Rahasia Nasi Kuning Yang Kamu Belum Tahu

C:\Users\Owner\Downloads\timthumb.jpg

Filosofi di Balik Warna Nasi Kuning

Nasi kuning, makanan yang cukup familiar bagi orang Indonesia. Selain rasanya gurih, nasi ini juga diberi bumbu kuning dari rempah kunyit. Biasa dihidangkan dalam acara syukuran maupun acara perayaan lainnya.

Meski sudah jadi tradisi menghidangkan makanan ini dalam tiap perayaan, pernah gak sih kalian notice apa makna warna kuning dari nasi? Dari filosofinya sendiri, dalam tradisi Indonesia terutama Jawa, warna kuning ini serupa dengan emas yang mana memiliki makna kekayaan. 

Selain warna, nasi kuning kerap kali dibentuk kerucut serupa gunung atau biasa disebut tumpeng. Bentuk ini merupakan simbol dari kemakmuran dan moral hidup yang luhur. Tumpeng nasi kuning biasa disajikan bersama beragam lauk pauk seperti kering tempe, telur, abon, juga beragam pelengkap lainnya.

Berdasarkan kepercayaan atas dihidangkannya nasi kuning, harapannya akan membawa kemakmuran hidup karena banyak berkah kekayaan melimpah. Makna dari nasi kuning yang cukup luhur, menjadi sah ketika masakan ini hadir sebagai sajian utama di acara syukuran, ulang tahun, maupun acara berbahagia lainnya. 

Asal muasal nasi kuning sendiri sebenarnya dari dataran Jawa. Namun tradisi ini telah menyebar ke seluruh Indonesia. Seperti di Bali, warna kuning termasuk satu dari keempat warna sakral menurut kepercayaan masyarakat setempat. Nasi kuning wajib digunakan sebagai simbolisasi dalam perayaan Upacara Kuningan.

Manfaat Rempah Kunyit

Warna kuning pada nasi kuning berasal dari bumbu dasar yang ikut dimasak saat menanak nasi. Bumbu tersebut adalah kunyit. Tak hanya menjadikannya menarik, kunyit yang memberikan warna kuning pada nasi kuning juga kaya manfaat lho. Apa aja sih kegunaannya? Yuk kita simak!

1. Mengobati Maag

Maag muncul karena dipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori. Bisa disebabkan dari konsumsi obat anti nyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanan tertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongan sehingga memicu refluks asam lambung naik.Berdasarkan penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek kurkumin dalam kunyit mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan tersebut. Hal ini terbentuk dari meningkatkan produksi lendir di dinding lambung.

2. Mengendalikan Gula Darah

Bagi penderita diabetes, gak ada salahnya mulai mengkonsumsi kunyit demi menjaga gula darah tetap stabil. Beberapa penelitan telah menunjukkan khasiat kunyit yang berhasil menstabilkan gula darah sehingga membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Hal ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

3. Meredakan Gejala IBS (Irritable Bowel Syndrome)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yang menyebabkan masalah BAB jangka panjang. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 memperlihatkan kunyit mengurangi intensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

Potensi ini berasal dari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerja otot pencernaan. Selain masalah diare karena IBS, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi diare yang diakibatkan oleh keracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawan dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare.

4. Mengempiskan Perut Kembung

Buang gas atau kentut adalah tanda pencernaanmu baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan? Tandanya ada yang salah dengan perut kalian. Kurkumin membantu otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangi tekanan gas dalam perut. Kunyit juga sekaligus membantu lambung menghentikan produksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

Tumpeng
Nasi Kuning
Punya Kulina

Semakin mudah, pesan tumpeng nasi kuning dengan beragam lauk pauk hanya di Kulina. Soalnya kalian bisa sesuaikan dana dan selera, tanpa takut boros karena bocor di ongkos kirim. Lebih hemat pesan nasi kuning di Kulina Event soalnya ada diskon 15% khusus buat kalian yang berulang tahun di bulan Juli! Yuk share info ini ke teman atau kolegamu yang berulang tahun bulan Juli, siapa tahu kan bisa dapet jatah traktiran xixixi~

[CEK DISKON 15% BULAN JULI]

SUMBER:

http://www.pubinfo.id/berita-makna-dan-sejarah-nasi-kuning-doa-baik-dari-tradisi-jawa.html
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-kunyit-untuk-kesehatan/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *