8 Manfaat Kacang Mete yang Wajib Kamu Ketahui

Kacang mete ternyata bukan hanya memiliki rasa gurih yang enak, namun didalam kandungan kacang mete terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita lho. Mulai dari kesehatan jantung, mata, hingga dapat mencegah kanker.

1 Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi pada kacang-kacangan termasuk kacang mete, seperti asam lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan dapat memberikan sifat pelindung, anti-karsinogenik dan anti-inflamasi. Sehingga dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit jantung.  

Kacang mete juga membantu menurunkan LDL dan meningkatkan daya dukung HDL. LDL(Low Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan HDL(High Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri. 

2 . Mencegah Penyakit Darah

Mengkonsumsi kacang mete secara teratur dengan takaran yang normal dapat menjauhkan kita dari penyakit darah seperti anemia. Karena kacang mete kaya akan tembaga, yang berperan penting dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan penyakit kekurangan zat besi atau anemia.

3 . Menurunkan Berat Badan

Kacang mete mengandung asam lemak Omega 3 yang berkontribusi memberi dorongan pada proses metabolisme untuk membakar lemak berlebih. Kacang merupakan makanan ringan yang sangat dianjurkan bagi kalian yang sedang melakukan proses diet, karena kacang dapat membuat kalian merasakan kenyang lebih lama.

4 . Sumber Energi

Kacang mete mengandung lebih banyak karbohidrat dan zat besi dari jenis kacang lainnya, yang berguna sebagai sumber energi. Kacang mete juga kaya akan zinc dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel.

5 . Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kacang mete mengandung tembaga dengan jumlah yang tidak sedikit. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk proses penggantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kedua komponen ini beperan penting dalam proses pembentukan tulang. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh akan mudah rusak dan kita pun rentan terkena penyakit disfungsi sendi.

Kekurangan tembaga juga dapat menurunkan kepadatan mineral pada tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain tembaga, kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini karena magnesium membantu kalsium terserap dengan lebih baik ke dalam tulang.

6 . Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete diduga mampu melindungi mata dari kerusakan ringan dan bahkan membantu mengurangi katarak.

7 . Menghindari Operasi Kolesistektomi

Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, rutin makan kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko operasi kolesistektomi untuk mengangkat kantung empedu pada wanita-wanita yang mengalami masalah kantung empedu. 

Penelitian ini melibatkan lebih dari satu juta orang dalam rentang waktu 20 tahun. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kemungkinan seorang wanita menjalani prosedur kolesistektomi cenderung kecil apabila rutin makan kacang-kacangan setidaknya 5 ons setiap minggu.

8 . Mencegah Kanker

Tingginya persentase selenium pada kacang mete membantu mencegah kanker pada tubuh kita. Selain itu kandungan flavanol yang mencegah produksi sel kanker dan mematikan sel tumor. Kandungan tembaga yang tinggi juga dapat menangkal radikal bebas.

Wah… luar biasa sekali ya ternyata manfaat kacang mete bagi tubuh kita. Kacang mete yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan, ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Maka mulai sekarang, makanlah lebih sehat, lebih lengkap.

Tidak hanya karbohidrat, protein, sayur, dan buah, melaikan juga kacang-kacangan! Gimana caranya? Gampang, langganan Healthy Lunch aja di Kulina! Semua menu telah dihitung secara seksama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Semua menu sehat ini, juga telah dipastikan, tetap memiliki cita rasa yang lezat~

Cobain sekarang!

6 Nutrisi dan Mineral Penting untuk Wanita

“Asal makan 4 sehat 5 sempurna, sudah cukup.” contoh pendapat yang sering kita anggap benar, padahal ternyata kurang tepat. Lantas bagaimana seharusnya?

Kita tahu bahwa tubuh pria dan wanita berbeda. Hormon penggerak utamanya juga berbeda — yang membuat wanita mengalami hal-hal yang tidak dialami pria, contohnya haid.

Haid datang setiap bulan kepada perempuan yang sudah memasuki usia remaja dan tidak hamil. Ketika haid, kita kehilangan banyak darah, dan sebaiknya segera digantikan dengan nutrisi dan mineral yang tepat untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat. Itu baru satu contoh loh. Padahal ada banyak hal lagi kan yang membedakan wanita dengan pria?

Nah, kalau kamu wanita dan sudah merasa mengenal dirimu, yuk coba kita telisik lagi. Apa aja sih sebenarnya yang paling dibutuhkan oleh tubuhmu?

1. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk pembuatan hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Mineral ini juga merupakan bagian dari banyak enzim dan merupakan bagian integral dari sistem kekebalan tubuh. Sangat penting bagi remaja perempuan menjelang dan selama masa pubertas, serta wanita usia subur mengonsumsi makanan kaya zat besi dan vitamin B12 karena sejumlah kecil zat besi hilang di setiap siklus menstruasi.

Anemia defisiensi besi membuatmu merasa lemah letih lesu, kecapekan, tidak mampu berkonsentrasi, lebih rentan terhadap infeksi, penurunan berat badan, dan depresi.

Sumber zat besi termasuk ikan, daging, unggas, telur, susu, kacang-kacangan, lentil, dan sarapan sereal fortifikasi zat besi.

2. Kalsium

Memenuhi asupan kalsium penting untuk wanita di segala usia, tapi jauh lebih kritis selama masa remaja dan dewasa muda, ketika tulang masih menyerap kalsium dengan baik.

Jika kamu membangun tulang yang kuat sejak muda, kamu akan mengurangi risiko osteoporosis, alias penyakit tulang rapuh, seiring bertambahnya usia. Osteoporosis mempengaruhi satu dari empat wanita Indonesia berusia 50 tahun ke atas. Setelah usia 35, tubuh secara alami kehilangan kepadatan tulang, membuat risiko menderita kondisi yang melemahkan ini meningkat drastis jika tulangmu lemah.

Kebanyakan ahli merekomendasikan maksimal 1.200–1.300 mg kalsium per hari untuk setiap perempuan pada umumnya. Kalsium dapat ditemukan di tahu, sereal, kedelai, dan minuman yang terbuat dari beras (Genmaicha, horchata, susu beras, air beras, sikhye, sake), sayuran seperti kangkung, brokoli dan kubis Cina, ikan bertulang lunak seperti sarden dan salmon, dan biji-bijian seperti kuaci bunga matahari dan biji wijen.

3. Magnesium

Magnesium sangat penting untuk sejumlah fungsi tubuh. Mineral ini membantu tubuh mengatasi stres, menghasilkan energi yang cukup, dan membangun tulang yang sehat. Magnesium juga membantu perkembangan otot dan sistem saraf karena magnesium berperan dalam lebih dari 300 reaksi kimia dalam tubuh. Magnesium juga penting untuk penyerapan kalsium, nutrisi lain yang penting bagi perempuan dari segala usia.

Makanan tinggi magnesium termasuk sayuran berdaun gelap, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, alpukat, yogurt, pisang, buah kering, dark chocolate, dan masih banyak lagi.

4. Vitamin C

Wanita membutuhkan Vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merusak kolagen, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Buah jeruk, brokoli dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Perempuan membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari.

5. Omega 3

Asam lemak omega-3 sangat penting untuk perkembangan otak bayi yang membuat pemenuhan nutrisi ini kunci kesuksesan kehamilan. Studi juga menunjukkan bahwa wanita yang memiliki asupan yang baik dari omega-3 selama kehamilan dapat membantu untuk memastikan bayi mengembangkan sistem saraf yang sehat dan mungkin mengurangi risiko memiliki bayi prematur. Asam lemak omega-3 mengurangi risiko stroke, demensia, dan penyakit Alzheimer. Umumnya, omega-3 menawarkan manfaat kesehatan tulen di setiap tahap kehidupan wanita.

Ikan berlemak adalah salah satu sumber makanan tinggi akan asam lemak omega-3. Mengonsumsi dosis tinggi dari ikan dan asam lemak omega-3 berpengaruh terhadap penurunan risiko penyakit jantung — pembunuh nomor satu perempuan.

6. Asam Folat

Asam folat atau folat (vitamin B9) adalah nutrisi penting semasa kehamilan untuk mencegah risiko bayi mengembangkan cacat tabung saraf seperti spina bifida atau anencephaly. Cacat ini dapat melumpuhkan dengan akibat yang fatal. Sumsum tulang belakang terbentuk dalam 12 minggu pertama kehidupan janin, maka dari itu folat sangat penting selama tahap awal kehamilan. Kadang, perlu waktu berminggu-minggu sebelum seorang wanita menyadari dirinya sedang hamil. Nah, inilah alasan mengapa semua wanita usia subur disarankan untuk mengonsumsi vitamin prenatal yang diperkaya dengan asam folat.

Folat adalah vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk membuat sel darah merah. Oleh karena itu, nutrisi ini juga menguntungkan sistem kekebalan tubuh, produksi energi, mencegah anemia, dan juga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke.

Kebanyakan wanita mendapatkan cukup folat dari diet mereka melalui makanan seperti sayuran hijau — sumber utama asam folat, lalu jeruk, labu, alpukat, kacang hitam, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Sekarang, coba cek lagi deh Kulinas, apakah makananmu sehari-hari sudah memenuhi kebutuhan utama nutrisi dan mineral untuk wanita? Apa?
Belum?

Waduh, untung ya Kulina bagi-bagi info ini ke kalian. Jadi kalian bisa bertindak cepat untuk memperbaiki pola makan dan jenis makanan yang benar-benar dibutuhkan tubuh wanita. Tenang, Kulina gak hanya bagi info di atas buat bikin kalian khawatir. Tentu saja Kulina juga sediakan solusi yang tepat untuk kamu-kamu yang pola dan jenis makanannya masih gak sesuai dengan kebutuhan wanita.

PINK LUNCH!

Yap, Kulina baru saja mengeluarkan paket makan siang baru yang sengaja dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus wanita. Tidak hanya jenis makanannya, melainkan porsi makanannya juga! Jadi gak ada lagi deh makanan yang terbuang karena keburu kenyang duluan.

Uwu~
Kulina gitu loh, udah lah satu-satunya katering makan siang yang paling ngertiin kamu 😘

Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/5-nutrisi-untuk-wanita-segala-usia/
https://lifestyle.sindonews.com/read/930052/155/delapan-nutrisi-yang-dibutuhkan-wanita-1417137294