Nikmatnya Rasa Pedas ala Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata “rica” sendiri berarti “cabai” atau “pedas”.

Sumber: www.resepkuekeringku.com

Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar, dan seafood bisa diolah menjadi masakan rica-rica nan lezat.

Untuk mendapatkan cita rasa pedas yang khas, rica-rica biasanya menggunakan banyak cabai merah dan cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta sedikit garam dan gula. Bahan-bahan tersebut lalu ditumbuk halus, dimasak bersama santan, dan dicampur dengan daun jeruk, serai, dan perasan jeruk nipis.

Karena kepopulerannya, kini rica-rica tak hanya menjadi masakan yang ekslusif di Manado saja, melainkan sudah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara memasaknya pun beragam, ada yang dagingnya digoreng terlebih dulu, ada juga yang dibakar.

Variasi Olahan Rica-Rica

Variasi olahan rica-rica sangatlah beragam, tergantung dari bahan utama yang digunakan. Terlebih, masyarakat Manado juga gemar mengkonsumsi berbagai macam daging, mulai dari yang umum sampai yang tidak biasa. Ragam olahan rica-rica antara lain ayam rica-rica, bebek rica-rica, sapi rica-rica, cumi rica-rica, atau cakalang rica-rica.

Nih, Kulina kasih resep Ayam Rica-Rica yang bisa kamu coba sendiri di rumah:

Resep Ayam Rica-Rica

Bahan:

1 ekor ayam kampung, cuci bersih lalu potong menjadi 8 bagian
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 ¾ sdt garam, atau sesuai kebutuhan
½ sdt gula pasir, atau sesuai kebutuhan
4 lembar daun jeruk, cuci bersih lalu buang tulang daunnya
2 batang serai, cuci bersih lalu memarkan agar aromanya keluar
300 ml air
Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis

Bumbu Rica-Rica:

6 buah cabai merah, buang tangkainya
1 buah tomat, cuci bersih
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe ukuran sedang, kupas kulit luarnya

Cara Membuat Ayam Rica-Rica:

Pertama, lumuri daging ayam yang telah dipotong dengan campuran 1 sdt garam dan perasan jeruk nipis hingga merata. Lalu, diamkan selama sekitar 15 menit sampai meresap, sisihkan.

Tumbuk kasar semua bahan untuk bumbu rica-rica. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar sampai harum. Tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk kembali.

Masukkan daging ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam tumisan, aduk hingga berubah warna dan bumbunya meresap. Selanjutnya, tuangkan sisa garam dan gula pasir lalu kembali aduk hingga merata. Tuangkan air dan biarkan hingga bumbunya meresap. Aduk sesekali agar peresapannya maksimal lalu angkat.

Ayam Rica-Rica siap disajikan!

Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Ayam_rica-rica
https://en.wikipedia.org/wiki/Rica-rica
http://resepcaramemasak.info/resep-mudah-dan-praktis-memasak-ayam-bakar-rica-rica/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *