BUKA PUASA BERSAMA, BARENG KULINA

Mungkin perjalanan Game of Throne sudah berakhir, tapi tidak dengan puasa tahun ini Fergusso~

Ada cerita apa nih di awal minggu ke-tiga  puasa tahun ini? Semoga ‘bolong’ hanya milik siang, bukan puasa harian kalian ya… Selain puasa yang gak boleh bolong, satu hal apalagi nih yang biasanya – sebisa mungkin – gak mau terlewat selama momen Ramadan?

Apa lagi kalau bukan, buka bersama!

Yaps, buka bersama seolah sudah menjadi suatu kewajiban untuk menambah kemeriahan Ramadan. Biasanya nih, tradisi buka bersama bisa jadi salah satu motivasi untuk makin giat berpuasa, Kulinas. Buka bersama menjadi ajang berkumpul kawan lama atau mempererat kekeluargaan kolega sekitar.

Manfaat Buka Bersama

Selain meningkatkan rasa kekeluargaan, momen makan bersama saat Ramadan bisa meningkatkan nafsu makan dan memberikan kepuasan tersendiri. Menurut Robin Fox, seorang dosen Antropologi di Rutgers University, New Jersey, kebiasaan ini jadi kesempatan untuk lebih memahami budaya dari anggota yang ikut makan bersama tersebut. Mengenal banyak orang membuka perspektif baru bahkan bisa semakin bijak menghadapi karakter banyak orang.

Interaksi saat berkumpul dalam satu meja juga akan mengembalikan ikatan persaudaraan antar anggota. Studi yang dimuat di Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan jika buka bersama dengan teman-teman bisa membantu seseorang bernostalgia dengan masa lalunya. Melalui bernostalgia, membuat seseorang dikatakan akan lebih semangat dan optimis menjalani hidupnya.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan jika momen berbuka bersama bisa saja bermanfaat dalam membantu seseorang menanggulangi perasaan kesepian, kegagalan bahkan kehilangan tujuan hidup. Penelitian lain menyebutkan jika momen berkumpul seperti buka bersama akan mengurangi risiko alzheimer atau kepikunan.

Ternyata banyak ya manfaat yang muncul dari kegiatan makan bersama.

Nah, biasanya semakin mendekati Lebaran, semakin padat jadwal buka bersamanya. Dari pada bingung booking tempat untuk buka puasa, mending buka puasa di rumah aja. Terus makannya gimana dong? Jangan khawatir, karena Kulina-lah jawabannya!

Buka Bersama Kulina

Sekarang, Kulina punya paket spesial buka bersama.

Paket buka bersama Kulina ini jenisnya prasmanan ya, guys. Jadi kamu bisa ambil makan sendiri sesuai porsi tubuh masing-masing. Minimal pemesanan untuk 10 orang. Tidak hanya menu lengkap untuk berbuka, masih ada lagi tambahan takjil dan snack buat bikin buka bersama kalian makin meriah!

Menu Buka Bersama Kulina

1. Japanese Set 1 by Sushi-ya

Termasuk di dalamnya: salad kentang, ayam mentai, tempura sayur, nagasaki roll (kulit tempura dengan isian stik kepiting, mayonaise, saus sambal, dan ponzu), minami roll (kulit tempura dengan isian stik kepiting, krim keju, dan saus goma) – lengkap dengan nasi. Dan masih dapat lagi takjil puding dan air mineral.

2. Japanese Set 2 by Sushi-ya

Termasuk di dalamnya: Tahu Agedashi, sapi hamburg (patty sapi khas Jepang dengan saus teriyaki), tempura sayur, negitoro roll (ikan tuna goreng, bawang bombay goreng, dengan saus kedelai dan mayonaise), sensoji roll (stik kepiting, krim keju, digulung dengan mayonaise pedas dan tobiko), – lengkap dengan nasi. Dan masih dapat takjil puding dan air mineral.

3. Nasi Uduk Ayam Goreng by DKI Catering

Termasuk di dalamnya: Nasi uduk, mie goreng, ayam goreng lengkuas, sate tempe, kentang balado, sambal, kerupuk, buah/kue basah, air mineral.

4. Nasi Ikan Fillet Saus Asam Manis by DKI Catering

Termasuk di dalamnya: Nasi putih, bihun goreng, ikan fillet saus asam manis, capcay, pangsit goreng, sambal, kerupuk, buah/kue basah, air mineral.

5. Nasi Lemak Ayam Geprek Sambal Matah by Noni Sienna

Termasuk di dalamnya: Nasi lemak, ayam geprek sambal matah, bakwan jagung, tumis kacang panjang ebi, kerupuk udang, lalapan, sambal – lengkap dengan buah dan air mineral.

6. Nasi Liwet Ayam Kremes by Noni Sienna

Termasuk di dalamnya: Nasi liwet, ayam kremes bumbu kuning, balado kentang ati, bakwan jagung, teri basah goreng krispi, lalapan, sambal, kerupuk – lengkap dengan buah, kolak, dan air mineral.

Harga bervariasi mulai dari Rp 35.000 – Rp 50.000/pax. Tinggal sesuaikan selera dan kantong, aman deh! Kapan lagi makan bareng hemat berkualitas bareng Kulina?

Yuk, bikin acara buka bersamamu sekarang!

Semua yang kalian butuhkan untuk berbuka, udah pesannya di Kulina aja.

SUMBER:
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3958529/tradisi-buka-bersama-ajang-silaturahmi-atau-unjuk-jati-diri
https://www.mkt.kulina.id/buka-bersama

Pentingnya Konsumsi Buah Saat Buka Puasa

D:\KULINA\MEI\pict\berries-citrus-citrus-fruits-1132047.jpg

Selama bulan Ramadan, menyantap makanan saat berbuka sebaiknya menjadi hal yang paling diperhitungkan. Lantaran, tubuh telah seharian penuh bekerja cukup keras, energi banyak terkuras dan tubuh menjadi lemas. Tubuh butuh asupan nutrisi dan vitamin yang bisa segera mengembalikan energi tubuh dengan tepat — apalagi kalau bukan makanan sehat? Makanan sehatnya apa? Ya sayur dan buah!

Nah, mumpung udah masuk waktu ngabuburit… Kulina akan bahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah selama bulan Ramadan. Bisa jadi, tips sehat ini ideal sebagai menu penyeimbang saat buka puasa bersama kalian lho Kulinas.

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Buka Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

  • Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.
  • Merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.
  • Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.
  • Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh. Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah beraktivitas saat cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan menjaga tubuh tetap bugar.

1. Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

2. Pepaya

Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.

3. Alpukat

Menurut spesialis nutrisi, Rachel Olsen, makanan tinggi kandungan lemak baik menjadi penyeimbang dari sekian banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu diantaranya adalah alpukat. Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

4. Kiwi

Buah ini sangat kaya akan serat yang bisa memberikan cadangan cairan kepada tubuh agar tidak muncul dehidrasi ketika menjalankan puasa. Buah kecil yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa enzim proteolotik dalam kiwi memiliki fungsi sebagai pemecah protein sehingga seluruh organ tubuh bekerja dengan normal, termasuk lambung dan sistem pencernaan.

5. Apel

Dalam setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada apel, menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi saat puasa. Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

6. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa.

Makan saat buka puasa dengan porsi ekstra memang menyenangkan. Tapi ingat makan kenyang, ingat juga kualitas nutrisi sajian yang dikonsumsi ya Kulinas! Yuk, mulai konsumsi buah saat berbuka…

Kalau Kulina bisa sekalian sajikan buah dihidangan berbukamu, pada seneng gak nih, Kulinas?

SUMBER:
https://www.halodoc.com/perbanyak-serat-ini-manfaat-konsumsi-buah-dan-sayur-saat-puasa
https://www.halodoc.com/5-buah-yang-direkomendasikan-dimakan-saat-puasa
https://cantik.tempo.co/read/1091131/pentingnya-konsumsi-sayur-dan-buah-selama-puasa-ramadan/full&view=ok

3 Variasi Opor/Kare dari Berbagai Negara

Makanan wajib selama Ramadan apalagi kalau bukan Opor. Karateristik utama paling menarik pada Opor atau Kare ada dalam kuahnya yang berempah dan atau bersantan. Di Indonesia sendiri makanan bersantan cukup dikenal sebagai sajian khas Sumatera. Namun, faktanya asal muasal penggunaaan rempah melimpah dalam makanan ini berasal dari India. Lalu bagaimana dengan sajian Nasi Kare dari Jepang yang telah dipatenkan jadi hidangan nasional milik Negeri Sakura?

Beda negara, beda karakter rasa. Berikut Kulina ajak melanglang buana ke tiga negara. Mendalami rasa Kare dari India, Jepang, sampai akhirnya ke Indonesia.

1. Garam Masala dari India

India sering dianggap sebagai tanah kelahiran sajian Kare. Sama halnya seperti pasta di Italia, hidangan Kare di India memiliki beragam turunan.

Bumbu siap pakai yang paling populer disebut bubuk garam masala yang terdiri dari paling tidak lima jenis rempah yaitu, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, dan cengkih. Setiap daerah memiliki garam masala yang khas, tak jarang juru masak akan meracik sendiri bahan-bahan untuk garam masala.

Bubuk Kare (curry powder) atau bubuk garam masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh bangsa Inggris. Upaya pengemasan menjadi bubuk, bertujuan agar dapat membawanya pulang ke negeri asalnya, demi mengobati rindu dengan Kare India.

Menariknya, orang India sendiri justru tak menamainya sebagai Kare. FYI, pemberian nama tersebut diberikan oleh bangsa Inggris saat menduduki wilayah India pada abad ke-17. Julukan Kare disematkan untuk mengidentifikasi berbagai hidangan India yang berkuah.

Masyarakat India lebih suka menyebutkan nama hidangan secara spesifik, sesuai dengan jenis racikan bumbu Kare-nya. Karena menurut masyarakat India sebutan kata Kare dianggap merendahkan kompleksitas rasa dan kenikmatan dari kuliner India. Apalagi tiap wilayah punya sajian Kare khasnya masing-masing. Maka dari itu, mereka lebih suka menyebut jenis Kare-nya langsung–misalnya, Masala, Vindaloo atau Tandoori.

Beberapa di antara hidangan Kare yang populer di India adalah Masala,terbuat dari campuran rempah dan herbal, lalu dicampur dengan ghee, dan krim untuk menciptakan rasa yang khas. Kemudian Vindaloo, sebuah Kare yang punya rasa sangat pedas, karena menggunakan lada hitam dan air perasan jeruk lemon. Lalu ada Tandoori, sajian Kare yang lebih light, dibuat dari oven tanah liat khusus, dan dikenal sebagai tandoor.

2. Kare Negeri Sakura

D:\KULINA\MEI\pict\bowl-chicken-close-up-674574.jpg

Kare mulai diperkenalkan ke Jepang pada masa Era Meiji oleh bangsa Inggris, yang kala itu menjajah India. Karena masakan ini diperkenalkan ke Jepang melalui perantara Inggris, pada awalnya hidangan ini dianggap masakan barat. Kare gaya barat ini kini hadir bersamaan dengan Kare asli India sejak mulai populernya Kare India sejak dasawarsa 1990-an.

Di Jepang, hidangan ini biasanya disajikan dalam tiga bentuk utama: nasi Kare, Kare Udon, dan  Kare-Pan. Nasi Kare Jepang biasanya, secara sederhana disebut Kare. Berbagai jenis sayuran dan daging digunakan untuk membuat Kare Jepang. Sayuran dasar adalah bawang bombay, wortel, dan kentang. Untuk daging digunakan daging sapi dan ayam adalah yang paling populer. 

Nasi Kare Jepang memiliki konsistensi kuah lebih kental dan cenderung berwarna cokelat, ketimbang Kare dari India yang warna sausnya lebih terang. Kuah Kare Jepang yang kental berasal dari penambahan tepung dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan Kare India.

Paduan carb-complex hidangan ini pun cukup berbeda. Jika di Jepang lebih cenderung menggunakan nasi dan mi, sedangkan di India lebih populer memadukan Kare dengan sejenis roti atau kacang-kacangan.

3. Opor, Kare ala Indonesia

D:\KULINA\MEI\pict\00167557.jpg

Indonesia terletak di kawasan beriklim tropis. Dapat dikenal sampai ke penjuru dunia karena memiliki sumber rempah melimpah dan beragam tanaman tropis yang kaya manfaat. Olehnya, penggunaan rempah dan santan kelapa dalam masakan Indonesia sebenarnya sudah cukup akrab. Terutama pada sajian masakan Padang, Sumatera. Selain itu ada satu masakan yang menggunakan santan dan wajib disajikan saat Ramadan tiba. Apalagi kalau bukan Opor Ayam.

Opor Ayam merupakan masakan ayam berkuah santan yang sangat terkenal diseluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Masakan yang satu ini terbuat dari bahan utama daging ayam yang dimasak dengan santan kental yang dihasilkan dari buah kelapa dan aneka rempah seperti serai, kencur, kunyit, juga bumbu lainnya.

Hidangan ini menjadi hidangan yang selalu ada saat lebaran dan menjadi pasangan dari ketupat atau lontong. Santan sendiri memiliki makna yang dapat mengarah pada namanya dalam bahasa Jawa, yakni santen. Kata santen ini dianalogikan dengan kata pangapunten yang memiliki makna meminta permohonan maaf.

Walaupun biasa dihidangkan saat Lebaran tiba, keinginan untuk berbuka bersama dengan Opor Ayam kadang tak bisa ditunda! Kalau sudah begitu, mending order Opor Ayam-mu di Kulina aja.

Paket bukber Opor Ayam Mubarok, lengkap dengan satu porsi lontong, opor ayam, kering ketang, tumis labu, sambal merah, dan pelengkap lainnya, apalagi kalau bukan kerupuk! Paket spesial Ramadan ini masih cukup terjangkau dan pastinya terjamin kualitasnya. Di paket bukber ini, kamu gak akan buka puasa sendirian. Ajak teman-temanmu untuk buka puasa bersama~

So, udah ada solusi kan untuk menu berbuka nanti? Go order now and be prepared for your unforgettable breakfasting!

PESAN SEKARANG!

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_India
https://id.wikipedia.org/wiki/Kari
https://kumparan.com/@kumparanfood/jejak-perjalanan-kari-india-yang-mendunia-1548840970799150635
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/18/298/1339431/asal-usul-hidangan-kari-dari-india
http://jatim.tribunnews.com/2018/06/13/5-fakta-menarik-ketupat-opor-ayam-yang-selalu-disajikan-saat-lebaran-dari-sejarah-hingga-makna?page=4
https://makanan-indonesia.weebly.com/home/opor-ayam