6 Kuliner Khas Bali Spesial Acara Adat

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Siapa berani nolak liburan ke Bali? Sekali denger kata ‘Bali’ ingatan ini rasanya langsung melayang ke bibir pantai dengan pasir putih sembari menghabiskan sunset. Beuh~ Pulau Seribu Pura yang terkenal dengan ragam seni budaya dan upacara adat sepanjang tahun ini, masih menjadi pilihan utama destinasi wisata, lho.

Tak hanya obyek wisata pantai dan hiburan saja yang menarik wisatawan yang berlibur ke Bali, beberapa suguhan budaya masyarakat yang kental dan unik tak kalah menarik. Bali identik dengan upacara adat keagamaan Hindu yang berkaitan erat dengan rutinitas masyarakat setempat. Beberapa upacara adat yang cukup terkenal misalnya, perayaan Ngaben, Mepandes, Galungan, Nyepi, dan masih banyak lainnya.

Dan berikut ini adalah macam-macam kuliner atau makanan khas yang disajikan saat perayaan adat di Bali.

1. Bebek Betutu

Awal mula masakan Betutu ini merupakan salah satu sesajen yang di sajikan saat upacara-upacara adat di Bali. Namun karena pesat perkembangan sektor pariwisata, Betutu mulai dijajakan menjadi kuliner khas Bali. Terdapat beberapa pilihan daging yang digunakan dalam bumbu masakan ini, misal daging Bebek dan daging Ayam. Meskipun namanya kerap kali terdengar sampai ke luar Bali, belum banyak yang tahu bagaimana proses unik di baliknya. Bebek yang telah di- marinasi kemudian dibungkus rapat dengan pelepah pinang atau upeh dalam bahasa Bali. Setelah dibungkus rapih lalu dimasukkan ke dalam gerabah, ditanam dalam lubang di tanah dan ditutup dengan bara api selama kurang lebih 6-7 jam hingga matang.

2. Jaja Apem

Atau biasa kita kenal Kue Apem, kerap kali disajikan sebagai sesajen di setiap upacara adat di Bali. Kuliner khas desa Lokapaksa ini berbahan dasar tepung beras yang difermentasikan dengan tape singkong dan air kelapa. Yang menjadi ciri khas dari Kue Apem Bali ini adalah dengan tidak ditambahkan gula layaknya Kue Apem di daerah lain. Tetapi menambahkan gula merah cair dan parutan kelapa sebagai taburan.

3. Pulung Nyepi

Sesuai dengan namanya, Pulung Nyepi disajikan menjelang perayaan Nyepi. Sajian ini selalu disajikan jelang upacara Pengerupukan, satu malam sebelum Hari Raya Nyepi. Merupakan kuliner khas dari desa Sukasada yang mirip dengan kolak biji salak tanpa ditambahkan kuah gula merah dan santan. Adonan utamanya adalah tepung beras dan tepung kanji yang dikukus. Dibentuk menjadi bulat dan sedikit lonjong, kemudian direbus kembali.

4. Entil

Kalau lebaran pasti tersaji ketupat, maka di perayaan Nyepi ada Entil. Bedanya, kalau ketupat dibungkus dengan daun kelapa muda (janur), Entil dibungkus dengan daun nyelep atau talengidi. Tanaman tersebut memiliki daun lebar dan panjang mirip daun kunyit. Berikutnya, beras yang telah dibungkus daun nyelep diikat menggunakan tali bambu. Proses memasak Entil cenderung lebih memakan waktu dibanding memasak ketupat. Namun, proses masak yang lama membuat citarasa Entil menjadi lebih enak dan awet.

5. Ketongkol

Kalau lontong berbentuk lonjong, beda dengan Ketongol yang berbentuk kerucut. Pada umumnya, daun pisang digunakan untuk membungkus makanan ini. Biasa disajikan bersama dengan beragam sayuran dan lauk pauk seperti kelapa parut, kerupuk, dan sambal matah. Tak ketinggalan sebagai sayur pendamping lainnya adalah lawar atau jukut urab dan telur rebus. Selain menikmati dengan cara tersebut, cara lain untuk menikmati kuliner ini bisa tanpa tambahan sayur maupun lauk, pun rasanya sudah cukup sedap dan lezat.

6. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng merupakan kuliner khas dari Gianyar, menjadi salah satu sajian makanan berat saat perayaan Nyepi. Satu porsi nasi disajikan bersama ragam sayuran seperti kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Dengan beralaskan daun pisang berbentuk pincuk meninggalkan kesan spesial dalam perayaan Nyepi.

Itu tadi dia, 6 kuliner spesial acara adat di Bali. Jadi lain kali kalau ke Bali waktu lagi acara adat, kamu tahu makanan apa yang mesti kamu coba.

Kalau kamu juga punya acara atau perayaan spesial di Jakarta, jangan bingung soal makanannya…

Pesan aja di Kulina Event!

Sumber:
https://www.balitoursclub.net/upacara-adat-di-bali/
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/makanan-khas-nyepi-
yang-wajib-dicoba/full
https://id.wikipedia.org/wiki/Bebek_betutu
https://kompaswisata.com/makanan-adat-bali/
http://kulinerkhasbuleleng.blogspot.com/2014/11/jaja-apem.html

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...