6 Jajanan Pasar yang Bikin Rindu Kampung Halaman

Tiba-tiba rindu sama kampung halaman? Hmm… Apa sih yang paling kalian rindukan? Salah satunya, pastilah kuliner khas kampung halaman. Tak hanya didominasi sajian berat kaya bumbu dan rempah, ada pula aneka jajan pasar tradisional yang menggugah selera.

Jajanan pasar mungkin menjadi salah satu snack yang paling mudah ditemukan di pasar tradisional. Tak hanya lezat dan cocok disantap sebagai pengganjal perut waktu traveling, aneka jajanan basah khas Nusantara ini cenderung lebih fresh karena diolah dan dijajakan langsung dihari yang sama. 

Berikut beberapa jajanan pasar yang cukup terkenal, tidak hanya di tempat asalnya, namun hampir di seluruh Indonesia. Siapa tahu, salah satunya jajanan pasar dari kampung halamanmu…

1. Panada

C:\Users\Owner\Downloads\126422703.jpg
Panada dari Minahasa

Jika dilihat sepintas, jajanan satu ini memiliki bentuk serupa dengan snack pastel. Bedanya, panada memiliki bahan dan cita rasa yang berbeda. Jika pastel umumnya berisi campuran bihun dan irisan ayam, panada justru diberi isian berupa pepaya muda yang dicampur dengan ikan cakalang bercita rasa pedas.

Konon, panada merupakan penganan khas keluarga besar Mandey asal Minahasa. Namun, kini panada sudah dijual bebas di berbagai pusat oleh-oleh.

2. Putu Mayang

C:\Users\Owner\Downloads\putu-mayang-es-krim.jpg
Putu Mayang dari Betawi

Meski namanya hampir sama dengan kue putu, namun tampilan putu mayang sangat berbeda dengan kue putu pada umumnya. Terbuat dari campuran tepung beras, garam, dan pewarna makanan yang dikukus, putu mayang memiliki tekstur kenyal dengan bentuk menyerupai mi. Untuk menambah rasa, putu mayang juga disajikan bersama kuah dari santan dan gula bercita rasa manis. Putu mayang sendiri merupakan kuliner khas Betawi.

3. Serabi

C:\Users\Owner\Downloads\serabi-hijau-kinca_20171212_151311.jpg
Serabi dari Bandung

Serabi atau biasa disebut Surabi di daerah asalnya, Bandung. Camilan khas ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan air kelapa. Serabi khas kota Kembang dimasak dengan menggunakan tungku tanah liat. Ada dua jenis serabi Bandung, yaitu serabi manis yang menggunakan tambahan kinca (campuran gula merah cair, santan dan daun pandan) dan serabi asin dengan taburan oncom yang sudah diberi bumbu di atasnya. 

4. Cenil

C:\Users\Owner\Downloads\cenil-agrowindo.jpg
Cenil dari Yogyakarta

Cetil atau Cenil adalah makanan yang terbuat dari pati ketela pohon. Makanan tradisional khas Jogja ini banyak ditemui di penjaja jajanan pasar tradisional. Makanan ini biasa dibentuk silinder memanjang, kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Cenil biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi gula pasir.

5. Lupis

C:\Users\Owner\Downloads\lupis_20180327_135512.jpg
Lupis dari Jawa Tengah

Siapa yang gak kenal jajanan pasar satu ini? Lupis merupakan salah satu jajanan tradisional Jawa Tengah yang masih digemari hingga kini. Banyak dijajakan sebagai camilan di pagi hari, lupis terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun pisang lalu dikukus hingga matang. Sebagai penambah rasa, lupis biasanya diberi taburan kelapa parut dan siraman juruh (semacam saus gula merah). 

6. Sosis Solo

C:\Users\Owner\Downloads\40540212_2249a718-c49c-4dac-be1f-40be1c848ecf_707_360.png
Sosis Solo dari Solo

Meski bernama sosis Solo, jajanan khas kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini terlihat menyerupai lumpia mini berisi daging ayam. Konon, camilan bercita rasa gurih cenderung asin ini diadopsi dari sajian sosis yang banyak disantap oleh orang Belanda saat masa penjajahan.

Ternyata setiap daerah punya jajanan pasar yang unik-unik ya? Mana nih yang jadi favoritmu?

Eh, baca-baca artikel tentang jajanan sore-sore gini malah jadi laper lagi? Hihi. Sengaja atuh Kulina, mah. Haha. Kalau laper sore-sore pingin cari camilan enak, murah, berkualitas – ya tinggal pesan di Kulina aja!

Banyak variasi snack, mulai dari jajanan tradisional, snack western, dan snack ala Timur Tengah juga ada lho Kulinas! Tinggal sesuaikan selera dan anggaran kamu bareng Kulina.

ENAK DI PERUT, NYAMAN DI KANTONG

[LIHAT MENU JAJANAN PASAR KULINA]

SUMBER:
https://kumparan.com/@kumparanfood/7-jajanan-pasar-khas-indonesia-yang-cocok-dijadikan-teman-minum-teh
https://blog.traveloka.com/manado/12-oleh-oleh-khas-manado-bagi-pencinta-kuliner-tradisional/
https://brilicious.brilio.net/unik/bikin-banyak-orang-terkecoh-ini-bedanya-serabi-solo-serabi-bandung-180509d.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *