BUKA PUASA BERSAMA, BARENG KULINA

Mungkin perjalanan Game of Throne sudah berakhir, tapi tidak dengan puasa tahun ini Fergusso~

Ada cerita apa nih di awal minggu ke-tiga  puasa tahun ini? Semoga ‘bolong’ hanya milik siang, bukan puasa harian kalian ya… Selain puasa yang gak boleh bolong, satu hal apalagi nih yang biasanya – sebisa mungkin – gak mau terlewat selama momen Ramadan?

Apa lagi kalau bukan, buka bersama!

Yaps, buka bersama seolah sudah menjadi suatu kewajiban untuk menambah kemeriahan Ramadan. Biasanya nih, tradisi buka bersama bisa jadi salah satu motivasi untuk makin giat berpuasa, Kulinas. Buka bersama menjadi ajang berkumpul kawan lama atau mempererat kekeluargaan kolega sekitar.

Manfaat Buka Bersama

Selain meningkatkan rasa kekeluargaan, momen makan bersama saat Ramadan bisa meningkatkan nafsu makan dan memberikan kepuasan tersendiri. Menurut Robin Fox, seorang dosen Antropologi di Rutgers University, New Jersey, kebiasaan ini jadi kesempatan untuk lebih memahami budaya dari anggota yang ikut makan bersama tersebut. Mengenal banyak orang membuka perspektif baru bahkan bisa semakin bijak menghadapi karakter banyak orang.

Interaksi saat berkumpul dalam satu meja juga akan mengembalikan ikatan persaudaraan antar anggota. Studi yang dimuat di Personality and Social Psychology Bulletin menyebutkan jika buka bersama dengan teman-teman bisa membantu seseorang bernostalgia dengan masa lalunya. Melalui bernostalgia, membuat seseorang dikatakan akan lebih semangat dan optimis menjalani hidupnya.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan jika momen berbuka bersama bisa saja bermanfaat dalam membantu seseorang menanggulangi perasaan kesepian, kegagalan bahkan kehilangan tujuan hidup. Penelitian lain menyebutkan jika momen berkumpul seperti buka bersama akan mengurangi risiko alzheimer atau kepikunan.

Ternyata banyak ya manfaat yang muncul dari kegiatan makan bersama.

Nah, biasanya semakin mendekati Lebaran, semakin padat jadwal buka bersamanya. Dari pada bingung booking tempat untuk buka puasa, mending buka puasa di rumah aja. Terus makannya gimana dong? Jangan khawatir, karena Kulina-lah jawabannya!

Buka Bersama Kulina

Sekarang, Kulina punya paket spesial buka bersama.

Paket buka bersama Kulina ini jenisnya prasmanan ya, guys. Jadi kamu bisa ambil makan sendiri sesuai porsi tubuh masing-masing. Minimal pemesanan untuk 10 orang. Tidak hanya menu lengkap untuk berbuka, masih ada lagi tambahan takjil dan snack buat bikin buka bersama kalian makin meriah!

Menu Buka Bersama Kulina

1. Japanese Set 1 by Sushi-ya

Termasuk di dalamnya: salad kentang, ayam mentai, tempura sayur, nagasaki roll (kulit tempura dengan isian stik kepiting, mayonaise, saus sambal, dan ponzu), minami roll (kulit tempura dengan isian stik kepiting, krim keju, dan saus goma) – lengkap dengan nasi. Dan masih dapat lagi takjil puding dan air mineral.

2. Japanese Set 2 by Sushi-ya

Termasuk di dalamnya: Tahu Agedashi, sapi hamburg (patty sapi khas Jepang dengan saus teriyaki), tempura sayur, negitoro roll (ikan tuna goreng, bawang bombay goreng, dengan saus kedelai dan mayonaise), sensoji roll (stik kepiting, krim keju, digulung dengan mayonaise pedas dan tobiko), – lengkap dengan nasi. Dan masih dapat takjil puding dan air mineral.

3. Nasi Uduk Ayam Goreng by DKI Catering

Termasuk di dalamnya: Nasi uduk, mie goreng, ayam goreng lengkuas, sate tempe, kentang balado, sambal, kerupuk, buah/kue basah, air mineral.

4. Nasi Ikan Fillet Saus Asam Manis by DKI Catering

Termasuk di dalamnya: Nasi putih, bihun goreng, ikan fillet saus asam manis, capcay, pangsit goreng, sambal, kerupuk, buah/kue basah, air mineral.

5. Nasi Lemak Ayam Geprek Sambal Matah by Noni Sienna

Termasuk di dalamnya: Nasi lemak, ayam geprek sambal matah, bakwan jagung, tumis kacang panjang ebi, kerupuk udang, lalapan, sambal – lengkap dengan buah dan air mineral.

6. Nasi Liwet Ayam Kremes by Noni Sienna

Termasuk di dalamnya: Nasi liwet, ayam kremes bumbu kuning, balado kentang ati, bakwan jagung, teri basah goreng krispi, lalapan, sambal, kerupuk – lengkap dengan buah, kolak, dan air mineral.

Harga bervariasi mulai dari Rp 35.000 – Rp 50.000/pax. Tinggal sesuaikan selera dan kantong, aman deh! Kapan lagi makan bareng hemat berkualitas bareng Kulina?

Yuk, bikin acara buka bersamamu sekarang!

Semua yang kalian butuhkan untuk berbuka, udah pesannya di Kulina aja.

SUMBER:
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3958529/tradisi-buka-bersama-ajang-silaturahmi-atau-unjuk-jati-diri
https://www.mkt.kulina.id/buka-bersama

7 TAKJIL BUKA PUASA KHAS INDONESIA

Selain buka bersama, banyak hal menarik yang selalu dirindukan dari bulan Ramadan. Salah satu hal paling dirindukan adalah ngabuburit sembari hunting takjil buka puasa. Indonesia sendiri punya banyak sekali ragam jajan pasar, minuman, dan jenis makanan ringan khas takjil Ramadan. Beberapa di antaranya sudah cukup populer dan tak jarang jadi favorit bagi sebagian orang. Apa aja sih takjil tersebut? Yuk, ulas bersama Kulina!

1. Kurma

Kurma, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Meski kurma bukan makanan khas Indonesia, kurma menjadi salah satu takjil yang populer di bulan Ramadan. Tak hanya di Indonesia, kurma juga sangat populer di berbagai negara lainnya di dunia. Berbuka dan sahur dengan biji kurma menjadi sunah Rasul sehingga tak heran jika kita bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis kurma yang beredar di pasaran selama Ramadan.

2. Kolang-Kaling

Kolang-kaling, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal kolang-kaling. Tak hanya mengenal, sebagian besar dari mereka pasti pernah menjadikannya sebagai bahan utama untuk membuat takjil berbuka puasa di rumah. Kolang-kaling merupakan makanan yang terbuat dari biji pohon aren. Biasanya, kolang-kaling disajikan dengan cara dikolak, sebagai campuran es buah atau es campur.

3. Es Blewah / Timun Suri

Es Blewah, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Bahan utama es blewah, tentu saja buah blewah. Nah, ada yang unik nih dari buah blewah. Kenapa? Karena buah yang satu ini, seperti hanya keluar di saat Ramadan saja. Begitu Ramadan tiba, buah blewah banyak di jual dimana-mana. Padahal bulan-bulan sebelumnya, tak pernah ada. Buah blewah sendiri secara tekstur mirip dengan buah melon, namun dengan warna daging buah orange muda dan kandungan air yang banyak. Di sebagian wilayah Indonesia, buah blewah dikenal dengan nama Timun Suri.

4. Es Cendol

Es Cendol, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Memiliki rasa manis dan segar, tidak heran es dawet cendol menjadi salah satu favorit orang-orang sebagai takjil berbuka puasa. Adapun cendol menjadi komposisi utama dalam hidangan ini, terbuat dari tepung beras dengan santan serta gula merah. Manisnya gula merah dengan segarnya es, dijamin energi kamu akan kembali dan segar seketika.

5. Kolak Pisang Ubi

Kolak Pisang Ubi, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Rasa manis yang berpadu dengan kuah santan gurih memang menjadikan kolak pisang selalu jadi primadona saat berbuka. Umumnya, kolak pisang terbuat dari santan dan gula merah yang dimasak dengan potongan pisang. Namun saat ini, kolak mulai dikreasikan seperti memadukan pisang dengan ubi maupun labu.

6. Jenang Biji Salak

Jenang Biji Salak, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Sajian populer selanjutnya yang disantap sebagai takjil buka puasa adalah biji salak. Sekilas sajian manis ini mirip dengan bubur candil. Jika bulatan candil memakai tepung ketan, maka lain halnya dengan biji salak yang menggunakan ubi tumbuk. Biji salak kemudian dimasak dalam kuah gula kental dan disajikan bersama siraman kuah santan.

7. Bubur Sumsum

Bubur Sumsum, 7 Takjil Buka Puasa Khas Indonesia

Sajian klasik ini biasa ditemui di pasar maupun penjaja makanan semasa Ramadan. Yak, apalagi kalau bukan bubur sumsum. Tekstur lembut nan gurih dari bubur beras beradu dengan manis legit sirup gula merah. Paduan kedua rasa tersebut paling cocok untuk berbuka puasa.Dijamin bakal mengambalikan energi setelah sehari penuh berpuasa.

Daripada baper gara-gara cuma banyangin enaknya ngemil takjil tapi males gegara harus desak-desakan buat dapetin takjil favoritmu — nih Kulina sediain macam-macam menu takjil buka puasa: ada Jenang Biji Salak, Kolak Pisang Ubi, Bubur Sumsum, dan menu takjil ala negeri seribu pagoda juga ada lho Kulinas. Super praktis, soalnya tinggal akses website Kulina, pesan satu hari sebelumnya, lakukan pembayaran sesuai prosedur…

…and voila! Besoknya langsung santap deh takjil favoritmu!

YUK, COBAIN SEKARANG.

Sumber:
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3951685/7-takjil-paling-populer-di-bulan-ramadan-mana-favoritmu
https://www.indozone.id/food/DNsRNd/7-takjil-khas-indonesia-saat-bulan-ramadhan
https://resepkoki.id/resep-biji-salak/

Pentingnya Konsumsi Buah Saat Buka Puasa

D:\KULINA\MEI\pict\berries-citrus-citrus-fruits-1132047.jpg

Selama bulan Ramadan, menyantap makanan saat berbuka sebaiknya menjadi hal yang paling diperhitungkan. Lantaran, tubuh telah seharian penuh bekerja cukup keras, energi banyak terkuras dan tubuh menjadi lemas. Tubuh butuh asupan nutrisi dan vitamin yang bisa segera mengembalikan energi tubuh dengan tepat — apalagi kalau bukan makanan sehat? Makanan sehatnya apa? Ya sayur dan buah!

Nah, mumpung udah masuk waktu ngabuburit… Kulina akan bahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah selama bulan Ramadan. Bisa jadi, tips sehat ini ideal sebagai menu penyeimbang saat buka puasa bersama kalian lho Kulinas.

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Buka Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

  • Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.
  • Merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.
  • Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.
  • Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh. Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah beraktivitas saat cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan menjaga tubuh tetap bugar.

1. Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

2. Pepaya

Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.

3. Alpukat

Menurut spesialis nutrisi, Rachel Olsen, makanan tinggi kandungan lemak baik menjadi penyeimbang dari sekian banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu diantaranya adalah alpukat. Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

4. Kiwi

Buah ini sangat kaya akan serat yang bisa memberikan cadangan cairan kepada tubuh agar tidak muncul dehidrasi ketika menjalankan puasa. Buah kecil yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa enzim proteolotik dalam kiwi memiliki fungsi sebagai pemecah protein sehingga seluruh organ tubuh bekerja dengan normal, termasuk lambung dan sistem pencernaan.

5. Apel

Dalam setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada apel, menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi saat puasa. Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

6. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa.

Makan saat buka puasa dengan porsi ekstra memang menyenangkan. Tapi ingat makan kenyang, ingat juga kualitas nutrisi sajian yang dikonsumsi ya Kulinas! Yuk, mulai konsumsi buah saat berbuka…

Kalau Kulina bisa sekalian sajikan buah dihidangan berbukamu, pada seneng gak nih, Kulinas?

SUMBER:
https://www.halodoc.com/perbanyak-serat-ini-manfaat-konsumsi-buah-dan-sayur-saat-puasa
https://www.halodoc.com/5-buah-yang-direkomendasikan-dimakan-saat-puasa
https://cantik.tempo.co/read/1091131/pentingnya-konsumsi-sayur-dan-buah-selama-puasa-ramadan/full&view=ok

3 Variasi Opor/Kare dari Berbagai Negara

Makanan wajib selama Ramadan apalagi kalau bukan Opor. Karateristik utama paling menarik pada Opor atau Kare ada dalam kuahnya yang berempah dan atau bersantan. Di Indonesia sendiri makanan bersantan cukup dikenal sebagai sajian khas Sumatera. Namun, faktanya asal muasal penggunaaan rempah melimpah dalam makanan ini berasal dari India. Lalu bagaimana dengan sajian Nasi Kare dari Jepang yang telah dipatenkan jadi hidangan nasional milik Negeri Sakura?

Beda negara, beda karakter rasa. Berikut Kulina ajak melanglang buana ke tiga negara. Mendalami rasa Kare dari India, Jepang, sampai akhirnya ke Indonesia.

1. Garam Masala dari India

India sering dianggap sebagai tanah kelahiran sajian Kare. Sama halnya seperti pasta di Italia, hidangan Kare di India memiliki beragam turunan.

Bumbu siap pakai yang paling populer disebut bubuk garam masala yang terdiri dari paling tidak lima jenis rempah yaitu, ketumbar, jintan, kapulaga, kayu manis, dan cengkih. Setiap daerah memiliki garam masala yang khas, tak jarang juru masak akan meracik sendiri bahan-bahan untuk garam masala.

Bubuk Kare (curry powder) atau bubuk garam masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh bangsa Inggris. Upaya pengemasan menjadi bubuk, bertujuan agar dapat membawanya pulang ke negeri asalnya, demi mengobati rindu dengan Kare India.

Menariknya, orang India sendiri justru tak menamainya sebagai Kare. FYI, pemberian nama tersebut diberikan oleh bangsa Inggris saat menduduki wilayah India pada abad ke-17. Julukan Kare disematkan untuk mengidentifikasi berbagai hidangan India yang berkuah.

Masyarakat India lebih suka menyebutkan nama hidangan secara spesifik, sesuai dengan jenis racikan bumbu Kare-nya. Karena menurut masyarakat India sebutan kata Kare dianggap merendahkan kompleksitas rasa dan kenikmatan dari kuliner India. Apalagi tiap wilayah punya sajian Kare khasnya masing-masing. Maka dari itu, mereka lebih suka menyebut jenis Kare-nya langsung–misalnya, Masala, Vindaloo atau Tandoori.

Beberapa di antara hidangan Kare yang populer di India adalah Masala,terbuat dari campuran rempah dan herbal, lalu dicampur dengan ghee, dan krim untuk menciptakan rasa yang khas. Kemudian Vindaloo, sebuah Kare yang punya rasa sangat pedas, karena menggunakan lada hitam dan air perasan jeruk lemon. Lalu ada Tandoori, sajian Kare yang lebih light, dibuat dari oven tanah liat khusus, dan dikenal sebagai tandoor.

2. Kare Negeri Sakura

D:\KULINA\MEI\pict\bowl-chicken-close-up-674574.jpg

Kare mulai diperkenalkan ke Jepang pada masa Era Meiji oleh bangsa Inggris, yang kala itu menjajah India. Karena masakan ini diperkenalkan ke Jepang melalui perantara Inggris, pada awalnya hidangan ini dianggap masakan barat. Kare gaya barat ini kini hadir bersamaan dengan Kare asli India sejak mulai populernya Kare India sejak dasawarsa 1990-an.

Di Jepang, hidangan ini biasanya disajikan dalam tiga bentuk utama: nasi Kare, Kare Udon, dan  Kare-Pan. Nasi Kare Jepang biasanya, secara sederhana disebut Kare. Berbagai jenis sayuran dan daging digunakan untuk membuat Kare Jepang. Sayuran dasar adalah bawang bombay, wortel, dan kentang. Untuk daging digunakan daging sapi dan ayam adalah yang paling populer. 

Nasi Kare Jepang memiliki konsistensi kuah lebih kental dan cenderung berwarna cokelat, ketimbang Kare dari India yang warna sausnya lebih terang. Kuah Kare Jepang yang kental berasal dari penambahan tepung dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan Kare India.

Paduan carb-complex hidangan ini pun cukup berbeda. Jika di Jepang lebih cenderung menggunakan nasi dan mi, sedangkan di India lebih populer memadukan Kare dengan sejenis roti atau kacang-kacangan.

3. Opor, Kare ala Indonesia

D:\KULINA\MEI\pict\00167557.jpg

Indonesia terletak di kawasan beriklim tropis. Dapat dikenal sampai ke penjuru dunia karena memiliki sumber rempah melimpah dan beragam tanaman tropis yang kaya manfaat. Olehnya, penggunaan rempah dan santan kelapa dalam masakan Indonesia sebenarnya sudah cukup akrab. Terutama pada sajian masakan Padang, Sumatera. Selain itu ada satu masakan yang menggunakan santan dan wajib disajikan saat Ramadan tiba. Apalagi kalau bukan Opor Ayam.

Opor Ayam merupakan masakan ayam berkuah santan yang sangat terkenal diseluruh Indonesia, terutama di daerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Masakan yang satu ini terbuat dari bahan utama daging ayam yang dimasak dengan santan kental yang dihasilkan dari buah kelapa dan aneka rempah seperti serai, kencur, kunyit, juga bumbu lainnya.

Hidangan ini menjadi hidangan yang selalu ada saat lebaran dan menjadi pasangan dari ketupat atau lontong. Santan sendiri memiliki makna yang dapat mengarah pada namanya dalam bahasa Jawa, yakni santen. Kata santen ini dianalogikan dengan kata pangapunten yang memiliki makna meminta permohonan maaf.

Walaupun biasa dihidangkan saat Lebaran tiba, keinginan untuk berbuka bersama dengan Opor Ayam kadang tak bisa ditunda! Kalau sudah begitu, mending order Opor Ayam-mu di Kulina aja.

Paket bukber Opor Ayam Mubarok, lengkap dengan satu porsi lontong, opor ayam, kering ketang, tumis labu, sambal merah, dan pelengkap lainnya, apalagi kalau bukan kerupuk! Paket spesial Ramadan ini masih cukup terjangkau dan pastinya terjamin kualitasnya. Di paket bukber ini, kamu gak akan buka puasa sendirian. Ajak teman-temanmu untuk buka puasa bersama~

So, udah ada solusi kan untuk menu berbuka nanti? Go order now and be prepared for your unforgettable breakfasting!

PESAN SEKARANG!

SUMBER:
https://id.wikipedia.org/wiki/Hidangan_India
https://id.wikipedia.org/wiki/Kari
https://kumparan.com/@kumparanfood/jejak-perjalanan-kari-india-yang-mendunia-1548840970799150635
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/03/18/298/1339431/asal-usul-hidangan-kari-dari-india
http://jatim.tribunnews.com/2018/06/13/5-fakta-menarik-ketupat-opor-ayam-yang-selalu-disajikan-saat-lebaran-dari-sejarah-hingga-makna?page=4
https://makanan-indonesia.weebly.com/home/opor-ayam


5 Mitos VS Fakta Seputar Puasa

Beberapa mitos saat berpuasa banyak dituturkan dari mulut ke mulut sehingga seolah-olah benar adanya. Banyak orang beranggapan mitos tersebut memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, anggapan tersebut tidak dibarengi dengan pembuktian berdasarkan fakta. Berikut Kulina ulas beberapa mitos dan juga fakta kebiasaan selama puasa di bulan Ramadan.

1. Tidak Sahur, Tidak Masalah

D:\KULINA\MEI\pict\woman-doing-cross-arms-sign-refuse-junk-food-hamburger-potato-fried-that-have-ma_42193-11.jpg

Faktanya: Makan pagi atau sarapan penting untuk membangun metabolisme dan kecukupan oksigen di pagi hari, sehingga memiliki cukup energi untuk beraktivitas. Begitu pula sahur saat bulan puasa. Kita harus sahur karena setelah itu tidak ada makanan lagi yang dikonsumsi sampai waktunya berbuka.

Memang ada orang yang menu sahurnya hanya dengan susu, tapi tidak semua bisa seperti itu. Karena pada dasarnya ketahanan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Lebih baik lakukan pembagian besarnya porsi yang dibutuhkan sama seperti sarapan, tetap ada daging sebagai protein, sayur, buah, dan karbohidrat. Jangan makan makanan yang berminyak karena dikhawatirkan memengaruhi tenggorokan.

2. Selama Puasa Tidak Perlu Berolahraga Karena Akan Membuat Tubuh Lemas

D:\KULINA\MEI\pict\bed-bedroom-blur-271897.jpg

Faktanya: Jika selama berpuasa hanya berdiam diri, tentu waktu akan berjalan lama. Kadar gula darah pun lebih cepat turun karena sel-sel tubuh tidak beraktivitas. Akibatnya, oksigen tidak masuk ke sel-sel tubuh dan tubuh menjadi loyo serta tidak bertenaga.

Tips baik untuk tubuh, salah satunya berolahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Jangan melakukan olahraga berat atau setelah sahur karena akan memicu dehidrasi. Sebaiknya olahraga dilakukan setengah jam sebelum berbuka. Agar kegiatan olahraga lebih menyenangkan, dapat dilakukan dengan bersama-sama atau dalam grup.

3. Puasa Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

D:\KULINA\MEI\pict\adult-backlit-beach-320007.jpg

Faktanya: Puasa dapat menyembuhkan penyakit hipertensi, maag, asam urat, diabetes. Pastinya dengan prasyarat tertentu, karena keberhasilannya sangat tergantung dengan disiplin orangnya. Bagi yang memiliki keluhan asam urat lebih baik untuk tidak makan daging berlemak, santan, kacang-kacangan, sayuran warna hijau tua. Apalagi makan kambing guling saat berbuka. Alamat sehat berbuntut cek laboratorium nih~Dasarnya puasa merupakan program detoksifikasi. Pencernaan butuh untuk istirahat dengan nyaman. Dengan berpuasa membuat pencernaan mendapatkan kekuatannya kembali. Jadi, alangkah lebih sehat jika saat berbuka makan dengan porsi cukup.

4. Berbukalah dengan yang Manis

D:\KULINA\MEI\pict\cake-chocolate-cream-1448721 (1).jpg

Faktanya: Tergantung seberapa banyak makanan manis tersebut dikonsumsi. Pada saat puasa, kadar gula darah cenderung menurun. Jika berbuka dengan kolak pisang atau bersantan maka lambung akan kaget karena makanan tersebut mengandung lemak, gula, dan karbohidrat tinggi.

Lebih ramah terhadap tubuh yaitu berbuka dengan segelas air putih hangat untuk memberi peringatan pada sistem tubuh. Kemudian dilanjutkan dengan sebutir kurma karena kandungan gulanya tinggi tapi lambat dicerna. Setelah itu, bebas jika ingin mengonsumsi makanan lain.

Agar lebih memenuhi gizi makan seimbang, sesekali makan bersantan juga baik diselingi dengan minum jus buah alami tanpa gula tambahan.

5. Berbuka dengan Minuman Dingin

D:\KULINA\MEI\pict\alcohol-bar-beverage-34293.jpg

Faktanya: Dalam keseharian tidak dianjurkan minum dingin saat berbuka puasa. Perbedaan suhu pada air dingin dengan air tubuh dapat berakibat kurang baik. Perlu waktu untuk menyeimbangkan suhu air agar bisa diserap ke dalam sel. Menurut pakar, selama puasa suhu tubuh cenderung menghangat dari biasanya. Membatalkan puasa dengan minuman dingin apalagi dengan makan makanan berlemak bisa menyebabkan kegemukan. Begitu pula dengan minum kopi, karena akan merangsang pengeluaran cairan tubuh. So, minum air putih hangat sebagai pembuka akan memberikan kebaikan untuk sel tubuhmu lho Kulinas!

Jadi, lebih ngerti kan sekarang dengan mitos-mitos yang suka beredar. Not so motivational, but at least could growth your awareness. Selamat menunaikan ibadah puasa Kulinas!

Dan kalau untuk buka kamu masih bingung mau makan apa…

PESAN MENU BUKAMU DI KULINA SEKARANG

SUMBER
https://nationalgeographic.grid.id/read/13672325/inilah-mitos-dan-fakta-tentang-puasa-yang-harus-anda-ketahui?page=all




3 IDE MENU SEDERHANA UNTUK SAHUR PERTAMA

Kulinaaasss… Siapa di sini yang sama semangatnya sama Kulina menyambut Ramadan 1440H? Yeay! Mulai besok, umat muslim di seluruh Indonesia akan menjalankan ibadah puasa pertama. Dan nanti malam, kita akan mulai terawih pertama.

Lalu siapa yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk menu sahur pertama?

Apa? Kamu belum kepikiran? Tenang, itulah kenapa Kulina datang menyapa kalian. Kulina mau bagi-bagi 3 ide menu sederhana untuk sahur pertama. Tentu saja lengkap dengan resep yang bisa kamu praktikan langsung di rumah, atau bahkan di kos. Bahannya sedikit, ada di sekeliling, dan waktu memasaknya juga cepat.

Kulina paham banget kok kalau awal-awal puasa suka susah bangun sahur, jadi waktu persiapan sahurnya cuma sedikit. Hihi.

Cus, langsung aja kita lihat 3 resep sederhana tapi istimewa dari Kulina!

1. Omelet Keju

Udahlah gak akan salah kalau waktu masakmu cuma sedikit dan kamu pilih bikin omelet. Kenapa? Karena kamu bisa memasukkan beragam bahan bermanfaat nan lezat ke dalam kocokan telur. Goreng. Voila~

Bahan-bahan yang akan kamu masukkan juga bisa beragam, sesuaikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisimu. Mulai dari sayur mayur, serta tambahan protein yang bisa kamu dapat dari keju.

Bahan

  • 2 butir telur (kocok lepas)
  • Garam (secukupnya)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • 1 siung bawang putih & merah (cincang halus)
  • 1 batang daun bawang (cincang halus)
  • Daun seledri (2-3 lembar saja, cincang halus)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Keju parut (secukupnya, sesuai selera)
  • Minyak goreng

Cara Memasak

  1. Campur telur, daun bawang, bawang putih & merah, daun seledri serta garam juga kaldu ayam bubuk secukupnya.
  2. Kocok semua bahan hingga tercampur rata. 
  3. Panaskan wajan yang telah diberi minyak goreng secukupnya. 
  4. Tuang adonan telur, masak beberapa menit dengan api kecil. 
  5. Saat telur setengah matang, taburkan keju parut di atasnya. 
  6. Balik telur kemudian masak hingga matang.

Gampang kan? Tinggal tambahkan nasi putih hangat, saus sambal atau kecap, dan hidangan sudah lengkap! Omelet Keju siap disantap sebagai menu sahurmu.

2. Nasi Goreng Bakso Sapi

Bisa jadi kamu telah masak nasi di malam sebelum sahur. Dan jika kamu punya lebih banyak waktu untuk persiapan sahur, maka nasi goreng adalah pilihan tepat. Prinsipnya, sama dengan omelet – dimana kamu bisa mencampurkan bahan-bahan kesukaanmu sesuai kebutuhan nutrisi ke dalam satu hidangan saja. Namun kini bahan utamanya bukan telur, melainkan nasi.

Kulina punya tips buat kamu yang mau bikin nasi goreng lezat dimana nasinya gak saling menggumpal satu sama lain. Setelah nasi makan, pindahkan ke wadah untuk membuang uapnya, dan taruh nasi di dalam kulkas. Keluarkan esok hari sebelum sahur, saat hendak dimasak. Selamat mencoba!

Bahan

  • 250 gram nasi
  • 1 batang daun bawang (iris serong)
  • 4 buah bakso sapi (iris tipis)
  • 50 gram sayuran campur
  • garam dan gula (secukupnya)
  • kaldu sapi (secukupnya)
  • 4 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

  1. Tumis daun bawang sampai harum.
  2. Tambahkan garam, gula, kaldu sapi.
  3. Masukkan sayuran.
  4. Masukkan bakso sapi.
  5. Masukkan nasi.
  6. Aduk hingga matang merata.

Jika kamu lebih suka nasi goreng yang “berwarna” kamu bisa tambahkan saus, sambal, atau kecap sesuai selera. Nasi goreng bakso sapi siap dihidangkan!

3. Salad & Roti Panggang

Nah kalau kamu ingin memaksimalkan program diet selama puasa, sekaligus tidak ingin makan nasi di tengah malam, coba resep satu ini! Tidak ada proses goreng-gorengan sama sekali. Sehatnya dapat, nikmatnya tetap terasa~

Bahan

  • 2 lembar kol (kol ungu/ kol biasa), diiris tipis
  • 1 buah wortel ukuran sedang, diparut kasar
  • ½ buah tomat merah, potong dadu kecil
  • 5 sendok makan jagung pipil, rebus sebentar
  • 1 buah jeruk nipis
  • ½ bawang bombai, iris tipis
  • 1 buah telur
  • 2 lembar roti gandum / roti tawar
  • Mentega (secukupnya)

Bahan Saus

  • ¼ sendok teh lada
  • ¼ sendok teh gula
  • 1 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus sambal
  • Mayones secukupnya
  • garam secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, rebus telur. Diamkan hingga air mendidih dan telur matang di dalam.
  2. Selanjutnya, kita bisa membuat sausnya terlebih dulu. Tuang mayones ke dalam mangkuk kecil. Masukkan lada, gula, dan garam, aduk rata.
  3. Masukkan saus tomat dan cabai, aduk rata.
  4. Dalam wadah terpisah, campurkan semua bahan sayur ke dalam mangkuk dan tambahkan perasan jeruk nipis.
  5. Tambahkan sedikit garam dan lada, cek rasanya sudah sesuai selera atau belum.
  6. Tuang saus ke dalam salad.
  7. Lanjut, oleskan mentega ke dua sisi roti dan panggang di atas wajan yang telah panas. Panggang hingga pinggiran roti mengeras dan warna roti berubah cokelat keemasan.
  8. Terakhir, angkat telur dan kupas kulitnya. Iris tipis-tipis telur rebus dan sajikan di atas salad.

Menu sehat sederhana tanpa nasi dan gorengan siap disajikan!

Semoga 3 ide menu sederhana dan lezat dari Kulina ini berguna untuk sahur pertamamu ya. Selamat mencoba!

Dan jika untuk berbuka kamu masih bingung mau makan apa…

PESAN MENU BUKAMU DI KULINA SEKARANG

11 MAKANAN YANG HANYA MUNCUL SAAT RAMADAN

Ramadhan sebentar lagi~

Bicara Ramadhan, selain banyak agenda kumpul bersama, satu lagi yang gak boleh ketinggalan adalah nostalgia beragam pangan unik khas daerah masing-masing. Di tempatmu, makanan apa sih yang paling kamu kangenin?

Kalau Kulina, udah nemu beberapa jenis hidangan berikut yang hanya muncul di tiap Bulan Suci Ramadhan. Berikut 11 makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang hanya muncul saat Ramadhan versi Kulina.

1. Bongko Kopyor – Gresik, Jawa Timur

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\BongkoKopyor.jpg

Salah satu camilan yang dimakan orang Gresik pada saat berbuka puasa adalah Bongko Kopyor. Bahan dasar dari Bongko Kopyor adalah buah kelapa, tepung terigu, pisang, santan kelapa, dan roti tawar. Bahan-bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang untuk kemudian dikukus.

2. Mie Glosor – Bogor

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\S3I5WcU9Oo1465270151.jpg

Setiap bulan Ramadan tiba, Mie Glosor selalu menjadi menu takjil berbuka puasa di Kota Bogor. Ramadhan identik dengan Mie Glosor karena hampir semua orang mencari menu yang satu ini.

3. Sate Susu – Bali

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\2103271sate-susu780x390.jpg

Sate Susu ini adalah salah satu kuliner Ramadhan khas Bali. Sate Susu yang terbuat dari payudara sapi ini dipercaya punya khasiat untuk menambah stamina. Untuk menambah kenikmatannya, Sate Susu akan dihidangkan bersama sambal plecing khas Bali.

4. Sotong Pangkong – Pontianak

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\0005254Sopang4780x390.jpg

Selama puasa, warga Pontianak, Kalimantan Barat selalu menyediakan Sotong Pangkong sebagai salah satu menu untuk berbuka puasa. Sotong Pangkong adalah menu olahan cumi kering yang dibakar. Uniknya setelah dibakar cumi atau sotong tadi dipukul-pukul dengan palu.

5. Pakat – Tapanuli

Pakat adalah kuliner tradisi khas Masyarakat Tapanuli yang sering muncul di bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari rotan berusia muda. Daging rotan dipotong – potong berukuran 5 centimeter kemudian dimasak dan dibubuhi dengan santan.

6. Gulai Kakuwah – Mukomuko, Bengkulu

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Gulai-Ikan.jpg

Kuliner satu ini merupakan makanan tradisi untuk sahur di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Hidangan tersebut dinamakan Gulai Kakuwah. Gulai ini dibuat menggunakan berbagai jenis ikan laut maupun ikan air tawar.

7. Ketan Bintul – Serang, Banten

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\ketan-2.jpg

Ketan Bintul adalah kuliner khas Ramadhan dari Kota Serang, Banten. Ketan Bintul ini berbahan baku nasi ketan dihaluskan yang disajikan bersama sepotong daging sapi berikut gulainya.

8. Es Kopi Luwak – Lampung Barat

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\GettyImages-125810371.jpg

Lampung Barat memang dikenal sebagai daerah penghasil kopi Luwak paling bermutu. Di bulan Ramadhan ini, Es Kopi Luwak menjadi menjadi minuman khas yang disajikan saat berbuka puasa.

9. Kicak – Yogyakarta

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\Cara-Membuat-Kicak-Menu-Takjil-Asli-Yogyakarta.jpg

Kicak adalah salah satu makanan yang sangat khas dan cukup populer di bulan Ramadhan di Kota Yogyakarta. Biasanya makanan ini banyak dijajakan di daerah Kauman yang merupakan asal muasal makanan ini dibuat. Kicak menggunakan bahan dasar beras ketan.

10. Gulai Siput – Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Gulai Siput ini merupakan makanan khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau yang hanya bisa dijumpai di bulan Ramadhan. Menu yang dihidangkan sebagai lauk saat berbuka puasa ini banyak digemari oleh masyarakat setempat karena rasanya yang gurih dan lezat.

11. Bubur Kampiun – Padang, Sumatera Utara

D:\KULINA\APRIL\pict\week 4\bubur-kampiun_20181025_065638.jpg

Bubur Kampiun merupakan makanan berbuka puasa khas Padang. Makanan ini terbuat dari campuran bubur seperti Bubur Sumsum, Candil, Kolak Pisang, Ketan, dan Kolang-Kaling. Aneka bubur ini dimasukkan satu wadah dan diberi kuah santan yang dicampur gula merah.

Ya ampun… Jadi langsung ngiler kan bayangin itu semua! Haha.
Sabar- sabar, tinggal sebentar lagi…

Yuk, persiapkan Ramadhanmu bersama Kulina!

Sumber:
https://ramadan.sindonews.com/read/1208931/68/10-makanan-khas-ramadan-berbagai-daerah-indonesia-1496038629
https://zakat.or.id/10-minuman-dan-makanan-khas-ramadhan/