7 Resep untuk Takjil Buka Puasa Masak #DiRumahAja

Kulina bagi 7 resep untuk takjil buka puasa

Di tengah pandemi dan himbauan #dirumahaja ini, ada satu kebiasaan di bulan Ramadhan yang hilang, apalagi kalau bukan berburu takjil untuk buka puasa!

Biasanya… sore menjelang buka, kita keluar rumah bersama teman – keluarga – kekasih untuk berburu takjil. Beli takjil di pinggir jalan atau di pasar dadakan yang sering muncul di sudut-sudut jalan dengan beragam pilihan takjil dan makanan mulai dari yang asin sampai manis. Dari pada sedih karena gak bisa berburu takjil sendiri di luar, mending bikin sendiri di rumah.

Yuk, simak 7 resep takjil untuk buka puasa dari Kulina!

1. Es Teh Istimewa

1. Es Teh Istimewa untuk takjil buka puasa
Es Teh Istimewa untuk takjil buka puasa

Bahan:

  • 3 kantong teh (pilih yang tanpa rasa/aroma)
  • 500 ml air mendidih
  • 5 sdm gula pasir atau sesuai selera
  • 1 kaleng buah leci
  • 1 sdm biji selasih yang sudah diseduh air panas
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat:

  1. Seduh teh dengan air mendidih, tunggu sekitar 3-5 menit hingga teh siap.
  2. Tambahkan gula, aduk sampai larut. Sisihkan.
  3. Dalam gelas, tata buah leci dan biji selasih secukupnya.
  4. Tuang teh yang telah dingin secukupnya.
  5. Terakhir tambahkan es batu sesuai selera.
  6. Es teh istimewa siap dihidangkan!

2. Sop Buah Pelangi

2. Sop Buah Pelangi Takjil Pelepas Dahaga
Sop Buah Pelangi Takjil Pelepas Dahaga

Bahan:

  • Secukupnya semangka, potong dadu atau bentuk bulat. Sisihkan
  • Secukupnya melon, potong dadu atau bentuk bulat. Sisihkan
  • Secukupnya nanas, potong-potong. Sisihkan
  • Secukupnya buah naga putih, potong dadu. Sisihkan
  • Secukupnya sirup rasa cocopandan
  • 2 bungkus susu kental manis putih
  • Secukupnya es batu

Cara Membuat:

  1. Siapkan mangkok yang cukup besar.
  2. Tata buah secara berselang di dalam mangkok.
  3. Beri es batu yang sudah diserut terlebih dahulu.
  4. Lalu tuang secukupnya sirup rasa cocopandan di atasnya.
  5. Terakhir beri susu kental manis dan aduk perlahan.
  6. Siap disajikan dalam gelas atau mangkok kecil sesuai selera.

3. Dalgona Coffe

3. Dalgona Coffee nikmat disantap sebagai takjil buka puasa
Dalgona Coffee nikmat disantap sebagai takjil buka puasa

Bahan:

  • 2 sdm kopi hitam bubuk
  • 2 sdm gula putih
  • 2 sdm air panas
  • 125 ml susu cair
  • 1 gelas es batu

Cara Membuat:

  1. Masukkan kopi dan gula ke dalam mangkuk kecil, tambah air panas sebanyak 2 sendok makan.
  2. Aduk hingga mengembang dan berubah menjadi whipped coffe. Gunakan mixer untuk proses yang lebih cepat.
  3. Siapkan gelas berisi es batu, tuang susu sampai 3/4 ukuran gelas.
  4. Tuang whipped coffee yang telah dibuat sebelumnya di atas susu.
  5. Dalgona coffe sudah jadi dan siap dinikmati!

Baca artikel serupa:
[6 Resep Sahur Sederhana, Cepat, dan Lezat]

4. Pie Susu Teflon

4. Pie Susu Teflon
Pie Susu Teflon

Bahan Kulit Pie:

  • 10 sdm tepung terigu
  • 5 sdm mentega
  • 1 butir kuning telur

Bahan Fla Susu:

  • 2 butir kuning telur
  • 10 sdm air
  • 14 sdm susu kental manis
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1/2 sdt garam
  • secukupnya keju

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan untuk kulit pie, uleni hingga kalis.
  2. Pipihkan adonan di atas teflon dengan ketebalan yang merata, tusuk-tusuk dengan garpu.
  3. Panggang kulit pie dengan api kecil selama 3 menit.
  4. Tuang isi fla, gunakan saringan agar adonan fla lebih lembut.
  5. Tutup teflon, panggang dengan api kecil sampai matang kurang lebih 1 1/2 jam.
  6. Cek pinggiran kulit pie, jika sudah keras dan tidak menempel pada teflon, matikan api.
  7. Angkat pie dan potong sesuai selera!

5. Donat Kentang

5. Donat Kentang
Donat Kentang

Bahan:

  • tepung terigu 1/2 kg- kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan sebanyak 200 gram
  • gula pasir 4 sdm
  • ragi instan 11 g
  • susu kental manis 3 sdm
  • mentega 3 sdm
  • garam 2 sdt
  • telur 2 butir
  • air 200 cc
  • susu bubuk 3 sdm

Cara Membuat:

  1. Kocok 2 butir telur dalam mangkuk hingga berbusa, tambahkan garam, gula pasir, tepung terigu, dan mentega. Uleni hingga kalis.
  2. Tuang kentang yang sudah dihaluskan ke dalam mangkuk.
  3. Masukkan ragi ke dalam air dan aduk hingga larut, lalu masukkan air ragi tersebut dalam adonan.
  4. Secara perlahan uleni adonan hingga kalis.
  5. Tutup mangkok dengan kain. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.
  6. Setelah 1 jam, mulai memanaskan minyak goreng.
  7. Mulailah membentuk adonan menjadi bentuk donat, jangan lupa untuk memberi lubang di tengah.
  8. Masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalam penggorengan. Gunakan api kecil agar tidak mudah gosong.
  9. Angkat saat adonan berubah warna kuning keemasan. Tiriskan.
  10. Oleskan mentega, taburi meses, gula halus, atau selai sesuai selera.

6. Martabak Mini

6. Martabak Mini
Martabak Mini

Bahan:

  • 350 gram tepung terigu.
  • 2 sdm susu bubuk atau susu kental manis
  • 1/4 sdt garam
  • 80-100 gram gula pasir/halus
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt baking powder
  • 3/4 sdt baking soda
  • 1 butir telur
  • 1 kuning telur
  • 30 gram margarin
  • 1/4 sdt ragi bubuk

Cara Membuat :

1. Pertama masukan tepung, baking powder, gula, garam, vanili, dan susu bubuk ke dalam wadah.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sembari terus diaduk. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit
3. Tambahkan ragi, lalu diamkan selama 30 menit sampai satu jam
4. Setelah didiamkan, tambahkan telur sambil terus diaduk, tambahkan baking soda dan margarin leleh.
5. Setelah semua tercampur, panaskan loyang, jangan dioles mentega.
6. Masukkan adonan ke loyang, ketika adonan dimasukan jika berbunyi ‘cesss’ berarti panas nya sudah cukup dan segera kecilkan api agar tidak gosong bawahnya.
7. Setelah matang angkat dan oles mentega/susu cair.
8. Tambahkan topping yang kamu inginkan.

7. Pisang Cokelat Lumer

7. Pisang Cokelat Lumer
Pisang Cokelat Lumer

Bahan:

  • kulit lumpia
  • pisang Raja yang sudah matang, potong-potong
  • meses cokelat
  • keju milky soft, parut
  • secukupnya putih telur sebagai perekat

Cara Membuat:

1. Ambil kulit lumpia.
2. Isi dengan pisang yang sudah dipotong-potong.
3. Taburi meses dan keju parut.
4. Lipat, gulung, lem pinggirnya dengan putih telur.
5. Siap digoreng.
6. Angkat lumpia setelah garing dan berubah warna, tiriskan.
7. Hidangkan pisang cokelat lumer selagi hangat.

Ada 7 resep takjil yang bisa kamu bikin setiap hari untuk satu minggu ke depan nih! Suasana buka puasa bersama keluarga jadi lebih menyenangkan ya…

Kalau untuk buka puasa dan sahurnya masih bingung pakai apa, pesan di Kulina aja!

[CEK MENU KULINA]

SUMBER:
https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/12-resep-camilan-manis-enak-sederhana-cocok-untuk-pemula-200408q.html
https://www.idntimes.com/food/recipe/angel-ai-rose/resep-es-ala-rumahan-exp-c1c2/7
https://cookpad.com/id/resep/5097397-pie-susu-teflon-anti-gosong

4 Cara Jaga Kebersihan Diri Setelah Pergi dari Luar

Jaga Kebersihan Diri Setelah Pergi dari Luar

Pemerintah telah menerapkan physical dan social distancing serta himbauan work from home sejak bulan Maret lalu. Meski kita telah berusaha menerapkannya, terkadang kita tetap butuh keluar rumah untuk melakukan hal-hal penting. Masalahnya, kita tidak tahu apa yang kita temukan di luar rumah. Maka dari itu, kita harus ekstra menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama di situasi pandemi Corona seperti ini.

Kulina akan bagikan 4 cara jaga kebersihan diri setelah pergi dari luar:

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah

1. Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri
Siapkan Sabun dan Disinfektan di Depan Rumah untuk Jaga Kebersihan Diri

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah hal penting pertama yang harus kamu lakukan begitu sampai rumah. Tangan kita telah menyentuh banyak benda selama bepergian dan kita tidak pernah tahu adakah kuman, bakteri, atau virus yang ikut hinggap di tangan kita. Tentu kita tidak mau kuman, bakteri, dan virus itu menyebar lebih jauh hingga ke dalam rumah.

Setelah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, segera semprotkan disinfektan pada benda-benda yang kamu bawa dari luar seperti tas, sepatu, kresek belanjaan, bahkan kendaraan yang tadi kamu pakai keluar. Disinfektan juga berguna untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di benda-benda tersebut. Disinfektan mengandung bahan kimia yang cukup keras, maka hanya gunakan disinfektan pada benda-benda yang ikut kamu bawa keluar. Hindari disinfektan terkena kulit kalian karena akan menimbulkan rasa terbakar. Jika kulit terlanjur kena disinfektan, segera basuh dengan air mengalir sampai rasa terbakar hilang.

2. Mandi

2. Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki
Segera Mandi Basuh dari Kepala Sampai Kaki

Setelah “ritual” cuci tangan dan semprot disinfektan selesai, sekarang kamu bisa masuk rumah. Begitu masuk, berjalanlah langsung menuju ke kamar mandi tanpa menyentuh barang apapun lagi di dalam rumah. Basuh tubuhmu mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki dan mandi.

Jika di rumahmu ada garasi, itu lebih baik lagi. Garasi cukup tertutup, namun tidak berhubungan langsung dengan dalam rumah. Jadi sebelum benar-benar masuk rumah, lepas baju yang kamu pakai di dalam garasi. Setelah itu baru mandi.

3. Cuci Baju

3. Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen
Langsung Cuci Baju yang Dipakai Keluar dengan Deterjen

Tempatkan baju yang kamu pakai tadi ke dalam wadah tersendiri dan langsung rendam dengan deterjen. Deterjen memiliki kandungan aktif yang mampu meluruhkan lemak bahkan kuman, bakteri, dan virus yang mungkin saja menempel di bajumu dari luar. Cuci baju yang tadi kamu pakai. Pastikan, kamu mencuci baju-baju tersebut terpisah dari baju-baju yang hanya kamu dan keluargamu gunakan di dalam rumah.

4. Ganti Baju Bersih

4. Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah
Ganti Baju Bersih Khusus untuk di Rumah

Jika kamu bukan tipe orang yang memisahkan baju untuk di dalam dan di luar rumah, ada baiknya coba pertimbangkan kebiasaan baru ini. Setelah mandi dan mencuci baju, segera ganti dan pakai baju bersih. Seandainya bisa, pakailah baju yang memang kamu khususkan hanya kamu pakai di dalam rumah saja.

Empat langkah sederhana yang sangat besar manfaatnya untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Saat awal-awal melakukan ini, tentu berat memulai kebiasaan baru. Namun mengingat situasi genting saat ini, jangan menyerah dulu ya! Ini semua demi kebaikan kita dan keluarga.

Di luar empat hal yang Kulina sudah sebutkan di atas, tetap ingat etika batuk atau bersin ya… Ketika rasa gatal di hidung atau tenggorokan mulai terasa, segera palingkan wajah dan tutup dengan bagian dalam lengan agar liur yang ikut keluar tidak menyebar ke benda-benda sekitar atau bahkan anggota keluarga yang lainnya.

5. Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri
Bawa Hand Sanitizer, Tissue, dan Masker Saat Harus Pergi Keluar Demi Jaga Kebersihan Diri

Saat hendak bepergian keluar, pastikan kamu membawa hand sanitizer, tisu, dan pakailah masker. Hand sanitizer memiliki fungsi yang sama dengan sabun. Namun kita tidak selalu bisa menemukan sabun untuk cuci tangan saat berada di luar. Ada baiknya persiapkan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan – terutama setelah memegang benda-benda di tempat umum, segera pakai hand sanitizer.

Baca artikel serupa:
[6 Tips Sederhana Jaga Kesehatan di Tempat Kerja]

Semoga kalian semua selalu sehat dan situasi ini cepat reda ya!!!

Selama di rumah, pastikan asupan gizi kalian terjaga. Kalau masak sendiri setiap hari merepotkan atau membosankan, cus coba cek website dan aplikasi Kulina. Sekarang lagi ada promo bundle yang berarti lebih hemat beli makan untuk seluruh anggota keluarga!

[CEK MENU KULINA]

Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja
Cek Menu Kulina untuk Jaga Asupan Makan Selama #DiRumahAja

SUMBER:
https://doktersehat.com/tips-menjaga-kebersihan-diri/
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/03/23/120632220/7-cara-menjaga-kebersihan-diri-untuk-mencegah-penularan-virus-corona?page=all
https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-menjaga-kebersihan-sejak-sebelum-masuk-rumah-24838

Langganan Makan Kulina Selama #DiRumahAja

Hellooo my fellow #workfromhome workers dimana pun kalian berada… Kita telah menjalankan himbauan pemerintah untuk melakukan kerja dari rumah selama 2 minggu terakhir. Semoga, usaha yang kita lakukan ini bisa membantu menghentikan penyebaran virus Corona ya! Namun, beberapa daerah terutama Jakarta – memperpanjang masa #workfromhome #DiRumahAja hingga dua minggu ke depan.

Baca artikel serupa:
[5 Cara Meningkatkan Imunitas Lawan Corona]

Selama #DiRumahAja apa aja yang kalian lakukan untuk menghalau kebosanan? Kalau Kulina lihat nih, jadi banyak yang rajin masak ya? Tapi kalau tiap hari harus masak, bingung dan bosan juga kan? Belum lagi pekerjaan yang harus selesai, ditambah jaga dan bantu anak belajar… Tenang, jangan stress dulu karena Kulina punya solusinya! Serahkan urusan makan keluarga sama Kulina aja.

Alasan Harus Pesan Langganan Makan Kulina Selama #DiRumahAja

1. Kulina Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir

1. Langganan Kulina #DiRumahAja - Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir
Langganan Kulina #DiRumahAja – Lebih Hemat, Tanpa Tambahan Ongkir

Kalau lagi pesan makan online, kalian suka merhatiin jarak merchant dengan rumah kalian gak untuk menghemat biaya ongkir? Atau sengaja pilih merchant yang kasih promo gratis ongkir? Padahal makanan yang kamu mau bukan itu! Hayo ngaku…

Nah kalau kamu pesan Kulina, kamu gak perlu mengalami itu semua. Kamu mau pesan makanan apapun, dari merchant manapun di Kulina, bisa, bebas tanpa tambahan ongkir! Jadi lebih hemat, gak perlu ribet cari promo dulu. Mantap gak tuh?

2. Kulina Anti Ribet, Karena Bisa Pesan Langganan

2. Langganan Kulina #DiRumahAja - Anti Ribet, Bisa Pesan Langganan
Langganan Kulina #DiRumahAja – Anti Ribet, Bisa Pesan Langganan

Tiap mau jam makan, buka HP, buka aplikasi pesan makan online, scroll scroll scroll eh tahu-tahu udah habis satu jam buat pilih mau makan apa. Uww sedih… Jangan deh, jangan kamu habiskan waktumu buat pilih-pilih makanan doang. Walaupun kita #DiRumahAja, tapi ingat, kita tetap harus melakukan dan menyelesaikan pekerjaan seperti biasanya.

Jadi buat hemat waktu kamu, pesan langganan lewat Kulina aja. Kamu bisa pilih di awal menu-menu yang kamu mau buat seminggu ke depan. Besoknya tiap hari, kamu gak perlu habiskan waktu buat pilih-pilih menu lagi, tinggal duduk manis, tahu-tahu makananmu diantar setiap jam makan. Enak kan?

3. Dimasak Secara Higienis Oleh Merchant Kulina

3. Langganan Kulina #DiRumahAja - Dimasak Secara Higienis oleh Merchant
Langganan Kulina #DiRumahAja – Dimasak Secara Higienis oleh Merchant

Merchant yang mendaftar di Kulina, tak semuanya lolos uji standard lho. Kulina hanya memilih merchant terpercaya dengan kualitas bahan masakan, tempat memasak, cara memasak, dan penyajian masakan yang terpercaya dan sesuai standard Kulina.

Merchant yang bisa kamu pilih di aplikasi Kulina, hanya mereka yang telah lolos uji standard ini. Jadi, kamu gak perlu khawatir tentang kualitas dan higienitas dari makan-makan ini. Kulina cuma mau yang terbaik buat kamu!

4. Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant Kulina

4. Langganan Kulina #DiRumahAja - Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant
Langganan Kulina #DiRumahAja – Ragam Pilihan Menu dari Ratusan Merchant

Bosan masak setiap hari? Bosan makan itu-itu aja dari warung makan di sekitarmu? Makanya pilih Kulina aja. Kulina telah memilih merchant-merchant terbaik dengan ragam pilihan menu yang buanyaaakkk bangeeettt… Mulai dari masakan Indonesia, Jepang, Chinesse, Western, sampai masakan India juga ada. Pokoknya kamu mau makan apa, ada deh pilihannya di Kulina!

Saat pesan Kulina, kamu bahkan bisa pilih menu yang berbeda-beda untuk satu kali pengantaran demi memuaskan selera makan setiap anggota keluarga. Tidak hanya makanan berat, Kulina juga punya banyak pilihan camilan dan buah-buahan yang kamu butuhkan.

5. Bisa Pilih Contactless Delivery dari Kulina

5. Langganan Kulina #DiRumahAja - Bisa Pilih Contactless Delivery
Langganan Kulina #DiRumahAja – Bisa Pilih Contactless Delivery

Sejalan dengan upaya kita #DiRumahAja untuk menghentikan penyebaran virus Corona, Kulina juga mendukung gerakan ini dengan menyediakan pilihan contactless delivery dengan kurir pengantar makanan Kulina. Contactless delivery bisa kamu pilih saat proses pemesanan di aplikasi Kulina ya!

Contactless delivery memungkinkanmu untuk tetap mendapat makanan yang telah kamu pesan, tanpa harus bertemu dengan kurir pengatar makanan. Jadi masing-masing tetap menjaga jarak dan menjaga kesehatan kita bersama…

Kamu bisa pesan langganan makan Kulina selama #DiRumahAja dengan beragam menu yang pasti enak, sehat, hemat, dan terjaga kebersihannya.

Semakin penasaran dengan Kulina?
Yuk, langsung aja kepo-in website dan aplikasi Kulina!

[PESAN KULINA AJA]