6 Ide Resolusi Efektif untuk Tahun 2020

Writer: Dinanda Nisita
Editor: Nona Ica

Penghujung tahun sebentar lagi~

Sebelum menyambut tahun 2020, ada baiknya mulai merefleksi sepanjang tahun kemarin nih. Udah kesampean belum sih beberapa target yang ingin dicapai tahun ini. Kalau belum mungkin perlu ada pendekatan-pendekatan lain yang lebih dekat dengan kondisimu saat ini. Harapannya resolusi yang akan dicapai sesuai kapasitasmu saat ini, namun tetap membawa hasil nyata dalam prakteknya. Tanpa berpusing-pusing ria Kulina udah rangkum 6 ide efektif untuk resolusimu di tahun depan nih guys. Markimak, mari kita simak!

1. Lebih Menjaga Pola Hidup Sehat 

1. Ide Resolusi Efektif - Lebih Menjaga Pola Hidup Sehat
Ide Resolusi Efektif – Lebih Menjaga Pola Hidup Sehat

Kalau kamu masih suka konsumsi makanan fast food dan jarang berolahraga, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat di tahun mendatang. Tak perlu yang terlalu ekstrim, cukup kurangi jatah makan mie instan dan fast food, serta jadwalkan dua kali dalam seminggu untuk mulai berolahraga secara rutin.

2. Jujur pada Diri Sendiri, Uang akan Mengikuti

2. Ide Resolusi Efektif - Jujur pada Diri Sendiri
Ide Resolusi Efektif – Jujur pada Diri Sendiri

Kalau kamu seorang entrepreneur muda, resolusi ini mungkin cocok buat kamu. Yakni dengan menghubungkan tujuan bisnis dengan nilai-nilai pribadi. Cara ini akan baik untuk pengembangan diri juga bisnis yang sedang dibangun. Sebab hal tersebut bisa memperkuat alasan kamu berbisnis.

Ketika kamu jujur pada diri sendiri alih-alih berusaha untuk disukai, kamu akan memenangkan rasa hormat orang lain. Yang mana itu adalah salah satu aset paling kuat yang bisa dimiliki bisnis. Meskipun kamu tidak akan sempurna dan mungkin kehilangan peluang di sana-sini, kamu akan membuktikan bahwa kata-katamu baik. Kredibilitas yang baik dan tujuan mulia nantinya akan memberikan banyak peluang pada akhirnya.

3. Investasi Diri

3. Ide Resolusi Efektif - Investasi Diri
Ide Resolusi Efektif – Investasi Diri

Kamu karyawan kantoran dan ingin mengembangkan bisnis berbasis hobimu? Kini untuk mengembangkan diri ke ranah di luar latar belakang pendidikanmu tak lagi sulit. Berbekal internet sumber informasi dan data, kamu bisa belajar sendiri atau menemui komunitas sesuai minat dan ketertarikanmu. Misal, kamu suka kopi, pingin jadi barista dan nantinya buka coffeeshop sendiri? Ikut kelas barista atau bahkan ambil sertifikasinya pun sekarang udah ada. Investasikan uangmu ke kelas pengembangan skill seperti ini akan baik untuk menunjang karir bisnismu.

4. Buat Uangmu Bekerja

4. Ide Resolusi Efektif - Buat Uangmu Bekerja
Ide Resolusi Efektif – Buat Uangmu Bekerja

Jangan letakkan uangmu hanya tersimpan di bank, lalu terdepresiasi. Investasikan uang tersebut dan dapatkan imbal hasil yang sesuai.

“Saya tidak berbicara mengenai membeli sebuah rumah. Bertolak belakang dengan kepercayaan umum, sebuah rumah bukanlah investasi, karena itu tidak menghasilkan imbal hasil setiap bulan. Saya telah membuat kekayaan saya berinvestasi di real estat, tetapi itu tidak berarti semua investasi real estat adalah ide yang baik,” ujar founder of Cardone Capital, Grant Cardone.

Dia menyarankan, cobalah berinvestasi dengan membangun ketrampilanmu tahun depan. Misalnya membangun keterampilan yang akan membuatmu semakin lebih baik dalam pekerjaan.

Sebagai informasi, Cardone Capital adalah perusahaan real estate yang saat ini asetnya tercatat senilai US$ 750 juta atau sekitar Rp 10 triliun.

5. Buka Usaha Baru

5. Ide Resolusi Efektif - Buka Usaha Baru
Ide Resolusi Efektif – Buka Usaha Baru

Kalau kamu masih bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan dan sedang merasa bosan, ada baiknya mencoba peluang membuka sebuah usaha. Pilih usaha apa yang sesuai dengan minatmu. Jika tak percaya diri untuk merintisnya sendiri, kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat yang sudah dipercaya untuk menjadi rekan bisnis. 

6. Berbagi Lebih Banyak

6. Ide Resolusi Efektif - Berbagi Lebih Banyak
Ide Resolusi Efektif – Berbagi Lebih Banyak

Semua hal yang telah kamu dapatkan di tahun depan, tentu patut kamu syukuri. Ada berbagai cara untuk bersyukur, salah satunya berbagi dengan sesama.

Kamu bisa mulai dari berbagi dengan keluarga, teman-teman dekat, dan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan. Dengan cara apapun kamu berbagi – yang penting ikhlas memang berniat untuk membantu dan memberikan apresiasi kepada mereka yang telah mendukungmu sampai kamu seperti sekarang ini.

Baiknya, ketika membuat resolusi, buatlah resolusi se-spesifik mungkin. Misal dari ide-ide resolusi di atas, saat kamu ingin lebih menjaga pola hidup sehat untuk tahun depan – berikan tambahan cara realistis yang harus dijalankan untuk mewujudkannya.

Resolusi: Lebih Menjaga Pola Hidup Sehat
Cara : Makan buah dan sayur setiap hari, kurangi junk food, olah raga minimal 2x seminggu.

Semoga ide-ide ini mampu mengispirasimu jadi lebih baik lagi di tahun depan ya!

HAPPY NEW YEAR…

7. Ide Resolusi Efektif - Kulina Happy New Year
Kulina Happy New Year

SUMBER:
https://biz.kompas.com/read/2019/12/19/213226128/ini-4-ide-resolusi-tahun-2020-yang-besar-kemungkinan-bisa-anda-capai?page=all
https://www.cnbcindonesia.com/investment/20191228121755-21-126237/9-tips-agar-resolusi-2020-tidak-gagal-lagi
https://cashbac.com/blog/6-kesalahan-menyusun-resolusi-tahun-baru/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *