Ingat Resolusi, Yuk Simak Tips Investasi Ini!

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Menjalani tahun baru akan semakin percaya diri kalau kamu punya resolusi finansial. Dilansir dari survei terbaru dari Fidelity Investments menyebutkan bahwa memiliki lebih sedikit pengeluaran menjadi resolusi finansial teratas.

Upaya tersebut bisa dicapai dengan menetapkan tujuan penghematan yang jelas. Sama halnya dengan menentukan pembagian keuangan kebeberapa prioritas. Misalkan dengan menambahkan pembayaran satu bulan ke dana darurat, menjadwalkan uangmu untuk langsung disetorkan ke rekening tabungan atau bisa juga ke rekening online. Di lain sisi kamu juga bisa menyisihkan sebagian pendapatan ke dana pensiunmu.

1. Identifikasi Rincian Pengeluaran

1. Resolusi Investasi - Identifikasi Rincian Pengeluaran
Resolusi Investasi – Identifikasi Rincian Pengeluaran

Satu cara pasti untuk mencapai tujuan finansial yang hakiki adalah dengan mengeluarkan uang lebih sedikit. Tetapi untuk mencapai goal tersebut, kalian harus punya rencana yang matang. Bahkan kalau kalian punya anggaran tertentu, cobalah untuk cukup bijaksana dengan terus memperbaharui anggaran maupun rencana sesuai prioritas. Selain itu coba riset mengenai cara agar langkah tepat guna. 

Salah satunya, mulailah dengan mengumpulkan semua tagihan kalian dari tiga bulan terakhir. Kemudian, buat daftar pengeluaran rutin dan rangking berdasarkan urutan kepentingannya. Tempatkan kebutuhan Anda, seperti perumahan, makanan dan perawatan kesehatan pada posisi paling prioritas.

Mengutamakan pengeluaran untuk konsumsi makanan setiap harinya juga menjadi hal yang patut diberi perhatian lebih. Pasalnya, pengeluaran terbesar ada pada jatah makan tiap harinya. Untuk itu penting dalam menganggarkan makan besar maupun kecil sejak awal. Lebih baik mulai atur semua asupan harianmu bareng Kulina

2. Resolusi Investasi - Langganan Kulina untuk Jaga Dana Makan
Resolusi Investasi – Langganan Kulina untuk Jaga Dana Makan

Karena Kulina punya fitur yang cukup transparan dan fleksibel jadi bisa bantu anggaran makan kalian. Selain itu menu makan paling komplit ya cuma di Kulina. Menu yang beragam juga ada menu khusus kalian yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Makan enak, tapi pengeluaran tetap aman? Ya Kulina!

2. Menanam Saham

3. Resolusi Investasi - Menanam Saham
Resolusi Investasi – Menanam Saham

Menanam saham merupakan sala satu bentuk investasi yang menguntungkan. Peraturan kerjasama dalam kepemilikan saham termasuk cukup mudah untuk dipelajari. Tips terbaik dalam investasi pada saham perusahaan tertentu adalah dengan menanam saham di perusahaan yang terbuka atau perusahaan publik karena ini dianggap lebih menguntungkan.

Salah satu ciri dari perusahaan terbuka adalah terdapat kata Tbk di belakang nama perusahaannya. Selain itu riset kecil-kecilan melalui internet perihal perusahan tersebut juga baik adanya. Kondisi perusahaan, prospek perusahaan ke depannya adalah beberapa poin penting yang patut untuk jadi pertimbangan kalian dalam investasi tanam saham. 

Rata-rata perusahaan terbuka memiliki lebih dari 300 pemegang saham. Menanam saham di perusahaan yang bonavide tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Pilihlah perusahaan dengan saham blue chip paling baik, seperti perusahaan Telkom, BRI, Unilever, dan lainnya.

3. Patungan Modal Usaha

4. Resolusi Investasi - Patungan Modal Usaha
Resolusi Investasi – Patungan Modal Usaha

Investasi ini bisa kalian pilih jika hanya memiliki sedikit modal dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus bisnis tersebut. Waktu dan pikiranmu tidak akan tersita untuk mengurusi bisnis tersebut karena kamu punya mitra kerja yang dapat diandalkan untuk mengurus bisnis tersebut. Pekerjaan utama kalian pun akan berjalan dengan lancar dan tidak akan terganggu meskipun kalian memiliki bisnis sampingan.

Demikian dalam mencari mitra bisnis harus mencari orang yang benar-benar satu visi dan misi. Selain itu buatlah perjanjian hitam di atas putih sehingga kedua belah pihak memiliki porsi yang sama hak maupun kewajibannya. Sebelum menuju ke kesepakatan, kalian juga harus jeli dalam negosiasi.

Semoga tips dari Kulina bisa bantu kamu wujudkan resolusi finansial di 2020 ini ya!!!

SUMBER:
https://money.kompas.com/read/2019/12/29/202100126/3-strategi-memaksimalkan-keuangan-di-tahun-2020-?page=all
https://www.jadikaryawan.com/jenis-investasi-terbaik-saat-menjadi-karyawan



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *