5 Kebiasaan Makan Malam dari Berbagai Negara di Dunia

Banyak orang menganggap sarapan itu merupakan ritual terpenting sebelum menjalani hari. Tapi setelah seharian berkegiatan dan bekerja, ada baiknya untuk memulihkan energi lho. Rileks sejenak setelah membersihkan diri dan bersantai akan semakin lengkap dengan menyantap makan malam favorit. Agenda makan malam sendiri menjadi sebuah kesempatan untuk bisa bertukar cerita dan rasa. Apalagi bisa satu meja bareng temen-temen atau keluarga terkasih. Gak cuma capek yang hilang, bisa bisa memulihkan semangat yang sempat padam.

Kebiasaan makan malam tak hanya di Indonesia saja, tapi menjadi kebiasaan hampir di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya berikut lima negara dengan kebiasaan menu makan malam yang disantap.

1. Indonesia

Ada pepatah di Indonesia yang menyatakan bahwa orang belum benar-benar makan kalau belum makan nasi. Maka dari itu, mayoritas penduduk Indonesia menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Hal ini juga tergantung dari kebiasaan masyarakat daerahnya. Nasi biasanya dihidangkan bersama lauk terdiri dari ayam, tahu, dan ikan. Disertai juga sayuran mentah atau sayuran olahan yang dibumbui rempah-rempah. Tak lupa juga, hidangan pelengkap favorit orang Indonesia adalah adanya kerupuk dan sambal sebagai pelengkap ‘wajib’.

2. Rusia

D:\KULINA\pict kulina\makanan dunia\kartofelnie-draniki-recepti-s-myasom-i-sirom-draniki-kartofelnie-poshshagovaya-instrukciya-prigotovleniya.jpg

Bagi masyarakat Rusia, makan siang adalah waktu makan utama, sementara makan malam adalah prioritas kedua. Walaupun begitu, ada menu makan malam favorit di negeri yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini. Untuk makan malam, sedikit ada makanan pembuka dan menu utamanya adalah kentang, daging, atau ikan. Draniki berupa pancake kentang yang disajikan panas dengan krim asam dingin, bawang putih atau buah berry. Kemudian ada Pelemy berupa bakso yang dilapisi kue kering. Dan menu favorit lainnya ada juga Zharkoye berupa daging yang dikukus dengan sayuran.

3. Jamaika

D:\KULINA\pict kulina\makanan dunia\ackee-and-saltfish.jpg

Makanan di Jamaika memiliki campuran rasa dari makanan Spanyol, Inggris, Afrika, India, dan China. Beras sendiri merupakan makanan pokok di Jamaika, dan sering disajikan dengan kacang polong. Menu Ackee dan Saltfish populer untuk makan malam dan sarapan. Biasanya menu ini disantap dengan nasi dan kacang polong, roti pangsit, atau pisang hijau rebus. Lauk pauk daging, terutama daging babi dan ayam, biasa dimasak dengan rempah-rempah juga menjadi menu makan malam.

4. China

D:\KULINA\pict kulina\makanan dunia\sichuan-opera-and-hot-pot-dinner-in-chengdu-tour-2-451870_1539932386.JPG

Keluarga di China memiliki kebiasaan makan malam dengan duduk di sekeliling meja Hot Pot. Masing-masing akan memasak bahan makanan yang disukai ke dalam Hot Pot. Hot Pot sendiri merupakan istilah teknik memasaknya. Sebuah panci berisi kaldu ditempatkan di tengah meja dikelilingi bahan-bahan makanan ala Asia Timur seperti potongan daging, daun-daunan, jamur, mie wonton, pangsit telur, tahu, dan makanan laut. Bahan makanan ini langsung ‘dimasak’ di panci kaldu. Makanan kemudian disantap dengan tambahan saus atau sambal.

5. Iran

Couscous atau Kukus adalah makanan utama masyarakat Iran. Umumnya masakan ini diberi bumbu kunyit, aprikot, dan kismis. Karena penambahan beragam buah kering dan kacang-kacangan, menu ini disebut jewelled rice. Makanan ini biasanya disajikan bersama kari (dibuat dari kacang tanah), semur daging, atau kebab dan ikan. Menu ini cukup dikenal di Indonesia dan dipilih sebagai pengganti nasi. Kuskus menjadi alternatif carbo complex yang rendah kalori, sehingga baik jika dihidangkan untuk makan malam. Kuskus juga bisa dikombinasikan dengan ragam elemen masakan Indonesia, maupun tradisi kuliner negara lainnya. Misalkan Kuskus dengan sate ayam bumbu aromatik daun jeruk dan sereh, Kuskus masak bawang dan Pan Seared Dory dengan saus parmesan, dan menu Kuskus fusion lainnya.

Menu Kuskus dengan kombinasi lauk ini hanya bisa kalian temui di Kulina Dinner. Penasaran? Cek aja langsung ke web Kulina~

www.kulina.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *