8 Manfaat Kacang Mete yang Wajib Kamu Ketahui

Kacang mete ternyata bukan hanya memiliki rasa gurih yang enak, namun didalam kandungan kacang mete terdapat banyak manfaat bagi tubuh kita lho. Mulai dari kesehatan jantung, mata, hingga dapat mencegah kanker.

1 Menjaga Kesehatan Jantung

Nutrisi pada kacang-kacangan termasuk kacang mete, seperti asam lemak tak jenuh, protein, serat, vitamin, mineral dan antioksidan dapat memberikan sifat pelindung, anti-karsinogenik dan anti-inflamasi. Sehingga dapat melindungi jantung dan mencegah penyakit jantung.  

Kacang mete juga membantu menurunkan LDL dan meningkatkan daya dukung HDL. LDL(Low Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pengantar kolesterol sedangkan HDL(High Desity Lipoprotein) berfungsi sebagai pembersih dalam saluran pembuluh darah arteri. 

2 . Mencegah Penyakit Darah

Mengkonsumsi kacang mete secara teratur dengan takaran yang normal dapat menjauhkan kita dari penyakit darah seperti anemia. Karena kacang mete kaya akan tembaga, yang berperan penting dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Kekurangan tembaga dapat menyebabkan penyakit kekurangan zat besi atau anemia.

3 . Menurunkan Berat Badan

Kacang mete mengandung asam lemak Omega 3 yang berkontribusi memberi dorongan pada proses metabolisme untuk membakar lemak berlebih. Kacang merupakan makanan ringan yang sangat dianjurkan bagi kalian yang sedang melakukan proses diet, karena kacang dapat membuat kalian merasakan kenyang lebih lama.

4 . Sumber Energi

Kacang mete mengandung lebih banyak karbohidrat dan zat besi dari jenis kacang lainnya, yang berguna sebagai sumber energi. Kacang mete juga kaya akan zinc dan protein yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel.

5 . Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kacang mete mengandung tembaga dengan jumlah yang tidak sedikit. Tembaga dibutuhkan tubuh untuk proses penggantian jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Kedua komponen ini beperan penting dalam proses pembentukan tulang. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh akan mudah rusak dan kita pun rentan terkena penyakit disfungsi sendi.

Kekurangan tembaga juga dapat menurunkan kepadatan mineral pada tulang dan meningkatkan risiko osteoporosis. Selain tembaga, kacang mete juga mengandung magnesium yang penting untuk pembentukan tulang. Ini karena magnesium membantu kalsium terserap dengan lebih baik ke dalam tulang.

6 . Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan senyawa lutein dan zeaxanthin yang bersifat sebagai antioksidan pada kacang mete diduga mampu melindungi mata dari kerusakan ringan dan bahkan membantu mengurangi katarak.

7 . Menghindari Operasi Kolesistektomi

Menurut sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, rutin makan kacang-kacangan dikaitkan dengan penurunan risiko operasi kolesistektomi untuk mengangkat kantung empedu pada wanita-wanita yang mengalami masalah kantung empedu. 

Penelitian ini melibatkan lebih dari satu juta orang dalam rentang waktu 20 tahun. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kemungkinan seorang wanita menjalani prosedur kolesistektomi cenderung kecil apabila rutin makan kacang-kacangan setidaknya 5 ons setiap minggu.

8 . Mencegah Kanker

Tingginya persentase selenium pada kacang mete membantu mencegah kanker pada tubuh kita. Selain itu kandungan flavanol yang mencegah produksi sel kanker dan mematikan sel tumor. Kandungan tembaga yang tinggi juga dapat menangkal radikal bebas.

Wah… luar biasa sekali ya ternyata manfaat kacang mete bagi tubuh kita. Kacang mete yang termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan, ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Maka mulai sekarang, makanlah lebih sehat, lebih lengkap.

Tidak hanya karbohidrat, protein, sayur, dan buah, melaikan juga kacang-kacangan! Gimana caranya? Gampang, langganan Healthy Lunch aja di Kulina! Semua menu telah dihitung secara seksama untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Semua menu sehat ini, juga telah dipastikan, tetap memiliki cita rasa yang lezat~

Cobain sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *