Yuk, Lindungi Kulit Tubuh dari Polusi dengan 3 Buah Ini

Bangun pagi-pagi buta untuk mengejar waktu mungkin bukan lagi jadi soal. Aktivitas super padat sudah jadi “makanan” sehari-hari. Tapi apa kabarnya jika beraktivitas dengan udara di Jakarta belakangan ini?

Terhitung dari Sabtu (10/8) polusi udara Jakarta tertinggi di dunia hingga mencapai angka mencapai 92,4 mikrogram per meter kubik partikel polutan. Jauh dari jumlah standar konsentrasi udara menurut WHO yakni 25 mikrogram per meter kubik selama 24 jam.

Selain perhatian terhadap nutrisi tubuh, baik juga lho memperhatikan bagian tubuh paling luar yakni kulit! Mungkin perkara sepele, tapi jika dibiarkan bisa bikin radikal bebas menempel di kulit. Sebelum terlambat, yuk mulai rutin konsumsi buah-buahan yang dapat melindungi kulitmu dari polusi!

1. PLUM

Buah plum termasuk genus Prunus domestica, sama halnya dengan buah peach dan almond. Buah ini banyak tumbuh di seluruh dunia, terutama Cina, US, Jepang dan Eropa. Memiliki khas kulit merah keunguan dan rasanya yang masam ternyata punya banyak julukan nama lokal seperti ‘Aloo Bukhara‘ dalam bahasa Hindi, ‘Alpagoda Pandu‘ dalam bahasa Telugu, ‘Alpakoda‘ dalam bahasa Tamil dan ‘Onagida Draakshe‘ di Kanada. Ada banyak julukan, ada banyak juga manfaat buah ini untuk kulit lho!

Kaya Antioksidan

Buah plum memiliki jumlah antioksidan cukup banyak, seperti memberikan perlindungan efektif terhadap sinar matahari dan menyembuhkan kerusakan yang diakibatkannya, misalkan kulit kasar dan keriput. Buah plum nantinya akan mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan membuat kulitmu menjadi lebih muda.

[PESAN BUAH PLUM]

2. Pear

Buah Pear memiliki nama lain Pyrus communis tak akan menjadikanmu komunis kok! Hahaha Di negara kita, buah ini lebih kita kenal dengan sebutan buah pir. Biasanya berwarna kuning atau hijau muda dengan bercak kecoklatan pada porinya. Segar dan renyah ketika digigit, ternyata ada pula manfaat baik untuk lindungi kulit tubuhmu lho!

Mengatasi Jerawat dan Infeksi Kulit Lainnya

Buah Pear merupakan perawatan jerawatan yang direkomendasikan berkat tingginya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Tidak hanya itu saja, Buah Pear juga mampu memperbaiki sistem imun tubuh dan memungkinkan kulit melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

[PESAN BUAH PEAR]

3. Blueberry

Terkenal rasanya kecut segar dan kaya serat ternyata Buah Blueberry dapat mencegah kanker, masalah pencernaan dan gangguan yang berkaitan dengan penglihatan. Tak hanya itu, untuk menjaga kesehatan kulit konsumsi Buah Blueberry juga penting lho, Kulinas. Berikut manfaat Buah Blueberry bagi kesehatan kulit.

Mencegah Bahaya Radikal Bebas

Blueberry dapat mencegah terjadinya kerusakan karena radikal bebas. Radikal bebas merupakan produk-produk biokimia yang bereaksi di dalam tubuh, dan hal ini dapat menjadi racun bagi sel-sel tubuh ktia. Mereka dapat rusak dan tidak bisa disembuhkan/dikembalikan lagi. Blueberry membantu menghentikan kerusakan radikal tersebut dengan berkontribusi pada kondisi dan kesehatan sel-sel dalam tubuh.

Kalau sudah tahu manfaatnya, boleh dimulai kebiasaan baik untuk konsumsi buah ini nih! Meskipun hanya sedikit tapi sedikit-sedikit nanti kan juga terbiasa. Yuk Kulinas, mulai konsumsi buah-buahan demi kesehatan kulitmu mulai sekarang!

[PESAN BUAH BLUEBERRY]

SUMBER:
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190810092804-199-420056/sabtu-pagi-polusi-udara-jakarta-terburuk-di-dunia
https://wanita22.com/kesehatan-dan-kebugaran/plum-aloo-bukhara/
https://doktersehat.com/manfaat-buah-pir/
https://cintaihidup.com/15-manfaat-buah-blueberry-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/


3 Kreasi Jus Apel untuk Mempercantik Diri

Menjaga kesehatan tubuh dan kulit, jangan luput buat sarapan pagi. Baiknya konsumsi makanan ringan penuh serat. Seperti makan buah atau sayuran it’s highly recommended for your daily nutrition.  Kalian hanya perlu mengolah buah dan sayur jadi segelas jus aja kok! 

Kombinasi buah apel dengan buah atau sayuran berikut bisa jadi your daily guide nutrition lho. Apa aja sih yang bisa dikombinasikan sama buah apel ini? Berikut resep jus buah apel dan manfaatnya.

1. Jus Buah Apel Semangka

C:\Users\Owner\Downloads\jus-apel-semangka.jpg

Semangka cocok digunakan pengganti caran tubuh, karena mengandung banyak elektrolit alami. Selain itu antioksidan lycopene dalam semangka dapat mendukung kesehatan organ tubuh dan jantung. Sering disebut sebagai ‘nutritional powerhouse’ apel mengandung banyak vitamin C membantu sistem imun tubuh dan regenerasi sel. Anti oksidan dalam apel juga berfungsi dalam melawan radikal bebas dan bermacam-macam tipe sel kanker.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram apel hijau
  • 100 gram semangka
  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • 50 gram es serut

Cara Membuat:

  • Potong-potong buah apel dan semangka.
  • Blender apel dengan menambahkan air jeruk, lalu tuang ke dalam gelas.
  • Blender semangka, lalu tuangkan di atas jus apel.
  • Sajikan jus dengan menambah es serut agar lebih nikmat.

2. Jus Apel Pir

C:\Users\Owner\Downloads\cloudy-apple-pear-juice-picture.jpg

Jus kombinasi apel dan pir memiliki manfaat baik untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan. Mengkonsumsi kombinasi buah ini akan membersihkan sel-sel dalam tubuh selama sehari penuh. Buah apel dan pir berkhasiat untuk menyehatkan usus besar, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merangsang fungsi kelenjar tiroid.

Bahan-Bahan :

  • 75 gram apel
  • 75 gram pir
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • Es batu secukupnya
  • ½ gelas air dingin

Cara Membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam gelas blender.
  • Haluskan menggunakan blender. Tuang ke dalam gelas saji.
  • Sajikan segera, nikmat selagi dingin.

3. Jus Buah Apel Tomat

Buah tomat memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat dijadikan pengganti elektrolit tubuh. Kombinasi tomat dan apel berkhasiat dalam mengurangi risiko pembekuan darah, kesehatan prostat, kesehatan pankreas dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Bahan-Bahan :

  • 50 gram buah apel
  • 1 buah tomat merah
  • 150 ml air es

Cara Membuat:

  • Potong-potong apel dan tomat
  • Masukkan semua buah tersebut ke dalam blender, haluskan.
  • Saring jus ke dalam saringan khusus buah (agar tidak tercampur dengan aroma lainnya).
  • Sajikan selagi dingin lebih nikmat.

Gampang kan bikinnya Kulinas?

Selamat berkreasi ya!

SUMBER:
https://food.detik.com/berita-boga/d-3395435/jus-sehat-menyegarkan-berbahan-semangka-dan-apel-hijau
https://www.idntimes.com/food/recipe/rezza-bella-akhyan/kombinasi-jus-buah-buahan-ini-ampuh-sembuhkan-penyakit-kronis-c1c2/full


5 Jenis Apel Merah dan Manfaatnya

Mengkonsumsi buah mungkin menjadi satu hal yang kadang luput setiap harinya. Selain baik untuk pencernaan, mengkonsumsi buah sebelum makan nasi baik untuk program dietmu lho! Salah satu buah yang menjadi unggulan buat kalian yang sedang menjalankan program diet, antara lain adalah buah Apel!

Jenis-jenis Apel Merah

Kalau umumnya lebih dikenal apel merah dan apel hijau, sebenernya jenis apel itu beragam banget. Pun banyak keuntungan yang didapat dari mengkonsumsi bermacam-macam buah apel. Apa aja sih? Yuk simak ulasan beragam buah apel dan manfaatnya berikut ini.

1. Apel Fuji

Familiar dengan nama tersebut? Mulai dikembangkan dan populer sejak tahun 1930, jenis apel ini diambil dari nama gunung terbesar di Jepang, yakni gunung Fuji. Warnanya kombinasi kuning dan kemerahan dengan rasa manis segar yang dominan. Rasa manis dari apel Fuji menjadikannya cocok untuk dimakan langsung serta diaplikasikan dalam berbagai teknik memasak.

2. Apel Red Delicious

Apel ini dibudidayakan sejak tahun 1800-an. Warna merah menyala dari apel Red Delicious menjadikannya ikon dari buah apel, dimana buah apel seyogyanya berwarna merah. Rasanya agak manis, renyah, dan cocok untuk dinikmati dalam sepiring salad segar.

3. Apel Royal Gala

Apel ini dikembangkan pada tahun 1934 oleh ahli buah asal New Zealand, JH. Kidd. Bentuk apel Gala cenderung bulat dengan ukuran kecil sampai sedang. Warna kulitnya kuning dengan garis-garis pink sampai merah, tergantung tingkat kematangannya. Kulitnya tergolong paling tipis dibanding jenis apel lain. Daging buahnya sendiri berwarna agak kuning dengan tekstur padat dan garing. Rasanya cukup manis dan beraroma bunga.

Apel Gala rendah kalori, tinggi kandungan air, serta mengandung vitamin A, B, dan C dalam jumlah cukup banyak. Apel Gala cocok untuk dinikmati langsung, sebagai bahan untuk salad juga untuk membuat saus.

4. Apel Envy

Apel Envy dikenal karena ukurannya yang cukup besar, warna kulit merah menyala, dan daging buahnya lembut namun renyah. Selain itu keunggulan dari apel Envy lainnya, tidak berubah warnanya meskipun sudah dipotong cukup lama. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C di dalam apel Envy yang sangt tinggi sehingga memperlambat proses pencokelatan yang banyak terjadi pada buah apel. Buah ini cocok dikonsumsi dengan cara langsung dimakan atau dibuat menjadi jus.

5. Apel Honeycrisp

Honeycrisp apples moves through a wash machine at the Jack Brown Produce packing facility on Sept. 27, 2017, in Sparta, Michigan. MUST CREDIT: Daniel Acker/Bloomberg

Kehadirannya yang baru sekitar 20 tahun lalu mulai menggoyahkan dominasi Red Delicious. Ini dikarenakan apel Honeycrisp memiliki rasa yang manis, juicy, dan sesuai namanya – renyah. Selain itu, jenis ini lebih fleksibel digunakan dalam berbagai masakan seperti salad, pai, saus, serta untuk makanan yang dipanggang.

Manfaat Mengkonsumsi Buah Apel

1. Baik Sebagai Asupan Diet

Buah apel sangat berguna terutama untuk kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Seseorang yang melakukan program diet membutuhkan banyak makanan yang mengandung serat terutama pada buah dan sayuran. Apel dipercaya mampu merespon lambung untuk membuat cepat kenyang karena serat yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

2. Menetralisir Kadar Gula Darah

Penyakit gula atau dikenal dengan diabetes melitus adalah penyakit sangat menghantui bagi mereka yang sudah mempunyai keturunan penyakit ini. Meski memiliki rasa manis, buah apel mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh secara efektif.

3. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat apel bagi kesehatan selanjutnya yang bisa dirasakan tubuh adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi 1 buah apel setiap hari, hal itu dipercaya dapat mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel berserat tinggi, manfaat apel bagi kesehatan yang lebih lanjut adalah buah apel ini mampu mengikat lemak dalam tubuh yang kemudian akan dibuang oleh tubuh.

4. Menutrisi Kesehatan Kulit

Manfaat buah apel bagi kesehatan yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Kulit merupakan salah satu faktor yang memengaruhi penampilan terutama bagi seorang wanita.

Manfaat apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila Anda mengonsumsinya secara rutin. Sementara khasiat buah apel lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak saja terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat buah apel bagi kesehatan selanjutnya adalah mengorangi risiko penyakit jantung. Konsumsi buah apel secara rutin satu atau dua buah sehari diduga mampu memperkecil risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Buah apel ini dapat mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri.

Perlu diketahui bahwa manfaat apel bagi kesehatan ini diketahui karena adanya kandungan serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), serta antioksidan yang mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.

Tuh kan, banyaaaak banget manfaat konsumsi buah Apel! Gak ada lagi alasan ribet cari buah sesuai porsimu, karena Kulina punya snack sehat buah apel dengan beragam jenis pastinya. Yuk, penuhi nutrisi dan serat harian kamu bareng Kulina!

[PESAN SNACK BUAH SEKARANG]

SUMBER:
https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/manfaat-dan-jenis-buah-apel/
https://www.alodokter.com/sehatnya-makan-buah-sebelum-makan-atau-sesudah-makan
https://food.detik.com/info-kuliner/d-2814386/garing-manis-apel-gala-amerika-yang-dipuji-ratu-inggris
http://www.indofresh.co.id/articles/detail/16/Envy-Apel-Size-does-not-Matter https://doktersehat.com/lima-manfaat-buah-apel/

Atasi Tubuh Lebar-an Setelah Lebaran dengan 3 Resep Jus ala Kulina

Hari raya Idulfitri menjadi satu momen baik untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga dan sanak saudara. Ketika ada acara kumpul-kumpul biasanya makanan banyak disajikan untuk nantinya disantap bersama.

Acara ini berlanjut ketika kalian berkunjung ke tetangga maupun rumah saudara di daerah lain. Bermacam-macam makanan dihidangkan, gak jarang bikin laper mata bahkan mungkin bisa jadi gagal diet. Mengkonsumsi beragam jenis menu makanan dari yang bersantan, daging-dagingan, dan berminyak mungkin akan sulit kita hindari.
Untuk itu pasca Lebaran ada baiknya kita lebih memperhatikan makanan seimbang bagi tubuh. Setelah ‘dihajar’ makanan bersantan dan berlemak, boleh nih bikin jus buah segar untuk detoksifikasi tubuh selama Lebaran kemarin. Bikin sendiri di rumah lebih mudah, karena selain bahannya mudah ditemui, kalian bisa simak resep jus dari Kulina berikut ini.

1. Jus Tomat dan Mentimun

Bahan:

  • Tomat cincang 3 1/2 cangkir
  • Mentimun potong dadu 2 cangkir
  • Seledri segar 1 batang
  • Lada merah 1/2 sendok teh
  • Lada hitam 1/2 sendok teh
  • Garam dapur 1/2 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Masukkan tomat, timun dan daun seledri ke dalam blender. Lalu proses sampai halus dan tercampur dengan rata.
  2. Selanjutnya masukkan lada hitam, lada merah dan garam, kemudian proses / blender lagi sebentar sampai tercampur dengan rata.
  3. Tuang ke dalam gelas, jus bisa langsung di nikmati.

2. Jus Sawi, Mentimun, Pir

D:\KULINA\JUNI\pict\1483737099324.jpeg

Bahan-bahan :

  • Sayur sawi 5 tangkai
  • Mentimun segar 1 buah
  • Pir 1 buah
  • Kacang mete 5 biji
  • Air perasan jeruk lemon 3 sendok makan
  • Madu 1 sendok makan

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama potong 5 tangkai sayur sawi sampai menjadi bagian, lalu cuci bersih.
  2. Potong-potong mentimun dan buah pir menjadi beberapa bagian. Sisihkan.
  3. Selanjutnya masukkan potongan sayur sawi, mentimun, buah pir dan 5 biji kacang mete ke dalam blender. Proses sampai halus, kemudian masukkan 3 sendok makan air lemon serta madu, proses lagi sampai tercampur rata.
  4. Tuangkan jus ke dalam gelas, minum segera.

Kandungan antioksidan, vitamin, serat dan mineral yang terdapat dalam sayur sawi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sehingga anda tidak membutuhkan banyak air untuk membuat jus ini, karena kandungan mineral dalam sayuran sawi sudah cukup tinggi.

3. Jus Pisang & Jeruk

D:\KULINA\JUNI\pict\orange-and-banana-yogurt-smoothie.jpg

Bahan-bahan :

  • Pisang 1 buah
  • Jeruk manis 1 buah
  • Air putih 300 mili liter
  • Madu 1 sendok teh

Cara Membuat:

  1. Kupas buah pisang, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian.
  2. Kemudian kupas buah jeruk, buang bijinya, ambil airnya.
  3. Selanjutnya masukkan semua bahan ke dalam blender, proses sampai halus.
  4. Tuang jus ke dalam gelas, siap dinikmati.

Demi tubuh yang lebih bugar setelah Lebaran, detoksifikasi akan lebih baik ketika kalian bisa merancang dan membuat jus hasil tangan kalian sendiri. Bisa lebih aware sama bahan dan proses membuatnya akan berbeda ketika kalian beli produk jadi.

Yuk bikin sendiri jus mu!

Oh iya, bagi kamu yang mau ngemil sehat di kantor, sekarang di Kulina ada paket buah. Yuk cek dan coba jajan buah di Kulina! Kerja jalan terus, sehat tetep terjaga.

[CEK MENU BUAH KULINA]

SUMBER:
http://resephariini.com/11-jus-untuk-diet/


Pentingnya Konsumsi Buah Saat Buka Puasa

D:\KULINA\MEI\pict\berries-citrus-citrus-fruits-1132047.jpg

Selama bulan Ramadan, menyantap makanan saat berbuka sebaiknya menjadi hal yang paling diperhitungkan. Lantaran, tubuh telah seharian penuh bekerja cukup keras, energi banyak terkuras dan tubuh menjadi lemas. Tubuh butuh asupan nutrisi dan vitamin yang bisa segera mengembalikan energi tubuh dengan tepat — apalagi kalau bukan makanan sehat? Makanan sehatnya apa? Ya sayur dan buah!

Nah, mumpung udah masuk waktu ngabuburit… Kulina akan bahas beberapa manfaat mengkonsumsi buah selama bulan Ramadan. Bisa jadi, tips sehat ini ideal sebagai menu penyeimbang saat buka puasa bersama kalian lho Kulinas.

Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Saat Buka Puasa

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi buah dan sayur saat sedang berpuasa:

  • Membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berpuasa dapat membuat tubuh dehidrasi. Maka dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh tetap terhidrasi, karena buah dan sayur memiliki banyak kandungan air.
  • Merasa kenyang lebih lama. Karena kandungan serat pada buah dan sayur yang tinggi akan bertahan dalam usus yang akan berpengaruh pada stabilitas kondisi perut. Hal ini akan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.
  • Buah dan sayur membantu menjaga kebugaran tubuh. Dengan mengonsumsi buah dan sayur, maka kebutuhan tubuh akan vitamin, mineral, dan serat akan terpenuhi. Badan pun akan terasa bugar pada siang hari.
  • Buah dan sayur dapat membantu menjaga stamina tubuh. Kamu bisa memilih buah dan sayur dengan kandungan air tinggi, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Serat dalam sayur dan buah bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh. Selain itu, serat berfungsi untuk membantu pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Selama Puasa

Kekurangan cairan, kurang tidur, ditambah beraktivitas saat cuaca panas yang menyengat selama berpuasa memicu kulit menjadi kering dan kusam. Berikut jenis buah dan sayur yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar kulit tetap terhidrasi dan menjaga tubuh tetap bugar.

1. Semangka

Buah ini mengandung 90 persen air. Dengan mengonsumsi buah semangka, akan mengembalikan energi tanpa harus mengonsumsi hidangan manis berlebihan. Semangka juga mampu mencukupi cadangan air pada tubuh, sehingga kulit tidak kering.

2. Pepaya

Buah ini juga baik dikonsumsi saat sahur maupun berbuka. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada pepaya mampu mengatasi masalah kulit kering sekaligus mencerahkannya.

3. Alpukat

Menurut spesialis nutrisi, Rachel Olsen, makanan tinggi kandungan lemak baik menjadi penyeimbang dari sekian banyak makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu diantaranya adalah alpukat. Alpukat mengandung sumber pelembap alami, yakni vitamin E dan antioksidan. Alpukat bisa menjadi alternatif menu sahur dan buka puasa sekaligus pengganti karbohidrat atau nasi.

4. Kiwi

Buah ini sangat kaya akan serat yang bisa memberikan cadangan cairan kepada tubuh agar tidak muncul dehidrasi ketika menjalankan puasa. Buah kecil yang satu ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa enzim proteolotik dalam kiwi memiliki fungsi sebagai pemecah protein sehingga seluruh organ tubuh bekerja dengan normal, termasuk lambung dan sistem pencernaan.

5. Apel

Dalam setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada apel, menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi saat puasa. Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

6. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa.

Makan saat buka puasa dengan porsi ekstra memang menyenangkan. Tapi ingat makan kenyang, ingat juga kualitas nutrisi sajian yang dikonsumsi ya Kulinas! Yuk, mulai konsumsi buah saat berbuka…

Kalau Kulina bisa sekalian sajikan buah dihidangan berbukamu, pada seneng gak nih, Kulinas?

SUMBER:
https://www.halodoc.com/perbanyak-serat-ini-manfaat-konsumsi-buah-dan-sayur-saat-puasa
https://www.halodoc.com/5-buah-yang-direkomendasikan-dimakan-saat-puasa
https://cantik.tempo.co/read/1091131/pentingnya-konsumsi-sayur-dan-buah-selama-puasa-ramadan/full&view=ok