Inilah 4 Alasan Beralih Konsumsi Beras Merah

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Beras yang kemudian diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Kulinas semua pasti sudah tahu, ada banyak jenis beras sekarang ini, salah satunya adalah beras merah. Beras merah banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet atau ingin menurunkan berat badan.

Jadi, selain cocok untuk diet, apalagi sih manfaat beras merah untuk tubuh kita?

1. Mengontrol Diabetes

1. Beras Merah - Mengontrol Diabetes
Beras Merah – Mengontrol Diabetes

Beras merah memiliki indeks glikemik rendah yang membantu dalam mengurangi lonjakan insulin dan membantu dalam stabilisasi kadar gula darah dalam tubuh. Beras merah kaya asam fitat, serat, dan polifenol penting. Beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang membantu dalam pelepasan gula lebih lambat dibandingkan dengan nasi putih.

Asosiasi diabetes di Amerika juga merekomendasikan untuk memilih beras merah padat gizi daripada nasi putih untuk penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, serat, dan mineral penting dalam makanan mereka.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

2. Beras Merah - Menjaga Kesehatan Jantung
Beras Merah – Menjaga Kesehatan Jantung

Beras merah mengandung banyak senyawa yang dikenal sebagai lignan yang dapat diubah menjadi senyawa biologis setelah dicerna oleh bakteri probiotik di usus kita. Salah satu senyawa yang diproduksi bernama enterolactone yang memiliki kemampuan untuk melindungi jantung dari berbagai penyakit. Selain itu, beras merah juga membantu mengurangi kadar kolesterol yang berdampak negatif bagi kesehatan jantung kita.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

3. Beras Merah - Meningkatkan Kualitas Tidur
Beras Merah – Meningkatkan Kualitas Tidur

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sulit tidur. Namun faktor penyumbang yang paling umum adalah kurangnya hormon melatonin.

Beras merah secara alami mengandung melatonin yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu, beras merah juga mengandung vitamin B yang membantu metabolisme dan siklus tidur.

4. Melancarkan ASI

4. Beras Merah - Melancarkan ASI
Beras Merah – Melancarkan ASI

Menurut Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues yang dipublikasikan World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, nasi merah juga berperan penting untuk membuat ASI menjadi lebih banyak. Beras merah memiliki stimulan hormon yang meningkatkan laktasi. Laktasi adalah proses sintesis untuk produksi dan pengeluaran ASI.

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat baik beras merah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi berah merah.

1. Membaca Label

Seperti halnya makanan kemasan lain yang selalu menyertakan label, begitu pun beras merah. Ada baiknya membaca label kemasan beras merah sebelum membeli atau pun mengkonsumi beras merah. Pasalnya, biasanya beras merah juga mengandung campuran kedelai, gluten, atau kacang-kacangan yang dapat menimbulkan alergi.

2. Menyimpan dengan Benar

Ketika kamu memasak terlalu banyak beras merah untuk dihabiskan dalam satu hari, keluarkan nasi merah dari rice cooker dan simpan di lemari pendingin. Penyimpanan di lemari pendingin pun jangan lebih dari 4 hari. Beras merah yang disimpan terlalu lama membuatnya menjadi lembab dan menjadi tempat berkembang biak yang cocok bagi bakteri.

3. Waspada Bakteri Aspergillus Section Flavi

Di antara semua bakteri dan jamur yang dapat tumbuh di beras merah, aspergillus section flavi adalah yang paling berbahaya. Jamur ini dikenal sebagai aflatoksin yang berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi.

Karena jamur ini dapat tumbuh pada nasi yang dimasak dan yang tidak dimasak, penting untuk menyiapkan nasi dengan benar dan mengkonsumsinya sesegera mungkin setelah memasak untuk mengurangi risiko.

Jadi, Kulina semua sekarang sudah tahu kan manfaat-manfaat beras merah? Selain manfaat, Kulinas juga lebih tahu bagaimana tips membeli dan mengkonsumsi beras merah yang baik dan benar.

Siap lebih sehat?

[MULAI KONSUMSI BERAS MERAH]

Beras Merah - Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina
Beras Merah – Mulai Konsumsi Beras Merah Kulina

SUMBER:
https://doktersehat.com/manfaat-dan-efek-samping-beras-merah-yang-wajib-anda-ketahui/
https://id.theasianparent.com/manfaat-beras-merah
http://manjilala.info/pengertian-laktasi-dan-menyusui/

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...