Diet? Langganan Menu Sehat Kulina Aja!

INFO & KULINAPEDIA oleh: Cerita Kulina

Sebenarnya diet itu apa sih?

Kata diet berasal dari Bahasa Yunani Kuno yang berarti cara hidup – atau kalau mau diartikan lebih dalam, diet berarti kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Namanya kebiasaan, otomatis dilakukan berulang dan setiap hari untuk membentuk pola hidup sehat.

Diet yang arti sebenarnya cukup luas, kini diartikan sebagai upaya mengubah cara makan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan itu biasanya menurunkan berat badan agar mendapat tubuh ideal yang diidamkan. Sebenarnya tidak sepenuhnya salah juga, sebab dengan menjaga berat badan tentu kita juga bisa menjaga kesehatan.

Kamu yang sekarang lagi diet juga ingin hal yang sama kan?

Kamu kan paling tahu kondisi tubuhmu sendiri, jadi pasti tahu kapan saat yang tepat untuk memulai diet dan memperbaiki pola makan jadi lebih sehat. Nah… di sini Kulina mau kasih tahu beberapa tips diet biar hasil yang kamu rasakan lebih maksimal.

TIPS DIET SEHAT

Kulina - Tips Diet Sehat

1. Hitung Kebutuhan Kalori

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian yang berbeda tergantung usia, kesehatan, hingga aktivitas dan pekerjaan. Baiknya kamu tahu dulu kebutuhan kalori harianmu agar bisa menyesuaikan dengan menu diet yang akan kamu konsumsi. Saat kamu sudah memilih menu diet sehat yang tepat, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi dengan baik – tidak kurang, tidak lebih.

2. Makan Teratur dan Perlahan

Makan teratur sebenarnya penting untuk menjaga kesehatan. Namun kebanyakan dari kita mengira, melewati satu waktu makan bisa membantu menurunkan berat badan. Padahal hal ini justru membuat tubuh lebih lapar dan makan lebih banyak di waktu makan berikutnya.

Ada baiknya kamu tetap makan tiga kali sehari dengan porsi yang disesuaikan dan pilihan makanan yang lebih sehat. Saat makan pun, cobalah mengunyah secara perlahan. Makan secara perlahan dipercaya bisa memperlancar pencernaan sehingga tidak mudah lapar lagi.

3. Berhenti Makan Saat Sudah Tidak Lapar

Salah satu kunci diet sehat yang sukses adalah makan dengan porsi yang cukup sesuai kebutuhan tubuh. Cukup di sini berarti tidak lebih dan tidak kurang. Sehingga kamu perlu berhenti makan saat sudah tidak merasa lapar lagi.

Jadi tidak perlu tunggu sampai kenyang ya… Sebab biasanya saat kita merasa kenyang, sebenarnya asupan yang masuk ke dalam tubuh sudah melebihi kebutuhan sebenarnya. Hal ini bisa menyebabkan kebanyakan kalori yang akan menimbun menjadi lemak jahat.

Baca Artikel Serupa: 3 Manfaat dan Tahapan Memulai Mindful-Eating

JENIS DIET SEHAT

1. Diet Karbo

Diet karbo berarti mengurangi karbohidrat dalam setiap asupan makanan kita. Sebenarnya karbohidrat penting sebagai sumber tenaga, namun kadang kita berlebihan dalam mengonsumsinya sehingga berat badan naik dengan cepat. Diet karbo bukan berarti menghapus asupan karbohidrat sama sekali, melainkan memilih makanan yang rendah karbohidrat.

Jika kamu melakukan diet karbo, kamu perlu menyubstitusi karbohidrat dengan protein dan lemak sehat agar kebutuhan bahan bakar energi dalam tubuh tetap terpenuhi. Cobain menu diet yang satu ini.

Kulina Healthy

Kulina - Kulina Healthy

Kulina Healthy menghitung dengan tepat jumlah kalori total makanan yang akan kamu santap sebesar 550kkal. Jumlah ini sesuai dengan kebutuhan harian kita. Jadi gak akan berlebihan ya…

Menu satu ini juga memberikan lebih banyak porsi lauk untuk protein dan lemak sehat, serta lebih sedikit porsi untuk karbohidrat.

2. Diet Mayo

Jika diet keto fokus mengurangi karbohidrat, maka diet mayo memiliki tujuan yang lebih jauh lagi yaitu, mengurangi karbohidrat, lemak jahat, dan garam. Kenapa garam ikut juga? Sebab garam memiliki sifat penahan air. Kalau kita kebanyakan konsumsi garam, otomatis banyak air yang tersimpan dalam tubuh sehingga bisa menambah berat badan.

Diet Mayo yang mengurangi garam, dipercaya bisa membuang kelebihan air dalam tubuh sehingga tubuh lebih padat dan kesat karena hanya ada daging dan otot. Menu yang cocok buat kamu yang lagi menjalankan Diet Mayo adalah Daylicious!

Daylicious

Kulina - Daylicious

Merchant diet sehat satu ini memang menggunakan sedikit minyak dan garam pada setiap masakan yang akan disajikan pada kalian. Penggunaan sedikit minyak dan garam tentu cocok buat kalian yang ingin menjaga kesehatan, mengurangi berat badan, dan membuang kelebihan air dalam tubuh.

3. Diet Plant-Based

Sesuai dengan namanya, diet plant-based berarti memfokuskan diri untuk konsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan demi memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diet plant-based sendiri terbagi menjadi dua yaitu, vegan dan vegetarian.

Jika vegan sepenuhnya hanya mengonsumsi tumbuhan, maka vegetarian masih membuka diri untuk mengonsumsi produk turunan hewan seperti telur dan susu. Kalau kamu sedang menjalankan diet ini, kamu bisa mencoba beberapa menu diet sehat ala Kulina berikut ini!

The Soy Story

Kulina - The Soy Story

Merchat diet sehat satu ini paling ahli dalam mengolah bahan-bahan plant-based. Kamu gak akan ngerasa bosan dengan rasa sayuran yang itu-itu saja, sebab The Soy Story akan menyajikan berbagai menu olahan tumbuhan yang lezat. Kamu bahkan gak nyangka kalau gak lagi makan daging.

Salah satu menu andalan The Soy Story adalah sate tempe!

Extraveganza

Kulina - Extraveganza

Namanya unik ya? Nama merchant satu ini juga sudah menunjukan bahwa mereka memang fokus pada menu-menu vegan dan vegetarian, jadi kamu gak perlu khawatir soal penggunaan daging.

Teman-teman vegan dan vegetarian, inilah katering diet sehat yang aman untuk kalian! Ohya… dalam setiap menu makan Extraveganza, kamu bisa request ganti nasi putih menjadi shirataki. Wih makin sehat lagi nih.

Apa pun diet sehat yang sedang kalian jalankan, temukan menunya di Kulina!

[COBA MENU DIET SEHAT KULINA]

Baca Artikel

6 Alasan Penting Cek Nutrisi Sebelum Makan

Apakah kamu pernah cek label nutrisi sebelum membeli atau memakan...

Baca Artikel

Capek dan Lapar Setelah Makan? Simak Penjelasannya!

Rasa lapar adalah sebuah hal yang wajar. Lapar menandakan bahwa...

Baca Artikel

8 ALASAN PENTINGNYA MINUM AIR PUTIH

Air putih adalah minuman yang jamak kita temukan di sekitar...