5 Makanan Unik Penanda Tahun Baru

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Banyak tradisi di tiap negara untuk menandai mulainya tahun baru – salah satunya makanan unik yang digunakan sebagai simbolisasi harapan-harapan untuk tahun mendatang. Makanan seperti mie panjang sebagai tanda agar panjang umur, ikan herring penanda agar tahun depan penuh kelimpahan, maupun kacang polong sebagai pengganti koin kemakmuran. 

Melalui simbolisme makanan, diharapkan tahun berikutnya akan semakin makmur dan berjaya. Apa aja sih makanan tersebut? Berikut makanan unik dari berbagai negara sebagai penanda datangnya tahun baru.

1. Cotechino con Lenticchie, Italia

1. Makanan Unik Tahun Baru - Cotechino con Lenticchie, Italia
Makanan Unik Tahun Baru – Cotechino con Lenticchie, Italia

Orang Italia merayakan Malam Tahun Baru bersama La Festa di San Silvestro. Dimulai dengan obat tradisional cotechino con lenticchie, sosis, dan sup miju-miju yang dikatakan membawa keberuntungan. Konon katanya lentil mewakili uang dan keberuntungan. Selain itu di rumah tangga tertentu menyiapkan zampone dan penjepit boneka babi sebagai aksen. Acara makan-makan ditutup dengan chiacchiere, adonan daging yang dibentuk bulat kemudian digoreng dan digulung dalam madu, gula bubuk, dan prosecco.

2. Hoppin John, Amerika Selatan

2. Makanan Unik Tahun Baru - Hoppin John, Amerika Selatan
Makanan Unik Tahun Baru – Hoppin John, Amerika Selatan

Tradisi makanan Tahun Baru yang utama di Amerika Selatan, Hoppin ‘John adalah sepiring kacang polong rasa daging babi atau kacang polong bermata hitam (melambangkan koin) dan beras, sering disajikan dengan sayuran atau sayuran hijau lainnya (karena warnanya uang) dan roti jagung (warna emas). Piring tersebut dikatakan membawa keberuntungan di Tahun Baru.

Hidangan ini berakar pada tradisi Afrika dan India Barat dan kemungkinan besar dibawa oleh para budak ke Amerika Utara. Resep untuk Hoppin ‘John muncul pada awal tahun 1847 di Sarah Rutledge’s “The Carolina Housewife” dan telah ditafsirkan ulang selama berabad-abad oleh koki rumahan dan koki profesional.

3. Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia

3. Makanan Unik Tahun Baru - Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia
Makanan Unik Tahun Baru – Ikan Herring Asin, Polandia dan Skandinavia

Karena ikan herring berlimpah di Polandia dan sebagian Skandinavia, banyak di antara negara-negara tersebut makan ikan herring asin pada tengah malam untuk menyambut satu tahun kemakmuran dan karunia. Beberapa orang makan asinan herring dalam saus krim sementara yang lain mencampurnya dengan bawang.

Satu persiapan khusus untuk  Tahun Baru buatan Polandia bernama Sledzie Marynowane, yang dibuat dengan merendam ikan harring dan garam utuh dalam air selama 24 jam dan kemudian melapisinya dengan bawang merah, allspice, gula, dan cuka putih.

4. Kransekage, Denmark dan Norwegia

4. Makanan Unik Tahun Baru - Kransekage, Denmark dan Norwegia
Makanan Unik Tahun Baru – Kransekage, Denmark dan Norwegia

Kransekage secara harfiah berarti kue karangan bunga. Kransekage adalah menara kue yang terdiri dari banyak cincin konsentris berlapis satu sama lain yang dibuat khusus untuk Malam Tahun Baru dan acara spesial lainnya di Denmark dan Norwegia.

Kue itu dibuat dengan menggunakan marzipan. Kransekage cocok disantap bersama sebotol anggur atau Aquavit. Di tengah Kransekage juga bisa diberi hiasan, seperti bendera atau kerupuk.

5. Mie soba, Jepang

5. Makanan Unik Tahun Baru - Mie Soba, Jepang
Makanan Unik Tahun Baru – Mie Soba, Jepang

Di setiap rumah tangga Jepang, keluarga makan mie soba atau toshikoshi soba pada tengah malam di Malam Tahun Baru untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang berlalu dan menyambut tahun yang akan datang. Tradisi ini berasal dari abad ke-17.

Mie soba sendiri adalah jenis mie panjang. Mie panjang menjadi perlambang untuk umur panjang dan kemakmuran.

Selain dari berbagai negara di dunia, Indonesia dengan keragaman daerahnya, mungkin juga memiliki makanan khas asal daerah sebagai penanda awal tahun baru. Kalau di asal daerahmu, apa nih guys? Apapun makanannya, mari sama-sama berdoa semoga tahun depan menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua! Aamiin.

HAPPY NEW YEAR YOU ALL…!!!

Kalau untuk urusan langganan makanan harian, mingguan, atau bulanan – cuma Kulina jawabannya!

[CEK MENU KULINA]

Kulina Merry Chirstmas






Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *