6 KUE KHAS LEBARAN DI INDONESIA

Lebaran sebentar lagi~

Persiapan untuk menyambut hari lebaran tentunya harus disiapkan dari jauh-jauh hari sebelumnya. Selain mempersiapkan hati bersih, tak lupa baju baru, dan satu lagi yang tak dapat dipisahkan dari tradisi Hari Raya, kue kering khas Lebaran. Beberapa penghuni toples ini menjadi khas dan krusial untuk disajikan. Datang dengan beragam ekspektasi, harap maklum ya kalau toples kue tiba-tiba menjelma rengginang~

Sebelum runtuh ekspektasi para tamu, Kulina akan membahas beragam macam-macam kue kering yang menjadi syarat jelang hari raya Lebaran. Berikut adalah 6 jenis kue kering khas Lebaran buat Kulinas.

1. Nastar

kue-nastar-selai-nanas

Nama Nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu ‘ananas’ yang berati nanas, dan ‘tar’ yang berarti kue atau pie. Jadi nastar sendiri memiliki arti tart nanas. Di Eropa, kue ini berisi selai blueberry atau apel. Namun di Indonesia blueberry begitu sulit didapat maka digantilah dengan selai nanas.

2. Kastangel

kastengel-gurih

Kastengel merupakan kue kering yang diadaptasi dari kue khas Belanda yaitu ‘kaas’ yang berarti keju. Jadi bagi Anda para pecinta keju, rasa gurih dan asin dalam kue kastangel pasti akan membuat ketagihan.

Umumnya kue kastengel menggunakan keju tua seperti keju edam. Namun karena harga keju edam yang terbilang mahal, maka keju chedar dipilih sebagai bahan alternatif pembuatan kastengel.

3. Putri Salju

maxresdefault

Kue kering satu ini namanya terbilang unik. Nama putri salju sendiri diambil karena kue ini berwarna putih yang berasal dari taburan gula halus. Kue ini semakin terlihat menarik dengan bentuknya yang menyerupai bulan sabit.

4. Lidah Kucing

Lidah-Kucing-pangananenak

Diberi nama lidah kucing karena bentuknya yang menyerupai lidah kucing. Lidah kucing sendiri masuk ke Indonesia saat masa koloni belanda. Kue ini juga banyak ditemui saat hari raya Idul Fitri.

5. Biji Ketapang

Resep-Biji-Ketapang

Tak ketinggalan juga kue khas Betawi asli yaitu biji ketapang. Dinamai biji ketapang karena bentuknya yang menyerupai biji ketapang. Rasa dari kue ini renyah, manis dan sedikit asin. Pembuatan biji ketapang juga terbilang mudah, karena tak perlu menggunakan oven, hanya digoreng saja.

6. Kue Semprit

Resep-Cemilan-Nikmat-Kue-Semprit-Panggang

Nah, kue ini juga selalu berada di jajaran kue kering khas lebaran dan tidak pernah absen. Kue yang berbahan dasar tepung terigu ini mempunyai rasa dan tekstur yang khas. Yang paling khas dari kue ini adalah topping choco chips atau selai di atasnya.

Gimana udah ada gambaran mau menghias isian toples dengan macam-macam kue kering apa aja? Atau malah keburu hectic dengan urusan kerjaan yang menumpuk di pertengahan tahun dan segala planning mudik nanti?

Kulina bersama beberapa local baker and cakery expert berkolaborasi siap meriahkan Lebaranmu.

Pilihan jenis kue kering dengan exclusive thematic packaging bisa kalian pesan dalam Ramadan Hampers Kulina. Lebih ekonomis juga praktis, karena hamper ini bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian lho Kulinas.

[CEK ADA KUE APA SAJA]

SUMBER:
http://www.inspirasibaking.com/7-jenis-kue-kering-khas-jelang-hari-raya-lebaran/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *