Kiwi, Si Hijau Kecil Banyak Manfaat

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Selain konsumsi sayuran berwarna hijau, perkaya nutrisimu dengan konsumsi buah berwarna hijau seperti buah Kiwi nih guys. Meskipun bentuknya relatif kecil tapi kandungan tinggi vitamin dan antioksidannya cukup bisa memenuhi nutrisi harianmu. Rasanya asam dan sedikit rasa manis digemari orang dewasa maupun anak-anak. Baik untuk tubuh, tentu banyak manfaat yang diberikan dari buah hijau kecil berbulu ini.

Apa aja sih manfaat kiwi yang bisa kalian dapat dari konsumsi buah berdaging buah hijau keemasan ini?

Manfaat Buah Kiwi

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Studi menunjukkan salah satu manfaat buah kiwi yaitu, kiwi dapat bertindak sebagai prebiotik, yaitu dengan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus (lactobacilli dan bifidobacteria). Kandungan serat dan prebiotik pada Kiwi ini baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan, mencegah konstipasi dan irritable bowel syndrome (IBS). Namun, efektivitas prebiotik ini bergantung pada kondisi pencernaan setiap individu, serta hanya berlangsung selama 24 jam dan bertahan hanya selama mengonsumsi buah Kiwi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sekitar 180 gram Kiwi telah mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan penyakit, salah satunya flu.

3. Menurunkan Tekanan Darah dan Resiko Penyakit

Kandungan dalam Kiwi dapat menurunkan tekanan darah. Ini artinya, Kiwi dapat membantu mencegah terkena risiko penyakit yang muncul akibat tekanan darah tinggi, seperti serangan jantung dan stroke. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti penyakit jantung dan kanker.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain mengandung antioksidan, Kiwi juga mengandung serotonin. Serotonin berperan dalam tidur nyenyak. Serotonin juga bemanfaat dalam meningkatkan daya ingat dan fungsi kardiovaskular. Kekurangan hormon ini dikaitkan dengan depresi dan gangguan mood.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat Kiwi lainnya yaitu melindungi mata dan mencegah kebutaan. Hal ini berkat lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam Kiwi.

Memang lezat rasa buah Kiwi, namun perlu diwaspadai untuk beberapa orang dengan alergen buah ini, terutama pada anak-anak yang baru pertama kali mengkonsumsinya. Amati gejala alergi dengan tanda-tanda reaksi tubuh seperti bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah. Selain waspada gejala alergi terhadap buah Kiwi, perhatikan juga tipikal buah yang masih layak konsumsi lho guys.

1. Kiwi Banyak Manfaat - Cara Memilih Buah Kiwi
Kiwi Banyak Manfaat – Cara Memilih Buah Kiwi

Cara Memilih Buah Kiwi

Warna kulit buah berwarna coklat mungkin bisa jadi kendala dalam memilih buah Kiwi yang layak konsumsi. Namun dengan langkah-langkah berikut, dijamin gak akan salah pilih kok!

1. Warna dan Kondisi Kulit

Umumnya buah Kiwi yang mengalami proses pematangan akan berubah warna kulitnya, dari berwarna coklat kehijauan menjadi coklat muda. Perhatikan buah Kiwi dengan kondisi kulit tidak kisut dan elastisitas kulitnya halus tapi kuat.

2. Buah dalam Kondisi Segar

Buah Kiwi layak dimakan bila terlihat segar, tidak keriput, dan tidak terdapat noda, baik noda bekas gigitan serangga maupun noda getah.

3. Keras Tidaknya Daging Buah

Konsistensi daging buah dapat dirasakan melalui pijatan jari. Buah yang matang dan siap dikonsumsi relatif lebih lunak daripada buah yang masih mentah. Buah yang baik mempunyai kekerasan merata. Bila kekerasannya tidak merata, maka sebagian dari daging buahnya akan berbeda rasanya.

Hindari membeli buah Kiwi yang kelewat masak. Cara memilih Kiwi segar letakkan buah di antara jempol dan telunjuk lalu remas buahnya. Buah matang akan tetap lembut dan elastis. Di samping itu, Kiwi matang memiliki aroma tajam.

Cocok banget kan buat yang lagi program penurunan berat maupun sedang dalam masa detoxifikasi? Yuk, makin peduli sama tubuh dengan perhatiin asupan buahmu!

Dimana beli buah kiwinya? Ya di Kulina aja! Sekarang lagi ada promo diskon Rp 10.000/pax pakai kode KIWISEGAR – hanya untuk pemesanan sampai tanggal 29 Januari 2020 dan pengantaran 31 Januari 2020.

Ayo buruaaannn… [PESAN SEKARANG]

2. Kiwi Banyak Manfaat - Diskon Kode KIWISEGAR
Kiwi Banyak Manfaat – Diskon Kode KIWISEGAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *