat keunguan. Untuk mendapatkan tekstur Nori yang tipis dan renyah jenis ganggang tersebut perlu diolah dengan cara dikeringkan sampai berwarna hijau kehitaman. 

Nori disajikan dalam bentuk lembaran kering kaya akan nutrisi yang cukup tinggi. Dalam selembar Nori terkandung iodine, pottasium, vitamin B12 serta rendah kalori sehingga cocok dijadikan camilan sehat. Vitamin B12 dalam Nori ini baik untuk sistem syaraf dan pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi satu lembar Nori, sudah cukup memenuhi setengah dari asupan yodium harianmu.

Dikemas dalam plastik kedap udara dan tanpa perlu diolah, lembaran kering Nori dapat langsung dikonsumsi. Nori biasa dijadikan tambahan pada onigiri, taburan ramen, maupun sup miso.

Yuk, Nyamil Rendah Kalori dari Nori di Onigiri!

Onigirinya pesan dimana? Ya, Kulina!

Bukan jadi soal kalau lagi kelaperan di kantor tapi ogah makan berat. Camilan adalah kunci! Biar nyamilmu tetap terkontrol, yuk pesan Onigiri di Kulina! Dibalut Nori rendah kalori dengan bermacam-macam pilihan isi, bikin snack harianmu makin bervariasi. Mulai dari isian ayam, daging sapi, sampai ikan salmon bisa kalian order lho guys! Beragam resep juga dihadirkan demi memenuhi seleramu, dimasak Teriyaki ala Jepang maupun citarasa Rendang Nusantara juga tersedia.

Kontrol snack harianmu bareng Kulina yuk!

[PESAN ONIGIRI SEKARANG]

SUMBER:
https://food.detik.com/info-kuliner/d-4109110/ini-6-jenis-rumput-laut-superfood-jepang-yang-bikin-awet-muda-dan-ramping
https://lifestyle.okezone.com/read/2015/06/30/298/1173972/rendam-dulu-wakame-kering-sebelum-digunakan

Mau Bikin Acara Lebih Spesial? Kulina Event Aja!

Tahun 2019 udah bulan ke-tiga aja nih, siap-siap untuk petualangan berikutnya!

Awal bulan gini, biasanya udah kepikiran beberapa planning sampai akhir bulan nanti. Apalagi di minggu pertama ada libur nasional, hari dimana umat Hindu merayakan Nyepi. Walaupun cuma satu hari, bisa jadi kesempatan kalian buat memanfaatkan hari luang ini lebih bermakna. Ada kesempatan buat bikin event maupun acara kumpul-kumpul, misal ngobrolin bisnis, family gathering di akhir pekan atau sekadar acara seru-seruan bareng geng kalian.

Kadang kita suka jenuh dengan ide acara di mall, makan bareng di café atau restoran, atau bahkan sampai kudu sewa tempat dan beragam ide lainnya yang memungkinkan kita keluar rumah.

Untuk bisa lebih hemat waktu, sekali-kali bikin acara di rumah bisa jadi ide jitu lho.

Nah, hal yang paling penting di sebuah acara – yang biasanya kemudian diingat-ingat terus sama tamu apa sih? Ya makanannya!

Dimana beli makanannya? Ya pesan di Kulina Event aja!

Kulina Event

Selain provide your lovely lunchie and dinner, Kulina juga menyediakan pesanan khusus katering untuk acara spesial. Dijamin event kalian anti-garing-garing-club deh! Kulina Event menyediakan banyak macam nasi kotak dengan beragam pilihan menu masakan. Dalam proses pembuatanya sendiri, setiap makanan telah melalui quality control oleh teknisi ahli pangan kami. So, don’t you worry about the nutrition and the hygienity.

1. Menu

Beragam pilihan mulai dari masakan Nusantara, Western, sampai masakan ala-ala Japanese Bento bisa banget jadi variasi untuk menu makan di acara spesialmu.

2. Harga

Harga setiap satu kotaknya pun sangat terjangkau. Setiap satu kotak makan acara bisa dinikmati mulai dari harga Rp 25.000-Rp 50.000 saja. Dengan minimal order 25 box, pekerjaan menjamu para tamu jadi terasa lebih ringan kan? Bahkan ketika mau bikin event yang super mendadak, Kulina Event bisa diorder hingga H-1 dari tanggal event lho! Gokil gak tuh!

3. Ongkos Kirim

Khawatir ongkos kirim membengkak? Pesan makan mulai dari satu box terhitung harga flat alias TANPA ONGKIR. Pemesanan bahkan akan lebih hemat untuk pengantaran dalam satu alamat. Kulinas juga bisa menentukan pukul berapa makanan yang telah dipesan hadir di depan pintu rumah.

4. Metode Pembayaran

Metode pembayarannya sendiri juga cukup mudah, karena terdapat beragam pilihan cara mulai dari kartu debit, transfer melalui bank, dan juga menggunakan kartu kredit. Jadi bisa pilih sesuai dengan sistem yang kamu mau. Enak kan?

Jauh-jauh deh sama yang namanya hectic preparation!

Kulina Event akan selalu siap sedia, wujudkan acara spesialmu~

11 Fakta Unik Telur yang Kamu Belum Tahu

Hampir setiap hari makan telur, tapi tahu gak sih ada cerita apa aja dari sosok sebutir telur ini?

Telur makanan serba guna

Telur ayam adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi semua orang di seluruh dunia. Telur ayam juga merupakan makanan yang serba guna, karena bisa disantap dengan makanan apapun. Tapi, tahukah kamu, ada beberapa fakta mengejutkan tentang telur ayam yang belum banyak diketahui masyarakat. Apakah kamu termasuk salah satu di antaranya? Yuk, kita cek sama-sama ada berapa fakta tentang telur yang sudah kamu ketahui.

1. Manfaat Telur

Telur ayam adalah makanan serba guna. Begitu banyak cara untuk bisa menikmati kelezatan telur ayam dan nutrisinya. Bisa direbus, digoreng, dimakan mentah, campuran jamu, disantap setengah matang, salah satu bahan penting dalam pembuatan kue, roti dan sebagainya, bahkan telur ayam bisa jadi perekat alami untuk makanan, dan masih banyak lagi kegunaan telur ayam untuk dijadikan santapan.

2. Protein

Telur mempunyai nilai kegunaan protein (net protein utilization) 100 persen. Bandingkan dengan daging ayam (80 persen) dan susu (75 persen).

3. Kulit Telur

Kulit telur terbuat dari kalsium karbonat yang juga merupakan bahan dasar utama beberapa jenis antacids. Sekitar 9–12 persen berat telur terdiri dari kulitnya. Kulit telur juga memiliki pori-pori sehingga oksigen bisa masuk dan karbon dioksida serta hawa lembab keluar.

Telur makanan serba guna

4. Putih Telur

Terbuat dari protein yang disebut albumen dan juga mengandung niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), klorin, magnesium, potasium, sodium dan sulfur. Putih telur ini mengandung 57 persen dari protein telur.

5. Warna Putih Telur

Warna telur juga bervariasi sesuai usia dan faktor lainnya. Menurut Egg Safety Center, Amerika, warna putih telur yang agak keruh justru menandakan bahwa telur itu segar. Warna putih yang jernih menandakan telur itu berasal dari ayam yang sudah tua. Hindari mengonsumsi telur yang warna putih agak merah muda atau berubah warna lain.

6. Bercak Putih pada Putih Telur

Ketika telur dipecahkan dalam satu wadah, terdapat cairan putih yang terletak di dekat kuning telur dan disebut chalaza atau albumen. Ternyata fungsi dari cairan ini adalah menahan kuning telur agar tetap berada di tengah. Tak perlu khawatir, chalaza ini dapat dimakan, tapi dalam pembuatan beberapa kue, chalaza ini sering tidak digunakan, karena dianggap sama dengan putih telur.

Telur makanan serba guna

7. Kuning Telur

Warna kuning dari telur ditentukan oleh makanan ayam betina. Makin banyak padi-padian yang memiliki pigmen kuning dan oranye yang dimakan si ayam betina, makin kentallah warna kuning telurnya. Terkadang ada sedikit darah dalam telur. Darah ini berasal dari pembuluh darah di kuning telur yang pecah. Namun, telur ini tetap aman dikonsumsi.

8. Ayam Betina

Seekor ayam betina mampu bertelur 250–270 telur setiap tahunnya. Ketika ditetaskan, suhu telur sekitar 40,5 derajat celsius. Semakin dingin, cairan di dalamnya akan semakin mengendap dan terbentuk sel udara di antara dua lapisan telur.

9. Industri Telur

Iowa adalah industri telur ayam terbesar di Amerika. Hampir 15 miliar telur diproduksi Iowa setiap tahun. Industri telur ini memiliki lebih dari 8.000 karyawan dan menjadi pemasok utama telur ayam di berbagai wilayah, seperti Ohio, Indiana, dan Pennsylvania.

Telur makanan serba guna

10. Telur Favorit

Sebagian besar rakyat Amerika lebih menyukai telur ayam yang berwarna putih. Di Indonesia, telur ayam kebanyakan berwarna coklat.

11. Telur Ayam VS Telur Bebek

Dibandingkan dengan telur ayam, telur itik memiliki bau yang lebih amis dan kulitnya memiliki pori yang lebih besar sehingga lebih cocok dijadikan telur asin.

Wadidaw… banyak ya ternyata cerita-cerita unik dibalik sebutir telur. Kamu udah tahu berapa, Kulinas? Eh kalau belum tahu sama sekali ya gak apa-apa juga lo. Makanya Kulina tulis artikel ini buat kita baca-baca, buat tambah pengetahuan, dan buat tambah respect sama makanan.

Ya gak, ya gak? 😉

Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2010/09/15/11513939/10.fakta.menarik.tentang.telur
https://www.kaskus.co.id/thread/54a8d33fde2cf252788b4578/10-fakta-unik-dan-mengejutkan-tentang-telur-ayam/

10 Makanan Khas Jepang yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Jepang sudah banyak sekali masuk ke Indonesia, mulai dari katsu hingga kue dorayaki yang terkenal dari kartun Doraemon itu. Hayo di sini siapa yang dulu setiap minggu pagi gak beranjak dari depan televisi demi nonton Doraemon dan kartun serupa lainnya?

Secara umum, masakan tradisional Jepang dikatakan merupakan makanan yang menyehatkan karena cukup protein, relatif rendah kalori, dan mengandung zat-zat gizi yang penting. Pada prinsipnya masakan Jepang dibuat dengan tidak terlalu banyak bumbu dan tidak makan banyak waktu. Berikut 10 Makanan Khas Jepang yang wajib kamu coba, versi Kulina~

1. Katsu

Katsu asli Jepang sebenarnya dibuat dari daging babi. Namun seiring perkembangan jaman dan potensi wisata Jepang yang lebih besar, bahan daging utama katsu semakin beragam karena semakin banyak macam orang datang ke Jepang dengan selera mereka masing-masing. Kini katsu bisa menggunakan daging ayam, ikan, ataupun sapi.

Katsu adalah daging yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan bawang bombay lalu dilapisi tepung panko (tepung tempura) kemudian digoreng hingga keemasan. Bagian luarnya yang renyah terasa kontras dengan bagian dalam yang juicy dan gurih banget.

2. Ramen

Makanan yang satu ini kayaknya udah pasti bertengger di nomor 1 daftar makanan Jepang yang paling populer yang mesti dicoba di negara aslinya. Namun rupanya ada banyak sekali jenis ramen yang ada di Jepang.

Awalnya, ramen dibuat dari tulang ayam. Sekarang daging babi, daging sapi, dan seafood juga digunakan dalam ramen, sehingga menciptakan beragam cita rasa. Ramen memiliki rasa garam, kecap, dan miso yang khas. Kekuatan ramen adalah kuahnya yang kental dan kaya rasa. Ada juga jenis ramen mie dan sup disajikan secara terpisah, dikenal sebagai tsukemen.

3. Yakiniku

Yakiniku adalah hidangan daging sapi yang dicelupkan dalam saus, lalu dipanggang langsung di atas api. Kesegaran daging sangat penting untuk hidangan ini karena kamu dapat menikmati rasa lembut daging sapi Jepang. Bahan daging yang paling populer adalah sirloin (dikenal sebagai rosu dalam bahasa Jepang) dan kalbi (Korea — namun dagingnya diasinkan).

4. Curry Rice

Banyak orang tahunya kari adalah makanan yang berasal dari India, ternyata Jepang juga punya loh! Kari yang berasal dari Jepang sangat unik, dibuat dari daging dan sayuran (wortel, kentang, bawang, dan lain-lain) dibumbui dengan bubuk kari, direbus, dan disajikan dengan nasi.

5. Gyuniku Shogayaki

Gyuniku shogayaki adalah masakan dari daging sapi dan sayuran seperti bawang bombay dan kol, yang ditumis dengan bumbu soyu, mirin, dan jahe. Makanan ini cenderung berasa agak pedas karena jahe. Namun dengan sentuhan manis sebagai latar belakang. Gyuniku Shogayaki biasa disajikan lengkap dengan saus salad thousand island.

6. Sashimi

Sashimi adalah hidangan tradisional Jepang yang disajikan segar (tidak dimasak), biasa berupa potongan ikan segar, dinikmati dengan dengan saus kedelai , wasabi, dan pickle jahe. Kamu dapat menikmati sashimi di banyak tempat di Jepang dengan tingkat kesegaran ikan yang berbeda-beda. Jika kamu mencari tempat yang murah untuk menikmati sashimi, mengapa tidak mencoba di restoran dekat pelabuhan nelayan? Tetapi jika kamu bersedia untuk menghabiskan uang lebih banyak, kamu harus mengunjungi sebuah restoran sushi atau restoran tradisional Jepang yang menjamin rasa tidak akan mengecewakan! Satu lagi, jika saa berkunjung ke Jepang kamu tinggal di sebuah ryokan — penginapan tradisional Jepang, mereka biasa menyajikan sashimi sebagai menu makan malam.

7. Teriyaki

Teriyaki adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap, sake, mirin, atau gula beraroma rasa. Saat membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin) — sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi) atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku.

8. Onigiri

Gampangnya, ini adalah nasi kepal versi Jepang. Bisa berbentuk bola atau segitiga, di dalamnya diisi salmon, ayam, atau umeboshi (dried plum) yang kemudian dibungkus dengan nori. Jika kamu baru pertama kali makan onigiri, pilihlah tuna dengan mayonese, atau ayam mayonese, karena rasanya sangat familiar dengan lidah Indonesia. Onigiri sangat mudah ditemukan di Jepang, hampir semua convenience store menjualnya. Kamu juga bisa membelinya di vending machine.

9. Yakitori

Bagaikan sate dalam daftar menu Indonesia, yakitori adalah hidangan ayam yang dibumbui dengan garam manis atau kecap, ditusukkan ke skewer, dan dibakar. Kamu biasanya dapat menemukan yakitori di bar / restoran atau biasa disebut Izakaya. Tapi sebagai masukkan, cobalah menikmati yakitori di restoran spesialis yakitori. Di sini kamu dapat menikmati segala macam bagian dari ayam dengan harga yang cukup masuk akal.

10. Senbei

Last but not least, setelah icip-icip panganan berat, saatnya kasih istirahat perut sejenak dengan jajanan khas Jepang — Senbei. Senbei atau kraker beras ini dipanggang di atas bara api kecil dan diberi berbagai macam rasa yang semakin membuatnya benar-benar cemilan Jepang banget. Rasa klasik sanbe adalah yang rasa kecap asin Jepang atau Shoyu. Ada juga rasa lain yang nggak kalah nikmat mulai dari nori, BBQ, sampai wasabi.

Sebenarnya masih ada banyaaakkk sekaliii… makanan khas Jepang yang unik dan selalu bikin penasaran untuk dicoba. Kapan-kapan Kulina lanjut lagi ya artikel tentang makanan khas Jepang yang wajib kamu coba 😉

Kulina Tokyo-Lunch

Sumber:
https://www.pergidulu.com/kuliner-lokal-jepang/
https://www.yuktravel.com/trip-ideas-di-japan/20-makanan-yang-wajib-dicoba-saat-berlibur-di-jepang?id=1006772

6 Nutrisi dan Mineral Penting untuk Wanita

“Asal makan 4 sehat 5 sempurna, sudah cukup.” contoh pendapat yang sering kita anggap benar, padahal ternyata kurang tepat. Lantas bagaimana seharusnya?

Kita tahu bahwa tubuh pria dan wanita berbeda. Hormon penggerak utamanya juga berbeda — yang membuat wanita mengalami hal-hal yang tidak dialami pria, contohnya haid.

Haid datang setiap bulan kepada perempuan yang sudah memasuki usia remaja dan tidak hamil. Ketika haid, kita kehilangan banyak darah, dan sebaiknya segera digantikan dengan nutrisi dan mineral yang tepat untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Itu baru satu contoh loh. Padahal ada banyak hal lagi kan yang membedakan wanita dengan pria?

Nah, kalau kamu wanita dan sudah merasa mengenal dirimu, yuk coba kita telisik lagi. Apa aja sih sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh tubuhmu?

1. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk pembuatan hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Mineral ini juga merupakan bagian dari banyak enzim dan merupakan bagian integral dari sistem kekebalan tubuh. Sangat penting bagi remaja perempuan menjelang dan selama masa pubertas, serta wanita usia subur mengonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin B12 karena sejumlah kecil zat besi hilang di setiap siklus menstruasi.

Anemia defisiensi besi membuatmu merasa lemah letih lesu, kecapekan, tidak mampu berkonsentrasi, lebih rentan terhadap infeksi, penurunan berat badan, dan depresi.

Sumber zat besi termasuk ikan, daging, unggas, telur, susu, kacang-kacangan, lentil, dan sarapan sereal fortifikasi zat besi.

2. Kalsium

Memenuhi asupan kalsium penting untuk wanita di segala usia, tapi jauh lebih kritis selama masa remaja dan dewasa muda, ketika tulang masih menyerap kalsium dengan baik.

Jika kamu membangun tulang yang kuat sejak muda, kamu akan mengurangi risiko osteoporosis, alias penyakit tulang rapuh, seiring bertambahnya usia. Osteoporosis mempengaruhi satu dari empat wanita Indonesia berusia 50 tahun ke atas. Setelah usia 35, tubuh secara alami kehilangan kepadatan tulang, membuat risiko menderita kondisi yang melemahkan ini meningkat drastis jika tulangmu lemah.

Kebanyakan ahli merekomendasikan maksimal 1.200–1.300 mg kalsium per hari untuk setiap perempuan pada umumnya. Kalsium dapat ditemukan di tahu, sereal, kedelai, dan minuman yang terbuat dari beras (Genmaicha, horchata, susu beras, air beras, sikhye, sake), sayuran seperti kangkung, brokoli dan kubis Cina, ikan bertulang lunak seperti sarden dan salmon, dan biji-bijian seperti kuaci bunga matahari dan biji wijen.

3. Magnesium

Magnesium sangat penting untuk sejumlah fungsi tubuh. Mineral ini membantu tubuh mengatasi stres, menghasilkan energi yang cukup, dan membangun tulang yang sehat. Magnesium juga membantu perkembangan otot dan sistem saraf karena magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium juga penting untuk penyerapan kalsium, nutrisi lain yang penting bagi perempuan dari segala usia.

Makanan tinggi magnesium termasuk sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, yogurt, pisang, buah kering, dark chocolate, dan masih banyak lagi.

4. Vitamin C

Wanita membutuhkan Vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merusak kolagen, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Buah jeruk, brokoli dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Perempuan membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari.

5. Omega 3

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak bayi yang membuat pemenuhan nutrisi ini kunci kesuksesan kehamilan. Studi juga menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan yang baik dari omega-3 selama kehamilan dapat membantu untuk memastikan bayi mengembangkan sistem saraf yang sehat dan mungkin mengurangi risiko memiliki bayi prematur. Asam lemak omega-3 mengurangi risiko stroke, demensia, dan penyakit Alzheimer. Umumnya, omega-3 menawarkan manfaat kesehatan tulen di setiap tahap kehidupan wanita.

Ikan berlemak adalah salah satu sumber makanan tinggi akan asam lemak omega-3. Mengonsumsi dosis tinggi dari ikan dan asam lemak omega-3 berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit jantung — pembunuh nomor satu perempuan.

6. Asam Folat

Asam folat atau folat (vitamin B9) adalah nutrisi penting semasa kehamilan untuk mencegah risiko bayi mengembangkan cacat tabung saraf seperti spina bifida atau anencephaly. Cacat ini dapat melumpuhkan dengan akibat yang fatal. Sumsum tulang belakang terbentuk dalam 12 minggu pertama kehidupan janin, maka dari itu folat sangat penting selama tahap awal kehamilan. Kadang, perlu waktu berminggu-minggu sebelum seorang wanita menyadari dirinya sedang hamil. Nah, inilah alasan mengapa semua wanita usia subur disarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang diperkaya dengan asam folat.

Folat adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Oleh karena itu, nutrisi ini juga menguntungkan sistem kekebalan tubuh, produksi energi, mencegah anemia, dan juga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke.

Kebanyakan wanita mendapatkan cukup folat dari diet mereka melalui makanan seperti sayuran hijau — sumber utama asam folat, lalu jeruk, labu, alpukat, kacang hitam, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Sekarang, coba cek lagi deh Kulinas, apakah makananmu sehari-hari sudah memenuhi kebutuhan utama nutrisi dan mineral untuk wanita? Apa?
Belum?

Waduh, untung ya Kulina bagi-bagi info ini ke kalian. Jadi kalian bisa bertindak cepat untuk memperbaiki pola makan dan jenis makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh wanita. Tenang, Kulina gak hanya bagi info di atas buat bikin kalian khawatir. Tentu saja Kulina juga sediakan solusi yang tepat untuk kamu-kamu yang pola dan jenis makanannya masih gak sesuai dengan kebutuhan wanita.

PINK LUNCH!

Yap, Kulina baru saja mengeluarkan paket makan siang baru yang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus wanita. Tidak hanya jenis makanannya, melainkan porsi makanannya juga! Jadi gak ada lagi deh makanan yang terbuang karena keburu kenyang duluan.

Uwu~
Kulina gitu loh, udah lah satu-satunya katering makan siang yang paling ngertiin kamu 😘

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/5-nutrisi-untuk-wanita-segala-usia/
https://lifestyle.sindonews.com/read/930052/155/delapan-nutrisi-yang-dibutuhkan-wanita-1417137294